Jelaskan pengertian menyulam

 Jelaskan pengertian menyulam

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Jelaskan pengertian menyulam


prakarya pengertian menyulam - Menyulam adalah istilah
menjahit yang berarti menjahitkan benang
secara dekoratif.


Menyulam adalah suatu tehnik keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengembangkan kreativitas untuk membuat  media kerajinan  yang berbentuk  gambar atau pola yang terdapat pada kain sebagai penghias dan memberikan suatu  keindahan diantara sisi-sisi kain


 Pengertian Menyulam
Menyulam adalah suatu tehnik keterampilan yang dimiliki oleh seseorang dalam mengembangkan kreativitas untuk membuat  media kerajinan  yang berbentuk  gambar atau pola yang terdapat pada kain sebagai penghias dan memberikan suatu  keindahan diantara sisi-sisi kain. Tak asing rasanya mendengar kata menyulam, bagi sekian banyak orang yang mendengar, tak heran kebiasaan menyulam sudah sangat amat menjadi tradisi dalam pembuat kerajinan kain dan memberikan  tampilan warna serta motif yang mewah bagi penggunaan kain dengan teknik dan keterampilan yang akan membuatnya lebih sempurna. Bahan yang digunakanya pun sangat mudah di dapatkan di toko-toko terdekat disekitar rumah anda bahkan sekarang ini banyak yang menjual buku dengan teknik-teknik penyulaman secara detail agar mempermudah untuk menghias kain. Diantara alat dan bahan yang digunakan untuk menyulam yaitu:
Jarum – Dalam menyulam alat ini adalah tool utama sangat diwajibkan untuk melakukan penyulaman dan mempunyai banyak jenis. Jarum yang baik digunakan dalam penyulaman adalah jarum Crewel/Sharp  yang memiliki ujung halus dan tajam serta berlubang kecil sampai lebar untuk mempercantik sulaman. Ketika ingin menjahit ikutilah titik garis pada sebuah pembidangan sebagai langkah tepat agar hasil gambaran tidak terlalu keluar arah gambar.
Gunting - Kegunaan gunting adalah sebagai pemotong benang pada saat menyulam biasanya gunting yang dibutuhkan berukuran kecil agar mudah untuk proses pemotongan yang lebih cepat dalam penyulaman. Gunakan guting khusus untuk kain agar mudah dipakai.
Pemidangan - Kegunaan alat ini digunakan untuk merenggangkan agar kain menjadi rata. Dan menghasilkan sulaman yang bagus serta tidak berkerut dan tampak rapi ketika digunakan dan pilihlah pemidangan yang sesuai dengan desain anda dan tempatkan pembidangan diantara kain yang ingin anda beri motif hias agar menghasilkan gambar yang indah.
Benang Sulam - Benang sulam tidak dapat dipisahkan dalam penyulaman, dan mempunyai fungsi dalam pembuatan tangkai bunga dan dapat merapatkan kain hingga terlihat rapih. Benang sulam mempunyai warna yang bermacam-macam seperti warna merah, kuning, hijau dan lain-lain sesuai dengan kesukaan anda. Gunakan benang secukupnya jangan terlalu tebal agar gambar mudah dibentuk.
Kain - Kain mempunyai  banyak jenis diantaranya serat sintesis, dan serat alam, jenis ini sangat cocok untuk melakukan penyulaman  karena mempunyai serat  yang tidak rapat dan mudah untuk  ditembus oleh jarum. Penggunaan kain disesuaikan dengan kebutuhan anda ada baiknya menggunakan kain yang tidak begitu lebar agar mudah untuk pembuatan sulaman yang di inginkan. Jangan menggunakan kain yang tebal dan rapat karena tidak dapat disulam bahkan dapat menyebabkan jarum menjadi patah.
Pita - Pita digunakan sebagai penghias kain dengan membentuk sebuah bunga yang dapat membuat pancaran keindahan dalam penyulaman dan sebagai desain hias dengan menggunakan berbagai macam pernak-pernik untuk memperindah sulaman. Ukuran pita sangat besar dibandingkan dengan benang.  Gunakan pita tipis agar jarum dapat menembus kain dalam pembuatan bunga agar lebih rapih dan melekat diantara kain.
Pensil - Pensil digunakan untuk menggambar pola terlebih dahulu di antara pembidangan  sebagai penjiplak desin agar penyulaman lebih mudah dengan mengikuti gambar yang terdapat pada pembidang.
Pendedel atau Pembuka jahitan - Digunakan untuk mendedel apabila terjadi kesalahan dalam pembuatan sulaman yang kurang bagus tetapi dengan penggunaan yang harus berhati-hati agar sulaman kain tidak rusak, apabila pendedelan digunakan dengan cara kasar atau tidak teliti maka kain sulaman akan rusak bahkan sobek dan tidak dapat melanjutkan penyulaman karena hasilnya akan buruk ketika dikenakan.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  prakarya pengertian menyulam

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  UNSUR ESTETIKA DAN ERGONOMIS PRODUK KERAJINAN BAHAN KERAS

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://nurulvitaastiti.blogspot.co.id/2016/02/pengertian-menyulam.html


Comments