Cara Menggulung Benang untuk Bobbin


Cara Menggulung Benang untuk Bobbin

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cara Menggulung Benang untuk Bobbin


cara mengeluarkan benang dari sekoci mesin jahit - Bobbin model plastik gini lucu juga ya….

Menggulung benang untuk bobbin ini adalah masalah pertama saya ketika mau belajar menjahit. Pas saya membaca buku manual mesin jahitnya, memang ada caranya. Tapi … gambarnya gak jelas. Jadi malah bikin puyeng. Trus saya nyari videonya di Youtube dan ketemu beberapa. Baru deh keliatan jelas caranya. Sebelumnya saya sempet loh menggulung benangnya manual gitu pake tangan. Hahahaaa…. Tapi hasilnya emang gak padet dan itu ngebikin benangnya nyangkut-nyangkut juga pas menjahit. Jadi jangan pernah nyoba menggulung manual ya, Manteman. :D Percumaaa….

Yang perlu disiapkan adalah:

Yang perlu disiapkan adalah:
IMG_4669edit
Bobbin, benang, dan gunting.
IMG_4672edit
Di bagian atas sebelah kanan, ada sebuah kait untuk memasukkan benang dan sebuah besi panjang yang gunanya untuk meletakkan bobbin ketika menggulung benang. Penampakannya seperti gambar di atas.
IMG_4673edit
Masukkan benang ke kait besi.
IMG_4675edit
Lalu tarik benang ke arah kiri dan selipkan di bulatan besi seperti gambar di atas. Bulatan ini bakalan membuat benang menjadi tegang. Ini yang membuat benangnya ketika digulung jadi padat dan rapi.
IMG_4679edit
Kalau diliat, benangnya jadi seperti gambar di atas.
IMG_4683edit
Putar balik benang dan masukkan bobbin ke besi. Masukkan benang dari arah dalam ke luar lubang yang ada di bobbin. Kalau pakai bobbin besi yang model lama, lubangnya ini banyaaak. Kalo di bobbin plastik ini cuma ada dua.
IMG_4685edit
Lalu geser besi ke arah kiri. Manteman lihat kan bagian putih bulat yang terbuat dari plastik di sebelah kiri? Itu adalah penahan benang dan bobbin ketika benang digulung. Kalau benangnya sudah penuh, bagian putih itu akan menahan bobbinnya jadi gak bisa muter lagi. 
IMG_4688edit
Injak pedal dan bobbin pun mulai berputar. Untuk beberapa putaran pertama, biasanya saya masih memegang ujung benang yang keluat dari bobbin agar gak lepas. Tapi ketika bobbinnya udah mulai terisi, ujung benangnya udah bisa dilepas karena udah ada bagian dalam gulungan benang yang menahan.
IMG_4690edit
Injak pedal sampai bobbinnya berhenti dan penuh seperti gambar di atas. Sebenernya ini juga sesuai kebutuhan sih. Kalo gak sampe penuh juga gak apa-apa. 
IMG_4692edit
Potong sisa benang di bagian atas bobbin dan bobbin pun siap digunakan.
IMG_4699edit
Masukkan ke sekoci dan keluarkan sedikit ujung benangnya.
IMG_4700edit
Masukkan sekoci ke bagian bawah.
IMG_4702edit


Untuk cara bagaimana memasukkan benang ke mesin jahit, saya kayaknya gak bisa bikin tutorialnya karena saya gak tau apa tiap mesin jahit caranya sama. Dan terus terang, cara yang diperlihatkan di buku manual ketika membeli mesin jahit itu lebih jelas. Sewaktu Manteman ada di toko mesin jahit, juga bisa minta diajarkan sama penjualnya. Jadi saya cuma bisa nyeritain ini aja de. :cutesmile:

Selamat menjahit, Mantemaaaan….

Saya juga udah kangen pengen jahit-jahit lagi, nih. :cutesmile:



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara mengeluarkan benang dari sekoci mesin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MENGAMBIL UKURAN BADAN BAJU ATASAN WANITA DEWASA 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://deliciouscraft.com/2014/02/cara-menggulung-benang-untuk-bobbin/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.