SILABUS
SILABUS |
8 jenis tusuk dalam menyulam menjahit - NAMA SEKOLAH : SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN : KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER : XI / 1
TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
STANDAR KOMPETENSI : MEMELIHARA ALAT JAHIT
ETIKA LALU LINTAS 1 : MEMAHAMI BAGIAN-BAGIAN KENDARAAN
KOMPETENSI DASAR NILAI/INDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
1. Mengenal piranti menjahit • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
Mengidentifikasi alat jahit pokok dan fungsinya
Mengidentifikasi alat bantu dan fungsinya
Mengidentifikasi alat jahit penunjang dan fungsinya Responsif dalam mengenal alat jahit pokok dan fungsinya
Memahami tentang alat jahit pokok dan fungsinya
Memilih alat jahit pokok dan fungsinya
Responsif dalam mengenal alat jahit bantu dan fungsinya
Memahami tentang alat jahit bantu dan fungsinya
Memilih alat jahit bantu dan fungsinya
Responsif dalam mengenal alat jahit penunjang dan fungsinya
Memahami tentang alat jahit penunjang dan fungsinya
Memilih alat penunjang dan fungsinya SIKAP
Memperhatikan prinsip-prinsip keselamatan kerja :
- Dasar kelistrikan
- Cara bekerja yang benar (sistematika kerja)
- Waspada dalam menggunakan alat
- Menempatkan alat yang tepat
- Sikap kerja yang sehat
PENGETAHUAN
Mengidentifikasi alat jahit pokok dan fungsinya :
- Mesin jahit manual
- Mesin jahit otomatis
- Mesin jahit semi otomatis
- Mesin jahit penyelesaian
- Mesin jahit industri
Mengidentifikasi alat jahit bantu dan fungsinya :
- Pembuat lipit
- Pembuat kerut
- Pembuat kelim
- Pemasangan ritsluiting
- Pemotong
Mengelompokkan alat jahit penunjang dan fungsinya :
- Pembuat pola
- Untuk menggunting
- Memberi tanda
- Untuk menjahit tangan
- Untuk mengepas
- Untuk menyetrika/memapat Pre Tes
Tes tertulis
Pre Tes
Tes tertulis
Tes tertulis Penggunaan alat menjahit (PPPGK Sawangan)
Tata Busana 1 (Dep P&K, 1984)
Teknik Dasar Pembuatan Busana (Dep P&K, 1991)
2. Menggunakan
alat jahit
• Disiplin
Selalu teliti dan tertib
dalam mengerjakan
tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Menggunakan alat bantu/attachment secara benar
Menggunakan alat jahit penunjang secara benar Teliti dalam menggunakan alat jahit bantu/attachment
Memahami prosedur penggunaan mesin jahit bantu/attachment
Menggunakan alat bantu/attachment
Teliti dalam menggunakan alat jahit penunjang
Memahami prosedur penggunaan alat jahit penunjang
Menggunakan alat jahit penunjang Menggunakan alat jahit bantu :
- Pembuat lipit
- Pembuat kerut
- Pembuat kelim
- Pemasangan ritsliting
- Pemotong
- Pengepres
Menggunakan alat jahit penunjang :
- Pembuat pola
- Untuk menggunting
- Untuk menjahit tangan
- Untuk mengepas
- Untuk menyeterika
Penggunaan alat menjahit (PPGK Sawangan)
Tata Busana 1 (Dep P&K, 1984)
Teknik Dasar Pembuatan Busana (Dep P&K, 1991)
NAMA SEKOLAH : SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN : KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER : XI / 1
TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
STANDAR KOMPETENSI : MENGENAL DAN MEMILIH BAHAN BUSANA SESUAI DISAIN
ETIKA LALU LINTAS 2 : MEMAHAMI FUNGSI PERLENGKAPAN KENDARAAN
KOMPETENSI DASAR
NILAI/INDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
1. Penggolongan serat • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Mengidentifikasi asal serat
1. Pengertian serat
2. Penggolongan serat
menurut asalnya
3. Sifat-sifat serat
SIKAP
1. Menyebutkan golongan serat
menurut asalnya :
- Serat selulosa
- Serat protein
- Serat termoplastik/buatan
- Serat mineral
- Serat campuran
Tes Lisan
Buku Pengetahuan Barang Tekstil
2. Pemeriksaan serat • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Mengidentifikasi cara pemeriksaan serat
2. Mengidentifikasi peralatan yang akan digunakan
3. Menyiapkan tempat dengan alur kerja standar ergonomic .
4. Melaksanakan pemeriksaan serat 1. Cara pemeriksaan
serat
- Secara visual
- Secara pembakaran
2. Ciri-ciri serat setelah dikenai uji pemeriksaan serat
3. Langkah-langkah percobaan uji pemeriksaan serat KETRAMPILAN
1. Melakukan pemeriksaan serat
- Pemeriksaan dengan visual
- Pemeriksaan dengan pembakaran
KETRAMPILAN
1. Mengelompokkan peralatan sesuai dengan kebutuhan secara cermat :
- Mikroskop
- Korek api
- Lilin
- Bahan baku
KETRAMPILAN
1. Membuat setting kerja secara
efektif dan efisie
2. Mempersiapkan alat sesuai
standar SOP
KETRAMPILAN
Membedakan golongan serat Penu
gasan
3. Konstruksi kain • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi konstruksi
kain
1. Pengertian konstruksi kain
2. Macam-macam konstruksi
kain
PENGETAHUAN
Memahami berbagai konstruksi kain
- Tenunan - Buhul
- Rajutan - Kaitan
- Anyaman - Renda
- Kempa
- Bahan tak ditenun
Tes lisan
4.Penyempurnaan • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi penyempurnaan bahan tekstil
1. Pengertian
penyempurnaan bahan
tekstil
2. Macam-macam
penyempurnaan bahan
tekstil
PENGETAHUAN
Mengenal penyempurnaan bahan tekstil
- Penyempurnaan utama
- Penyempurnaan tambahan
5. Pelabelan bahan • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengenal macam- macam
label
1. Pengertian label
2. Fungsi label
3. Isi label
4. Macam-macam label
5. Arti keterangan yang terdapat pada label
1. Membaca dan memahami macam- macam label
- Label pada bahan tekstil
- Label pada pakaian jadi
- Label pada benang
Tes lisan
NAMA SEKOLAH : SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN : KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER : XI / 1
TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
STANDAR KOMPETENSI : MEMBUAT POLA BUSANA TEKNIK KONSTRUKSI
ETIKA LALU LINTAS 3 : MEMAHAMI KETENTUAN-KETENTUAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN,
KOMPETENSI DASAR
NILAI/INDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
1. Mengukur tubuh Budaya dan Karakter Bangsa
• Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi. Peralatan mengukur tubuh disiapkan sesuai kebutuhan
Pemesan diukur sesuai kebutuhan Peralatan mengukur tubuh
Daftar ukuran tubuh yang sistematis
Cara mengukur tubuh PENGETAHUAN
Menjelaskan macam-macam alat mengukur tubuh
Menjelaskan ukuran-ukuran tubuh yang diperlukan
Menjelaskan cara mengukur tubuh
KETRAMPILAN
Mempraktekkan cara mengukur tubuh Tes tertulis
Tes lisan
Pemberian tugas
Menjahit pakaian wanita dan Anak Tingkat Dasar
Pelajaran menjahit Pakaian Pria, Jilid I dan II
Konstruksi pola
Pecah Pola Dasar dan Pecah Pola
Tata Busana 3
2. Menggambar Pola • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Peralatan gambar pola dan tempat kerja disiapkan sesuai standar egronomis
Pola dibuat sesuai ukuran badan dengan menggunakan alat gambar pola yang tepat Peralatan menggambar pola
Menggambar pola dasar badan secara konstruksi (4 macam sistem pola dasar)
Menggambar pola dasar rok
Menggambar pola dasar lengan
Menggambar pola dasar anak perempuan dan laki-laki
Menggambar pola dasar kemeja PENGETAHUAN
Menjelaskan macam-macam alat menggambar pola
Menjelaskan menggambar pola dasar badan wanita dengan empat macam sistim
Menjelaskan menggambar pola dasar rok
Menjelaskan menggambar pola dasar lengan
Obser
vasi
Tes lisan
Pemberian tugas
Menjelaskan menggambar pola dasar perempuan dan laki-laki
Menjelaskan menggambar pola kemeja
KETRAMPILAN
Mempraktekkan membuat macam-macam pola dasar
NAMA SEKOLAH : SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN : KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER : XI / 1
TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
STANDAR KOMPETENSI : MENJAHIT BUSANA DASAR
ETIKA LALU LINTAS 4 : MEWUJUDKAN KESELAMATN DAN KENYAMANAN BERKENDARA
KOMPETENSI DASAR
NILAI/INDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
1. Menyiapkan tempat kerja dan alat kerja • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasikan tempat kerja dengan memperhatikan K3
Mengidentifikasikan alat jahit pokok dan alat jahit bantu
Mengidentifikasikan tempat dan alat untuk memotong
Mengidentifikasikan tempat dan alat pres Kesehatan dan keselamatan kerja (K3)
Alat jahit pokok
Alat jahit bantu
Bentuk tempat kerja dan macam-macam alat potong
Macam-macam alat pres SIKAP
Menyiapkan tempat kerja dengan memperhatikan K3
KETRAMPILAN
Menyiapkan alat jahit pokok dan alat jahit bantu sesuai kebutuhan
Menyiapkan tempat kerja dan menyiapkan alat potong yang dibutuhkan
Menyiapkan alat pres sesuai kebutuhan
Lisan
Pembe
rian tugas
Tata Busana 1
Tata Busana 2
2. Menyiapkan bahan • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasikan bahan yang akan digunakan untuk membuat busana sesuai yang dibutuhkan
macam-macam bahan untuk keperluan menjahit Tingkat dasar :
- Rok
- Blus
- Daster
KETRAMPILAN
menyiapkan bahan sesuai kebutuhan Lisan
Tertulis
Pembe
rian tugas Tata Busana 3
- Hartini Kardasan
- Dra. Syahandani Purnomo
- Sri Kiswani
Pengetahuan benang tekstil
- Agaster
- Endang Subandi
3. Peletakkan pola di atas bahan • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi kebutuhan pola sesuai dengan disain
Mengidentifikasikan arah serat, tekstur, corak kain sesuai dengan disain
Meletakkan pola di atas bahan dengan memperhatikan efisiensi bahan macam-macam pola yang dibutuhkan sesuai desain untuk Menjahit Dasar :
- Rok
- Blus
- Daster
Mengenal arah serat, tekstrum corak, bahan sesuai desain
Meletakkan pola sesuai kebutuhan KETRAMPILAN
Memeriksa kelengkapan pola sesuai desain
Memeriksa arah serat, tekstur dan corak bahan sesuai kebutuhan
Meletakkan pola di atas bahan dengan menambah kampuh sesuai kebutuhan
Lisan
Pembe
rian tugas
4. Memotong • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasikan teknik memotong sesuai SOP dan K3 Teknik memotong sesuai SOP dan K3 KETRAMPILAN
Memotong bahan tepat pada garis kampuh sesuai dengan bentuk pola
Memotong bahan dengan hasil rata
Menerapkan K3 Lisan
Pembe
rian tugas
5. Memindahkan tanda-tanda pola pada bahan • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasikan tanda-tanda pola yang dibutuhkan sesuai dengan standar yang berlaku Tanda-tanda pola SIKAP
Mencermati tanda-tanda pola yang dibutuhkan
KETRAMPILAN
Memindahkan tanda-tanda pola pada bahan Lisan
Tertulis
Pembe
rian tugas
6. Mengerjakan pengepresan • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasikan maksud dan tujuan pengepresan
Mengidentifikasi alat, bahan yang akan dipres Tujuan pengepresan sesuai dengan kebutuhan
Peralatan dan bahan yang akan dipilih PENGETAHUAN
Dapat menyebutkan penyelesaian dan tujuan pengepresan
KETRAMPILAN
Melakukan pengepresan sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan prosedur kerja
7. Menjahit bagian-bagian busana • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi bagian-bagian busana sesuai dengan kebutuhan
Mengidentifikasi bagian-bagian busana yang akan dijahit sesuai prosedur Bagian-bagian busana yang dibutuhkan KETRAMPILAN
Memeriksa kelengkapan bagian-bagian busana yang dibutuhkan
Menjahit bagian-bagian busana sesuai disain dengan memperhatikan prosedur kerja
Lisan
Pembe
rian tugas
8. Menyelesaikan busana dengan alat jahit tangan • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi bahan-bahan pelengkap dan finishing sesuai kebutuhan
Mengidentifikasi alat jahit tangan sesuai dengan teknik penyelesaian
Pemasangan pelengkap busana dengan memperhatikan kerapian dan kebersihannya Bahan-bahan pelengkap yang digunakan untuk penyelesaian/finishing
Alat-alat jahit tangan yang dibutuhkan untuk penyelesaian
Teknik pemasangan pelengkap busana KETRAMPILAN
Menyiapkan bahan pelengkap busana yang dibutuhkan untuk finishing
Menyiapkan alat jahit tangan yang dibutuhkan untuk finishing
Memasang pelengkap busana dengan teliti dan rapi
Lisan
Pembe
rian tugas
9. Menyeterika busana • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi sisa-sisa benang dan noda pada busana
Menyiapkan alat dan obat penghilang noda sesuai dengan kebutuhan Macam-macam sisa-sisa benang dan noda pada busana
Alat dan obat penghilang noda sesuai kebutuhan KETRAMPILAN
Memeriksa sisa-sisa benang dan noda pada busana
Menyiapkan alat dan obat untuk menghilangkan noda pada busana
Lisan
Pembe
rian tugas
10.Mengemas Busana • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi alat dan bahan untuk mengemas sesuai kebutuhan
Mengidentifikasi cara mengemas busana sesuai dengan standar keindahan Alat dan bahan untuk mengemas sesuai kebutuhan
Macam-macam cara mengemas KETRAMPILAN
Menyiapkan alat dan bahan sesuai kebutuhan
Mengemas busana sesuai dengan keindahan
Lisan
Pembe
rian tugas
11.Menyimpan • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi alat untuk menyimpan busana sesuai kebutuhan dengan teknik yang benar
Busana disimpan dengan sistematis Teknik menyimpan busana sesuai kebutuhan
Sistematika cara menyimpan busana KETRAMPILAN
Menyimpan busana sesuai dengan kebutuhan
Menyimpan busana dengan cara sistematis
NAMA SEKOLAH : SMA N 1 KARANGMOJO
MATA PELAJARAN : KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER : X1 / 2
TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
STANDAR KOMPETENSI : MENGENAL DAN MEMILIH BAHAN BUSANA SESUAI DISAIN
ETIKA LALU LINTAS 5 : MEMATUHI PERATURAN PERUNDANGAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN
KOMPETENSI DASAR
NILAI/INDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
1. Pemilihan bahan berdasarkan waktu pemakaian, umur, kesempatan dan postur tubuh • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Mengidentifikasi
bahan utama
berdasarkan waktu
2. Mengidentifikasikan
bahan utama
berdasarkan umur
3. Mengidentifikasi
bahan utama
berdasarkan
kesempatan
4. Mengidentifikasi bahan utama berdasarkan postur tubuh
1. Pembagian bahan
utama berdasarkan
waktu
1. Pembagian bahan
utama berdasarkan
umur
1. Pembagian bahan
utama berdasarkan
kesempatan
1. Bentuk-bentuk postur
tubuh KETRAMPILAN
1. Memilih bahan utama berdasarkan waktu :
- Waktu pagi
- Waktu siang/sore
- Waktu malam
1. Memilih bahan utama berdasarkan umur :
- Bayi (dibawah 1 th)
- Balita (1-5 th)
- Anak-anak (dibawah 12 th)
- Remaja (13-17 th)
- Dewasa/tua (diatas 17th)
1. Memilih bahan utama berdasarkan kesempatan :
- Dirumah (aktitivitas di lingk.rumah)
- Bekerja (dalam ruangan/luar ruangan)
- Rekreasi (daerah dingin/panas)
- Olahraga (indoor/outdoor)
- Pesta (Resmi/setengah resmi)
- Kesempatan khusus (berkabung)
1. Memilih bahan utama berdasarkan postur tubuh
Tes Lisan
Tes Lisan
Tes Lisan
Tes lisan
Portofo
lio
Buku Pengetahuan BahanTekstil
KOMPETENSI DASAR
NILAI/INDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
2. Pemilihan jenis kain berdasarkan disain Budaya dan Karakter Bangsa
• Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Mengidentifikasikan
jenis kain berdasarkan desain
1. Pembagian jenis kain
berdasarkan desain
1. Memilih jenis kain berdasarkan
desain
- Bahan katun
- Bahan linen
- Bahan wool
- Bahan sutera
- Bahan rajutan
Portofo
lio
3. Pemilihan corak dan efek kain berdasarkan desain • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Mengidentifikasi
corak berdasarkan
desain
2. Mengidentifikasi efek
kain berdasarkan
desain 1. Pengertian corak :
2. Pembagian corak :
1. Pembagian jenis
jatuhnya bahan
2. Pengertian tentang
tekstur bahan
3. Pembagian jenis
tekstur bahan 1. Memilih corak berdasarkan desain :
1. Memilih jenis jatuhnya bahan
berdasarkan desain :
- Kaku
- Berpegang teguh
- Lembut
- Melangsai
- Ringan/melayang
2. Memilih jenis tekstur bahan
Portofo
lio
NAMA SEKOLAH : SMA N 1 KARANGMOJO
MATA PELAJARAN : KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER : XI / 2
TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
STANDAR KOMPETENSI : MENGENAL DAN MEMILIH BAHAN BUSANA SESUAI DESAIN
KOMPETENSI DASAR
NILAI/INDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
1. Pemilihan jenis kain furing sesuai dengan jenis bahan utama Budaya dan Karakter Bangsa
• Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Mengidentifikasikan
jenis kain furing
sesuai dengan jenis
bahan utama
1. Pengetahuan bahan-
bahan busana (tekstil)
dan penggunaannya
KETRAMPILAN
Memilih jenis kain furing sesuai dengan jenis bahan utama
Tes Lisan
Buku Pengetahuan BahanTekstil
2. Pemilihan warna kain furing sesuai dengan warna bahan utama • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Memilih warna kain
furing sesuai dengan
warna bahan utama 1. Pengetahuan semua
aspek dalam pemilihan
bahan tekstil
2. Pemilihan bahan
utama (warna) sebagai
furing
KETRAMPILAN
Memilih warna kain furing sesuai dengan warna bahan utama Portofo
lio
3. Pemilihan kain pelapis sesuai dengan desain • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Mengidentifikasikan
jenis-jenis kain
pelapis sesuai
dengan desain 1. Pengetahuan tentang
jenis-jenis kain
pelapis sesuai dengan
bahan utama dan
disain
KETRAMPILAN
Memilih jenis-jenis kain pelapis sesuai dengan desain Tes lisan
4. Pemilihan bahan pengeras sesuai dengan jenis bahan utama • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Mengidentifikasi
bahan pengeras
sesuai dengan jenis
bahan utama 1. Pengetahuan tentang
jenis bahan pengeras
sesuai dengan bahan
utama dan desain KETRAMPILAN
Memilih bahan pengeras sesuai dengan jenis bahan utama
5. Pemeriksaan kondisi kain bila terjadi cacat untuk melakukan tindakan • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Memeriksa kondisi
kain bila terjadi
cacat untuk
melakukan tindakan 1.Demonstrasi/melakukan
pengamatan terhadap
bahan tekstil (kain)
KETRAMPILAN
Melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kain bila terjadi cacat untuk melakukan tindakan
Portofo
lio
Penugasan
NAMA SEKOLAH : SMA N 1 KARANGMOJO
MATA PELAJARAN : KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER : XI / 2
TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
STANDAR KOMPETENSI : MENGENAL DAN MEMILIH BAHAN BUSANA SESUAI DESAIN
KOMPETENSI DASAR
NILAI/INDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
1. Pemilihan bahan pelengkap sesuai dengan desain dan warna bahan Budaya dan Karakter Bangsa
• Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Menentukan bahan
pelengkap sesuai
dengan disain dan
warna bahan
1. Memahami/mencermati
desain
2. Mencatat detail-detail
3. Menentukan/ memilih warna yang sesuai dengan disain
KETRAMPILAN
Memilih bahan pelengkap sesuai dengan desain dan warna bahan
Tes Lisan
Pengetahuan BahanTekstil
2. Penentuan jumlah bahan pelengkap yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
1. Menentukan jumlah
bahan pelengkap
yang diperlukan
sesuai dengan
kebutuhan 1. Merencanakan
pemilihan/pembelian
bahan pelengkap
busana
2. Cara menentukan
jumlah bahan
pelengkap busana
sesuai dengan
kebutuhan
KETRAMPILAN
Menentukan jumlah bahan pelengkap yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan Tes Tertulis
NAMA SEKOLAH : SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN : KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER : XI / 2
TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
STANDAR KOMPETENSI : MENJAHIT BUSANA DASAR
KOMPETENSI DASAR
NILAI/INDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
1. Menyiapkan tempat kerja dan alat kerja Budaya dan Karakter Bangsa
• Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasikan tempat kerja dengan memperhatikan K3
Mengidentifikasikan alat jahit pokok dan alat jahit bantu
Mengidentifikasikan tempat dan alat untuk memotong
Mengidentifikasikan tempat dan alat pres Kesehatan dan keselamatan kerja (K3)
Alat jahit pokok
Alat jahit bantu
Bentuk tempat kerja dan macam-macam alat potong
Macam-macam alat pres SIKAP
Menyiapkan tempat kerja dengan memperhatikan K3
KETRAMPILAN
Menyiapkan alat jahit pokok dan alat jahit bantu sesuai kebutuhan
Menyiapkan tempat kerja dan menyiapkan alat potong yang dibutuhkan
Menyiapkan alat pres sesuai kebutuhan
Lisan
Pemberian tugas
Tata Busana 1
Tata Busana 2
2. Menyiapkan bahan • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi. Mengidentifikasikan bahan yang akan digunakan untuk membuat busana sesuai yang dibutuhkan
macam-macam bahan untuk keperluan menjahit Tingkat dasar :
- Busana Anak
- Kebaya
KETRAMPILAN
menyiapkan bahan sesuai kebutuhan Lisan
Tertulis
Pemberian tugas Tata Busana 3
- Hartini Kardasan
- Dra. Syahandani Purnomo
- Sri Kiswani
Pengetahuan benang tekstil
- Agaster
- Endang Subandi
3. Peletakkan pola di atas bahan • Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi kebutuhan pola sesuai dengan disain
Mengidentifikasikan arah serat, tekstur, corak kain sesuai dengan disain
Meletakkan pola di atas bahan dengan memperhatikan efisiensi bahan macam-macam pola yang dibutuhkan sesuai desain untuk Menjahit Dasar :
- Busana Anak
- Kebaya
Mengenal arah serat, tekstrum corak, bahan sesuai desain
Meletakkan pola sesuai kebutuhan KETRAMPILAN
Memeriksa kelengkapan pola sesuai desain
Memeriksa arah serat, tekstur dan corak bahan sesuai kebutuhan
Meletakkan pola di atas bahan dengan menambah kampuh sesuai kebutuhan
Lisan
Pemberian tugas
4. Memotong • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasikan teknik memotong sesuai SOP dan K3 Teknik memotong sesuai SOP dan K3 KETRAMPILAN
Memotong bahan tepat pada garis kampuh sesuai dengan bentuk pola
Memotong bahan dengan hasil rata
Menerapkan K3 Lisan
Pemberian tugas
5. Memindahkan tanda-tanda pola pada bahan • Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasikan tanda-tanda pola yang dibutuhkan sesuai dengan standar yang berlaku Tanda-tanda pola SIKAP
Mencermati tanda-tanda pola yang dibutuhkan
KETRAMPILAN
Memindahkan tanda-tanda pola pada bahan Lisan
Tertulis
Pemberian tugas
6. Mengerjakan pengepresan • Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasikan maksud dan tujuan pengepresan
Mengidentifikasi alat, bahan yang akan dipres Tujuan pengepresan sesuai dengan kebutuhan
Peralatan dan bahan yang akan dipilih PENGETAHUAN
Dapat menyebutkan penyelesaian dan tujuan pengepresan
KETRAMPILAN
Melakukan pengepresan sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan prosedur kerja
7. Menjahit bagian-bagian busana • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi. Mengidentifikasi bagian-bagian busana sesuai dengan kebutuhan
Mengidentifikasi bagian-bagian busana yang akan dijahit sesuai prosedur Bagian-bagian busana yang dibutuhkan KETRAMPILAN
Memeriksa kelengkapan bagian-bagian busana yang dibutuhkan
Menjahit bagian-bagian busana sesuai disain dengan memperhatikan prosedur kerja
Lisan
Pemberian tugas
8. Menyelesaikan busana dengan alat jahit tangan • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi bahan-bahan pelengkap dan finishing sesuai kebutuhan
Mengidentifikasi alat jahit tangan sesuai dengan teknik penyelesaian
Pemasangan pelengkap busana dengan memperhatikan kerapian dan kebersihannya Bahan-bahan pelengkap yang digunakan untuk penyelesaian/finishing
Alat-alat jahit tangan yang dibutuhkan untuk penyelesaian
Teknik pemasangan pelengkap busana KETRAMPILAN
Menyiapkan bahan pelengkap busana yang dibutuhkan untuk finishing
Menyiapkan alat jahit tangan yang dibutuhkan untuk finishing
Memasang pelengkap busana dengan teliti dan rapi
Lisan
Pemberian tugas
9. Menyeterika busana • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi sisa-sisa benang dan noda pada busana
Menyiapkan alat dan obat penghilang noda sesuai dengan kebutuhan Macam-macam sisa-sisa benang dan noda pada busana
Alat dan obat penghilang noda sesuai kebutuhan KETRAMPILAN
Memeriksa sisa-sisa benang dan noda pada busana
Menyiapkan alat dan obat untuk menghilangkan noda pada busana
Lisan
Pemberian tugas
10.Mengemas Busana • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi alat dan bahan untuk mengemas sesuai kebutuhan
Mengidentifikasi cara mengemas busana sesuai dengan standar keindahan Alat dan bahan untuk mengemas sesuai kebutuhan
Macam-macam cara mengemas KETRAMPILAN
Menyiapkan alat dan bahan sesuai kebutuhan
Mengemas busana sesuai dengan keindahan
Lisan
Pemberian tugas
11.Menyimpan • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Mengidentifikasi alat untuk menyimpan busana sesuai kebutuhan dengan teknik yang benar
Busana disimpan dengan sistematis Teknik menyimpan busana sesuai kebutuhan
Sistematika cara menyimpan busana KETRAMPILAN
Menyimpan busana sesuai dengan kebutuhan
Menyimpan busana dengan cara sistematis
NAMA SEKOLAH : SMA N 1KARANGMOJO
MATA PELAJARAN : KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER : XI / 2
TAHUN PELAJARAN : 2011-2012
STANDAR KOMPETENSI : MENGHIAS BUSANA (DENGAN MESIN DAN DENGAN TANGAN)
KOMPETENSI DASAR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
NILAI/INDIKATOR
PBKB/PEK
1. Menyiapkan tempat kerja dan alat Budaya dan Karakter Bangsa
• Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Tempat kerja disiapkan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja Persiapan tempat dan alat kerja menghias busana dengan sulaman tangan dan bordir
SIKAP
Memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja
PENGETAHUAN
Memahami jenis dan fungsi alat menghias busana
Mengidentifikasi kesehatan dan keselamatan kerja dalam bidang busana
KETRAMPILAN
Menyiapkan alat menghias busana dengan cermat dan tepat
Menghias busana dengan tepat
Menerapkan prosedur K3 Pengamatan
Tes lisan
2. Membuat macam-macam tusuk dasar • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Alat yang digunakan sesuai dengan fungsinya Macam-macam tusuk dasar dengan sulaman tangan dan bordir SIKAP
Teliti dan cermat dalam membuat tusuk dasar sulaman tangan dan bordir
PENGETAHUAN
Memahami macam-macam tusuk dasar dengan sulaman tangan dan bordir
Pengamatan
Tes lisan
Tes tertulis
Tugas Teknik Membordir
Easy Embroidery
KOMPETENSI DASAR
NILAI/IDIKATOR INDIKATOR MATERI PEMBELAJARAN KEGIATAN PEMBELAJARAN PENILAIAN SUMBER BELAJAR
PBKB/PEK
KETRAMPILAN
Membuat macam-macam tusuk dasar dengan sulaman tangan dan border
3 Membuat disain hiasan • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Letak hiasan busana diidentifikasi sesuai dengan busana yang akan dihias
Jenis dan bentuk hiasan diidentifikasi sesuai dengan jenis bahan dan jenis busana
Disain hiasan dibuat sesuai rencana Dasar-dasar hiasan busana dengan tangan dan mesin
Disain hiasan busana sesuai jenis bahan dan jenis busana SIKAP
Responsif terhadap perkembangan disain hiasan busana
Kreatif dan inovatif dalam membuat disain hiasan busana
PENGETAHUAN
Memahami prinsip-prinsip disain hiasan busana dengan tangan dan mesin
Memahami jenis dan bentuk hiasan busana
Memahami jenis ragam hiasan busana
Merencanakan disain hiasan busana
KETRAMPILAN
Membuat disain hiasan busana sesuai jenis bahan dan jenis busana
SIKAP
Teliti dan cermat dalam memindah kain disain hiasan busana atau kain
Tes lisan
Tes tertulis
Tugas Desain hiasan
Membuat hiasan dan lenan RT
Teknik bordir lanjut pada busana
Pola ragam hias
4. Memindahkan disain hiasan pada kain atau busana • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Lokasi disain pada busana diukur atau ditetapkan secara proporsional
Disain dipindahkan dengan menggunakan alat bantu sesuai dengan teknik memindahkan disain hiasan
Alat bantu dipilih yang memiliki sifat yang tidak permanen pada busana yang akan dihias Memindahkan disain hiasan pada kain atau busana SIKAP
Teliti dan cermat dalam memindah kain disain hiasan busana atau kain Tes lisan
Tugas
5 Membuat hiasan busana dengan tangan, mesin pada kain atau busana • Rasa ingin tahu
Bertanya atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
• Jujur
Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Alat digunakan sesuai dengan fungsinya
Sikap tubuh dalam mengerjakan ragam hiasan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja
Ragam hias dikerjakan sesuai desain dengan teknik sesuai dengan prosedur
Ragam hias diselesaikan sesuai dengan prosedur
Membuat hiasan pada kain atau busana SIKAP
Kreatif dan inovatif dalam membuat ragam hias atau motif Pengamatan
Tugas Teknik bordir lanjut pada busana
6. Mengemas busana atau kain yang sudah dihias
• Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Busana yang sudah dihias digantung atau dikemas dengan menonjolkan hiasannya
Busana yang sudah dikemas dilengkapi dengan identitas yang diperlukan
Pengemasan kain atau busana SIKAP
Cermat, teliti dan kreatif dalam melaksanakan pengemasan busana yang sudah dihias
PENGETAHUAN
Mengetahui alat dan bahan kemasan busana
Pengamatan
Tugas
Memahami teknik dan sistematika penyimpanan busana atau kain yang telah dihias
KETRAMPILAN
Mengemas busana yang sudah di hias berikut identitas pemesan
7. Menyimpan • Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
• Kerja keras
Mengerjakan tugas
dengan teliti dan rapi.
Busana yang sudah siap dihias (disulam, pasang payet, dibordir) digantung atau disimpan dengan benar
Busana disimpan dengan sistematis (sesuai dengan tanggal pengambilan)
Menyimpan kain atau busana yang sudah dihias SIKAP
Hati-hati dalam menyimpan busana atau kain yang sudah dihias Pengamatan
Tugas
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang 8 jenis tusuk dalam menyulam menjahit
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Motif Nusantara dalam Kain Songket Bali (Ditinjau dari Etnoarkeologi)
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://hermawatiyuri.files.wordpress.com/.../silabus-ktrmpiln-mjnahit-xi-sem-12-sma-...
0 komentar:
Post a Comment