kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 100 sampai 105

kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 100 sampai 105

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 100 sampai 105


Artikel bahasa indonesia, kunci Jawaban Tugas bahasa Indonesia kelas 12 Kurikulum 2013 100 sampai 105

tugas 2
membandingkan text berita
Setelah  memahami  isi  teks  “‘Kencan’  Diplomatik  505  Kilometer  per
Jam”, tugas kalian selanjutnya membandingkan teks “‘Kencan’ Diplomatik
505  Kilometer  per  Jam”  tersebut  dengan  teks  “Pemerintah  Siapkan  Proses
Abdikasi”. Bacalah teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi” dengan teliti.
Setelah  itu,  kerjakanlah  dengan  mengikuti  petunjuk  yang  diberikan  pada
setiap nomor!




1)   Dalam teks berita “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi “, terdapat banyak kosa kata baru. Dengan bantuan Kamus Besar Bahasa Indonesia, baik dalam bentuk cetak maupun dalam jaringan, temukan arti kata atau kelompok kata berikut. Tuliskan jawaban kalian di kolom bagian kanan (Arti Kosakata). Baca kembali teks berita itu dengan cermat. Temukan kosakata yang menurut kalian penting untuk diketahui. Buatlah kolom daftar kosakata baru di buku tugas kalian.

No.

Paragraf ke-
Kosakata
Arti Kosakata
1.
1
Referendum
penyerahan suatu masalah kepada orang banyak supaya mereka yang menentukannya (jadi, tidak diputuskan oleh rapat atau oleh parlemen); penyerahan suatu persoalan supaya diputuskan dengan pemungutan suara umum (semua anggota suatu perkumpulan atau segenap rakyat)
2.
2
Takhta
Tempat duduk raja ; kedudukan
3.
3
Demonstrasi
pernyataan protes yg dikemukakan secara massal ; peragaan atau pertunjukan tata cara melakukan atau mengerjakan sesuatu
4.
4
Abdikasi
pelepasan hak atau wewenang,turun tahta dengan sukarela
5.
4
Parlemen
badan yang terdiri atas wakil-wakil rakyat yang dipilih dan bertanggung jawab atas perundang-undangan dan pengendalian anggaran keuangan negara; dewan perwakilan rakyat.
6.
8
Transisi
peralihan dari keadaan (tempat, tindakan, dsb) pada yang lain
7.
8
Kudeta
perebutan kekuasaan (pemerintahan) dengan paksa.
8.
9
Krisis
keadaan yang berbahaya ; parah sekali; keadaan yang genting; kemelut; keadaan suram (tata ekonomi, moral, dsb).
9.
12
Survei
teknik riset dengan memberi batas yang jelas atas data; penyelidikan; peninjauan.
10.
13
Skandal
 perbuatan yang memalukan; perbuatan yang menurunkan martabat seseorang.
2)   Selain kosakata, coba kalian telusuri beberapa verba berikut. Verba yang menjadi kunci di dalam pelajaran ini adalah menyikapi. Kata menyikapi berasal dari kata dasar sikapyang bermakna ‘perbuatan dan sebagainya yang berdasarkan pada pendirian, keyakinan’. Verba tersebut bersinonim dengan beberapa verba lain, seperti yang terdapat pada beberapa kata berikut. Isilah kolom yang rumpang dengan perubahan bentuk kata dasar menjadi verba dan nomina ini.
Kata Dasar
Verba
Nomina
Sikap
Menyikapi
Sikap
Perilaku
Berperilaku
Perilaku
Aksi
Beraksi
Aksi
Pandang
Memandang
Pandangan
Dapat
Mendapatkan
Pendapat
Diri
Mendirikan
Pendirian
Gagas
Menggagas
Gagasan
Prinsip
Berprinsip
Prinsip
Gaya
Bergaya
Gaya
Gerak
Menggerakkan
Penggerak
Tindak
Menindak
Tindakan
3)   Selain mencari sinonim dari verba menyikapi tadi, di dalam teks juga terdapat beberapa antonim atau lawan kata berikut. Carilah antonim untuk beberapa kata berikut. Tulis jawaban kalian pada kolom !
Kata
Antonim
Jauh
Dekat
Sementara
Kekal
Turun
Naik
Buka
Tutup
Ganti
Tetap
Salah
Benar
Akhir
Awal
Krisis
Stabil
Marah
Senang
Gelisah
Tenang
4) Berita merupakan sebuah narasi. Narasi menampilkan peristiwa dalambentuk alur (plot). Alur adalah peristiwa yang secara eksplisit ditampilkandalam suatu teks. Alur berbeda dengan cerita (story). Perbedaannya terletakpada urutan peristiwa. Cerita menampilkan peristiwa secara berurutan,kronologis dari awal hingga akhir. Sementara pada alur, urutan peristiwabisa dibolak-balik. Perhatikan alur peristiwa dalam teks “PemerintahSiapkan Proses Abdikasi” ini.
a) Pemerintah Spanyol memulai penggantian raja.
b) Ribuan orang anti kerajaan turun ke jalan.
c) Raja Juan Carlos mengumumkan akan turun takhta.
d) Demonstran tidak menghendaki penyerahan takhta.
e) Ribuan orang memenuhi Lapangan Puerta del Sol, Madrid.
f) Serangkaian demonstrasi diadakan di kota-kota besar.
g) Perdana Menteri Mariano Rajoy memimpin sidang luar biasa kabinet untuk membuat sebuah undang-undang turun takhta.
h)  UU itu bisa sampai empat pekan untuk disetujui.
i)  UU itu akan menyiapkan jalan ke takhta bagi Putra Mahkota Felipe dan istrinya, Letizia.
j)   Juan Carlos dihormati secara meluas   karena melicinkan transisi Spanyol ke demokrasi.
k)  Juan Carlos paling terkenal ketika menghadapi sebuah upaya kudeta militer.
l)  Banyak orang Spanyol marah ketika mereka mengetahui raja mengambil liburan mewah.
m) Saat itu Spanyol sedang menderita krisis keuangan dan tingkat pengangguran meroket 25 persen.
n) Kemarahan bertambah saat putri tertua raja disebut sebagai tersangka.
o) Dukungan kepada raja menurun.
p) Kala naik tahkta kelak, Raja Felipe VI akan menghadapi kegelisahan publik mengenai keadaan ekonomi dan skandal-skandal keluarga kerajaan.
                        
             Cerita (Story)
 

                Alur (Plot)
Buatlah alur peristiwa yang terdapat dalam teks “‘Kencan’ Diplomatik
505 Kilometer per Jam”!
a)      Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang ShinzoAbe, Sabtu (12/4).
b)      Di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandanganbunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalan-jalan dengan kecepatan tinggi.
c)      Saya berharap Duta Besar Kennedy akanmenikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji,dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai perjalanan.
d)     Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetik supercepat yang akan ditawarkan kepada AS.
e)      KA canggihinimenggunakanteknologi magnetic levitation (maglev) yang menerapkandayaangkatmagnetissebagaisumbertenagapenggerakutama.
f)       Dengan menerapkan teori dasar magnetisme bahwa kutub magnetyang sama akan saling menolak, kereta tanpa roda ini akan terangkat 10sentimeter dari relnya saat diaktifkan.
g)      Tanpagesekanantararodadanrel, KA ini pun dapatmelajulebihcepat, lebihmulus, danlebihtakbersuaradibandingkan KA konvensional.
h)      Abe dan Kennedy memulai perjalanan mereka dari StasiunYamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji.
i)        Sambil tersenyum,Abe pun menunjukkan keunggulan teknologi Jepang kepada duta besarnegara sekutu utamanya itu.
j)        Di tengah perjalanan, KA yang mereka tumpangi sempat menyentuhkecepatan 505 kilometer per jam atau setara dengan kecepatan jelajah pesawat penumpang bermesin turboprop ATR 72.
k)      Menurut operator KA spesial ini, Central Japan Railway, pada saatuji coba tahun 2003 silam, kecepatan maksimum KA tersebut mencapai581 km per jam.
l)        KA maglev inilah yang akan ditawarkan Jepang kepada AS, satusatunyanegara adidaya yang belum memiliki jaringan KA supercepat.
m)    Pemerintahan Presiden Barack Obama saat ini berinisiatif memulaipembangunan jaringan KA supercepat nasional di AS, yang akan dimulaidengan jalur dari Washington DC ke Baltimore, Maryland, sepanjang 60km.
n)      Menurut harian bisnis Nikkei, pihak Central Japan Railwaytelahmemberi penawaran insentif khusus dengan membebaskan biaya lisensijika AS jadi memilih teknologi maglev Jepang untuk ruas pertama ini.
o)      Nikkei menambahkan, Pemerintah Jepang berencana membayarseparuh dari biaya lisensi sebesar 1 triliun yen (Rp112,7 triliun) melaluiJapan Bank for International Cooperation.
p)      Meski demikian, Jepang masih harus bersaing dengan negaranegarapemilik teknologi KA supercepat lain, seperti Kanada, Prancis,dan Jerman.
q)      Usai “kencan” diplomatik tersebut, Abe mengatakan, “Setelahsaya bisa berbagi pengalaman ini dengan Duta Besar Kennedy hari ini,saya harap dia pun akan berbagi cerita ini dengan Gedung Putih.”
                  Alur



Alur
5) Struktur teks berita terbagi ke dalam tiga tahap, orientasi, peristiwa, dansumber berita. Coba kalian baca kembali teks “Pemerintah Siapkan ProsesAbdikasi”. Apakah kalian menemukan sumber peristiwa yang terdapatdalam teks itu?
Jawab : Iya
6)      Kalian sudah mengetahui bahwa pada tahap awal berita ditandai olehorientasi, diikuti oleh peristiwa dan sumber berita. Apa yang kaliantemukan dari struktur teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”? Apakahkalian menemukan perbedaan antara struktur teks “‘Kencan’ Diplomatik505 Kilometer per Jam” dengan struktur teks “Pemerintah Siapkan ProsesAbdikasi”? Di mana letak perbedaannya?
Jawaban :
a)      Yang kami temukan dari struktur teks tersebut adalah Orientasi, Peristiwa, dan Sumber Informasi
b)      Tidak ada perbedaan struktur teks antara “‘Kencan’ Diplomatik 505 Kilometer per Jam” dengan struktur teks “Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi”
“Kencan” Diplomatik 505 Kilometer per Jam
No.
Struktur Teks
1.
[Orientasi]
Duta Besar Amerika Serikat untuk Jepang Caroline Kennedy menjalani “kencan” istimewa dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, Sabtu (12/4).
2.
[Peristiwa]
Di tengah hawa sejuk awal musim semi dan keindahan pemandangan bunga sakura di lereng Gunung Fuji, Abe mengajak Kennedy berjalan-jalan dengan kecepatan tinggi.“Saya berharap Duta Besar Kennedy akan menikmati paket lengkap Jepang: keindahan bunga sakura, Gunung Fuji, dan teknologi tercanggih,” ujar Abe santai sebelum memulai
perjalanan.
Hari itu, Abe mengajak Kennedy menjajal kereta api (KA) magnetik supercepat yang akan ditawarkan kepada AS. KA canggih ini menggunakan teknologi magnetic levitation (maglev) yang menerapkan daya angkat magnetis sebagai sumber tenaga penggerak utama.
Dengan menerapkan teori dasar magnetisme bahwa kutub magnet yang sama akan saling menolak, kereta tanpa roda ini akan terangkat 10 sentimeter dari relnya saat diaktifkan. Tanpa gesekan antara roda dan rel, KA ini pun dapat melaju lebih cepat, lebih mulus, dan lebih tak bersuara dibandingkan KA konvensional.
Abe dan Kennedy memulai perjalanan mereka dari Stasiun Yamanashi Maglev Test Line di dekat Gunung Fuji. Sambil tersenyum, Abe pun menunjukkan keunggulan teknologi Jepang kepada duta besar negara sekutu utamanya itu.
Di tengah perjalanan, KA yang mereka tumpangi sempat menyentuh kecepatan 505 kilometer per jam atau setara dengan kecepatan jelajah pesawat penumpang bermesin turboprop ATR 72.
Menurut operator KA spesial ini, Central Japan Railway, pada saat uji coba tahun 2003 silam, kecepatan maksimum KA tersebut mencapai 581 km per jam. KA maglev inilah yang akan ditawarkan Jepang kepada AS, satu-satunya negara adidaya yang belum memiliki jaringan KA supercepat.
Pemerintahan Presiden Barack Obama saat ini berinisiatif memulai pembangunan jaringan KA supercepat nasional di AS, yang akan dimulai dengan jalur dari Washington DC ke Baltimore, Maryland, sepanjang 60 km.
Insentif khusus
Menurut harian bisnis Nikkei, pihak Central Japan Railway telah memberi penawaran insentif khusus dengan membebaskan biaya lisensi jika AS jadi memilih teknologi maglev Jepang untuk ruas pertama ini.
Nikkei menambahkan, Pemerintah Jepang berencana membayar separuh dari biaya lisensi sebesar 1 triliun yen (Rp112,7 triliun) melalui Japan Bank for International Cooperation.
Meski demikian, Jepang masih harus bersaing dengan negara-negara pemilik teknologi KA supercepat lain, seperti Kanada, Prancis, dan Jerman.
Usai “kencan” diplomatik tersebut, Abe mengatakan, “Setelah saya bisa berbagi pengalaman ini dengan Duta Besar Kennedy hari ini, saya harap dia pun akan berbagi cerita ini dengan Gedung Putih.”
Kennedy, satu-satunya anak mantan Presiden John F. Kennedy yang masih hidup, menimpali, teknologi maglev tersebut adalah sesuatu yang bisa mendatangkan manfaat besar bagi Jepang. “Dan semoga bagi AS juga,” ujar dia.
Jepang sendiri sedang berencana membangun jalur komersial KA maglev yang menghubungkan Tokyo dengan Nagoya di Jepang tengah pada 2027.
Pada 2045, jalur KA maglev tersebut akan menghubungkan Tokyo dengan Osaka di Jepang Barat dan mempersingkat waktu perjalanan dari sekitar tiga jam saat ini dengan KA peluru Shinkansen menjadi hanya sekitar 67menit.
Sumber: Kompas, Senin, 14 April 2014, halaman 10
3.
[Sumber Berita]
1)      Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe
2)      Operator KA Central Japan Railway
3)      Pemerintahan Presiden Barack Obama
4)      Harian bisnis Nikkei
Pemerintah Siapkan Proses Abdikasi
No.
Struktur Teks
1.
[Orientasi]
Madrid, Selasa – Pemerintah Spanyol, Selasa (3/6), memulai penggantian raja untuk pertama kalinya dalam sejarah pasca Franco. Sementara ribuan orang anti kerajaan turun ke jalan di seluruh negeri mengimbau diadakannya referendum mengenai kerajaan.
2.
[Peristiwa]
Raja Juan Carlos, Senin, mengumumkan akan turun takhta, membuka jalan bagi putranya, Pangeran Felipe, untuk menggantikannya. Namun, para demonstran tidak menghendaki penyerahan takhta kepada Felipe yang akan bergelar Raja Felipe VI itu. Pengunjuk rasa menuntut sebuah referendum mengenai lembaga raja.
Sampai jauh malam setelah pengumuman turun takhta raja itu pada Senin, ribuan orang memenuhi Lapangan Puerta del Sol, Madrid. Serangkaian demonstrasi juga diadakan di kota-kota besar di seluruh negeri.
Sehari setelah pengumuman abdikasi itu, Perdana Menteri Mariano Rajoy memimpin sidang luar biasa kabinet pada tengah hari untuk membuat sebuah undang-undang turun takhta, yang kemudian harus disetujui oleh parlemen. UU itu, yang bisa sampai empat pekan untuk disetujui menurut media spanyol, akan menutup tirai pemerintahan raja berusia 76 tahun itu, yang terkena skandal pada akhir masa berkuasanya.
UU itu juga akan menyiapkan jalan ke takhta bagi putranya, Putra Mahkota Felipe, dan istrinya, Letizia.
Dalam sebuah pidato pada rakyat Spanyol yang disiarkan televisi, Juan Carlos mengatakan, krisis ekonomi telah membangunkan sebuah “keinginan untuk pembaruan, untuk mengatasi masalah dan membetulkan kesalahan-kesalahan dan membuka jalan untuk sebuah masa depan yang lebih baik”.
“Kini generasi muda patut maju ke garis depan dengan energi baru,” kata Raja Juan Carlos. “Karena alasan-alasan itu semua, saya memutuskan untuk mengakhiri masa pemerintahan saya”.
Transisi ke demokrasi
Juan Carlos dihormati secara meluas karena melicinkan transisi Spanyol ke demokrasi setelah meninggalnya Jenderal Francisco Franco tahun 1975. Juan Carlos paling terkenal ketika menghadapi sebuah upaya kudeta militer pada Februari 1981.
Namun, banyak orang Spanyol marah ketika mereka mengetahui raja mengambil liburan mewah safari berburu gajah di Afrika tahun 2002. Saat itu Spanyol sedang menderita krisis keuangan dan tingkat pengangguran meroket 25 persen.
Kemarahan bertambah saat putri tertua raja, Putri Cristina, disebutsebagai tersangka dalam hubungan dengan praktik bisnis korup suaminya, Inaki Urdangarin, mantan atlet Olimpiade.
Dalam sebuah kajian oleh lembaga jajak pendapat Sigma Dos yangditerbitkan Januari 2014, dukungan kepada raja menurun menjadi 41 persen. Sementara mereka yang menginginkannya turun takhta dan digantikan oleh Felipe naik menjadi 62 persen.
Yang paling mengkhawatirkan bagi kaum pendukung kerajaan,survei yang sama memperlihatkan hanya 49 persen menyetujui kerajaan. Kala naik takhta kelak, Raja Felipe VI kemungkinan besar akan menghadapi kegelisahan publik mengenai keadaan ekonomi dan skandal-skandal keluarga kerajaan.
(Sumber: Kompas, Rabu, 4 Juni 2014, halaman 10)
3.
[Sumber Berita]
1)      Raja Juan Carlos
2)      Sigma Dos yangditerbitkan Januari 2014

Ingin kursus menjahit di Yogya, di Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” saja : lama pendidikan antara 1-2 bulan atau tergantung kemampuan siswa sampai selesai. Kilat selama 1 bulan.

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Glagah Uh4/196
Warungboto Umbulharjo yogyakarta
PH.(0274)450326

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
pin BB 75F08617
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta






























Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

Akhirnya, Cara Menjahit di 2016 Terungkap !




0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.