, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Adik Ayu (Perempuan Paling Suci) menjelaskan KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

Adik Ayu (Perempuan Paling Suci) menjelaskan KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

 
baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Adik Ayu (Perempuan Paling Suci) menjelaskan KERAJINAN LIMBAH TEKSTIL

apa karya kerajinan limbah tekstil yang berfungsi sebagai pajangan - KERAJINAN TEKSTIL
A.Kerajinan tekstil dan limbah tekstil
kata tekstil adalah jalinan antara lungsin dan pakan atau dapat dikatakan sebuah anyaman yang mengikat satu sama lain,tenunan dan rajutan. sedangkan kerajinan tekstil adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan. limbah tekstil adalah limbah yang dihasilkan yang dihasilkan dalam proses pengkajian, proses penghilangan kanji, penggelantangan, pemanasan, merserisasi, pewarnaan, pencetakan dan proses penyempurnaan.

B. Teknik pembuatan karya kerajinan limbah tekstil :
   Teknik Quilting atau jahit : menggabung-gabungkan kain dengan ukuran dan potongan tertentu untuk membentuk motif-motif yang unik.
 Teknik Aplikasi Perca : teknik menghias kain atau benda-benda lainnya dengan menggunakan kain perca yang dilekat dengan lem atau jahit
   Makrame  : teknik kerajinan klasik dengan ciri utama menampilkan bentuk-bentuk simpulan dari jalinan tali atau banang
   Teknik anyam  :serat yang dirangkaikan hingga membentuk benda yang kaku, biasanya untuk membuat keranjang atau perabot. Anyaman seringkali dibuat dari bahan yang berasal dari tumbuhan, namun serat plastik juga dapat digunakan.
C. Fungsi Karya Kerajinan Limbah Tekstil
Secara garis besar, fungsi kerajinan limbah tekstil terbagi atas:
   Produk-produk seni kriya banyak diciptakan untuk berfungsi sebagai benda-benda pajangan. Dengan berfungsi sebagai benda pajangan, maka nilai estetik sangat dibutuhkan.
   Di samping sekedar sebagai benda pajangan, banyak kita jumpai memiliki fungsi praktis, karena fungsi merupakan hal yang diprioritaskan dalam kerajinan Tekstil.
   Di samping sebagai benda pajangan dan terapan, karya seni kriya juga berfungsi sebagai benda mainan. Meskipun sebagai benda mainan, karya seni kriya jenis ini tetap mempertahankan nilai-nilai estetika.
   Kerajinan limbah tekstil juga sangat dibutuhkan sebagai sarana pelestarian alam.

 D. Unsur Estetika dan Ergonomis Karya Kerajinan Limbah Tekstil
Unsur Estetika adalah usnsur keindahan bentuk, selalu bergantung pada sentuhan keindahan. Karena itu, dalam penciptaannya, seorang pengrajin harus menguasai unsur-unsur seni seperti garis, bentuk, warna, komposisi dan lain-lain dari benda berbahan baku limbah tekstil yang akan dibuatnya. Sedangkan unsur ergonomis adalah dalam teori desain dikenal prinsip form follow function, yaitu bentuk desain mengikuti fungsi. Jadi Unsur ergonomis adalah unsur tekstil yang mengutamakan kenyamanan dalam penggunaan nya misalkan pakaian batik atau pakaian dari bahan kain tenun. Ada tiga aspek desain yang harus dipenuhi jika suatu produk desain ingin dianggap berhasil, yaitu produk desain harus memiliki aspek keamanan (safety), kenyamanan (ergonomi) dan keindahan (estetika).
 
E. Berbagai teknik kontruksi kerajinan tekstil:

1     Jahit.

Jahit adalah teknik pembuatan suatu karya kerajinan yang terbuat dari guntingan/potongan kain dengan cara dijahit sesuai desain.

2       Jahit Aplikasi.

Jahit Aplikasi adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara menempelkan guntingan kain pada kain yang berbeda warna dengan dasar kain selanjutnya di selesaikan dengan jahit tangan teknik sulam yang menggunakan tusuk hias feston.
  3. Makrame
Makrame adalah bentuk seni kerajinan simpul-menyimpul dengan menggarap rantaian benang awal dan akhir suatu hasil tenunan, dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut sehingga terbentuk aneka rumbai dan jumbai Dalam membuat makrame, ada beberapa teknik yang digunakan antara lain teknik pilin,simpul,anyam, atau rajut.
     4. Tenun.
Songket adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu dan Minangkabau di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi. Benang logam metalik yang tertenun berlatar kain menimbulkan efek kemilau cemerlang. perajin kain tenun songket ini banyak di jumpai di sumatara, bali, ntt, kalimantan dan kepulauan ambon kain tekstil kerajinan ini proses pembuatannya memang relatif cukup lama kecuali lurik,karena pengerjaanya cukup rumit. Desain yang dipilih sangat erat dengan budaya setempat oleh sebab itu produk kain tekstil kerajinan mempunyai nilai seni budaya yang tinggi. Produk kain tekstil kerajinan dewasa ini sangat di sukai baik oleh konsumen domestik maupun dari mancanegara.
  5.    Tapestry

Tapestry adalah tenunan yang dibuat dari benang -benang,serat-serat atau bahan lainnya yang memungkinkannya baik berwarna maupun tidak berwarna yang dipergunakan sebagai penutup lantai,pembungkus mebel dan akhirnya dipakai sebagai hiasan dinding.
Aneka Kerajinan Tekstil.
Jenis produk kerajinan tekstil terbagi menjadi dua kelompok yaitu: benda hias dan benda pakai atau perpaduan dari keduanya. Jenis produk yang termasuk pada benda hias diantaranya: hiasan dinding, sarung bantal kursi, produk kerajinan tekstil yang termasuk benda pakai diantaranya: bad cover,sarung bantal, tirai, tutup aqua galon, tutup kulkas, taplak meja makan, tutup tudung saji, dll.
6..   Teknik sulam
 adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahitdan benang
7. Teknik ikat celup
 adalah teknik mewarnai kain dengan cara mengikat kain dengan cara tertentu sebelum dilakukan pencelupan
8. Teknik batik
adalah  kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan.
   F. Fungsi karya kerajinan tekstil.
Secara garis besar, fungsi kerajinanTekstil terbagi atas 3 golongan yaitu :
1. Sebagai Dekorasi (hiasan/aksesoris)
Produk-produk seni kriya banyak diciptakan untuk berfungsi sebagai benda-benda pajangan. Dengan berfungsi sebagai benda pajangan, maka nilai estetik sangat dibutuhkan. Berikut adalah contoh-contoh karya seni kriya yang berfungsi sebagai benda pajangan :
- Makram
-hiasan dinding
-Sebagai Benda Terapan (fungsional)
2. memiliki fungsi praktis, karena fungsi merupakan hal yang diprioritaskan dalam kerajinan Tekstil.
Berikut adalah contoh kerajinan Tekstil yang siap pakai (fungsional)
-Sarung bantal kursi
-Taplak meja
-Sebagai Mainan
3. berfungsi sebagai benda mainan. Meskipun sebagai benda mainan, karya seni kriya jenis ini tetap mempertahankan nilai-nilai estetika. Berikut adalah beberapa macam contoh karya seni kriya yang berfungsi sebagai benda mainan :

• Boneka dll



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  apa karya kerajinan limbah tekstil yang berfungsi sebagai pajangan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Penyelesaian Tepi Busana: Kampuh Balik dan Kampuh Pipih di Awal Putaran Kedua  

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://xipa2maulidha.blogspot.co.id/2016/05/kerajinan-limbah-tekstil.html

0 komentar:

Post a Comment