Cempal Cantik @Kupu-kupu

 Cempal Cantik @Kupu-kupu

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cempal Cantik @Kupu-kupu

cara membuat cempal masak  - Semenjak pindah rumah, otomatis memasak menjadi rutinitas sehari-hari. Jadi pengen bikin alas tangan untuk memegang alat masak yang panas, di sebut cempal (bahasa Indonesianya apa ya??). Dan sudah pasti bahannya dari kain perca, bisa juga dari pakaian bekas (yang layak pakai) :)


Cempal yang biasa saya temui adalah cempal berbentuk ayam. Jadi, mari kita membuat model yang lain.
Kupu-kupu, Kepik dan Bebek

Pola Cempal Kupu-kupu

Mari mulai berkreasi....

Alat dan Bahan :

    Kertas (majalah bekas) dan Pensil
    Gunting
    Jarum pentul
    Peniti
    Jarum dan benang jahit
    Mesin Jahit
    Kain perca 2 warna
    Felt
    Dakron dan potongan-potongan kecil kain

Cara Membuat :

    Siapkan kertas dan pensil untuk membuat pola. Gunting
    Tumpuk 2 buah kain (saya memakai kain furing orange dan katun garis-garis), letakkan pola badan di atasnya. Sematkan jarum pentul dan gunting sisi-sisinya dengan memberi kelebihan kain (bangsi) 1-1,5cm.
    Untuk sayap, buat 2 buah potongan kain garis-garis untuk bagian kiri dan kanan. Juga beri kelebihan kain 1-1,5 cm di setiap sisinya. Potong juga untuk bahan felt sebanyak 2 buah.
    Letakkan bahan sayap di atas felt, jahit sisi yang untuk pegangan tangan (nantinya akan berbentuk seperti kantong).
    Untuk Pegangan
    Untuk tali, siapkan bahan orange 2,5cm x 12 cm. Jahit bagian belakang kain, kemudian balikkan kain. Untuk membalikkan tali, silakan lihat 2 gambar di bawah ini
    Gunakan peniti
    Tali
    Kemudian susun kain dengan posisi kain bagian belakang, berturut-turut : bagian bawah badan kupu-kupu (kain orange), bagian sayap kiri dan kanan (kain garis dan felt), bagian atas badan kupu-kupu (kain bergaris). Jangan lupa sisipkan tali di ujung atas badan kupu-kupu.
    Jahit sisi-sisi kupu-kupu, pastikan semua susunan kain ikut terjahit dan sisakan kira-kira 5cm bagian yang tidak di jahit. Lewat bagian yang tidak terjahit ini, balikkan ke luar hingga kain ke posisi bahan atas.
    Isi dengan dakron, sisa potongan kain yang kecil-kecil untuk mengisi cempal ini. Hingga ketebalan yang di inginkan. Jahit bagian yang terbuka tadi.
    Siapkan jarum dan benang jahit, tusuk bagian tengah sayap kupu-kupu hingga menembus dr bawah ke atas (tapi tidak mengenai sayap yg berlapis felt). Ulangi dari atas ke bawah. Simpul. Gunting benang.

Cempal kupu-kupu siap di pakai.............. di jamin akan lebih bersemangat memasaknya!!!! :)


Cempal Kupu-kupu

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat cempal masak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Bab 1 Kerajinan dan Wirausaha Tekstil 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://bikinanjari.blogspot.co.id/2013/10/cempal-cantik-kupu-kupu.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.