, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Baju Online

Baju Online
Baju Online

Baju Online


Hasil gambar untuk busana muslim
busana muslim

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
navita SHOP merupakan sebuah usaha toko baju online yang berlokasi
di jalan Kedung Sroko yogyakarta, toko itu menjual pakaian – pakaian mulai dari
baju pasangan (couple) sampai baju wanita (kebanyakan busana dengan lengan
panjang), kerudung, aksesoris (bros, gantungan kunci, dll) dan kemeja cowok,
berdiri sekitar awal Juli 2010. Selama 2 tahun berkiprah dalam usaha jual-pesan
baju, toko online tersebut menggunakan media internet guna memasarkan produkproduk
tersebut dan mempromosikan produk-produknya menggunakan website
jejaring sosial seperti Facebook dan Yahoo Messenger. Pelanggannya pun banyak
yang berasal dari luar kota seperti dari kota Denpasar, Samarinda, Bau-Bau,
Jayapura, Kendari, Medan, dan Ambon.
Transaksi pemesanan barang pada usaha toko baju online tersebut cukup
sederhana, pelanggan harus Login terlebih dahulu di Facebook untuk dapat
melihat produk-produknya pada album gallery Facebook navita SHOP.
Pemesanan barang dikirimkan melalui inbox Facebook atau dengan cara chating
ke Facebook atau melalui Yahoo Messenger, kemudian permintaan barang
pelanggan akan dicek apabila persediaan barang habis maka toko online tersebut
akan memberitahu pelanggan atau mengkonfirmasinya melalui sms(short message
service), Facebook atau Yahoo Messenger, sedangkan ketika barang masih
tersedia toko online tersebut akan merespon permintaan pelanggan dengan
memberitahukan sejumlah nominal harga yang terdiri dari harga barang serta
ongkos kirim barang yang dipesan, apabila pelanggan setuju pihak navita


SHOP juga mengirimkan nomor rekening banknya kepada pelanggan yang
sedang memesan barang, setelah itu pihak toko online mengecek transaksi
pembayaran di rekeningnya apabila telah dilakukan transfer pembayaran dengan
benar maka navita SHOP akan langsung mengirim barang pesanan pelanggan
tersebut melalui jasa kirim yang telah ditentukan diawal. Transaksi pembayaran
yang dipergunakan toko online ini dilakukan secara offline payment yaitu
pembayaran yang dilakukan melalui transfer antar rekening bank atau
ATM(anjungan tunai mandiri), apabila pembayaran tidak di penuhi dalam waktu
dua hari maka transaksi dianggap batal dan barang akan diberikan ke pelanggan
lain, namun apabila transfer telah dilakukan sebelum jatuh tempo maka pelanggan
harus mengirim sebuah sms konfirmasi telah melakukan transfer kepada pihak
navita SHOP, Jasa ekspedisi yang digunakan untuk pengiriman barang
adalah POS Indonesia, JNE, dan Wahana.
Sistem penjualan pada toko online ini ditemukan dua kelemahan yaitu
pelanggan mengalami kesulitan pencarian barang karena pada katalog Facebook
hanya diperoleh foto - foto dan deskripsi barang tersebut, pelanggan sering
merasa rumit dalam pemesanan barang karena harus menuliskan data barang
dengan lengkap mulai dari nama lengkap, kategori, warna, dan ukuran serta pihak
pemilik toko online masih kesulitan dalam pembuatan laporan transaksi penjualan
yang berisi laporan penjualan, stok harian, omzet penjualan, dan barang terlaris.
Pelanggan toko online tersebut sering merasa kebingungan atau tidak tahu
mengenai informasi barang yang mereka cari, hal ini ditandai dengan seringnya
pelanggan bertanya dengan mengirim sebuah sms mengenai ketersediaan barang
yang mereka cari, sms pelanggan sering sekali menyebabkan pihak navita
 
SHOP kesulitan dalam melaksanakan kegiatan operasional sehari-hari, hal itu
dikarenakan pencarian data barang pihak toko online tersebut masih menggunakan
cara konvensional. Ketidaknyamanan pelanggan seperti itu berdampak pada
penjualan usaha toko baju tersebut ke depan, memungkinkan hilangnya loyalitas
pelanggan, dan mengakibatkan pelanggan tidak mau berbelanja lagi di toko online
tersebut, kesulitan juga masih dirasakan navita SHOP dalam membuat
laporan penjualan, hal itu di karenakan data transaksi penjualan letaknya terpisahpisah
beberapa terdapat di sms, Facebook dan Yahoo Messenger.
Disamping dua masalah tersebut, navita SHOP sendiri berkeinginan
dapat meningkatkan jumlah penjualan kedepannya serta terus menjaga loyalitas
pelanggan, dalam mencapai tujuan tersebut cara yang dilakukan dengan mencari
literatur yang diyakini dapat mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut,
salah satunya dengan website toko online dan pemasaran cross selling, website
toko online berperan dalam membantu konsumen melakukan pemesanan barang
secara langsung dari seorang penjual secara real-time(Josip, 2011). Sedangkan
cross selling merupakan sebuah suggestion yang didapatkan berdasarkan datadata
history transkasi. Menurut Chasin dalam Tama (2012:5) Dari penelitian
sebelumnya dengan menerapkan strategi marketing cross selling, perusahaan
mampu meningkatkan angka penjualannya dan mampu meningkatkan loyalitas
pelanggan. Cross selling juga mampu menentukan produk lain yang seharusnya
bisa dijual juga.
Dari permasalahan tersebut maka akan dikembangkan sebuah website toko
online dengan strategi pemasaran cross selling. Dengan adanya website toko
online ini dapat memenuhi kebutuhan bisnis navita SHOP dalam hal
 
penyediaan fitur pencarian, pemesanan, pembuatan cross selling dan pembuatan
laporan transkasi penjualan yang berisi data penjualan, stok harian, omzet
penjualan, dan barang terlaris.
1.2 Perumusan masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan di atas, maka
dapat dirumuskan beberapa permasalahan yaitu bagaimana merancang bangun
website toko online navita SHOP agar :
1. Pelanggan dapat melakukan kegiatan transaksi pemesanan barang dan
pencarian barang(meliputi nama, harga, merk, dan kategori barang)?
2. Pemilik mampu menentukan produk lain yang seharusnya bisa dijual secara
bersamaan dan pemilik mampu menghasilkan laporan yang berisi laporan
history transaksi penjualan, barang terlaris, laporan stok persediaan harian,
dan laporan omzet penjualan?
1.3 Pembatasan Masalah
Adapun batasan-batasan masalah yang digunakan di dalam tugas akhir ini
yaitu :
1. Website toko online ini tidak menangani proses pembayaran secara online
dengan kartu kredit, pembayaran di lakukan secara (offline payment)
transfer antar rekening bank.

2. Website toko online ini tidak terintegrasi dengan sistem jasa pengiriman.
3. Strategi pemasaran cross selling website toko online navita SHOP
berasal dari data history transaksi penjualan.
4. Website toko online ini pada tahap awal digunakan untuk melakukan
pemesanan barang, pencarian barang, dan pemberian suggest cross selling,
serta tidak membahas analisis data pelanggan, tidak membahas sistem
pemesanan atau pengadaan barang, tidak membahas pengembalian barang,
dan tidak membahas keamanan website dan jaringan.
1.4 Tujuan Penelitian
Berdasarkan masalah diatas maka tujuan dari pembuatan dari website ini
adalah menghasilkan website toko online navita SHOP dengan strategi
pemasaran cross selling agar :
1. Pelanggan dapat melakukan kegiatan transaksi dalam pemesanan dan
melakukan kegiatan pencarian barang(meliputi nama, harga, merk, dan
kategori barang).
2. Pemilik dapat memberikan cross selling untuk pelanggan dan dapat
melakukan pembuatan laporan yang berisi laporan history transaksi
penjualan, barang terlaris, stok persediaan harian, omzet penjualan.
1.5 Sistematika Penulisan
Laporan Tugas Akhir (TA) ini ditulis dengan sistematika penulisan sebagai
berikut:
  
Bab I : Pendahuluan
Bab ini berisi penjelasan tentang apa yang melatar belakangi
diambilnya topik tugas akhir, rumusan masalah dari topik tugas
akhir, batasan masalah atau ruang lingkup pekerjaan tugas akhir, dan
tujuan tugas akhir ini.
Bab II : Landasan Teori
Bab ini menjelaskan tentang landasan teori yang berbentuk uraianuraian
yang berkaitan langsung dengan permasalahan yang
dikerjakan. Dalam hal ini, teori yang digunakan dalam penyelesaian
masalah tugas akhir ini adalah teori tentang website, online store,
cross selling, Analisa Sistem, Desain Sistem dan Black Box Testing.
Bab III : Metode Penelitian
Bab ini berisi tentang tahap-tahap yang dikerjakan dalam
penyelesaian tugas akhir yang terdiri dari analisis sistem, identifikasi
masalah, identifikasi kebutuhan pengguna, pembuatan website,
perancangan sistem, dan desain uji coba.
Bab IV : Implementasi dan Evaluasi
Bab ini membahas tentang implementasi sistem yang dibuat secara
keseluruhan serta melakukan pengujian dan evaluasi terhadap sistem
 
yang dibuat untuk mengetahui apakah sistem tersebut dapat
menyelesaikan permasalahan yang dihadapi sesuai dengan yang
diharapkan.

Bab V : Penutup

Bab ini membahas tentang kesimpulan dan saran. Kesimpulan dan
saran yang ada di dalam bab ini didapatkan dari hasil evaluasi dari
bab empat. Kesimpulan akan dijelaskan hasil dari evaluasi sistem,
sedangkan saran akan menjelaskan tentang masukan terhadap sistem
untuk pengembangan lebih lanjut.
Baju Online

0 komentar:

Post a Comment