PRODUK BAHAN DASAR PEMBUAT TENUN

PRODUK BAHAN DASAR PEMBUAT TENUN

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
PRODUK BAHAN DASAR PEMBUAT TENUN
http://www.tenunikatindonesia.com/bahan-dasar-pembuat-tenun/ - Bahan dasar pembuatan tenun, untuk membuat kain tenun tentunya memerlukan bahan-bahan yang wajib disiapkan. Bahan dasar pembuatan tenun tradisional seluruhnya menggunakan bahan-bahan yang ada di alam, berikut beberapa contoh bahan yang sering dipakai sebagai bahan membuat kain tenun. Bahan dasar pembuatan tenun yang pertama yaitu, kapas yang menjadi bahan dasar membuat benang, kepompong ulat sutera yang dipakai untuk membuat benang sutera dan benang emas, bahan untuk membantu merenggangkan benang yang terbuat dari lilin sarang lebah, untuk pengawet benang biasanya menggunakan akar serai wangi, untuk pengawet benang agar tidak luntur menggunakan daun sirih. Setelah bahan dasar pembuatan tenun untuk bahan benangnya, masuk kepada bahan dasar pembuatan tenun pada bagian pewarnaannya yang menggunakan pewarna alami.
Bahan dasar pembuatan tenun bunga tembelekan, kunyit, manga, manggis, bunga saflower dan nangka untuk pewarna kuning pada tikar dan kain tenun. Bahan dasar pembuatan tenun buah jambu mente, buah pinang, untuk pewarna hitam. Bahan dasar pembuatan tenun buah manggis, batang angsana, kesumba untuk pewarna merah. Bahan dasar pembuatan tenun buah pinang, mundu, daun angsana, akar mengkudu untuk pewarna coklat. Bahan dasar pembuatan tenun kelapa, suji untuk pewarna hijau. Bahan dasar pembuatan tenun bunga telang, buah manggis, bunga tarum untuk pewarna biru. Bahan dasar pembuatan tenun buah menteng untuk pewarna ungu. Dan masih banyak lagi bahan pewarna yang bisa di dapat di sekitar tempat tinggal kita.
Bahan dasar pembuatan tenunan bisa di buat sendiri di rumah dengan menghancurkannya dengan cara menumbuknya hingga lumat atau dengan cara menghancurkannya dengan mesin giling. Baru kemudian diberi air dan di saring, air ekstra pewarna tumbuhan ini yang menjadi media untuk merendam benang agar menjadi berwarna. Untuk hasil yang maksimal biasanya pewarna juga diberikan bahan tambahan agar warnanya tahan lama. Seperti kunyit dan kapur sirih yang dicampur saat proses perendaman kain, bila tidak mau repot mencari bahan pewarna karena harus merasa akan membuang waktu belum lagi untuk melumatnya. Bisa membeli di pasar tradisional, kunyit, buah manggis, akar wangi biasanya diperjual belikan di pasar tradisional. Sesampainnya di rumah anda tinggal mengolahnya, menanam sendiri bahan-bahan tersebut juga lebih baik. Karena bahan pewarna yang digunakan cukup familiar dan biasa di tanam dipekarangan rumah sebagai tanaman toga maupun untuk penghias di taman. Pohon pinang dan pohon kelapa misalnya biasanya dipakai sebagai penghias rumah, atau berfungsi sebagai tanaman hias. Buah kelapa juga bisa dimanfaatkan untuk minuman es kelapa muda dan bila telah tua bisa dipakai untuk bumbu masak sebagai santan. Selain mempermudah mendapatkan bahan, juga bisa digunakan untuk keperluan lainnya.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  https://kursusjahityogya.blogspot.co.id/2015/08/namajeniskerajinan-tekstil.html

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  “Seni Patung” Pengertian & ( Jenis – Fungsi – Bentuk – Teknik )

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.tenunikatindonesia.com/bahan-dasar-pembuat-tenun/


Comments