, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Etika Promosi Usaha Busana

Etika Promosi Usaha Busana

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Etika Promosi Usaha Busana


Kiat-kiat promosi cukup besar jumlahnya, dari yang tradisional sampai dengan
pemanfaatan internet (e-marketing, e-promotion). Dalam dunia bisnis yang
semakin kompetitif, bagian pemasaran usaha busana akan terus mencari
terobosan-terobosan baru untuk mengimbangi atau mengatasi upaya-upaya
promosi oleh pesaing. Dalam keadaan bersaing ketat memperebutkan perhatian
konsumen, tentu mudah terjadi pelanggaran etika, yaitu pelanggaran asas-asas
etika umum atau kaidah-kaidah dasar moral, yaitu:
1. Asas kewajiban berbuat yang baik (beneficence atau amar ma’ruf).
Contohnya, tidak menampakkan busana yang seronok pada promosi di layar
kaca.
2. Asas kewajiban tidak berbuat yang menimbulkan mudharat (nahi mungkar).
Contohnya, adanya label perawatan busana agar busana terpelihara dengan
baik.
3. Asas menghormati otonomi manusia (respect for persons).
Artinya, produsen harus menghormati hak orang lain atau pihak lain ketika
mempromosikan produknya, sehingga promosi yang dibuat tidak
menyinggung SARA.
4. Asas berlaku adil (justice, fairness).
Contohnya : tidak mempromosikan suatu produk yang berkualitas buruk.
Etika pemasaran atau etika promosi adalah bagian dari etika bisnis. Etika bisnis
menunjuk kepada studi tentang aspek-aspek moral dari kegiatan ekonomi dan
bisnis. Moral adalah sistem nilai atau konsensus sosial tentang apa yang dianggap
baik atau buruk, benar atau salah, pantas atau tidak pantas. Etika sebagai studi
atau kajian adalah etika filosofis atau bagian dari ilmu falsafah. Sedangkan etika
sebagai praktis adalah etika terapan yang merupakan pedoman berperilaku bagi
komunitas moral tertentu.
Jika definisi tentang etika bisnis tersebut dikaitkan dengan empat kaidah dasar
moral, maka etika promosi (sebagai bagian dari etika bisnis) menunjuk kepada
studi tentang aspek-aspek moral dari kegiatan melakukan promosi usaha busana.
Etika promosi merupakan pedoman berpromosi. Pedoman promosi yaitu
perbuatan manusia atau institusi dalam melakukan promosi usaha busana adalah
baik atau buruk, benar atau salah, pantas atau tidak pantas, dinilai dengan
pedoman apakah perbuatan itu adalah sesuai dengan asas-asas beneficence,
nonmaleficence, menghormati manusia, dan adil atau tidak.


SISTEM PEMASARAN



Usaha adalah suatu kegiatan yang yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan

Secara tradisinya pemasaran sering dilihat sebagai aktivitas eksklusif sektor
swasta. Di dalam sector permulaan, pemasaran biasanya disediakan secara
monopolistik dan banyak masyarakat menganggap bahwa pemilihan barang dan
penggunaan mengurangi kepentingan konsep-konsep kepuasan. Sebenarnya,
keadaan ini telah berubah. Oleh karena adanya batasan-batasan keuangan dan
persaingan dari sumber-sumber alternatif yang menyediakan pemsaran ini, sektor
awal perlu meningkatkan mutu pemasarannya Untuk menurangi pengeluaran
memenuhi tuntutan-tuntutan dari segi 3E's iaitu economy, efficiency dan
effectiveness.


Untuk tujuan ini, sektor awal biasanya menggunakan konsep pemasaran sebagai
alat atau salah satu strategi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas produk
serta meningkatkan seluruh individu untuk menggunakan (atau membayar,
sekiranya di perlukan) produk yang disediakan.

0 komentar:

Post a Comment