, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Penyelesaian Tepi Busana: Kampuh Balik dan Kampuh Pipih di Awal Putaran Kedua


Penyelesaian Tepi Busana: Kampuh Balik dan Kampuh Pipih di Awal Putaran Kedua

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Penyelesaian Tepi Busana: Kampuh Balik dan Kampuh Pipih di Awal Putaran Kedua



kampuh balik - Kampuh balik banyak digunakan dalam penyelesaian pakaian luar dari bahan sutera dan bahan katun yang tipis. Selain itu juga digunakan untuk penyelesaian pakaian dalam wanita dan pakaian anak-anak, karena kuat dan rapi. Tambahan kampuh yang diperlukan 1 cm, selesai jadi 0,5 cm atau lebih kecil sedikit.

Kampuh balik merupakan kampuh yang dikerjakan dengan teknik membalikkan dengan dua kali jahit dan dibalikkan. Langkah menjahit atau membuat kampuh balik yaitu langkah pertama, jahit dua lembar kain yang akan disambung pada sisi bagian luarnya. Bisanya kalau kita menyambung kain dengan menjahitnya pada sisi bagian dalam, tapi kampuh balik ini justru kebalikannya. Setelah tersambung, balik dan lipat kain tepat pada garis jahitannya. Dengan demikian sisi bagian luar kain saling berhadapan. Terakhir, buat jahitan baru dengan memberi jarak dari bagian sambungan yang sudah kita lipat tadi, minimal selebar tepi sambungan pada jahitan yang pertama.

Kampuh Balik
 kampuh balik
 

Kegunaan kampuh balik biasanya untuk menjahit kebaya yang terbuat dari bahan yang tipis, untuk menjahit baju kemeja, untuk menjahit celana tidur, pakaian anak, pakaian rumah, dan lain sebagainya. Kampuh balik digunakan untuk menampilkan kesan rapi dan halus pada sambungan jahitan. Kampuh balik juga berguna untuk orang yang kulitnya mudah terkena iritasi akibat gesekan dengan sambungan jahitan yang kasar, terutama anak-anak. Tetapi teknik ini memiliki kelemahanyaitu membutuhkan waktu yang lama, biasanya kita jahit satu sisi sambungan hanya dengan sekali jahitan, namun dengan teknik ini kita harus lakukan 2 sampai 3 kali jahitan untuk sisi yang sama. Bagi yang kurang tekun dan sabar ini menjadi tantangan buat anda.

Kampuh Balik pada Kebaya (bagian buruk)
Kampuh Balik pada Kebaya (bagian buruk)
Kampuh Balik pada Kebaya (bagian baik)
 Kampuh Balik pada Kebaya (bagian baik)

Kampuh pipih merupakan kampuh yang mempunyai bekas jahitan pada satu sisi sebanyak dua setikan dan sisi yang sebelahnya satu setikan, kampuh ini biasanya digunakan untuk dua sisi (untuk bagian luar atau bagian dalam yang mana keduanya sama-sama bersih).

Kampuh Pipih
 Kampuh Pipih

Langkah menjahit kampuh pipih, lipatkan kain yang pinggirannya bertiras selebar 1,5 cm menjadi 0.5 cm, tutup tirasnya dengan lipatan yang satu lagi. Kampuh ini dipakai untuk menjahit kain sarung, kemeja, celana, jaket, pakaian bayi dan sebagainya.

Kampuh Pipih pada Kemeja (bagian buruk)
 Kampuh Pipih pada Kemeja (bagian buruk)
Kampuh Pipih pada Kemeja (bagian baik)
  Kampuh Pipih pada Kemeja (bagian baik)

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kampuh balik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Tamu di istana membahas Jenis Jenis Limbah dan Daur Ulang Limbah Serta Manfaatnya 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/penyelesaian-tepi-busana-kampuh-balik-dan-kampuh-pipih/

0 komentar:

Post a Comment