Seragam Celana SMP Biru, 2 pilihan panjang & pendek.

Seragam Celana SMP Biru, 2 pilihan panjang & pendek.

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Seragam Celana SMP Biru, 2 pilihan panjang & pendek.

mal clana panjang smp - Siswa SMP Sudah Seharusnya Bercelana Panjang


Tahun depan dan tahun depannya lagi anak saya akan memasuki jenjang SMP. Di Bandung jarang ada SMP swasta yang bagus, SMP yang bagus umumnya SMP negeri. Ada beberapa SMP yang menjadi favorit siswa SD di Bandung, yaitu SMP Negeri 2, SMP Negeri 5, dan SMP Negeri 14. Dua SMP pertama sudah berlabel RSBI, sedangkan SMP 14 belum RSBI (CMIIW).

SD anak saya selama ini adalah sekolah Islam, yang menerapkan kewajiban memakai seragam muslim/muslimah. Siswa laki-laki memakai celana panjang, sedangkan siswa perempuan memakai rok panjang dan kerudung. Saya ingin anak saya nanti masuk SMP yang bagus-bagus itu. Nah, masalahnya karena merupakan SMP Negeri, maka aturan seragamnya tentu tidak sama dengan sekolah Islam. Siswa laki-laki SMP negeri memakai celana pendek, sedangkan siswa perempuan memakai rok selutut seperti foto di bawah ini. Model seragam tersebut tidak berubah sejak saya sekolah di SMP pada awal tahun 1980-an.
Seragam SMP Negeri
Berhubung sejak SD anak saya memakai seragam celana panjang, maka dia agak risih juga kalau pas SMP nanti pakai celana pendek. Saya memahami hal ini, namun aturan Diknas tentang seragam saya pikir belum berubah. Menurut saya seragam SMP untuk anak laki-laki seharusnya mengikuti perkembangan zaman. Anak-anak sekarang lebih cepat “matang” dibandingkan generasi kita zaman dahulu. Mereka sudah cepat akil baliq (puber) pada umur di bawah 14 tahun. Anak-laki-laki zaman sekarang sudah banyak mengalami “mimpi basah” pada kelas 1 SMP (sekarang kelas 7), bahkan ada yang sudah “mimpi” sejak kelas 6 SD. Anak perempuan lebih cepat lagi matangnya, mereka sudah banyak mendapat haid sejak kelas 6 SD atau lebih awal lagi.
Karena siswa SMP laki-laki sekarang sudah cepat pubertasnya dibandingkan laki-laki zaman dahulu, maka tidak pantas lagi mereka disebut anak-anak, mereka sudah mulai remaja bro! Batas aurat mereka pun sebaiknya sudah harus disesuaikan yaitu sehingga lutut. Namun, memakai celana sebatas lutut terlihat kurang pas secara estetika — tanggung gitu — maka siswa SMP laki-laki sudah seharusnya memakai seragam celana panjang seperti kakaknya di SMA. Apalagi anak-anak sekarang rata-rata jangkung-jangkung karena gizi yang membaik, maka kurang elok ke sekolah masih memakai celana pendek, sementara sehari-hari di lingkungan rumah mereka memakai celana panjang.
Anehnya, seragam untuk siswa SMP yang perempuan (termasuk siswi SMA juga) di sebagian sekolah (baik negeri maupun swasta) sudah disesuaikan dengan perkembangan zaman. Di Bandung dan Jakarta saya sering melihat seragam siswa perempuan di beberapa SMP memakai rok panjang hingga sampai mata kaki. Saya kurang tahu sekolah mana yang mempelopori rok panjang ini, kalau tidak salah SMA LabSchool Jakarta (yang tidak dapat dipisahkan dengan seorang pendidik terkenal bernama Dr. Arief Rahman). Hmmm…terlihat para siswi tampil lebih feminin dan lebih modis memakai rok panjang daripada memnakai rok pendek yang rawan pelecehan.
SMP Mahardika Cibinong Bogor
Memang, aturan seragam sekolah saat ini sudah dibebaskan kepada sekolah untuk menentukannya, sesuai dengan otonomi sekolah dan wilayah. Jadi, ada sekolah yang masih menerapkan seragam rok pendek hingga selutut dan ada pula yang menerapkan seragam rok panjang.
Seragam siswa SMP di Tanjung Selor dengan rok panjang
Memakai rok panjang — meskipun siswa tersebut tidak berkerudung — lebih aman dan nyaman bagi siswi yang bersangkutan. Sebagian pihak mencurigai seragam rok panjang model tersebut sebagai penerapan syariat Islam. menurut saya itu kecurigaan yang tidak berdasar, sebab memakai rok panjang atau pakaian panjang seperti gaun adalah ciri khas perempuan di manapun. Coba lihat pakaian foto-foto perempuan Eropa atau Amerika sebelum abad 19, umumnya perempuan memakai pakaian sopan dengan rok panjang. Revolusi seks pada abad 20-lah yang mengubah model berpakaian para wanita Barat sehingga mereka tampil memakai pakaian seksi dan mengumbar aurat.

Memang timpang kalau hanya siswa SMP yang perempuan saja yang memakai seragam rok panjang, sedangkan siswa laki-lakinya masih memakai celana pendek seperti foto di bawah ini:




Oleh karena itu, sudah seharusnya siswa SMP yang laki-laki juga memakai seragam celana panjang sehingga padu padan dengan seragam siswa perempuan.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  mal clana panjang smp

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Menjahit dan perlengkapan dasar

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :https://rinaldimunir.wordpress.com/2011/12/14/siswa-smp-sudah-seharusnya-bercelana-panjang/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.