7 Manfaat Limbah Anorganik Bagi Kehidupan



7 Manfaat Limbah Anorganik Bagi Kehidupan


manfaat memakai limbah sbg bahan kerajinan - Limbah anorganik merupakan salah satu jenis limbah atau sampah yang berasal dari bahan-bahan non organik, yang dibuat dan diproses menggunakan teknologi tertentu. Limbah anorganik merupakan jenis limbah yang tidak dapat diuraikan oleh tanah, sehingga apabila dikubur di dalam tanah tidak akan menyatu dengan tanah dalam waktu bertahun-tahun. Saat ini, limbah organik merupakan salah satu masalah serius tidak hanya di Indonesia namun juga di dunia. Limbah anorganik ini dapat menyebabkan banyak sekali masalah, salah satunya adalah bencana seperti banjir. Limbah anorganik yang sengaja atau tidak sengaja dibuang secara sembarangan malahan akan menyebabkan kerusakan pada lingkungan dan juga dapat menyumbat saluran air, serta sungai.

Berikut ini adalah beberapa contoh limbah anorganik :

    Botol plastik
    Kasur dan springbed
    Tas plastik
    Semua bahan yang terbuat dari plastik
    Kaleng minuman
    Botol kaca
    Kertas-kertas
    Dan semua jenis barang serta limbah yang sulit terurai dengan tanah

Meskipun merupakan salah satu ancaman bagi lingkungan kita, namun ternyata limbah anorganik sendiri saat ini sudah mulai diperhatikan manajemennya. Hal ini menyebabkan limbah anorganik kini sudah berkurang ancamannya, karena sudah banyak limbah organik yang ramah lingkungan dan data didaur ulang, sehingga dapat bermanfaat.

Seperti sudah disebutkan sebelumnya, ada beberapa manfaat penting dari limbah anorganik. Berikut ini adalah beberapa diantaranya bagi manusia :

1. Sebagai bahan dasar kerajinan tangan

Saat ini, tangan-tangan kreatif dari warga negara Indonesia dan juga dunia sudah dapat mulai melihat manfaat tersembunyi dari limbah atau sampah anorganik. Manfaat limbah anorganik ini dapat digunakan untuk pembuatan kerajinan tangan atau yang sering kita kenal dengan nama handycraft. Beberapa jenis kerajinan tangan yang berasal dari bahan limbah anorgank itu sendiri ternyata juga memiliki nilai ekonomis yang tinggi pula, dan malahan dapat berkembang menjadi bisnis yang besar.

Hal ini dikarenakan tangan-tangan yang kreatif, maka bahan limbah anorganik tersebut bisa disulap menjadi berbagai macam kerajinan dan juga kesenian. Bahan kerajinan tangan lainnya juga dapat diperoleh dari :

    manfaat rotan
    manfaat pohon kelapa
    manfaat

2. Untuk pembuatan bahan daur ulang

Limbah anorganik juga sering digunakan sebagai bahan daur ulang. Biasanya bahan yang dibuat menjadi bahan daur ulang adalah sampah plastik, yang kemudian dapat dikumpulkan untuk di daur ulang. Daur ulang sampah dan juga limbah plastik ini dapat mengurangi penumpukan sampah serta limbah anorganik yang ada. Tentu saja akan sangat memiliki pengaruh positif bagi kondisi lingkungan sekitar.

Bahan daur ulang lainnya juga terdapat pada :

    manfaat getah karet
    manfaat aluminium
    manfaat serbuk gergaji kayu

3. Reusable

“Reusable” merupakan suatu istilah dimana suatu limbah atau barang yang sifatnya anorganik tidak perlu dibuang. Itu artinya barang tersebut, akhirnya tidak akan menjadi limbah, namun bermanfaat untuk digunakan kembali tanpa harus dibuang. Contonya adalah kardus bekas barang elektronik. Apabila dibuang, tentu saja kardus tersebut akan menjadi salah satu limbah anorganik yang dapat mengganggu lingkungan.

Namun manfaat limbah anorganik seperti kardus tersebut, ternyata bisa dimanfaatkan untuk keperluan lain. Pada akhirnya kardus tersebut tidak akan menjadi sampah atau limbah, melainkan dapat berguna bagi keperluan lainnya.

4. Sebagai mainan anak-anak

Nah, bagi yang memiliki anak kecil permainan anak-anak juga dapat anda buat dengan memanfaatkan limpah anorganik. Anda dapat membuat kincir angin dari bekas gelas minuman atau dapat membuat mobil-mobilan dari botol plastik. Tentu saja, selain dapat mencegah menumpuknya limbah anorganik di lingkungan anda, hal ini sangat baik untuk membantu anda dalam menghemat biaya dalam membeli mainan anak-anak yang mungkin memiliki harga yang sangat tinggi.

Mainan anak-anak lainnya juga bisa menggunakan :

    manfaat jeruk bali
    manfaat lompat tali
    manfaat buah pinang

5. Sebagai hiasan dan dapat mengasah kreativitas
sponsored links

Beberapa limbah anorganik yang diolah dengan kreativitas yang tinggi dapat menjadi hiasan dan juga dapat meningkatkan kreativitas dari diri sendiri. Kreativitas merupakn suatu proses yang dilakukan untuk menciptakan produk yang baru dan fresh, dengan adanya limbah anorganik ini. Anda akan dapat meningkatkan kreativitas anda dan juga dapat menciptakan suatu benda yang baru, yang tentunya berasal dari limbah anorganik.

Berbagai hiasan dari bentuk kreativitas ini juga didapatkan dari :

    manfaat kayu stigi
    manfaat kayu akasia
    manfaat kayu jati

6. Menghasilkan uang

Manfaat limbah anorganik pun dapat menghasilkan uang. Selain dengan cara membuat kerajinan tangan yang dapat anda jual sehingga menghasilkan uang, anda juga dapat menjual botol serta barang bekas anda yang menjadi limbah anorganik. Limbah ini seperti koran bekas, aki bekas dan lain-lainnya kepada pengepul barang bekas.

Hal ini tentu saja akan ditukar dengan kompensasi berupa uang tunai, yang meskipun jumlahnya tidak seberapa, namun tetap saja hal ini dapat menguntungkan. Karena selain dapat membersihkan lingkungan anda dari sampah anorganik, anda juga mendapatkan hasil berupa uang.

7. Dilebur untuk kemudian dibuat menjadi barang lain

Beberapa sampah anorganik, seperti logam dan juga plastik merupakan salah satu limbah yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Seperti diketahui, logam dapat dilebur kembali bersama dengan logam lainnya. Logam yang dilebur ini kemudian akan menjadi logam cair, yang dapat dibentuk menjadi bentuk baru. Contohnya saja, kumpulan dari besi tua dari pengepul, dapat dibawa ke pabrik peleburang logam. Setelah dilebur dan ditambahkan beberapa bahan kimia lainnya, manfaat besi yang sudah dilebur tersebut dapat menjadi besi baru yang dapat digunakan lagi.

Itulah manfaat yang sangat baik dari limbah anorganik. Meskipun merupakan salah satu jenis limbha yang dinilai dapat merusak lingkungan. Namun kita dapat mengurangi dampak tersebut dengan cara memanfaatkan limbah anorganik tersebut sesuai dengan kemampuan kita, dan juga sesuai dengan kreativitas kita tentunya.

Semoga artikel mengenai manfaat dari limbah anorganik ini dapat menambah wawasan anda, dan menginspirasi anda untuk melakukan sesuatu dengan limbah anorganik di sekitar anda.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  manfaat memakai limbah sbg bahan kerajinan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Fungsi atau Makna Tekstil Bagi Manusia 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://manfaat.co.id/manfaat-limbah-anorganik
baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
  7 Manfaat Limbah Anorganik Bagi Kehidupan

Comments