, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SILABUS

SILABUS

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
SILABUS

8 jenis tusuk dalam menyulam menjahit  - NAMA SEKOLAH         :     SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN         :     KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER         :     XI / 1
TAHUN PELAJARAN        :    2011-2012
STANDAR KOMPETENSI         :     MEMELIHARA ALAT JAHIT
ETIKA LALU  LINTAS 1        :    MEMAHAMI BAGIAN-BAGIAN KENDARAAN
KOMPETENSI DASAR    NILAI/INDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                   
1.    Mengenal piranti menjahit    •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.





•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

        Mengidentifikasi alat jahit pokok dan fungsinya









    Mengidentifikasi alat bantu  dan fungsinya






    Mengidentifikasi alat jahit penunjang dan fungsinya        Responsif dalam mengenal alat jahit pokok dan fungsinya
    Memahami tentang alat jahit pokok dan fungsinya
    Memilih alat jahit pokok dan fungsinya




    Responsif dalam mengenal alat jahit bantu dan fungsinya
    Memahami tentang alat jahit bantu dan fungsinya
    Memilih alat jahit bantu dan fungsinya

    Responsif dalam mengenal alat jahit penunjang dan fungsinya
    Memahami tentang alat jahit penunjang dan fungsinya
    Memilih alat penunjang         dan fungsinya    SIKAP
    Memperhatikan prinsip-prinsip keselamatan kerja :
-    Dasar kelistrikan
-     Cara bekerja yang benar (sistematika kerja)
-     Waspada dalam menggunakan alat
-    Menempatkan alat yang tepat
-    Sikap kerja yang sehat
PENGETAHUAN
    Mengidentifikasi alat jahit pokok dan fungsinya :
- Mesin jahit manual
- Mesin jahit otomatis
- Mesin jahit semi otomatis
- Mesin jahit penyelesaian
- Mesin jahit industri
    Mengidentifikasi alat jahit bantu dan fungsinya :
- Pembuat lipit
- Pembuat kerut
- Pembuat kelim
- Pemasangan ritsluiting
- Pemotong
    Mengelompokkan alat jahit penunjang dan fungsinya :
- Pembuat pola
- Untuk menggunting
- Memberi tanda
- Untuk menjahit tangan
- Untuk mengepas
- Untuk menyetrika/memapat        Pre Tes
    Tes tertulis








    Pre Tes
    Tes tertulis





    Tes tertulis        Penggunaan alat menjahit (PPPGK Sawangan)
    Tata Busana 1 (Dep P&K, 1984)
    Teknik Dasar Pembuatan Busana (Dep P&K, 1991)

2. Menggunakan
   alat jahit

    •    Disiplin
      Selalu teliti dan tertib
      dalam mengerjakan
      tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.

        Menggunakan alat bantu/attachment secara benar





    Menggunakan alat jahit penunjang secara benar         Teliti dalam menggunakan alat jahit bantu/attachment
    Memahami prosedur penggunaan mesin jahit  bantu/attachment
    Menggunakan alat bantu/attachment

    Teliti dalam menggunakan alat jahit penunjang
    Memahami prosedur penggunaan alat jahit penunjang
    Menggunakan alat jahit penunjang        Menggunakan alat jahit bantu :
- Pembuat lipit
- Pembuat kerut
- Pembuat kelim
- Pemasangan ritsliting
- Pemotong
- Pengepres

    Menggunakan alat jahit penunjang :
- Pembuat pola
- Untuk menggunting
- Untuk menjahit tangan
- Untuk mengepas
- Untuk menyeterika
            Penggunaan alat menjahit (PPGK Sawangan)
    Tata Busana 1 (Dep P&K, 1984)
    Teknik Dasar Pembuatan Busana (Dep P&K, 1991)































NAMA SEKOLAH     :     SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN     :     KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER     :     XI / 1
TAHUN PELAJARAN    :    2011-2012
STANDAR KOMPETENSI     :     MENGENAL DAN MEMILIH BAHAN BUSANA SESUAI DISAIN
ETIKA LALU LINTAS 2    :     MEMAHAMI FUNGSI PERLENGKAPAN KENDARAAN


KOMPETENSI DASAR  
NILAI/INDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                  
1.    Penggolongan serat     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1.    Mengidentifikasi asal serat



    1.  Pengertian serat
2.  Penggolongan serat
      menurut asalnya
3.  Sifat-sifat serat
    SIKAP
1.  Menyebutkan golongan serat
     menurut asalnya :
- Serat selulosa
- Serat protein
- Serat termoplastik/buatan
- Serat mineral
- Serat campuran


        Tes Lisan


        Buku Pengetahuan Barang Tekstil

2.    Pemeriksaan serat    •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1.    Mengidentifikasi cara pemeriksaan serat
2.    Mengidentifikasi peralatan yang akan digunakan
3.    Menyiapkan tempat dengan alur kerja standar ergonomic .
4.    Melaksanakan pemeriksaan serat     1.  Cara pemeriksaan
       serat
  - Secara visual
  - Secara pembakaran
2.    Ciri-ciri serat setelah dikenai uji pemeriksaan serat
3.    Langkah-langkah percobaan uji pemeriksaan serat     KETRAMPILAN
1.  Melakukan pemeriksaan serat
- Pemeriksaan dengan visual
- Pemeriksaan dengan pembakaran
KETRAMPILAN
1.  Mengelompokkan peralatan sesuai dengan kebutuhan secara cermat :
- Mikroskop
- Korek api
- Lilin
- Bahan baku
KETRAMPILAN
1.  Membuat setting kerja secara
     efektif dan efisie
2.  Mempersiapkan alat sesuai
     standar SOP
KETRAMPILAN
    Membedakan golongan serat        Penu
gasan   
3.    Konstruksi kain     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
     Mengidentifikasi konstruksi
 kain
     1. Pengertian konstruksi kain
2. Macam-macam konstruksi
    kain

    PENGETAHUAN
    Memahami berbagai konstruksi kain
- Tenunan     - Buhul
- Rajutan     - Kaitan
- Anyaman     - Renda
- Kempa  
- Bahan tak ditenun
        Tes lisan
  
4.Penyempurnaan     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    Mengidentifikasi penyempurnaan bahan tekstil
        1.  Pengertian
     penyempurnaan bahan
     tekstil
2.  Macam-macam
     penyempurnaan bahan
     tekstil
    PENGETAHUAN
    Mengenal penyempurnaan bahan tekstil
-    Penyempurnaan utama
-    Penyempurnaan tambahan
      
5.    Pelabelan bahan     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
     Mengenal macam- macam
 label
        1.    Pengertian label
2.    Fungsi label
3.    Isi label
4.    Macam-macam label
5.    Arti keterangan yang terdapat pada label
    1. Membaca dan memahami              macam- macam label
- Label pada bahan tekstil
- Label pada pakaian jadi
- Label pada benang
        Tes lisan
  






NAMA SEKOLAH     :     SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN     :     KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER     :     XI / 1
TAHUN PELAJARAN    :    2011-2012
STANDAR KOMPETENSI     :     MEMBUAT POLA BUSANA TEKNIK KONSTRUKSI
ETIKA LALU LINTAS 3    :     MEMAHAMI KETENTUAN-KETENTUAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN,


KOMPETENSI DASAR  
NILAI/INDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                  
1.    Mengukur tubuh     Budaya dan Karakter Bangsa
•    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.        Peralatan mengukur tubuh disiapkan sesuai kebutuhan
    Pemesan diukur sesuai kebutuhan         Peralatan mengukur tubuh
    Daftar ukuran tubuh yang  sistematis
    Cara mengukur tubuh     PENGETAHUAN
    Menjelaskan macam-macam alat mengukur tubuh
    Menjelaskan ukuran-ukuran tubuh yang diperlukan
    Menjelaskan cara mengukur tubuh

KETRAMPILAN
    Mempraktekkan cara mengukur tubuh         Tes tertulis
    Tes lisan
    Pemberian tugas
        Menjahit pakaian wanita dan Anak Tingkat Dasar
    Pelajaran menjahit Pakaian Pria, Jilid I dan II
    Konstruksi pola
    Pecah Pola Dasar dan Pecah Pola
    Tata Busana 3

2.    Menggambar Pola    •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Peralatan gambar pola dan tempat kerja disiapkan sesuai standar egronomis
    Pola dibuat sesuai ukuran badan dengan menggunakan alat gambar pola yang tepat         Peralatan menggambar pola
    Menggambar pola dasar badan secara konstruksi                    (4 macam sistem pola dasar)
    Menggambar pola dasar rok
    Menggambar pola dasar lengan
    Menggambar pola dasar anak perempuan dan laki-laki
    Menggambar pola dasar kemeja     PENGETAHUAN
    Menjelaskan macam-macam alat menggambar pola
    Menjelaskan menggambar pola dasar badan wanita dengan empat macam sistim
    Menjelaskan menggambar pola dasar rok
    Menjelaskan menggambar pola dasar lengan




        Obser
vasi
    Tes lisan
    Pemberian tugas  
                    Menjelaskan menggambar pola dasar perempuan dan laki-laki
    Menjelaskan menggambar pola kemeja

KETRAMPILAN
    Mempraktekkan membuat macam-macam pola dasar

      



























NAMA SEKOLAH     :     SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN     :     KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER     :     XI / 1
TAHUN PELAJARAN    :    2011-2012
STANDAR KOMPETENSI     :     MENJAHIT BUSANA DASAR
ETIKA LALU LINTAS 4    :    MEWUJUDKAN KESELAMATN DAN KENYAMANAN BERKENDARA


KOMPETENSI DASAR  
NILAI/INDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                  
1.    Menyiapkan tempat kerja dan alat kerja     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasikan tempat kerja dengan memperhatikan K3
    Mengidentifikasikan alat jahit pokok dan alat jahit bantu
    Mengidentifikasikan  tempat dan alat untuk memotong
    Mengidentifikasikan tempat dan alat pres        Kesehatan dan keselamatan kerja (K3)

    Alat jahit pokok
    Alat jahit bantu
    Bentuk tempat kerja dan macam-macam alat potong
    Macam-macam alat pres    SIKAP
    Menyiapkan tempat kerja dengan memperhatikan K3

KETRAMPILAN
    Menyiapkan alat jahit pokok dan alat jahit bantu sesuai kebutuhan
    Menyiapkan tempat kerja dan menyiapkan alat potong yang dibutuhkan
    Menyiapkan alat pres sesuai  kebutuhan

        Lisan
    Pembe
rian tugas

        Tata Busana 1
    Tata Busana 2
2.    Menyiapkan bahan     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasikan bahan yang akan digunakan untuk membuat busana sesuai yang dibutuhkan
        macam-macam bahan untuk keperluan menjahit Tingkat dasar :
- Rok
- Blus
- Daster
    KETRAMPILAN
    menyiapkan bahan sesuai kebutuhan         Lisan
    Tertulis
    Pembe
rian tugas        Tata Busana 3
-    Hartini Kardasan
-    Dra. Syahandani Purnomo
-    Sri Kiswani
    Pengetahuan benang tekstil
- Agaster
- Endang Subandi




3.    Peletakkan pola di atas bahan     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi kebutuhan pola sesuai dengan disain




    Mengidentifikasikan arah serat, tekstur, corak kain sesuai dengan disain
    Meletakkan pola di atas bahan dengan memperhatikan efisiensi bahan         macam-macam pola yang dibutuhkan sesuai desain untuk Menjahit Dasar :
- Rok
- Blus
- Daster
    Mengenal arah serat, tekstrum corak, bahan sesuai desain
    Meletakkan pola sesuai kebutuhan     KETRAMPILAN
    Memeriksa kelengkapan pola sesuai desain


    Memeriksa arah serat, tekstur dan corak bahan sesuai kebutuhan
    Meletakkan pola di atas bahan dengan menambah kampuh sesuai kebutuhan
        Lisan
    Pembe
rian tugas  
4.    Memotong     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasikan teknik memotong sesuai SOP dan K3        Teknik memotong sesuai SOP dan K3    KETRAMPILAN
    Memotong bahan tepat pada garis kampuh sesuai dengan bentuk pola
    Memotong bahan dengan hasil rata
    Menerapkan K3        Lisan
    Pembe
rian tugas   
5.    Memindahkan tanda-tanda pola pada bahan     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasikan tanda-tanda pola yang dibutuhkan sesuai dengan standar yang berlaku         Tanda-tanda pola     SIKAP
    Mencermati tanda-tanda pola yang dibutuhkan
KETRAMPILAN
    Memindahkan tanda-tanda pola pada bahan        Lisan
    Tertulis
    Pembe
rian tugas   
6.    Mengerjakan pengepresan     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasikan maksud dan tujuan pengepresan
    Mengidentifikasi alat, bahan yang akan dipres         Tujuan pengepresan sesuai dengan kebutuhan
    Peralatan dan bahan yang akan dipilih     PENGETAHUAN
    Dapat menyebutkan penyelesaian dan tujuan pengepresan
KETRAMPILAN
    Melakukan pengepresan sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan prosedur kerja
      
7.    Menjahit bagian-bagian busana     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi bagian-bagian busana sesuai dengan kebutuhan
    Mengidentifikasi bagian-bagian busana yang akan dijahit sesuai prosedur        Bagian-bagian busana yang dibutuhkan     KETRAMPILAN
    Memeriksa kelengkapan bagian-bagian busana yang dibutuhkan
    Menjahit bagian-bagian busana sesuai disain dengan memperhatikan prosedur kerja
        Lisan
    Pembe
rian tugas   
8.    Menyelesaikan busana dengan alat jahit tangan     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi bahan-bahan pelengkap dan finishing sesuai kebutuhan

    Mengidentifikasi alat jahit tangan sesuai dengan teknik penyelesaian
    Pemasangan pelengkap busana dengan memperhatikan kerapian dan kebersihannya        Bahan-bahan pelengkap yang digunakan untuk penyelesaian/finishing

    Alat-alat  jahit  tangan yang dibutuhkan untuk penyelesaian
    Teknik pemasangan pelengkap busana    KETRAMPILAN
    Menyiapkan bahan pelengkap busana yang dibutuhkan untuk finishing
    Menyiapkan alat jahit tangan yang dibutuhkan untuk finishing
    Memasang pelengkap busana dengan teliti dan rapi

        Lisan
    Pembe
rian tugas   
9.    Menyeterika busana     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi sisa-sisa benang dan noda pada busana


     Menyiapkan alat dan obat penghilang noda sesuai dengan kebutuhan         Macam-macam sisa-sisa benang dan noda pada busana

    Alat dan obat penghilang noda sesuai kebutuhan     KETRAMPILAN
    Memeriksa sisa-sisa benang dan noda pada busana
    Menyiapkan alat dan obat untuk menghilangkan noda pada busana
        Lisan
    Pembe
rian tugas  
10.Mengemas Busana    •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi alat dan bahan untuk mengemas sesuai kebutuhan

    Mengidentifikasi cara mengemas busana sesuai dengan standar keindahan         Alat dan bahan untuk mengemas sesuai kebutuhan


    Macam-macam cara mengemas     KETRAMPILAN
    Menyiapkan alat dan bahan sesuai kebutuhan
    Mengemas busana sesuai dengan keindahan
        Lisan
    Pembe
rian tugas  
11.Menyimpan     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi alat untuk menyimpan busana sesuai  kebutuhan dengan teknik yang benar
    Busana disimpan dengan sistematis        Teknik menyimpan busana sesuai kebutuhan


    Sistematika cara menyimpan busana     KETRAMPILAN
    Menyimpan busana sesuai dengan kebutuhan
    Menyimpan busana dengan cara sistematis

       















NAMA SEKOLAH     :     SMA N 1 KARANGMOJO
MATA PELAJARAN     :     KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER     :     X1 / 2
TAHUN PELAJARAN    :    2011-2012
STANDAR KOMPETENSI     :     MENGENAL DAN MEMILIH BAHAN BUSANA SESUAI DISAIN
ETIKA LALU LINTAS 5    :    MEMATUHI PERATURAN PERUNDANGAN LALU LINTAS DAN ANGKUTAN JALAN

KOMPETENSI DASAR  
NILAI/INDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                  
1.    Pemilihan bahan berdasarkan waktu pemakaian, umur, kesempatan dan postur tubuh      •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1.  Mengidentifikasi
     bahan utama
     berdasarkan waktu




2.  Mengidentifikasikan
     bahan utama
     berdasarkan umur





3.  Mengidentifikasi
     bahan utama
     berdasarkan
     kesempatan










4.   Mengidentifikasi  bahan utama berdasarkan postur tubuh

    1.  Pembagian bahan
     utama berdasarkan
      waktu




1.   Pembagian bahan
      utama berdasarkan
      umur





1.   Pembagian bahan
      utama berdasarkan
      kesempatan











1.  Bentuk-bentuk postur     
     tubuh     KETRAMPILAN
1.  Memilih bahan utama berdasarkan waktu :
- Waktu pagi
- Waktu siang/sore
- Waktu malam

1.  Memilih bahan utama berdasarkan umur :
- Bayi (dibawah 1 th)
- Balita (1-5 th)
- Anak-anak (dibawah 12 th)
- Remaja (13-17 th)
- Dewasa/tua (diatas 17th)
1.  Memilih bahan utama berdasarkan kesempatan :
-  Dirumah (aktitivitas di lingk.rumah)
-  Bekerja (dalam ruangan/luar ruangan)
-  Rekreasi (daerah dingin/panas)
-  Olahraga (indoor/outdoor)
-  Pesta (Resmi/setengah resmi)
-  Kesempatan khusus (berkabung)
1.  Memilih bahan utama berdasarkan postur tubuh

        Tes Lisan





    Tes Lisan






    Tes Lisan












    Tes lisan
    Portofo
lio

        Buku Pengetahuan BahanTekstil

KOMPETENSI DASAR  
NILAI/INDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                  
2.    Pemilihan jenis kain berdasarkan disain     Budaya dan Karakter Bangsa
•    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1.  Mengidentifikasikan
     jenis kain berdasarkan desain

    1.  Pembagian jenis kain
     berdasarkan desain

    1. Memilih jenis kain berdasarkan
    desain
- Bahan katun
- Bahan linen
- Bahan wool
- Bahan sutera
- Bahan rajutan
        Portofo
lio  
3.    Pemilihan corak dan efek kain berdasarkan desain     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1. Mengidentifikasi
    corak berdasarkan
    desain
2. Mengidentifikasi efek
    kain berdasarkan
    desain     1.  Pengertian corak :
2.   Pembagian corak :

1.  Pembagian jenis
      jatuhnya bahan
2.   Pengertian tentang
      tekstur bahan
3.   Pembagian jenis
      tekstur bahan     1.  Memilih corak berdasarkan desain :

1. Memilih jenis jatuhnya bahan
    berdasarkan desain :
- Kaku
- Berpegang teguh
- Lembut
- Melangsai
- Ringan/melayang
2.  Memilih jenis tekstur bahan
        Portofo
lio   


NAMA SEKOLAH     :     SMA N 1 KARANGMOJO
MATA PELAJARAN     :     KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER     :     XI / 2
TAHUN PELAJARAN    :    2011-2012
STANDAR KOMPETENSI     :     MENGENAL DAN MEMILIH BAHAN BUSANA SESUAI DESAIN



KOMPETENSI DASAR  
NILAI/INDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                  
1.    Pemilihan jenis kain furing sesuai dengan jenis bahan utama     Budaya dan Karakter Bangsa
•    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1. Mengidentifikasikan
    jenis kain furing
    sesuai dengan jenis
    bahan utama
    1. Pengetahuan bahan-
    bahan busana (tekstil)
    dan penggunaannya

    KETRAMPILAN
    Memilih jenis kain furing sesuai dengan jenis bahan utama
        Tes Lisan
        Buku Pengetahuan BahanTekstil

2.    Pemilihan warna kain furing sesuai dengan warna bahan utama     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1. Memilih warna kain
    furing sesuai dengan
    warna bahan utama     1.  Pengetahuan semua
     aspek dalam pemilihan
     bahan tekstil
2.  Pemilihan bahan
     utama (warna) sebagai
     furing
    KETRAMPILAN
    Memilih warna kain furing sesuai dengan warna bahan utama         Portofo
lio   
3.    Pemilihan kain pelapis sesuai dengan desain     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1. Mengidentifikasikan
     jenis-jenis kain
    pelapis sesuai
    dengan desain     1. Pengetahuan tentang
     jenis-jenis kain
    pelapis sesuai dengan
    bahan utama dan
    disain
    KETRAMPILAN
    Memilih jenis-jenis kain pelapis sesuai dengan desain         Tes lisan   
4.    Pemilihan bahan pengeras sesuai dengan jenis bahan utama      •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1.  Mengidentifikasi
    bahan pengeras
    sesuai dengan jenis
    bahan utama     1. Pengetahuan tentang
    jenis bahan pengeras
    sesuai dengan bahan
    utama dan desain     KETRAMPILAN
    Memilih bahan pengeras sesuai dengan jenis bahan utama      
5.    Pemeriksaan kondisi kain bila terjadi cacat untuk melakukan tindakan     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1. Memeriksa kondisi
    kain bila terjadi
    cacat untuk
    melakukan tindakan     1.Demonstrasi/melakukan
   pengamatan terhadap
    bahan tekstil (kain)
    KETRAMPILAN
    Melakukan pemeriksaan terhadap kondisi kain bila terjadi cacat untuk melakukan tindakan
        Portofo
lio
    Penugasan   



NAMA SEKOLAH     :     SMA N 1 KARANGMOJO
MATA PELAJARAN     :     KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER     :     XI / 2
TAHUN PELAJARAN    :    2011-2012
STANDAR KOMPETENSI     :     MENGENAL DAN MEMILIH BAHAN BUSANA SESUAI DESAIN



KOMPETENSI DASAR  
NILAI/INDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                  
1.    Pemilihan bahan pelengkap sesuai dengan desain dan warna bahan     Budaya dan Karakter Bangsa
•    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1. Menentukan bahan
    pelengkap sesuai
    dengan disain dan
    warna bahan
    1.  Memahami/mencermati
    desain
2.  Mencatat detail-detail
3.  Menentukan/ memilih warna yang sesuai dengan disain

    KETRAMPILAN
    Memilih bahan pelengkap sesuai dengan desain dan warna bahan

        Tes Lisan
        Pengetahuan BahanTekstil

2.    Penentuan jumlah bahan pelengkap yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
    1. Menentukan jumlah
    bahan pelengkap  
    yang  diperlukan
    sesuai dengan
    kebutuhan     1.  Merencanakan
     pemilihan/pembelian
     bahan pelengkap
     busana
2.  Cara menentukan
      jumlah bahan
      pelengkap busana
      sesuai dengan
      kebutuhan
    KETRAMPILAN
    Menentukan jumlah bahan pelengkap yang diperlukan sesuai dengan kebutuhan         Tes Tertulis  


















NAMA SEKOLAH     :     SMA N I KARANGMOJO
MATA PELAJARAN     :     KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER     :     XI / 2
TAHUN PELAJARAN    :    2011-2012
STANDAR KOMPETENSI     :     MENJAHIT BUSANA DASAR



KOMPETENSI DASAR  
NILAI/INDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                  
1.    Menyiapkan tempat kerja dan alat kerja     Budaya dan Karakter Bangsa
•    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasikan tempat kerja dengan memperhatikan K3
    Mengidentifikasikan alat jahit pokok dan alat jahit bantu
    Mengidentifikasikan  tempat dan alat untuk memotong
    Mengidentifikasikan tempat dan alat pres        Kesehatan dan keselamatan kerja (K3)

    Alat jahit pokok
    Alat jahit bantu
    Bentuk tempat kerja dan macam-macam alat potong
    Macam-macam alat pres    SIKAP
    Menyiapkan tempat kerja dengan memperhatikan K3

KETRAMPILAN
    Menyiapkan alat jahit pokok dan alat jahit bantu sesuai kebutuhan
    Menyiapkan tempat kerja dan menyiapkan alat potong yang dibutuhkan
    Menyiapkan alat pres sesuai  kebutuhan

        Lisan
    Pemberian tugas

        Tata Busana 1
    Tata Busana 2
2.    Menyiapkan bahan     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.        Mengidentifikasikan bahan yang akan digunakan untuk membuat busana sesuai yang dibutuhkan
        macam-macam bahan untuk keperluan menjahit Tingkat dasar :
- Busana Anak
- Kebaya
    KETRAMPILAN
    menyiapkan bahan sesuai kebutuhan         Lisan
    Tertulis
    Pemberian tugas        Tata Busana 3
-    Hartini Kardasan
-    Dra. Syahandani Purnomo
-    Sri Kiswani
    Pengetahuan benang tekstil
- Agaster
- Endang Subandi
                      
                      
3.    Peletakkan pola di atas bahan     •    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi kebutuhan pola sesuai dengan disain



    Mengidentifikasikan arah serat, tekstur, corak kain sesuai dengan disain
    Meletakkan pola di atas bahan dengan memperhatikan efisiensi bahan         macam-macam pola yang dibutuhkan sesuai desain untuk Menjahit Dasar :
- Busana Anak
- Kebaya
    Mengenal arah serat, tekstrum corak, bahan sesuai desain
    Meletakkan pola sesuai kebutuhan     KETRAMPILAN
    Memeriksa kelengkapan pola sesuai desain

    Memeriksa arah serat, tekstur dan corak bahan sesuai kebutuhan
    Meletakkan pola di atas bahan dengan menambah kampuh sesuai kebutuhan
        Lisan
    Pemberian tugas  
4.    Memotong     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasikan teknik memotong sesuai SOP dan K3        Teknik memotong sesuai SOP dan K3    KETRAMPILAN
    Memotong bahan tepat pada garis kampuh sesuai dengan bentuk pola
    Memotong bahan dengan hasil rata
    Menerapkan K3        Lisan
    Pemberian tugas   
5.    Memindahkan tanda-tanda pola pada bahan     •    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasikan tanda-tanda pola yang dibutuhkan sesuai dengan standar yang berlaku         Tanda-tanda pola     SIKAP
    Mencermati tanda-tanda pola yang dibutuhkan
KETRAMPILAN
    Memindahkan tanda-tanda pola pada bahan        Lisan
    Tertulis
    Pemberian tugas   
6.    Mengerjakan pengepresan     •    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.
•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasikan maksud dan tujuan pengepresan
    Mengidentifikasi alat, bahan yang akan dipres         Tujuan pengepresan sesuai dengan kebutuhan
    Peralatan dan bahan yang akan dipilih     PENGETAHUAN
    Dapat menyebutkan penyelesaian dan tujuan pengepresan
KETRAMPILAN
    Melakukan pengepresan sesuai dengan kebutuhan dengan memperhatikan prosedur kerja

      
                      
                      
7.    Menjahit bagian-bagian busana     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.        Mengidentifikasi bagian-bagian busana sesuai dengan kebutuhan
    Mengidentifikasi bagian-bagian busana yang akan dijahit sesuai prosedur        Bagian-bagian busana yang dibutuhkan     KETRAMPILAN
    Memeriksa kelengkapan bagian-bagian busana yang dibutuhkan
    Menjahit bagian-bagian busana sesuai disain dengan memperhatikan prosedur kerja
        Lisan
    Pemberian tugas   
8.    Menyelesaikan busana dengan alat jahit tangan     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi bahan-bahan pelengkap dan finishing sesuai kebutuhan

    Mengidentifikasi alat jahit tangan sesuai dengan teknik penyelesaian
    Pemasangan pelengkap busana dengan memperhatikan kerapian dan kebersihannya        Bahan-bahan pelengkap yang digunakan untuk penyelesaian/finishing

    Alat-alat  jahit  tangan yang dibutuhkan untuk penyelesaian
    Teknik pemasangan pelengkap busana    KETRAMPILAN
    Menyiapkan bahan pelengkap busana yang dibutuhkan untuk finishing
    Menyiapkan alat jahit tangan yang dibutuhkan untuk finishing
    Memasang pelengkap busana dengan teliti dan rapi

        Lisan
    Pemberian tugas   
9.    Menyeterika busana     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi sisa-sisa benang dan noda pada busana


     Menyiapkan alat dan obat penghilang noda sesuai dengan kebutuhan         Macam-macam sisa-sisa benang dan noda pada busana

    Alat dan obat penghilang noda sesuai kebutuhan     KETRAMPILAN
    Memeriksa sisa-sisa benang dan noda pada busana
    Menyiapkan alat dan obat untuk menghilangkan noda pada busana
        Lisan
    Pemberian tugas  
10.Mengemas Busana    •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi alat dan bahan untuk mengemas sesuai kebutuhan

    Mengidentifikasi cara mengemas busana sesuai dengan standar keindahan         Alat dan bahan untuk mengemas sesuai kebutuhan


    Macam-macam cara mengemas     KETRAMPILAN
    Menyiapkan alat dan bahan sesuai kebutuhan
    Mengemas busana sesuai dengan keindahan

        Lisan
    Pemberian tugas  
  








                  
                      
11.Menyimpan     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Mengidentifikasi alat untuk menyimpan busana sesuai  kebutuhan dengan teknik yang benar
    Busana disimpan dengan sistematis        Teknik menyimpan busana sesuai kebutuhan


    Sistematika cara menyimpan busana     KETRAMPILAN
    Menyimpan busana sesuai dengan kebutuhan
    Menyimpan busana dengan cara sistematis

       





































NAMA SEKOLAH     :     SMA N 1KARANGMOJO
MATA PELAJARAN     :     KETRAMPILAN MENJAHIT
KELAS/SEMESTER     :     XI / 2
TAHUN PELAJARAN    :    2011-2012
STANDAR KOMPETENSI     :     MENGHIAS BUSANA (DENGAN MESIN DAN DENGAN TANGAN)


KOMPETENSI DASAR        INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    NILAI/INDIKATOR
PBKB/PEK                  
1.    Menyiapkan  tempat kerja dan alat      Budaya dan Karakter Bangsa
•    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Tempat kerja disiapkan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja         Persiapan tempat dan alat kerja menghias busana dengan sulaman tangan dan bordir
    SIKAP
    Memiliki kesadaran akan pentingnya kesehatan dan keselamatan lingkungan kerja
PENGETAHUAN
    Memahami jenis dan fungsi alat menghias busana
    Mengidentifikasi kesehatan dan keselamatan kerja dalam bidang busana
KETRAMPILAN
    Menyiapkan alat menghias busana dengan cermat dan tepat
    Menghias busana dengan tepat
    Menerapkan prosedur K3        Pengamatan
    Tes lisan   
2.    Membuat macam-macam tusuk dasar    •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.
•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.
•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Alat yang digunakan sesuai dengan fungsinya         Macam-macam tusuk dasar dengan sulaman tangan dan bordir     SIKAP
    Teliti dan cermat dalam membuat tusuk dasar sulaman tangan dan bordir
PENGETAHUAN
    Memahami macam-macam tusuk dasar dengan sulaman tangan dan bordir





        Pengamatan
    Tes lisan
    Tes tertulis
    Tugas        Teknik Membordir
    Easy Embroidery

KOMPETENSI DASAR  
NILAI/IDIKATOR    INDIKATOR    MATERI PEMBELAJARAN     KEGIATAN PEMBELAJARAN     PENILAIAN    SUMBER BELAJAR
    PBKB/PEK                  
                KETRAMPILAN
    Membuat macam-macam tusuk dasar dengan sulaman tangan dan border
      
3    Membuat disain hiasan     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.

•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Letak hiasan busana diidentifikasi sesuai dengan busana yang akan dihias
    Jenis dan bentuk hiasan diidentifikasi sesuai dengan jenis bahan dan jenis busana
    Disain hiasan dibuat sesuai rencana         Dasar-dasar hiasan busana dengan tangan dan mesin
    Disain hiasan busana sesuai jenis bahan dan jenis busana     SIKAP
    Responsif terhadap perkembangan disain hiasan busana
    Kreatif dan inovatif dalam membuat disain hiasan busana
PENGETAHUAN
    Memahami prinsip-prinsip disain hiasan busana dengan tangan dan mesin
    Memahami jenis dan bentuk hiasan busana
    Memahami jenis ragam hiasan busana
    Merencanakan disain hiasan busana
KETRAMPILAN
    Membuat disain hiasan busana sesuai jenis bahan dan jenis busana
SIKAP
Teliti dan cermat dalam memindah kain disain hiasan busana atau kain
         Tes lisan
    Tes tertulis
    Tugas         Desain hiasan
    Membuat hiasan dan lenan RT
    Teknik bordir lanjut pada busana
    Pola ragam hias






  



4.    Memindahkan disain hiasan pada kain atau busana     •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas
      dengan teliti dan rapi.
        Lokasi disain pada busana diukur atau ditetapkan secara proporsional
    Disain dipindahkan dengan menggunakan alat bantu sesuai dengan teknik memindahkan disain hiasan
    Alat bantu dipilih yang memiliki sifat yang tidak permanen pada busana yang akan dihias         Memindahkan disain hiasan pada kain atau busana     SIKAP
    Teliti dan cermat dalam memindah kain disain hiasan busana atau kain         Tes lisan
    Tugas   
5    Membuat hiasan busana dengan tangan, mesin pada kain atau busana     •    Rasa ingin tahu
Bertanya  atau membaca sumber di luar buku teks tentang materi yang terkait dengan pelajaran.



•    Jujur
 Melaksanakan tugas sesuai dengan aturan akademik yang berlaku di sekolah.

•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas 
      dengan teliti dan rapi.
        Alat digunakan sesuai dengan fungsinya
    Sikap tubuh dalam mengerjakan ragam hiasan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan kerja
    Ragam hias dikerjakan sesuai desain dengan teknik sesuai dengan prosedur
    Ragam hias diselesaikan sesuai dengan prosedur
        Membuat hiasan pada kain atau busana     SIKAP
    Kreatif dan inovatif dalam membuat ragam hias atau motif         Pengamatan
    Tugas         Teknik bordir lanjut pada busana

6.    Mengemas busana atau kain yang sudah dihias    
•    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas 
      dengan teliti dan rapi.
        Busana yang sudah dihias digantung atau dikemas dengan menonjolkan hiasannya
    Busana yang sudah dikemas dilengkapi dengan identitas yang diperlukan
        Pengemasan kain atau busana     SIKAP
    Cermat, teliti dan kreatif dalam melaksanakan pengemasan busana yang sudah dihias
PENGETAHUAN
    Mengetahui alat dan bahan kemasan busana
         Pengamatan
    Tugas    
                    Memahami teknik dan sistematika penyimpanan busana atau kain yang telah dihias
KETRAMPILAN
    Mengemas busana yang sudah di hias berikut identitas pemesan


       
7.    Menyimpan    •    Displin
Selalu teliti dan tertib dalam mengerjakan tugas.

•    Kerja keras
      Mengerjakan tugas 
      dengan teliti dan rapi.
        Busana yang sudah siap dihias (disulam, pasang payet, dibordir) digantung atau disimpan dengan benar
    Busana disimpan dengan sistematis (sesuai dengan tanggal pengambilan)
        Menyimpan kain atau busana yang sudah dihias     SIKAP
    Hati-hati dalam menyimpan busana atau kain yang sudah dihias         Pengamatan
    Tugas   




Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  8 jenis tusuk dalam menyulam menjahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Motif Nusantara dalam Kain Songket Bali (Ditinjau dari Etnoarkeologi) 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://hermawatiyuri.files.wordpress.com/.../silabus-ktrmpiln-mjnahit-xi-sem-12-sma-...

0 komentar:

Post a Comment