BAKECA (BAJU ANAK KAIN PERCA)

 BAKECA (BAJU ANAK KAIN PERCA)

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 BAKECA (BAJU ANAK KAIN PERCA)

cara membuat pola baju anak - PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
JUDUL PROGRAM
BAKECA (BAJU ANAK KAIN PERCA)
BIDANG KEGIATAN:
PKM-KEWIRAUSAHAAN ( PKM-K)


Diusulkan oleh :
Siti Lailatus Sholichah    1401414345        (2014)
Rizki Fauziyah        1401414140        (2014)
Fery Eka Listyani        1401413576        (2013)






UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
KOTA SEMARANG
2015

PENGESAHAN PKM KEWIRAUSAHAAN

1. Judul Kegiatan                : BAKECA (Baju Anak Kain Perca)
2. Bidang Kegiatan            : PKM-K
3. Ketua Pelaksana Kegiatan
a. Nama Lengkap                : Siti Lailatus Sholichah
b. NIM                    : 1401414345
c. Jurusan                    : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
d. Universitas/Institut/Politeknik        : Universitas Negeri Semarang
e. Alamat Rumah dan No Tel./HP        : Dusun Ngablak, RT03/RW04, Desa Ngampeldento, Kecamatan Salaman, Kabupaten Magelang
f. Alamat email                : stilailatussholichah@gmail.com
4. Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis    : 3 orang
5. Dosen Pendamping
a. Nama Lengkap dan Gelar        :
b. NIDN                    :
c. Alamat Rumah dan No Tel./HP        :
6. Biaya Kegiatan Total    : Rp 4.748.000,00
a. Dikti    : Rp 4.748.000,00
b. Sumber Lain    :  -
7. Jangka Waktu Pelaksanaan     : 3 Bulan

Tegal, 5 Juni 2015       
Menyetujui                       
Koordinator PGSD UPP Tegal             Ketua Pelaksana Kegiatan



(Drs. Akhmad Junaedi, M.Pd)            (Siti Lailatus Sholichah)
NIP. 19630923 198703 1 001                NIM. 1401414345

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan        Dosen Pendamping



(Dr. Bambang Budi Raharjo,M.Si )            (            )   
NIP. 196012171986011001                NIDN.



DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL    i
HALAMAN PENGESAHAN    ii
DAFTAR ISI    iii
DAFTAR TABEL    iv
DAFTAR GAMBAR    v
RINGKASAN    vi
BAB I PENDAHULUAN     1
1.1    Latar Belakang    1
1.2    Perumusan Masalah    1
1.3    Tujuan    2
1.4    Luaran yang Diharapkan    2
1.5    Kegunaan    2
BAB II GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA    3
2.1    Prospek pengembangan usaha baju anak-anak dari kain perca    3
2.2    Analisa Pasar dan Bisnis    4
2.3    Gambaran Produk    4
BAB III METODE PELAKSANAAN    5
3.1  Metode Pelaksanaan Program    5
BAB VI BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN    6
4.1AnggaranBiaya    6
4.2 JadwalKegiatan    6
DAFTAR PUSTAKA    7
LAMPIRAN-LAMPIRAN    8
Lampiran1BiodataKetua, Anggota, danDosenPembimbing    8
Lampiran2JustifikasiAnggaran Kegiatan    11
Lampiran3Susunan Organisasi Tim Peneliti dan Pembagian Tugas    13
Lampiran 3SuratPernyataanKetuaPeneliti    14





DAFTAR TABEL
•    Anggaran Biaya ...................................................................................... 6
•    Jadwal Kegiatan ..................................................................................... 6

DAFTAR GAMBAR
•    Gambaran Produk ............................................................................... 4

RINGKASAN
Baju anak-anak identik dengan baju yang dengan model yang beraneka ragam, dengan model yang cantik-cantik, imut, lucu, dan lain sebagainya. Biasanya baju dibuat dari potongan kain yang masih utuh dan juga lebar, dan terkadang harus mengeluarkan biaya yang lumayan besar untuk membuatnya. Oleh karena itu, kami menciptakan inovasi baru yang bergerak dalam bidang usaha pembuatan baju untuk anak-anak baik baju muslim maupun baju biasa dengan memanfaatkan bahan atau kain sisa dari penjahit atau koveksi yang sering disebut dengan kain perca. Kain perca sebagai bahan dasar pembuatan baju tersebut yaitu, kain perca yang di modifikasi, di gabung dengan beberapa moti-motif kain dan dari beberapa model bahan kain.sehingga menghasilkan baju yang unik, lucu, menarik dan bernilai jual tinggi.
Tujuan kewirausahaan ini adalah untuk mengoptimalkan bahan bekas berupa kain perca yang merupakan sisa pembutan pakaian oleh penjahit ataupun konveksi. Mengingat daerah di sekitar tempat tinggal kami banyak kain-kain sisa bahan pembuatan pakaian dibuang begitu saja tidak terpakai. Maka menurut kami akan banyak peluang untuk mengadakan kerjasama dengan mitra tersebut dalam pemerolehan bahan baku tersebut yaitu kain perca. Tujuan yang lain dari kewirausahaan ini adalah sebagai upaya pengembangan usaha mahasiswa untuk meningkatkan ekonomi dan juga mahasiswa tidak hanya berkembang dibidang kognitif saja tapi juga dapat berkembang di bidang afektif dan psikomotorik.
Target khusus yang ingin dicapai dalam usaha ini adalah untuk meningkatkan pemanfaatan dari kain-kain perca yang dihasilkan oleh penjahit dan konveksi, yang biasanya hanya dijadikan sebagai sesuatu yang bernilai rendah dan bahkan hanya terbuang sia-sia. Oleh karena itu, kami mencoba merangkai kain-kain perca yang ada, sehingga bisa menghasilkan baju anak-anak dengan tampilan berbeda dari baju anak-anak pada umumnya.
Untuk merealisasikan usaha ini, kami bekerjasama dengan penjahit pakaian dalam pemerolehan bahan baku kemudian kami mengolah bahan baku yang berupa kain perca tersebut menjadi sebuah baju anak-anak dengan melalui beberapa tahap pembuatan sehingga menjadi baju anak-anak yang unik dan menarik.Untukpemasaranproduk, pertama kami melakukanpengenalanprodukpada teman-taman kami, lalu pada masyarakat di sekitar kami dan media sosial yang kami anggapsebagai media promosi yang efektif.  Untuk pendistribusian awal kami menggunakan metode penitipan, barang dapat di titipkan di toko atau pada penjahit yang menjadi mitra kami.


BAB I
PENDAHULUAN
1.1    LATAR BELAKANG
Di zaman yang semakin maju ini, banyak orang mulai mencoba bahkan sudah berjalan lancar mengenai usaha kewirausahaan yang mandiri tanpa terikat oleh sebuah instansi-instasi tertentu. Salah satu usaha tersebut adalah penjahit. Usaha penjahit tersebut menerima jasa pembuatan baju, celana, rok, jas, dan lain-lain. Penjahit membuat baju, celana, rok, jas, dan lain-lain tersebut berasal dari kain yang masih potongan atau bisa disebut bahan utamanya adalah kain yang masih berupa kain lembaran. Sekarang ini sudah banyak sekali orang yang berprofesi sebagai seorang penjahit, baik laki-laki maupun perempuan, baik yang masih muda maupun yang sudah tua. Selain penjahit juga ada usaha yang bergerak di bidang sama sama yaitu konveksi. Namun, konveksi lebih cenderung pada usaha yang lebih besar dari penjahit pada umumnya.
Baju atau sandang merupakan kebutuhan primer manusia, kebutuhan yang sangat pokok bagi manusia. Sebagai makhluk yang berakal manusia perlu menutupi tubuhnya yang perlu ditutupi baik bagi manusia yang masih bayi, anak-anak, dewasa, bahkan sampai tua. Baju juga berfungsi sebagai pelindung tubuh dari sesuatu yang berada di luar tubuh manusia, sehingga manusia juga akan merasa terlindungi. Apalagi pada era saat ini, semakin banyak manusia maka semakin banyak kebutuhan sandang yang dibutuhkan. Oleh karena itu, peran penjahit ataupun konveksi sangat dibutuhkan dalam hal ini.
Namun pada kenyataannya para penjahit tidak menggunakan atau menghabiskan potongan kain yang ada, pasti akan ada sisa-sisa sedikit tergantung pada desain baju yang diinginkan. Karena penjahit yang yang terlalu sibuk banyak konsumen yang menggunakan jasanya, maka terkadang penjahit tidak sempat untuk memanfaatkan kain-kain sisa atau kain perca yang ada. Tetapi oleh pihak yang memiliki kreatifitas dan juga ingin berusaha memanfatkan kain perca tersebut untuk barang hasil yang lain. Dari kain perca tersebut dapat dibuat menjadi bermacam-macam kreatifitas, tergantung siapa yang akan memanfaatkannya. Kain perca tersebut dapat dibuat lagi menjadi baju-baju kecil untuk anak-anak yang unik, lucu, dan menarik. Dari pembuatan baju untuk anak-anak tersebut dapat memanfaatkan kain perca yang ada dan dapat mengurangi kain perca yang terkadang hanya menjadi sampah dalam jumlah yang juga banyak.

1.2    PERUMUSAN MASALAH
Bagaimana solusi pemanfaatan kain perca guna mengurangi sampah industri penjahit atau konveksi sekaligus memberikan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha?

1.3    TUJUAN
Untuk memanfaatkan kain perca sehingga dapat mengurangi sampah industri penjahit atau konveksi dan memberikan keterampilan mahasiswa dalam berwirausaha.
1.3    LUARAN YANG DIHARAPKAN
Menghasilkan baju untuk anak-anak yang unik, lucu, dan menarik.Terciptanya usaha pembuatan baju untuk anak-anak dari kain perca yang dapat dilakukan oleh mahasiswa.
1.5    KEGUNAAN
1.    Pemanfaatan kain perca sebagai bahan untuk membuat baju anak-anak yang unik, lucu, dan menarik.
2.    Sebagai cara atau solusi dalam melatih kreatifitas mahasiswa.
3.    Sebagai peluang berwirausaha untuk mahasiswa.
4.    Dapat digunakan untuk membuka lapangan kerja.

BAB II
GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA
2.1    Prospek pengembangan usaha baju anak-anak dari kain perca
Seperti baju anak-anak pada umumnya, baju anak-anak yang berasal dari kain perca akn lebih menarik dan lucu. Anak-anak juga biasanya lebih menyukai baju yang akan mereka pilih adalah baju yang cantik, bagus, lucu, dan unik.
Bahan untuk membuat baju anak-anak ini tergolong sangat mudah, dikarenakan sekarang ini banyak sekali yang membuka usaha jahitan atau konveksi. Oleh karena itu, kami dapat membeli bahan baku yng berupa kain perca tersebut dari penjahit-penjahit atau konveksi.
Dalam pembuatan baju anak-anak ini juga mudah. Setelah kami mendapatkan bahan utama, kami memilah-milahkain-kain perca yang ada agar bisa menjadi suatu perpaduan kain-kain dengan berbagai motif yang cocok dan serasi. Setelah dipilih dan dipasang-pasangkan, lalu membuat pola baju sesuai model baju yang akan dibuat. Setelah pola terbuat, pola dipasang pada kain yang telah ada. Dari kain yang lebarnya seadanya tersebut justru bisa menjadikan model baju yang bisa terbentuk dengan sendirinya. Model baju yang akan dihasilkan dari kain perca tersebut akan berbeda-beda dari baju satu dengan baju yang lainnya. Kemudian setelah menjadi sebuah potongan kain, potongan kain tersebut selanjutnya siap untuk dijahit. Model baju dapat ditambahi atau dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris busana untuk menarik dan mempercantik baju anak-anak, karena anak-anak identik dengan sesuatu yang lucu apalagi anak perempuan yang cenderung dengan kecantikan mengenai wajah dan bajunya. Setelah baju selesai dijahit baju disetrika agar terlihat rapi dan jahitannya juga kencang. Ketika baju sudah selesai pada proses menjahit dan disetrika, lalu baju dikemas untuk siap di pasarkan.
Karena itulah, kami terdorong untuk mengembangkan usaha membuat baju anak-anak dari kain perca. Hal ini dikarenakan:
a.    Mudahnya mendapatkan bahan utama dalam membuat baju anak-anak dari kain perca.
b.    Sebagai latihan berwirausaha untuk mahasiswa
c.    Membuat inovasi baru baju anak-anak dari kain perca
d.    Mudah dalam pembuatannya
e.    Sasaran pemasaran masyarakat sekitar lingkungan tempat tinggal, toko pakaian, dan media online atau jejaring sosial.

2.2    Analisa Pasar dan Bisnis
Pemilihan sasaran yang menjadi target utama adalah masyarakat sekitar tempat tinggal terutama ibu-ibu yang memiliki anak yang masih kecil, selain itu juga toko pakaian dan media online atau jejaring sosial.

2.3    Gambaran Produk
Tampak Muka                     Tampak Belakang









Gambar 1.1 baju biasa anak-anak (perempuan)

Tampak Muka                     Tampak Belakang






   


    Gambar 1.2 baju muslim anak-anak (perempuan)







    Gambar 1.3 baju kemeja anak-anak (laki-laki)
BAB III
METODE PELAKSANAAN

3.1    Teknik Pengumpulan Bahan Dasar
Mengadakan kerjasama dengan penjahit agar menyimpan sisa-sisa potongan kain (kain perca) dan setelah terkumpul banyak dapat dibeli untuk digunakan sebagai bahan dasar pembuatan baju anak-anak.
3.2    Teknik Sosialisasi
Sosialisasi kepada mahasiswa lain, minimal 3 sampai 4 mahasiswa untuk ikut membantu dalam membuat baju untuk anak-anak.
3.3    Teknik Produksi
Memilah-milah kain perca yang ada agar bisa menjadi suatu perpaduan kain-kain dengan berbagai motif yang cocok dan serasi. Setelah dipilih dan dipasang-pasangkan, lalu membuat pola baju sesuai model baju yang akan dibuat. Setelah pola terbuat, pola dipasang pada kain yang telah ada. Dari kain yang lebarnya seadanya tersebut justru bisa menjadikan model baju yang bisa terbentuk dengan sendirinya. Model baju yang akan dihasilkan dari kain perca tersebut akan berbeda-beda dari baju satu dengan baju yang lainnya. Kemudian setelah menjadi sebuah potongan kain, potongan kain tersebut selanjutnya siap untuk dijahit. Model baju dapat ditambahi atau dilengkapi dengan aksesoris-aksesoris busana untuk menarik dan mempercantik baju anak-anak, karena anak-anak identik dengan sesuatu yang lucu apalagi anak perempuan yang cenderung dengan kecantikan mengenai wajah dan bajunya. Setelah baju selesai dijahit baju disetrika agar terlihat rapi dan jahitannya juga kencang. Setelah selesai semua baru dikemas dan siap dipasarkan.
3.4    Teknik Pemasaran
Setelah baju selesai dibuat dan dikemas, kemudian baju siap untk dipasarkan. Dalam hal ini kami memasarkan di sekitar lingkungan temat tinggal kami, beberapa toko-toko pakaian, dan tentu tidak lupa kami juga mempromosikan produk kami melalui jejaring sosial yang saat ini mulai di sukai oleh banyak orang.




BAB IV
BIAYA DAN JADWAL KEGIATAN



1.1              Anggaran Biaya

No
Jenis Pengeluaran
Biaya (Rp)
1.
Peralatan penunjang (20%–30%).
2.416.000
2.
Bahan habis pakai (40–50%).
1.607.000
3.
Perjalanan (10%)
475.000
4.
Lain-lain (laporan, publikasi) (10%)
250.000
Jumlah
4.738.000


1.2              Jadwal Kegiatan

No
Kegiatan
Bulan I
Bulan II
Bulan III
1.
Persiapan dan survey pasar



2.
Pengadaan alat dan bahan



3.
Pembuatan produk



4.
Promosi



5.
Penjualan produk



6.
Evaluasi perkembangan usaha



7.
Evaluasi kegiatan



8.
Laporan pertanggungjawaban








DAFTAR PUSTAKA
•    https://www.google.co.id/search?q=Butterfly+JH-8530A&es_sm=93&tbm=isch&tbo=u&source=univ&sa=X&ei=3dZ0VZIY4bObBZSjgtAG&ved=0CCYQ7Ak&biw=1366&bih=667#imgrc=7CEHfkwrPmuYHM%253A%3BH_H4cMdi-HrZmM%3Bhttp%253A%252F%252Fwww.mesinjahitpelita.com%252Fsites%252Fdefault%252Ffiles%252Fimagecache%252Fproduct_full%252FButterfly%252520JH8530A_0.jpg%3Bhttp%253A%252F%252Fwww.mesinjahitpelita.com%252Fcontent%252Fbutterfly-jh8530a%3B1600%3B1200
•    file:///C:/Users/USER/Downloads/Proposal%20PKM%20K%20_%20Andestyawini.html



LAMPIRAN
Lampiran 1.BiodataKetuadanAnggota
1.    BiodataKetuaKelompok
A.    IdentitasDiri
1    NamaLengkap    SitiLailatusSholichah
2    JenisKelamin    Perempuan
3    Program Studi    PGSD
4    NIM    1401414345
5    TTL    Magelang, 24 November 1995
6    E-mail    sitilailatussholichah@gmail.com

7    Nomortelepon/HP    085643577162

B.    RiwayatPendidikan
    SD    SMP    SMA
NamaInstitusi    SDN Pancar    SMPN 1 Salaman    MAN Tempel
Jurusan    -    -    IPA
Tahunmasuk-lulus    2002-2008    2008-2011    2011-2014

C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No    NamaPertemuanIlmiah/ Seminar    JudulArtikelIlmiah    WaktudanTempat
1    -    -    -

D.    Penghargaandalam 10 TahunTerakhir
No    JenisPenghargaan    InstitusiPemberiPenghargaan    Tahun
1    -    -    -

Semua data yang sayaisikandantercantumdalambiodatainibenardandapatdipertanggungjawabkansecarahukum.Apabila di kemudianhariternyatadijumpaiketidaksesuaiandengankenyataan, sayasanggupmenerimasanksi.
Demikianbiodatainisayabuatdengansebenarnyauntukmemenuhisalahsatupersyaratandalampengajuan Program KreativitasMahasiswaKewirausahaan.
Tegal, 5 Juni 2015
Pengusul,

                                   Siti Lailatus Sholichah
2.    BiodataAnggotaKelompok
2.1    BiodataAnggota 1
A.    IdentitasDiri
1    NamaLengkap    RizkiFauziyah
2    JenisKelamin    Perempuan
3    Program Studi    PGSD
4    NIM    1401414140
5    Tempattanggallahir    Tegal, 11 Juli 1996
6    E-mail    rizkifauziyahsmaga@yahoo.co.id

7    Nomortelepon/HP    087884521169

B.    RiwayatPendidikan
    SD    SMP    SMA
NamaInstitusi    SDN KalinyamatKulon 2    SMPN 17 Kota Tegal    SMAN 3 Kota Tegal
Jurusan    -    -    IPA
Tahunmasuk-lulus    2002-2008    2008-2011    2011-2014

C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No    NamaPertemuanIlmiah/Seminar    JudulArtikelIlmiah    WaktudanTempat
1    -    -    -

D.    Penghargaandalam 10 TahunTerakhir
No    JenisPenghargaan    InstitusiPemberiPenghargaan    Tahun
1    -    -    -
Semua data yang sayaisikandantercantumdalambiodatainibenardandapatdipertanggungjawabkansecarahukum.Apabila di kemudianhariternyatadijumpaiketidaksesuaiandengankenyataan, sayasanggupmenerimasanksi.
Demikianbiodatainisayabuatdengansebenarnyauntukmemenuhisalahsatupersyaratandalampengajuan Program Kreativitas MahasiswaKewirausahaan.
                            Tegal, 5 Juni 2015
Pengusul,

                                Rizki Fauziyah
2.2    Biodata Anggota 3
A.    Identitas Diri
1    NamaLengkap    FeryEkaListiyani
2    JenisKelamin    Perempuan
3    Program Studi    PGSD
4    NIM    1401413580
5    Tempattanggallahir    Kebumen, 20 Februari 1995
6    E-mail    Feyani.20@gmail.com

7    Nomortelepon/HP    085747017524

B.    RiwayatPendidikan
    SD    SMP    SMA
NamaInstitusi    SDN 2 Tamanwimangun    SMPN 4 Kebumen    SMAN 2 Kebumen
Jurusan    -    -   
Tahunmasuk-lulus    2001-2007    2007-2010    2010-2013

C.    Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation)
No    NamaPertemuanIlmiah/Seminar    JudulArtikelIlmiah    WaktudanTempat
1    -    -    -

D.    Penghargaandalam 10 TahunTerakhir
No    JenisPenghargaan    InstitusiPemberiPenghargaan    Tahun
1    -    -    -

Semua data yang sayaisikandantercantumdalambiodatainibenardandapatdipertanggungjawabkansecarahukum.Apabila di kemudianhariternyatadijumpaiketidaksesuaiandengankenyataan, sayasanggupmenerimasanksi.
Demikianbiodatainisayabuatdengansebenarnyauntukmemenuhisalahsatupersyaratandalampengajuan Program KreativitasMahasiswa Kewirausahaan.
Tegal, 5 Juni 2015

Pengusul,

Fery Eka Listiyani

LAMPIRAN 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan 


LAMPIRAN 2. Justifikasi Anggaran Kegiatan  
Biaya Operasional
Keterangan
Jumlah
Harga
Bahan Habis Pakai

Hiasan pita kecil (bermacam warna)
5 gulung x @ Rp 8.000,00
Rp      40.000,00
Hiasan pita besar (bermacam warna)
5 gulung x @ Rp 10.000,00
Rp      50.000,00
Hiasan bunga  untuk baju
30 biji x @ Rp 7.000,00
Rp    210.000,00
Karet elastik
1 gulung x Rp 15.000,00
Rp      15.000,00
Pensil warna
5 buah x @ Rp 3.000,00
Rp      15.000,00
Ritsleting biasa 25 cm
10 buah x @ Rp 3.000,00
Rp      30.000,00
Ritsleting jepang 25 cm
15 buah x @ Rp 4.000,00
Rp      60.000,00
Jarum tangan
1 bungkus x Rp 5.000,00
Rp        5.000,00
Biaya obras
50 baju x @ Rp 8.000,00
Rp    400.000,00
Kain kapas
15 meter x @ Rp 5.000,00
Rp      75.000,00
Kain keras
10 meter x @ Rp 15.000.00
Rp    150.000,00
Kancing baju hem biasa (bermacam warna)
1 gross x Rp 6.000,00
Rp        6.000,00
Kancing baju hias (bermacam motif atau warna)
10 lusin x @ Rp 6.000,00
Rp      60.000,00
Jarum Jahit
2 bungkus x @ Rp 7.500,00
Rp      15.000,00
Benang Jahit (bermacam warna)
3 pak x @ Rp 15.000,00
Rp      45.000,00
Jarum Pentul
3bungkus x @ Rp 5.000,00
Rp      15.000,00
Kapur Jahit
1 bungkus x Rp 15.000,00
Rp      15.000,00
Koran bekas
2 kg x @ Rp 5.000,00
Rp      10.000,00
Biaya Bahan Baku
Kain Perca
75 kg x @ Rp 10.000,00
Rp    750.000,00
Kain satin
15 meter x @ Rp 20.000,00
Rp    300.000,00
Kain asahi
10 meter x @ Rp 15.000,00
Rp    150.000,00
Peralatan Penunjang
Mesin jahit semi otomatis
1 buah x Rp 1.400.000,00
Rp 1.400.000,00
Gunting kain
1 buah x Rp 20.000,00
Rp      20.000,00
Gunting Benang
1 buah x Rp 10.000,00
Rp      10.000,00
Setrika
1 buah x Rp 150.000,00
Rp    150.000,00
Meteran
2 buah x @ Rp 1.500,00
Rp        3.000,00
Penggaris
3 buah x Rp 8.000,00
Rp      24.000,00
Penjalanan
Membeli kain perca dan perjalanan jasa obras
Rp 100.000,00 per bulan x 2 bulan
Rp    200.000,00
Membeli bahan kelengkapan untuk menjahit
Rp 100.000,00 per bulan x 2 bulan
Rp    200.000,00
Biaya pemasaran
Rp 75.000,00
Rp      75.000,00
Lain-lain
Laporan
Rp 100.000,00
Rp    100.000,00
Iklan
Rp 150.000,00
Rp    150.000,00
Jumlah
Rp 4.748.000,00



Total target Produksi dari modal awal : 70 baju
Kebutuhan per unit produksi : Rp 67.828,00
Harga jual per unit Rp 80.000,00   
Laba per unit X total produksi awal : Rp 12.172,00
Laba dari seluruh penjualan : 70 x 12.172 = Rp 852.040,00
Total laba dari modal awal= Rp852.040,00


Lampiran 3. Susunan Organisasi Tim Kegiatan dan Pembagian Tugas

No.    Nama/ NIM    Program Studi    Bidang Ilmu    Alokasi Waktu (Jam/ Minggu)    Uraian Tugas
1    Siti Lailatus Sholichah / 1401414345            PGSD    Pendidikan    20 Jam/ Minggu    Penanggung jawab pengadaan alat dan bahan, penjualan produk dan laporan pertanggung jawaban.
2    Rizki Fauziyah / 1401414140            PGSD    Pendidikan     20 Jam/ Minggu    Penanggung jawab pembuatan produk, evaluasi perkembangan usaha, dan evaluasi kesehatan.
3.    Fery Eka Listiyani / 1401413580     PGSD    Pendidikan    20 Jam/ Minggu    Penanggung jawab persiapan.Survey pasar dan promosi.


Lampiran 3. Surat Pernyataan Ketua Peneliti/Pelaksana
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAANUNIVERSITAS NEGERI SEMARANGGedung H : Kampus Sekaran – Gunungpati – Semarang 50229Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Email: pr3@unnes.ac.id, Telp/Fax: (024) 8508003

SURAT PERNYATAAN KETUA PENILITI/PELAKSANA
Yang bertanda tangan di bawah ini:
Nama     : Siti Lailatus Sholichah
NIM     : 1401414345
Program Studi     : PGSD
Fakultas     : Ilmu Penddidikan
Dengan ini menyatakan bahwa usulan PKM-KEWIRAUSAHAAN saya dengan judul:
BAKECA (BAJU ANAK KAIN PERCA)
yang diusulkan untuk tahun anggaran 2015bersifat original dan belum pernah dibiayai oleh lembaga atau sumber dana lain.
Bilamana di kemudian hari ditemukan ketidaksesuaian dengan pernyataan ini, maka saya bersedia dituntut dan diproses sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan mengembalikan seluruh biaya penelitian yang sudah diterima ke kas negara.
Demikian pernyataan ini dibuat dengan sesungguhnya dan dengan sebenar-benarnya.
Tegal, 5 Juni 2015
 Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan,         Yang Menyatakan, 


(Dr. Bambang Budi Raharjo,M.Si)          (Siti Lailatus Sholichah)NIP.19601217198601100NIM. 1401414345

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat pola baju anak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cempal Cantik @Kupu-kupu 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : uap.unnes.ac.id/pkm-bidikmisi/520195795

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.