PENGERTIAN GERABAH DAN CONTOHNYA

PENGERTIAN GERABAH DAN CONTOHNYA

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
PENGERTIAN GERABAH DAN CONTOHNYA

________________________________________
kerajinangerabahdancontohnya •    Pengertian gerabah dan contohnya itu apa sih ?
•    Apa itu gerabah ? Apa arti gerabah ?
•    Apa yang dimaksud dengan gerabah ?
•    Apa definisi gerabah menurut para ahli ?
•    Apa pengertian gerabah dalam sejarah ?
________________________________________
Pengertian Gerabah
________________________________________
Pengertian Gerabah Menurut Para Ahli
Arti gerabah adalah jenis tembikar kuno yang dibuat manusia dari tanah liat yang dicampur pasir kemudian dibakar pada suhu 800 hingga 1000 derajat Celcius. Karakteristik gerabah adalah keras, rapuh, berpori dan mudah pecah.
Definisi gerabah adalah jenis keramik bakaran rendah yang pada umumnya ditandai dengan sisi dinding yang berpori sehingga air di dalamnya bisa merembes keluar melalui pori-pori kecil di dindingnya. Contoh gerabah adalah kendi air yang terbuat dari tanah liat merah.
Pengertian gerabah adalah keramik rakyat, hal ini dikarenakan gerabah mempunyai ciri pemakaian tanah liat bakaran rendah serta teknik pembakaran yang sangat sederhana. 
________________________________________
Tanah tidak hanya berfungsi sebagai tempat bercocok tanam tetapi juga dapat dimanfaatkan untuk membuat peralatan rumah tangga, yaitu dengan menggunakan tanah liat. Ketika zaman prasejarah dimana manusia sudah mulai hidup menetap dan memenuhi kebutuhan hidupnya dari bercocok tanam, manusia mulai membuat peralatan rumah tangga dengan memanfaatkan tanah liat.
Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya peninggalan zaman pra sejarah berupa peralatan rumah tangga dari tanah liat seperti periuk, kendi, celengan, belanga, dan tempayan. Peralatan rumah tangga ini disebut gerabah, dibentuk dari tanah liat dan kemudian dibakar dalam suhu tinggi.
Pada saat itu gerabah masih dibuat dengan teknik yang sangat sederhana dan masih kasar, selain itu bentuknya pun masih asimetris. Fungsi gerabah tidak lain dan tidak bukan adalah sebagai alat perkasas yang berguna dalam membantu aktivitas rumah tangga sehari-hari.
Pada saat sekarang peralatan rumah tangga modern kebanyakan terbuat dari plastik atau stainless dengan model dan warna yang menarik. Meskipun demikian kerajinan membuat gerabah masih bertahan terutama di desa-desa.
Mereka masih menekuni pembuatan gerabah walaupun tidak dalam skala besar, kebanyakan masih ditujuan untuk keperluan rumah tangga sehari-hari dan belum mencoba membuat gerabah dengan nilai estetika yang tinggi seperti membuat hiasan dengan ukiran-ukiran. Beberapa daerah yang masih menghasilkan gerabah diantaranya Kasongan, Mayong, Klampok, Dinoyo, Lombok, dan masih banyak lagi.
Untuk menghasilkan gerabah yang dibentuk dari tanah liat, ada beberapa teknik yang dapat digunakan diantaranya teknik lempeng atau slabing, teknik pijat atau pinching, teknik pilin atau coiling, teknik putar atau throwing, teknik cetak tekan atau press, dan teknik cor atau tuang.
Teknik lempeng dapat digunakan untuk membuat gerabah yang berbentuk persegi dan permukaannya rata. Lempengan tanah liat diratakan dengan ketebalan yang sama, kemudian dipotong persegi sesuai ukuran yang diinginkan. Setelah setengah kering, permukaannya dapat ditoreh untuk memberi hiasan. Untuk menghasilkan gerabah yang tahan lama, padat, dan tidak mudah terkelupas, kita dapat menggunakan teknik pijat dimana tanah liat dipijat langsung dengan menggunakan tangan.
Kemudian ada juga teknik pilin dimana tanah liat dipilin dengan tangan untuk menghasilkan tanah liat yang berbentuk seperti tali. Teknik putar merupakan teknik pembuatan gerabah yang sering kita lihat di televisi. Teknik ini menggunakan meja putar dan gerabah yang dihasilkan biasanya berbentuk bulat. Untuk menghasilkan gerabah dalam waktu yang cepat, teknik cetak tekan dapat menjadi pilihan. Kita tinggal memasukkan tanah liat ke dalam cetakan dan menekannya.
Teknik cor pada dasarnya mirip dengan teknik cetak tekan, sama-sama menggunakan cetakan. Akan tetapi pada teknik cor tanah liat yang digunakan adalah tanah liat cair dan cetakannya terbuat dari gips.
________________________________________
Oke itulah penjelasan singkat mengenai pengertian gerabah dan fungsinya. Mudah-mudahan sobat bisa memahami pengertian gerabah secara umum ya ! Lihat juga pengertian gegabah 🙂
Definisi Menurut Para Ahli Lainnya:
•    PENGERTIAN TANAH ORGANIK DAN ANORGANIK
•    PENGERTIAN TUAN TANAH
•    PENGERTIAN TATA BOGA
•    PENGERTIAN HATERS DAN CONTOHNYA
•    PENGERTIAN SOLID
Post navigation
PENGERTIAN GEGABAH
PENGERTIAN HATERS DAN CONTOHNYA
DEFINISI TERBARU
•    PENGERTIAN TUNAS DAN CONTOHNYA
•    PENGERTIAN TUNAS PADA HEWAN
•    PENGERTIAN TUNAS ADVENTIF DAN CONTOHNYA
•    PENGERTIAN TURGOR
•    PENGERTIAN WAKTU
•    PENGERTIAN TURBIN DAN JENISNYA
•    PENGERTIAN TUNJANGAN JABATAN
•    PENGERTIAN TUNANGAN
•    PENGERTIAN TUNAWICARA
•    PENGERTIAN TUNADAKSA


 CONTOH MACAM-MACAM KERAJINAN TANGAN YANG TERBUAT DARI BAHAN ALAM


1. Tembikar 


Tembikar adalah alat keramik yang dibuat oleh pengrajin. Tembikar dibuat dengan membentuk tanah liat menjadi suatu obyek. Alat tembikar yang paling dasar adalah tangan.

Gerabah adalah perkakas yang terbuat dari tanah liat yang dibentuk kemudian dibakar untuk kemudian dijadikan alat-alat yang berguna membantu kehidupan manusia.
Asal mula
Gerabah diperkirakan telah ada sejak masa pra sejarah, tepatnya setelah manusia hidup menetap dan mulai bercocok tanam. Situs-situs arkeologi di indonesia, telah ditemukan banyak tembikar yang berfungsi sebagai perkakas rumah tangga atau keperluan religius seperti upacara dan penguburan. tembikar yang paling sederhana dibentuk dengan hanya menggunkan tangan, yang berciri adonan kasar dan bagian pecahannya dipenuhi oleh jejak-jejak tangan (sidik jari), selain itu bentuknya kadang tidak simetris. selain dibuat dengan teknik tangan, tembikar yang lebih modern dibuat dengan menggunakan tatap-batu dan roda putar.

Contoh Macam-macam kerajinan yang dapat di buat dari tanah liat

  • Piring
  • Kendi
  • Tempayan
  • Anglo
  • Kuali
  • Celengan
  • Pot
  • Gerabah hiasan

Cara pembuatan kerajinan tangan dari bahan alam tanah liat
  • Pengambilan tanah liat. 
Tanah liat diambil dengan cara menggali secara langsung ke dalam tanah yang mengandung banyak tanah liat yang baik. Tanah liat yang baik berwarna merah coklat atau putih kecoklatan. Tanah liat yang telah digali kemudian dikumpulkan pada suatu tempat untuk proses selanjutnya.
  • Persiapan tanah liat. 
Tanah liat yang telah terkumpul disiram air hingga basah merata kemudian didiamkan selama satu hingga dua hari. Setelah itu, kemudian tanah liat digiling agar lebih rekat dan liat. Ada dua cara penggilingan yaitu secara manual dan mekanis. Penggilingan manual dilakukan dnegan cara menginjak-injak tanah liat hingga menjadi ulet dan halus. Sedangkan secar mekanis dengan menggunakan mesin giling. Hasil terbaik akan dihasilkan dengan menggunakan proses giling manual.
  • Proses pembentukan. 
Setalah melewati proses penggilingan, maka tanah liat siap dibentuk sesuai dengan keinginan. Aneka bentuk dan disain depat dihasilkan dari tanah liat. Seberapa banyak tanah liat dan berapa lama waktu yang diperlukan tergantung pada seberapa besar gerabah yang akan dihasilkan, bentuk dan disainnya. Perajin gerabah akan menggunakan kedua tangan untuk membentuk tanah liat dan kedua kaki untuk memutar alat pemutar (perbot). Kesamaan gerak dan konsentrasi sangat diperlukan untuk dapat melakukannya. Alat-alat yang digunakan yaitu alat pemutar (perbot), alat pemukul, batu bulat, kain kecil. Air juga sangat diperlukan untuk membentuk gerabah dengan baik.
  • Penjemuran. 
Setelah bentuk akhir telah terbentuk, maka diteruskan dengan penjemuran. Sebelum dijemur di bawah terik matahari, gerabah yang sudah agak mengeras dihaluskan dengan air dan kain kecil lalu dibatik dengan batu api. Setalah itu baru dijemur hingga benar-benar kering. Lamanya waktu penjemuran disesuaikan dengan cuaca dan panas matahari.
  • Pembakaran. 
Setalah gerabah menjadi keras dan benar-benar kering, kemudian banyak gerabah dikumpulkan dalam suatu tempat atau tungku pembakaran. Gerabah-gerabah tersebut kemudian dibakar selama beberapa jam hingga benar-benar keras. Proses ini dilakukan agar gerabah benar-benar keras dan tidak mudah pecah. Bahan bakar yang digunakan untuk proses pembakaran adalah jerami kering, daun kelapa kering ataupun kayu bakar.
  •  Penyempurnaan. 
Dalam proses penyempurnaan, gerabah jadi dapat dicat dengan cat khusus atau diglasir sehingga terlihat indah dan menarik sehingga bernilai jual tinggi.

                                                                                                                                            
2. Kerajinan Tangan dari Janur

Kerajinan Tangan dari Janur -Janur atau daun kelapa biasanya dijadikan hiasan di daerah Jawa, biasanya saat sedang ada acara sunatan, pernikahan, dll. Butuh keuletan dalam membuat dekorasi dari janur ini, alat yang dibutuhkan untuk membuat dekorasi ini adalah pisau, steples dan isinya, jarum pentul, benang kasur, paku, gedebog pisang, bokor, dan tentu saja janur. Umumnya ada 3 macam bentuk kreasi dari janur, yaitu:

1. Kembar mayang
Biasa dipakai saat acara pernikahan, kembar mayang dibuat 2 buah. Melambangkan bahwa sepasang penganting itu harus sama perasaan, hati, dan kehendaknya. Bagian-bagian kembar mayang adalah tatakan, awak, dan mahkota.




2. Mayang sari
Mayang sari umumnya ditempatkan di samping kanan dan kiri kursi pelaminan. Ciri khasnya adalah tinggi sekitar 180 cm, berjumlah dua, bisa kembar ataupun tidak, dan biasanya di bagian atas diberi hiasan buah atau bunga. Bagian-bagian dari mayang sari adalah mahkota, bagian atas, bagian bawah, dan tatakan.


3. Penjor

Penjor biasa dipasang di depan rumah atau gang masuk menuju tempat resepsi, penjor menandakan bahwa sedang ada acara persepsi di lokasi itu. Cara membuat penjor hampir sama dengan kembar mayang dan mayang sari, hanya saja penjor dibuat pada sebilah bambu.
Dekorasi janur ini memang unik, tidak ada di negara lain. Meski sepele namun harus tetap dilestarikan, kalau tidak bisa-bisa diklaim oleh negara lain, oleh karena itu marilah melestarikan budaya kita mulai dari kecil.







3. Kerajinan Anyaman Pandan

Kerajinan Annyaman Pandan adalah kerajinan merangkai dan melipat daun. Untuk kerajinan anyaman pandan ini dipakai bahan daunan sejenis pohon palem atau kelapa dan lontar dan jenis daun rumput seperti pandan dan mendong. Meskipun sifat daun tersebut relatif lebih lemah, namun untuk menjadi bahan anyaman yang siap dipakai, terlebih dahulu harus mengalami pengolahan.

Cara pengolahannya ialah dengan jalan melepaskan lidi dan urat-urat daun dan selanjutnya menghaluskan. Bahan yang terolah menjadi lentur dan luwes dan siap untuk dilipat dan dirangkai menjadi tikar, karpet, alas makan, tas dan topi yang dalam penyelesaiannya dapat dibentuk dan dijahit. Lontar atau daun pandan setelah diolah dipotong-potong menjadi bagian-bagian sama kemudian dimasak dalam air, dilicinkan dan dijemur. Apabila dikehendaki anyaman dengan pola warna, maka sebagian dari bahan dicelup ke dalam cairan pewarna.
4. Ayaman  Bambu


Anyaman adalah serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuatkeranjang atau perabot. Anyaman seringkali dibuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan, namun seratplastik juga dapat digunakan. Bahan yang digunakan bisa bagian apapun dari tanaman, misalnya inti batang tebu atau rotan atau keseluruhan ketebalan tanaman, seperti misalnya dedalu. Bahan lainnya yang terkenal digunakan sebagai anyaman adalah gelagah dan bambu. Biasanya rangkanya dibuat dari bahan yang lebih kaku, setelah itu bahan yang lebih lentur digunakan untuk mengisi rangka. Anyaman bersifat ringan tapi kuat, menjadikannya cocok sebagai perabot yang sering dipindah-pindah. Anyaman sering digunakan untuk perabot di beranda dan teras

4. Ayaman  Rotan


Anyaman rotan adalah sebuah kerajinan tangan berbahan baku rotan yang dianyam, dililitkan, dan disatukan sehingga membentuk seperti apa yang diinginkan. Kegunaan anyaman rotan ini banyak dimanfaatkan dalam keperluan sehari-hari, baik itu sebagai hiasan maupun sebagai benda pakai. Namun, kebanyakan anyaman rotan ini multifungsi yaitu sebagai benda pakai sekaligus hiasan yang memiliki nilai estetik tinggi.



Produk Anyaman Rotan
produk anyaman rotan seperti lampu, ayunan, kursi, kuda-kudaan, pemukul kasur, piring, partisi, kursi, meja, dan sebagainya. Produk-produk anyaman rotan ini, di samping digunakan sebagai benda pakai, juga sering dibuat menjadi pajangan rumah.

Peminat anyaman rotan ini bukan hanya dari dalam negeri, banyak juga yang berasal dari luar negeri. Anyaman rotan memiliki nilai estetis tersendiri. Inilah yang membuat anyaman rotan banyak diminati masyarakat. Nilai estetis dari sebuah anyaman rotan tidak hanya terletak pada bahan bakunya saja tapi juga terletak pada bentuk yang dibuat dan motif dari anyaman tersebut.

Motif anyaman rotan :
• Motif Liris
• Motif Tradisi
• Motif Gedhek
• Motif Kelabang
• Motif Andik
• Motif Kembar Kecil
• Motif Geometris
• Motif Dekoratif Geometris
• Motif Jruno Besar
• Motif Antik
• Motif Lampitan
Rotan digunakan karena kekuatannya yang tidak diragukan lagi. Anyaman rotan relatif lebih kuat jika dibandingkan bahan lain misalnya bambu, busa, besi, dan lainnya. Sebut saja kursi, kursi yang terbuat dari bahan rotan jelas akan lebih kuat jika dibanding dengan kursi yang terbuat dari bahan kayu yang dilapisi busa.
Anyaman rotan ini merupakan seni tradisi Indonesia yang dapat dikombinasikan dengan konsep apa pun. Misalnya dengan konsep rumah minimalis. Anda dapat menggunakan anyaman rotan untuk pemilihan furniture atau hiasannya. Pemilihan ini tentu saja dengan model yang disesuaikan dengan konsep rumah minimalis.
Agar kegunaan anyaman rotan ini dapat dinikmati lebih lama lagi, anyaman rotan tentu harus dirawat dengan baik. Cara untuk merawat anyaman rotan ini tidaklah sulit.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kerajinangerabahdancontohnya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 5 Kreasi Dompet Unik Dengan Motif Batik

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :http://www.definisimenurutparaahli.com/pengertian-gerabah-dan-contohnya/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.