Pengertian Desain Produk Kerajinan Tekstil

 Pengertian Desain Produk Kerajinan Tekstil

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Pengertian Desain Produk Kerajinan Tekstil

pengertian desain produk kerajinan tekstil - 1.      Pengertian Desain Produk Kerajinan Tekstil
Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat memakai tekstil sebahan utama. banyak benda yang termassuk kategori krajinan tekstil dalam kehidupan sehari-hari. contohnya adalah hiasan dinding, Sarung bantal kursi, bed cover, tirai, taplak meja makan, tutup tudung saji dan lain-lain.
Tidak semua produk yang berbahan tekstil itu dapat dissebut sebagai karya seni. Mengapa demikian...? karena perwujudan karya seni yang harus memenuhi prinsip-prinsip kesatuan (unity), Kerumitan (complexity), dan kesungguhan (intensity). Kesatuan mengandung arti bahwa dalam sebuah benda harus mengandung kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya. Kerumitan adalah karya tersebut memiliki unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu. Misalnya, adanya unsur bertentangan, berlawanan, dan saling menyeimbangkan. Sementara Kesungguhan adalah benda yang memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya, misalnya nilai lembut atau kasar, gembira atau duka, suram atau ceria.
Sebuah karya kerajinan, tidak terkecuali keerajinan tekstil, akan terwujud secara maksimal apabila dilakukan sesuai dengan tahapan yang benar. Salah satu tahapan dasar pembuatan karya seni adalah desain. Desain merupakan rancangan gambar yang akan diwujudkan menjadi sebuah karya yang berupa garis, bentuk, warna, dan tekstur. Dan tentunya desain ini dapat ddiaplikasikan pada benda apapun.
Desain tekstil dapat diklasifikasn menjadi tiga macam, yaitu desain struktur, desain permukaan, dan desain aplikasi produk tekstil.
a.       Desain Struktur
Desain struktur adalah desain dari konstruksi itu tekstil itu sendiri, baik yang berwujud tekstilpolos maupun dalam bentuk tekstil yang bercorak.
b.      Desain permukaan
Desain permukaan tekstil merupakan desain yang ditujukan untuk memperkaya corak permukaan kain. Biasanya desain berbentuk abstrak.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian desain produk kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Contoh Proposal Kewirausahaan

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://pkwhmanbanjar.blogspot.co.id/2014/09/pengertian-desain-produk-kerajinan.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.