Jenis-jenis Media Promosi Usaha Busana
Jenis-jenis Media Promosi Usaha Busana |
Secara umum ada 3 jenis media promosi kontemporer : Media cetak, media digital
dan pendirian sarana pusat informasi pembangunannya.
1. Media Cetak. Media ini adalah media yang paling lazim dipergunakan untuk
melakukan promosi. Berbagai informasi ditransfer menjadi beragam brosurbrosurinformasi yang mudah dipahami.
Contoh : pin up Shafira di majalah
2. Media Digital. Media ini adalah media yang paling interaktif karena
umumnya selalu mengadopsi perkembangan teknologi informasi yang terkini.
Yang paling lazim di pergunakan adalah media internet dengan penempatan
segala arus informasi ke dalam website interaktif.
3. Media Sarana Pusat Informasi Busana. Media sarana fisik dalam bentuk
gedung atau ruang-ruang display ini adalah media promosi yang sangat
penting karena umunya digunakan sebagai ruang pameran yang bisa
menampung produk busana dalam bentuk display busana atau display
buku/brosur yang bisa dikunjungi langsung oleh konsumen.
Cara Promosi Usaha Busana yang Efektif
Banyak cara yang dapat digunakan untuk mempromosikan suatu usaha busana.
Cara tersebut terangkai dalam suatu istilah yang dikenal dengan bauran promosi(promotional mix), yaitu cara-cara yang digunakan oleh suatu usaha busana untuk
memberikan informasi kepada calon pembeli mengenai sifat dan atribut produkproduknya
dan membujuk mereka untuk membeli atau membeli ulang produkproduk
itu.
Kegiatan-kegiatan tersebut terdiri dari :
1. Periklanan,
2. Promosi penjualan, contohnya seorang sales menawarkan barang produksi
pada calon konsumen.
3. Merchandising, contohnya menjual barang dagangan dengan harga murah dan
terbatas.
4. Pengemasan,
5. Penjualan langsung, contohnya menggunakan display produk pada showroom
6. Public Relations, contohnya pihak produsen mempresentasikan produknya
pada buyer.
7. Diferensiasi harga penjualan, contohnya butik A menjual blus seharga
Rp.50.000; sedangkan butik B menjual blus yang sejenis seharga Rp. 45.000;
8. Membagi-bagikan hadiah pada calon customer, contohnya memberikan
sebuah barang pada calon konsumen
9. Kiat "beli satu dapat dua", contohnya mengadakan potongan harga pada
produk tertentu.
10. Talk show di radio, contohnya produsen menghadirkan narasumber pada
stasiun radio tertentu untuk melakukan tanya jawab dengan calon konsumen.
11. Advetorial, contohnya Advetorial Otomotif di Metro TV.
12. Feature waiting oleh wartawan tentang usaha busana serta jasa atau produk
yang dihasilkan,
13. Mengadakan "kuis" tentang suatu produk melalu radio, contohnya konsumen
mendapatkan voucher belanja dengan cara menjawab pertanyaan seputar
produk yang ditawarkan.
14. Promosi dengan ‘banner advertising’ melalui internet.
0 komentar:
Post a Comment