Cara Menggunakan Mesin Jahit untuk Pemula

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara Menggunakan Mesin Jahit untuk Pemula

cara masukan benang di mesin jahit - Assalamu'alaykum Wr Wb ukhtunnaa..senyum dulu dunk :) hehehe. Kali ini saya mau membagi bagaimana cara menggunakan mesin jahit mulai dari awal hingga akhir hehehe.Tapi saya cuma share doang loo yaa belum praktek, coz videonya dapet di youtube. Nah mungkin video ini sangat berguna buat para sohiber yang pengen belajar jahit from the beginner. Kalo saya sendiri sih pengen belajar jahit coz di daerah saya nyari tukang jahit susaaaaaah banget udah gitu mahal, kalo uda dapet jadinya bakal lamaaaaa banget. Hehehe jadi curcol :D. Ok yuk kita intip yuuuk....

Atau biar lebih terang ini nih ada video lainnya:

1. Cara memasang benang atas:
2. Cara memasang benang bawah:

Sebelum praktek, kita siapkan dulu alat dan bahannya :


1.    Siapkan kain, motif dan ukuran terserah selera masing-masing. Tidak usah menggunakan kain yang baru, jika ada bahan yang tidak dipakai bisa kita gunakan.
2.    Sediakan gunting, kalau bisa 2 pasang, gunting kecil satu pasang dan gunting besar 1 pasang.
3.    Siapkan jarum mesin no. 11 atau no. 12, usahakan kain yang dipakai praktek jangan terlalu tebal. Jadi, kita sesuaikan dengan jarum mesin yang kita gunakan.
4.     Benang, warna sesuai selera, jika bisa samakan dengan warna bahan/kain.
Ok, jika sudah kita pasang dulu jarum mesin dan benangnya, jangan lupa mengisi benang sekoci dan pasang pada rumahnya dengan tepat, untuk cara pemasangan bisa dilihat di bawah.

Cara memasang jarum mesin :


1.    Ambil jarum mesin yang akan dipasang.
2.    Buka pengunci jarum mesin pada mesin jahit.

3.    Masukkan jarum mesin pada tangkai jarum pada mesin jahit.
4.    Masukkan pengunci jarum lewat bawah, dan pasang kemudian rapatkan baut penguncinya.

Selanjutnya, kita akan langsung praktek menjahit pada kain, dengan mengikuti lagkah-langkah di bawah ini :


1.    Siapkan kain, potong menjadi bentuk kotak atau persegi panjang, atau lebih baik lagi persegi. Usahakan memotong kain serapi mungkin.
2.    Siapkan gunting untuk keperluan memotong benang, letakkan dekat dengan posisi kita menjahit.
3.    Periksa kelengkapan mesin jahit sebelum digunakan, pastikan semuanya sudah terpasang dengan baik. Mulai dari benang, jarum mesin, sekoci, sambungan listrik, jika menggunakan mesin jahit portable, dan pedal jika menggunakan mesin jahit kayuh.
4.    Letakkan kain yang akan dijahit di bawah tangkai mesin dan turunkan tangkai mesin untuk menjepit kain pada meja mesin.
5.    Jalankan mesin perlahan-lahan, sambil memegangi kain. Lakukan jahitan lurus terlebih dahulu. Ulangi lagkah ini sampai kita bisa menjahit lurus pada kain.

6.    Jika sudah terbiasa, kita bisa berlatih menjahit kurva, lingkaran, segitiga, berbelok, dan lain-lain. Latihan dapat kita lakukan sendiri sesuai dengan keinginan kita, dan harus kita lakukan sampai kita benar-benar bisa.
Nah itu dia caranya sobat, trus gimana sobat mau nyoba ga?? kalo tertarik sepertinya punya mesin jahitnya dulu ya sobaaat hehehe kalo ga ada mesin jahit susah ni prakteknya. Oci oci?? Good Luck ^_^


buka mesin jahit : http://moniceoktavina.blogspot.co.id/2014/02/cara-menggunakan-mesin-jahit-untuk.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara masukan benang di mesin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Gambar Motif Batik Di Setiap Daerah

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Gambar Motif Batik Di Setiap Daerah

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Gambar Motif Batik Di Setiap Daerah


contoh gambar batik daerah di indonesia - Gambar motif batik di setiap daerah Indonesia dengan beragam jenisnya kami sajikan untuk anda. Bagi para pecinta batik nusantara, jika ingin mengetahui motif dan corak batik setiap daerah maka disinal tempatnya. Karena blog ini memberikan koleksi gambar dan foto batik nusantara yang banyak dikoleksi pada setiap daerah Nusantara. Gambar batik daerah Solo, Aceh, Bandung, Solo, Yogyakarta, Malang, Surabaya, Cirebon, Banten, Banyumas, Bayuwangi, Probolinggo, Manado, Bantul, Bengkulu, Bojonegoro, Jambi, Ciamis, Surakarta, Papua, Pekalongan, Semarang, dan Sulawesi Selatan, semuanya dikoleksi disini dalam satu album batik.

Pada postingan sebelumnya blog ini menjelaskan tentang gambar kartun karikatur pendidikan lucu yang membahas tentang sindiran untuk para pelajar, guru, orang tua murid, dan semua golongan yang bersangkutan dengan pendidikan. Nah pada kesempatan kali ini juga seperti postingan sebelumnya yaitu memberikan sedikit informasi pendidikan model dan motif batik. Karena sebagai anak bangsa, kita harus mengetahui corak batik pada setiap daerah. Gambar motif batik di setiap daerah ini dapat kamu ambil gambarnya dengan cara download manual. Berikut ini adalah contoh motif-motif batik terbaik yang ada di Indonesia.




gambar-motif-batik-aceh
 gambar motif batik aceh

gambar-motif-batik-bandung

gambar motif batik bandung

gambar-motif-batik-banten
gambar motif batik banten

gambar-motif-batik-bantul
gambar motif batik bantul

gambar-motif-batik-banyumas

gambar motif batik banyumas

gambar-motif-batik-banyuwangi

 Gambar motif batik Banyuwangi

gambar-motif-batik-bengkulu
Gambar motif batik Bengkulu
 gambar-motif-batik-bentenan-manado
Gambar motif batik Manado
 gambar-motif-batik-bojonegoro
Gambar motif batik Bojonegoro
 gambar-motif-batik-bungo-keladi-jambi
Gambar motif batik bungo keladi Jambi

gambar-motif-batik-ciamis
Gambar motif batik Ciamis

gambar-motif-batik-cirebon
Gambar motif batik Cirebon

gambar-motif-batik-halus-surakarta
Gambar motif batik halus Surakarta

gambar-motif-batik-halus-surakarta
Gambar motif batik Indramayu

gambar-motif-batik-indramayu-serumpun-jahe
Gambar motif batik Indramayu serumpun jahe

gambar-motif-batik-jalak-harupat-bandung
Gambar motif batik jalak harupat Bandung

gambar-motif-batik-jogja
Gambar motif batik Jogja
 gambar-motif-batik-kainpangm-solo

Gambar motif batik kainpangm Solo

gambar-motif-batik-kawung-picis-jogja
Gambar motif batik kawung picis Jogja

gambar-motif-batik-madura
Gambar motif batik Madura
 gambar-motif-batik-malang

Gambar motif batik Malang
 gambar-motif-batik-manado

Gambar motif batik Manado
 gambar-motif-batik-mawar-merah-jogja

Gambar motif batik mawar merah Yogyakarta
 gambar-motif-batik-papua

Gambar motif batik Papua
 gambar-motif-batik-parangrusak-jogja

Gambar motif batik parangrusak Jogja

gambar-motif-batik-pattern-solo
Gambar motif batik pettern Solo

gambar-motif-batik-pekalongan
Gambar motif batik Pekalongan

gambar-motif-batik-probolinggo
Gambar motif batik Probolinggo
 gambar-motif-batik-ragen-panganten-bandung
Gambar motif batik ragen panganten Bandung
 gambar-motif-batik-semarang

Gambar motif batik Semarang

gambar-motif-batik-solo
Gambar motif batik Solo

gambar-motif-batik-solo-untuk-seragam
Gambar motif batik seragam Solo
 gambar-motif-batik-sprei-jogja

Gambar motif batik sprei Jogja
 gambar-motif-batik-sulawesi-selatan

Gambar motif batik Sulawesi Selatan

gambar-motif-batik-surabaya
Gambar motif batik Surabaya

gambar-motif-batik-truntum-jogja
Gambar motif batik truntum Jogja

buka mesin jahit : http://gambardanfoto.com/gambar-motif-batik-daerah.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh gambar batik daerah di indonesia

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Prinsip ergonomis dalam pembuatan produk kerajinan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Prinsip ergonomis dalam pembuatan produk kerajinan

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Prinsip ergonomis dalam pembuatan produk kerajinan


contoh kerajinan ergonomis - 1. Kegunaan (utility) Benda kerajinan harus mengutamakan nilai praktis, yaitu dapat digunakan sesuai dengan fungsi dan kebutuhan, contoh: bambu bisa digunakan untuk wadah pensil/pena
.2. Kenyamanan (comfortable) Benda kerajinan harus menyenangkan dan memberi kenyamanan bagi pemakainya, contoh: bambu didesain dapat di letakkan di atas meja
.3. Keluwesan (flexibility) Benda kerajinan harus memiliki keserasian antara bentuk dan wujud benda dengan nilai gunanya, contoh: bambu bisa diletakkan sesuai ukuran pena atau pensil pada umumnya.
4. Keamanan (safety) Benda kerajinan tidak boleh membahayakan pemakainya, misalnya; bambu masih ada ruas-ruas atau kulit yang tajam
5. Keindahan (aestetic) Benda yang indah selalu sedap dipandang dan menarik perhatian. Keindahan sebuah benda dapat dilihat dari beberapa hal, di antaranya dari bentuk, hiasan atau ornamen, dan bahan bakunya


Ragam hias, nilai estetis dan nilai ergonomis dari kerajinan tanah liat, serat alam, kulit?



Kerajinan Tanah Liat
Kerajinan yang terbuat dari bahan tanah liat sering dikenal orang dengan kerajinan keramik. Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. Contohnya: gerabah, vas bunga, guci, piring. Berikut contoh kerajinan gerabah dan keramik. Indonesia memiliki aneka ragam kerajinan keramik dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas pada keunikan bentuk, teknik hingga ragam hias yang ditampilkan. Kekayaan hayati di Indonesia telah menginspirasi keindahan dan keunikan bentuk kerajinan keramik menjadi keramik Nusantara yang memiliki karakteristik tersendiri dan berbeda dengan keramik Cina, Jepang, dan negara lainnya. b. Kerajinan Serat Alam
Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu. Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam ini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam. Berikut merupakan contoh karya kerajina dari serat alam. c. Kerajinan Kulit
Kerajinan ini menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya: tas, sepatu, wayang, dompet, jaket. Kulit yang dihasilkan dari hewan seperti: sapi, kambing, kerbau, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan. 9
d. Kerajinan Gips
Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri atas jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti: karbonat, borat, nitrat, dan sulfat yang dapat terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan akan terasa panas. Prosesnya harus dicairkan dahulu jika ingin bentuk seperti yang diinginkan, harus dibuat cetakan. Jika akan diproduksi dalam jumlah banyak, harus dibuat model terlebih dahulu. Secara umum, untuk semua produk gips diperlukan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicone rubber, tetapi yang paling gampang dan mudah dica
ri adalah plastisin atau tanah liat. Fungsi kerajinan dari gips biasanya dapat berupa hiasan dinding, mainan, dan sebagainya. e. Kerajinan Lilin
Pembuatan kerajinan bahan dasar lilin cukup sederhana dan mudah, dapat dilakukan oleh semua orang. Jika kita akan mengubah bentuknya menjadi benda kerajinan yang unik, tentunya perlu dicairkan dengan proses pemanasan di atas api/kompor. Berikut contoh kerajinan dari bahan lilin
Semester 1 

f. Kerajinan Sabun
Kerajinan dari sabun sangat unik. Bahan yang diperlukan adalah sabun batangan. Sabun dapat diolah dengan dua cara. Pertam
a: mengukir sabun yang menghasilkan karya seperti: binatang, buah, dan flora ukiran. Kedua, membentuk sabun, yaitu: sabun diparut hingga menjadi bubuk, dicampur dengan sagu dan sedikit air, lalu dibuat adonan baru seperti membuat bentuk dari plastisin. Berikut contoh produk kerajinan dari bahan sabun.


buka mesin jahit : http://brainly.co.id/tugas/1177476

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh kerajinan ergonomis

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang alat menjahit

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

 alat menjahit

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 alat menjahit

 

  fungsi rader kembar - Alat produksi busana adalah alat yang digunakan saat proses pembuatan busana. Tanpa peralatan tersebut, maka pekerjaaan membuat busana tidak akan tercapai. Berdasarkan penggunaanya, peralatan produksi busana dibagi dalam 2 kelompok besar,yaitu;
1.      Alat  praktek
2.      Alat  teori.

1.    ALAT  PRAKTIK

A.   Alat Menjahit Utama

1)      Mesin jahit manual
Yaitu mesin jahit yang berfungsi untuk menjahit setikan lurus. Mesin jahit ini terdiri dari mesin jahit engkol tangan dan mesin jahit manual dengan meggunakan gerakan kaki.Mesin jahit dengan engkol sudah jarang digunakan. Bila menggunakan dinamo / motor listrik maka penggeraknya adalah tenaga listrik. Karena selain lebih cepat juga tidak melelahkan.
2)      Mesin jahit semi otomatis
Selain untuk menjahi lurus dapat pula untuk membuat macam-macam setikan hiasan dengan memerlukan peralatan lain(cam) yang sesuai dengan motif dan harus diganti jika menghendaki motif yang lain. Dilengkapi pula sepatu jahit dengan berbagai fungsi(sepatu lubang kancing,pasang kancing,dll).
3)      Mesin jahit otomatis
Memiliki komponen lebih praktis daripada mesin jahit otomatis. Tidak perlu memakai cam,cukup dengan menekan tombol sesuai dengn motif yang diinginkan.
4)             Mesin jahit industri / High speed
Mesin jahit industri adalah mesin jahit lurus yang mempunyai kecepatan tinggii mencapai 5000 jahitan per menit,digunakan untuk produksi pakaian jadi dalam jumlah besar. pengoperasiannya menggunkan dinamo oleh karena itu mesin jahit industri dipergunakan untuk usaha industri.
5)              Mesin kahit khusus                                  
Mesin jahit khusus adalah mesin jahit yang khusus untuk bagian penyelesaian seperti mesin neci, obras, kelim mesin pasang kancing, mesin lubang kancing dan sebagainya.
           6)      Mesin neci,wolsoom,dan mesin obras
Untuk penyelesaian tiras busana. Mesinnya sama, perbedaannya adalah pada benang dan hasil setikan mesin obras lebih renggang jarak benangnya,karena hanya akan terlihat dibagian buruk busana.
7)      Mesin Jahit Obras Benang 5
Mesin ini merupakan salah satu mesin pokok yang paling dibutuhkan dalam proses pembuatan pakaian jadi. Mesin konveksi ini digunakan untuk mengunci sisa lipatan pakaian yang belum terlihat rapi. Walaupun tersedia dalam beberapa jenis di pasaran yaitu benang 3, 4 dan 5. Benang 5 lebih efisien digunakan karena dapat difungsikan menjadi mesin ov
erlock/ obras benang 3 dan benang 4.
8)      Mesin kelim
Untuk menjahit kelim dengan cepat dengan hasil yang tidak kalah rapi dari kelim tangan. Menjahit lipatan pergelangan kaki atau yang lebih dikenal dengan istilah som sebenarnya akan jauh lebih baik untuk dikerjakan menggunakan tangan daripada menggunakan mesin dikarenakan kehalusan tingkat pekerjaan mesin tersebut kalah oleh tangan manusia. Akan tetapi untuk konveksi pakaian jadi maka alangkah baiknya bila mesin tersebut ada untuk menghemat waktu pengerjaan pakaian.

9)      Mesin lubang kancing

Digunakan untuk membuat lubang kancing sekaligus memotong sisa benang yang tersisa dari proses tersebut.
10)  Mesin pasang kancing
Mesin jahit ini digunakan untuk memasang kancing secara otomatis di titik kait baju. Mesin ini hanya terbatas penggunaannya pada kancing yang memiliki lubang di tengahnya dan minimal memiliki 2 lubang.
11)  Mesin Press Kancing
Mesin yang digunakan untuk membuat kancing bungkus dan kancing jepret dengan cara ditekan ke bawah. Salah satu detail yang jarang dilihat namun amat penting untuk mengejar standar kualitas yang baik.
12)  Mesin jahit kaos/overdeck
Adalah mesin yang dikhususkan untuk menjahit bahan kaos. Benang untuk menjahitnya pun khusus untuk kaos juga.

1)      Mesin bordir
a.       Manual
Mesin untuk membuat hiasan bordir dengan menggerakkan tangan untuk mengisi motif/
secara manual. Sehingga harus pandai-pandai dalam menggerakkan tangan.
b.      Komputer
Mesin untuk membordir tanpa menggerakkan tangan. Jadi kita hanya menyiapkan motif di komputer, kemudian mesin akan berjalan sendri membentuk motif yang telah dibuat dikomputer. Akan tetapi untuk hasilnya lebih bagus dengan manual.

B.   Alat Menjahit Pendukung
1)      Alat-alat mengukur
Ø  Veterban
Untuk mengetahui letak bagian – bagian tertentu seperti pinggang, panggul dan   badan  agar ukuran yang tidak bergeser dan.diambil tepat.Dengan mengikat veterban pada pinggang, panggul dan lingkar badan secara pas atau tidak kekencangan dan kekendoran.
Ø  Pita ukuran/mytlin
Untuk mengukur badan dan membuat pola besar. Meteran terbuat dari karet sintetis dengan dua sisi dalam ukuran sentimeter dan inci. Ukuran yg biasa digunakan adalah sentimeter(cm).
Ø  Alat tulis
Untuk mencatat ukuran- ukuran yang diperoleh saat mengambil ukuran.
Ø  Meja kerja
Meja kerja diperlukan pada waktu menyiapkan pola dan memotong bahan. Meja kerja terbuat dari kayu dengan ukuran tinggi 75 cm lebar minimal 75 cm serta panjang minimal 120 cm Adapun syarat meja kerja untuk jahit menjahit adalah: kokoh dan kuat, permukaan daun meja harus datar dan licin, tidak miring, rata dan rapi, agar tidak merusak bahan.
2)      Alat memotong
Ø  GUNTING
a.       Gunting kain
Khusus untuk menggunting kain atau tekstil. Tidak diperbolehkan untuk menggunting kertas atau lainnya agar tetap tajam.Saat menggunting bahan tangan kanan memegang gunting dengan jari masuk kelubang yang telah ada dan tangan kiri menekan bahan saat menggunting .
b.      Gunting Benang
Untuk menggunting sisa benang yg menempel pada kain atau pada mesin jahit.Ukuran gunting ini lebih kecil dr gunting kertas ataupun gunting bahan.
c.       Gunting zigzag
Untuk menyelesaikan tepi bahan atau kampuh pada bahan yang mudah bertiras.

d.      Gunting kertas
Khusus untuk menggunting kertas dapat menggunakan gunting bahan yang sudah tumpul.
3)      Alat memindahkan tanda pola
Ø  Kapur Jahit atau Pensil Jahit
Untuk memberi tanda pada bahan.,Ada yg berbentuk segitiga, pipih atau seperti pensil. Pilih warna yang yang berbeda dengan bahan utama,
Ø  Rader
 Alat yang berfungsi untuk memindahkan tanda jahitan agar sesuai dengan pola. Caranya : letakkan kertas karbon diantara dua lapi
s bagian belakang kain, lalu jalankan rader sesuai dengan pola.
Macam rader;
a.       Rader roda polos
Untuk merader bahan tipis(sutera,sifon,dll)

b.      Rader roda tumpul
Untuk merader bahan katun,teteron,dll.

c.       Rader roda tajam

Untuk merader bahan yang tebal(drill,jeans,dll)

Ø  Karbon jahit/tracing paper
 Bahan untuk memindahkan tanda pola pada bahan.Karbon yg dipakai adalah karbon kain yang berwarna. Karbon kain akan hilang bila dicuci, sedangkan karbon kertas tidak. Pilih warna yang lebih muda dari kainnya,
Ø  Skirt marker
Alat pemberi tanda untuk panjang rok. Tongat ini diberi ukuran sentimeter mulai dari bawah.
4)      Alat Menjahit
Ø  Spul/kumparan
 sebagai pengisi benang bawah dengan cara dimasukkan ke dalam skoci.
Ø  Skoci/rumah kumaran
sebagai tempat spul yang mengatur tegangan benang bawah dan pengatur pengeluaran benang bawah. Caranya dengan memasukkan pada rumah sekoci setelah spul dimasukkan ke dalam skoci
Ø  Sepatu Mesin jahit
a)      Sepatu biasa
Untuk menjahit setikan lurus dan sebagai penekan bahan saat menjahit. dipasang pada mesin jahit , saat akan dipakai pengukit sepatu diturunkan dan saat tidak dipakai pengukit sepatu dinaikkan. Cara pemasangan sama dengan sepatu yang lain.
b)      Sepatu resleting sebelah
Digunakan untuk menjahit resleting biasa.
c)      Sepatu resleting jepang
Digunakan untuk menjahit resleting jepang,terbuat dari plastik,ditengah sepatu mesin terdapat lubang untuk masuknya jarum. Dan jalannya jarum melewati bolongan tengah sepatu.
d)     Sepatu kelim gulung
Untuk membuat kelim kecil/kelim rol. Tidak bisa untuk kain tebal dan kain yang melengkung
e)      Sepatu kerut
Untuk membuat kerutan dengan cepat, tetapi tidak semua bahan bisa di kerut dengan sepatu ini.

Ø  Sekrup jarum
Untuk mengencangkan jarum ketika menjahit.

Ø  Jarum
a.Jarum menisik
Untuk menisik atau memasang payet pada bahan. Bentuknya panjang, kecil, dan lubangnya sempit .
b.Jarum strimin
Dipakai untuk kerajinan dengan bahan strimin, mempunyai lubang jarum lebar dan tumpul sehingga benang yang besarpun masuk.
c.Jarum tangan biasa
Untuk menjelujur  dan memasang kancing,memiliki banyak ukuran.
d.Jarum pentul
digunakan untuk menyematkan pola pada bahan ,menyatukan bagian- bagian pola yang sudah dibuat sebelum jelujur atau dijahit, dan memberi tanda atau perbaikan pada waktu mengepas
e.jarum mesin jahit
Untuk menyangkutkan benang ke bahanjarum mesin jahit ada 4 macam yaitu :
·         jarum jahit manual , bentuk badan jarum sebelah pipih
·         jarum jahit mesin industri
·         jarum jahit mesin obras, bentuk badan jarum bulat, jarum lebih pendek dari jarum mesin jahit.
·         jarum kembar yaitu jarum mesin yang terdiri dari dua jarum dipakai untuk menghias bahan
Ø  Bidal/ Topi jari
Digunakan untuk melindungi jari pada waktu menjahit agar jari tidak terkena tusukkan jarum. Dipakai pada jari telunjuk.
Ø  Pendedel/trenner/pembuka jahitan
Berfungsi membuka jahitan yg salah atau bisa juga untuk membuka lubang kancing.
Ø  Pemasuk benang / mata nenek /needle threader
Untuk memasukkan benang ke lubang jarum.
Ø  Bantalan jarum
Untuk meletakkan jarum pentul dan jarum tangan agar tidak tercecer. Bentuknya sangat bermaam-macam.
5)      Alat finishing
Ø  Setrika
Untuk mengepres dan menghaluskan pa
kaian agar licin dan rapih.
Macam setrika;
a.       Setrika biasa

b.      Setrika Uap Bahan Bakar Gas

Setrika uap menghasilkan panas yang lebih kuat dibanding setrika biasa. Selain itu, walaupun setrika uap diset sepanas apapun tidak akan menimbulkan noda gosong pada kain karena panas setrika uap berasal dari uap air.
c.       Setrika Uap Listrik
Setrika uap dengan kapasitas yang lebih kecil dibandingkan setrika uap berbahan bakar gas karena setrika uap ini menggunakan listrik untuk menjalankannya.
d.      Mesin Press Uap
Mesin konveksi yang memiliki fungsi sama dengan setrika uap namun memiliki tingkat efisiensi yang lebih tinggi untuk melakukan proses pressing lapisan kain keras pada pakaian.
Ø  Papan setrika
Sebagai tatakan untuk menyetrika.
Ø  Bantalan setrika
Untuk menyetrika bagian-bagian busana yang bulat seperti puncak lengan dan juga digunakan untuk mengepres.

6)      Alat mengepas
a.                   Boneka jahit (dressform)
Boneka jahit menggunakan ukuran standar (S,M,L,XL)dan dapat distel tingginya dan besarnya.. Tersedia boneka untuk wanita, pria dan anak-anak, ada juga boneka jahit tersedia dalam ukuran skala 1:2 atau 3:4.
b.                  Cermin pas
Digunakan untuk membantu apakah busana yang sudah dibuat sudah sesuai dengan ukuran dan bentuk yang diinginkan pemakainya.
2.  ALAT TEORI
v  Skala
alat ukur dalam menggambar  pola dalam ukuran kecil seperti ukuran skala 1:4,1:6, 1:8.
v  Buku kostum
buku yang dipakai untuk menggambar pola kecil
v  Penggaris lurus 30cm
Untuk menggaris garis pola yang lurus.
v  Miniatur penggaris panggul dan siku
Memudahkan untuk membuat siku,menggaris garis leher,garis pinggang,panggul,dll.
v  Penggaris pembentuk
Untuk mempermudah dalam membentuk pola busana yang sesuai dengan bentuk yang akan dibuat.
v  Karton / kertas buffalo
Untuk menjiplak pola dasar, supaya ketika membuat macam-macam krah,lengan,rok,dll tinggal menjiplak saja, tidak perlu menggambar lagi
v  Pensil hitam
Untuk menggambar pola kecil sebelum diwarna dengan pensil merah biru.
v  Pensil merah biru
Untuk mewarnai pola agar dapat membedakan pola depan dan belakang.
v  Karet penghapus
Untuk menghapus garis pola yang salah
v  Kertas kopi/kertas coklat/kertas payung atau kertas koran
Kertas yang digunakan untuk membuat pola besar sesuai ukuran asli.
v  Kertas Doorslag Merah ,Biru,Hijau
Untuk menjiplak pola. Warna merah untuk bagian depan, biru untuk bagian belakang, serta hijau untuk lapisan, kerah, dan lengan.

v  Lem kertas
Untuk menempel potongan hasil pecah pola,menempel pola ketika menbuat rancangan bahan.
v  Gunting kertas
Untuk memotong kertas / po
la.

v  .Boneka jahit

Untuk membuat pola dengan metode konstruksi pada pola draping.
Caranya Kain disematkan dengan jarum pentul sambil diatur agar mengikuti bentuk tubuh boneka jahit.
DASAR TEKNOLOGI MENJAHIT [download]
pengetahuan alat menjahit tambahan [download]
buka mesin jahit : http://eliya28khotijah.blogspot.com/2014/04/alat-menjahit.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang fungsi rader kembar

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Beranda Aneka Tas Lucu

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


Beranda Aneka Tas Lucu

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Beranda Aneka Tas Lucu

pengertian aneka tas - logo aneka tas lucu, tas handmade maika etnik, heejou bags, hpo dan dompet etnik unik cantik dan maika premium limited
Aneka tas lucu di situs ini adalah tas handmade berkualitas

Saat ini Anda berada di toko online pelengkap fashion yang mengkhususkan pada penjualan aneka tas lucu buatan handmade. Kami sengaja memilih tas handmade sebagai produk unggulan untuk mengangkat supremasi produk dalam negeri. Selain itu, produk UKM dan rumah tangga dalam situs ini memiliki kualitas terbaik, tentunya tidak kalah saing dengan produk industri besar..

aneka tas lucu, maika etnik bogor, tas handmade
Sekilas Produk Tas Unik yang Kami Tawarkan

Aneka tas lucu  menyajikan beragam model dan desain yang dikerjakan secara etnik. Hiasan dan asesoris tas dibuat dengan sentuhan jahit jelujur, rajutan tangan, batok kelapa, mute-mute, bordir serta kreasi kain perca membentuk pola-pola motif yang unik. Dengan demikian, tas handmade selalu menghasilkan pilihan warna dan kombinasi motif yang beraneka ragam.

Tas handmade sengaja diproduksi untuk memudahkan Anda memilih dan menyesuaikan tas dengan kepribadian anda, asesoris fashion, moment dan acara serta waktu. Dengan kata lain aneka tas lucu handmade ini mengedepankan kustomisasi fashion.

Selain desain dan motif, aneka tas lucu dalam situs ini banyak macamnya. Tas-tas wanita yang kami tawarkan juga terbuat dari bahan berkualitas. Bahan kanvas maupun bahan jeans pilihan adalah salah satu bahan utama yang digunakan dalam pembuatan tas cantik ini. selain memiliki warna yang menarik, bahan tersebut juga kuat dan mudah dicuci.

aneka tas lucu, handmade, maika etnik, tas wanitaKami menjual aneka tas lucu secara retail / eceran maupun reseller. Harga retail tercantum dalam detail produk sedangkan harga reseller bisa Anda dapatkan ketika Anda menjadi reseller kami. Sewaktu-waktu kami juga mengadakan promo diskon, maka dari itu sering-seringlah Anda berkunjung ke web kami untuk mendapatkan info terbaru.

Merek yang satu ini buatan Bandung kota kembang. Bahan utama yang digunakan untuk membuat tas lucu ini yaitu bahan kanvas. Ciri khasnya yaitu desain bermotif stilasi dari perpaduan kain perca dan, jahit jelujur maupun kancing-kancing aneka warna sehingga dapat menimbulkan kesan unik dan cantik, dan pastinya etnik juga.. ��
Tas Heejou

Tas yang mengkhususkan diri bagi remaja maupun kuliah ini sangat cocok dan trendy untuk dibawa sekolah, belajar kelompok maupun hangout bareng teman-teman. idenya yaitu memunculkan keceriaan dan menjadikan masa-masa remaja menjadi lebih berkesan sehingga tidak akan terlupakan hingga kelak. Ciri khasnya yaitu motif kain perca dan sedikit korsase / pita, sedangkan bahan utamanya dari kanvas dan jeans.

toko tas lucu, tas etnik maika, tas handmade

Silahkan lihat-lihat dulu aneka tas lucu yang
kami tawarkan, setelah itu Anda dapat memesan tas melalui kontak pada situs ini maupun berkunjung langsung ke alamat tersebut

buka mesin jahit : http://anekataslucu.com/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian aneka tas

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Karya Seni: Cara Membuat Kerajinan Tangan Lampu Hias Kamar Dari Botol Plastik Bekas

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

Karya Seni: Cara Membuat Kerajinan Tangan Lampu Hias Kamar Dari Botol Plastik Bekas

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Karya Seni: Cara Membuat Kerajinan Tangan Lampu Hias Kamar Dari Botol Plastik Bekas
  alat dan cara membuat kap lampu batik dari kayu  - Untuk anda semua yang berkeinginan ingin menghiasi kamar dengan lampu hias yang cantik dari hasil kerajinan tangan, anda bisa mencontoh dari 3 contoh karya seni kerajinan tangan berikut yang pastinya bakal mempercantik ruang kamar anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar, dan dapat juga digunakan untuk produk kerajinan tangan untuk dijual dan menghasilkan uang, berikut ini langkah dan cara membuatnya, silahkan ikuti tata cara pembuatan yang sudah saya sertakan, terimakasih dan selamat membuat......!
Karya Seni 1: MEMBUAT KAP LAMPU CANTIK DARI BAHAN BEKAS - Dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita,dapat kita buat menjadi kap lampu cantik bernuansa etnik.

Sebelum mulai membuat persiapkan dulu alat dan bahannya.

Alat dan bahan:

-pisau cutter
-lem (lem pralon /lem tembak)
-botol air mineral (yang ukurannya sama)
-sisa potongan kain batik(kain perca)
-kabel
-fiting
-lampu

Cara membuatnya: Ambil dua buah botol air mineral kosong, bersihkan botol air mineral, sekalian buang bungkus mereknya. Potong bagian atas dan bagian bawah botol tersebut, kedua-duanya.


Setelah terpotong, ambil bagian tengah dari kedua buah botol tersebut dan rapikan potongannya. Rekatkan keduanya dengan lem sampai benar-benar kuat, seperti tampak pada gambar. Setelah terekat kuat, olesi permukaan luar botol dengan lem, ambil kain batik (perca) lalu tempelkan ke seluruh permukaan luar botol, biarkan sebentar sampai lem benar-benar kering. Tutup bagian atasnya dengan sisa potongan kain batik, lalu rapikan.

Setelah kap selesai,sekarang tinggal memasang lampu beserta dudukannya.
Caranya: Ambil fiting pasangkan kabelnya, lalu pasangkan pada dudukannya, kencangkan dengan baut. Ambil lampu bohlam, sekrupkan pada fiting lalu tutup dengan kap yang telah dibuat tadi, kencangkan dengan sekrup kecil.selesai. Lampu ini cocok di letakkan di atas meja, di tempel di dinding,atau ditempel di pilar kayu bernuansa etnik, dengan sedikit penyesuaian tentunya.

Karya Seni 2: Cara Membuat Lampu dari Botol Bekas -Kita semua tahu bukan kalau bumi semakin lama semakin tercemar? Orang pun mulai berpikir bagaimana menciptakan kerajinan tangan yang ramah lingkungan alias hasil daur ulang. Ada banyak sekali bahan daur ulang yang bisa dipakai untuk kerajinan tangan, contohnya kardus, koran, plastik makanan, hingga botol plastik. Nah botol plastik ternyata bisa disulap menjadi lampu kamar yang cantik dan unik.




Sebelum memulai membuat kreasi dari botol plastik, bahan dan alat yang kita perlukan saat membuat lampu botol adalah:
1. Botol plastik bekas yang sudah dibersihkan (bentuknya sesuai selera)
2. Kabel listrik
3. Lampu kecil (lampu cabai dan cupnya)
4. Cutter
5. Lem plastik
6. Cat semprot

Jika alat dan bahan sudah kita siapkan, langkah berikutnya adalah:
1. Potong bagian bawah botol plastik mengikuti bentuknya memakai cutter. Jika bentuknya bergelombang, maka ikuti saja bentuknya.
2. Lubangi bagian tengah bawah botol plastik yang sudah dipotong, untuk lubang kabel. Buat juga lubang di bagian tutup botol.
3. Rekatkan bagian bawah botol plastik yang sudah dipotong ke bagian tutup botolnya memakia lem. Sesuai letaknya dengan lubat yang sudah di buat di tutup botol
4. Setelah sambungan kering dan kuat, kita bisa mewarna botol plastik dengan cat semprot dalam kemasan kaleng (contoh merek Pylox) atau dengan car minyak yang disemprotkan dengan semprotan nyamuk secara tipis-tipis (jangan terlalu tebal supaya cahaya lampu menimbulkan kesan remang-remang)
5. Bila cat sudah kering, pasangkan lampu dan kabelnya. Rekatkan cup lampu dengan memakai lem pada bagian tutup botol supaya lebih kuat
6. Tambah beberapa ornamen atau hiasan sesuai selera kalian untuk mempercantik lampu botol bekas ini
Bagaimana? Cukup mudah bukan? Selain mengasah kreativitas kita juga berkonribusi terhadap lingkungan alam ini. Jika masih bingung cara membuat lambu botol daur ulang bisa lihat tutorial gambarnya di bawah ini.

 


Selain memakai botol plastik, kalian juga bisa menggantikannya dengan botol kaca bekas. Oh ya, sudah siap melestarikan lingkungan mulai dari hal kreatif ini? Selamat mencoba membuat kreasi lampu botol daur ulang!

Karya Seni 3: Cara Membuat Lampu Hias Dari Botol Plastik Bekas
Pada kerajinan tangan membuat karya seni berupa lampu hias dari botol plastik terakhir, kita akan membuat lampu hias dengan bentuk paling mudah dan sederhana, dimana peralatan yang dibutuhkan berupa: botol plastik bekas secukupnya, gunting, atau pisau, staples, peralatan lampu (lampu, kabel).

Cara membuat: Siapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan: pisau, botol plastik bening, dan staples.
 

 
 Bersihkan terlebih dahulu bagian dalam botol yang akan digunakan dengan menggunakan air bersih, label yang masih melekat dihilangkan.
 

 
 potong semua botol menjadi dua bagian tepat pada posisi tengah
 

 
 kemudian rekatkan masih-masing bagian botol yang sudah dipotong dengan menggunakan staples, lakukan hal ini secara terus menerus sampai botol berbentuk melingkar.
 




 Apabila bentuk botol yang disatukan sudah berbentuk melingkar, maka tempatkan lampu didalamnya, anda bisa memberikan lampu hias dengan berbagai warna sesuka hati anda.
 

 
karya seni
 dan pada tahap akhir, gantung lampu hias yang telah anda buat dan lampu siap untuk dinyalakan.
 



Lampu hias dari botol plastik
Cantik bukan ke tiga karya seni lampu hias dari
botol plastik diatas.

buka mesin jahit : http://kursusjahityogya.blogspot.com/2015/09/bikinpolacincindikomputer.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang alat dan cara membuat kap lampu batik dari kayu

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kerajinan Digital: Membuat Pola Rajutan Menggunakan Komputer

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.



Copyright © 2014 Kursus Menjahit.