Pengertian Ragam Hias


Pengertian Ragam Hias

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Pengertian Ragam Hias


batik flora dan fauna dan geometris - Ragam hias adalah bentuk
asar hiasan biasanya akan menjadi pola yang diulang ulang
dalam suatu karya kerajinan atau Karya ini dapat berupa tenunan, tulisan kain (misalnya batik), songket, ukiran, atau pahatan pada kayu/batu. Ragam hias dapat
distilisasi (stilir) sehingga bentuknya bervariasi.

Ragam hias merupakan pola hias yang dibuat dengan digambar, dipahat, dan dicetak, untuk mendukung meningkatnya kualitas dan nilai pada suatu benda atau karya seni. Ragam hias
juga merupakan perihal yang akan menyertai bidang gambar (lukisan atau jenis karya lainnya) sebagai bagian dari struktur yang ada di dalam.

 Ragam Hias dan Ornaman
• Ragam hias mempunyai istilah lain yakni ornamen. perkataan ornamen berasal dari kataOrnare (bahasa Latin) yang berarti menghiasi.
• Dalam Ensiklopedia Indonesia, ornamen adalah setiap hiasan bergaya geometrik atau yang lainnya, yang dibuat pada suatu bentuk dasar dari hasil kerajinan tangan (perabot, pakaian, dsb) dan arsitektur.
• Dalam Bahasa Inggris disebut ornament dan dalam Bahasa Belanda disebut Siermotieven.
Fungsi Aktif dan Pasif Ragam Hias
• Sebagai karya seni yang dibuat untuk mendukung keindahan dari suatu produk tertentu, mempunyai makna yang sifatnya
aktif dan pasif.
• Ragam hias aktif adalah ragam hias yang berfungsi selain untuk menghias suatu bendajuga mendukung hal lain pada benda tersebut misalnya ikut menentukan kekuatanya.Misalnya kaki kursi motif belalai gajah/motif kaki elang, ikan, buaya, dan sebagainya.

• Ragam hias pasif adalah ragam hias yang berfungsi hanya sebatas menghias, tidak ada
kaitanya dengan hal lain seperti ikut mendukung konstruksi atau kekuatan suatu benda yang dihiasnya.


Motif dan Pola Ragam Hias

• Pola dalam bahasa Inggris di sebut “pattern”.Secara sederhana pola merupakan penyebaran bentuk dan warna dalam suatu represnetasi ulangan tertentu.
• Sedangkan motif merupakan sesuatu yang menjadi pangkal tema dari sesuatu karyaragam hias. Motif merupakan pangkal untuk membentuk suatu pola, baik dibentuk dari unsur garis maupun suatu bentuk figure.

Ragam hias merupakan karya seni rupa yang diambil dari bentuk­bentuk flora (vegetal), fauna animal), figural (manusia), dan bentuk geometris.Ragam hias tersebut dapat diterapkan padamedia dua dan tiga dimensi.
1. Ragam Hias Flora
Flora sebagai sumber objek motif ragam hias dapat dijumpai hampir di seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias dengan motif flora (vegetal) mudah dijumpai pada barang-barang seni seperti batik, ukiran, kain sulam, kaintenun, dan bordir.
2. Ragam Hias Fauna
Ragam hias fauna (animal) merupakan bentuk gambar motif yang diambil dari hewan tertentu.
Hewan sebagai wujud ragam hias pada umumnya Telah mengalami perubahan bentuk atau gaya
17 Buday.
3. Ragam Hias Geometris
Ragam hias geometris merupakan motif hias yang dikembangkan dari bentuk-bentuk geometris dan kemudian digayakan sesuai dengan selera dan imajinasi pembuatnya. Gaya ragam hias geometris dapat dijumpai di seluruh daerah di Indonesia, seperti Jawa, Sumatera,
18
4. Ragam Hias Figuratif
Bentuk ragam hias figuratif berupa objek manusia yang digambar dengan mendapatkan penggayaan bentuk. Ragam hias figuratif biasanya terdapat pada bahan tekstil maupun bahan kayu, yang proses pembuatannya dapat dilakukan dengan cara menggambar.

Teknik Pembuatan Pola
• Simetris yaitu pola yang dibuat, antara bagian kanan dan kiri atau atas dan bawah adalah sama.
• Asimetris yaitu pola yang dibuat antara bagian-bagiannya (kanan-kiri, atas-bawah) tidak sama.
• Bebas atau kreasi yaitu pola yang dibuatsecara bebas dan bervariasi.

Macam-macam Motif Pembentuk
Pola
1. Motif Geometris
• Motif tertua dari ornamen adalah bentuk geometris, motif ini lebih banyak memanfaatkan unsur-unsur dalam ilmu ukur seperti garis-garis lengkung dan lurus,lingkaran, segitiga, segiempat, bentuk meander, swastika, dan bentuk pilin, patra mesir “L/T” dan lain-lain.
• Contoh motif geometris.



Motif Non Geometris
• Merupakan ragam hias yang dibuat dengan berbagai teknik dan cara, yang mengambail inspirasi dari berbagaihal, baik natural maupun stilisisasi apa pun. Ragam hias ini biasanya banyak mengambil dari inspirasi manusia, binatang, tumbuhan,atau benda alam lainnya.
• Beberapa contoh ragam hias Non Geometris
manusia.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  batik flora dan fauna dan geometris

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang SILABUS 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://sumberbelajar.belajar.kemdikbud.go.id/.../SMP/.../KEGIATAN%20INTI

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.