, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Peran Pembimbing

Peran Pembimbing



        Pembimbing turut berperan dalam kemajuan PKM ini dengan memberikan saran-saran yang membangun dalam pelaksanaan seperti desain produk dan metode pemasaran. Selain melakukan konsultasi secara langsung, kami juga berkonsultasi melalui e-mail mengenai perkembangan PKMK.

4.6. Potensi Khusus
        Untuk dapat menjadi sebuah merek yang terkenal seperti Dagadu dan Joger, membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena hal yang paling sulit adalah membentuk kepercayaan masyarakat bahwa Oblonk adalah produk khas Bogor dalam hal fashion dan cenderamata. Namun, usaha ini memiliki prospek yang cukup baik dilihat dari keuntungan yang diperoleh dan Oblonk merupakan produk yang tidak akan habis karena waktu karena bersifat tahan lama dan memiliki ide-ide kreatif.

4.7. Ketercapaian Target Luaran
Berdasarkan target luaran yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat beberapa target yang sudah tercapai maupun yang belum tercapai.
a.    Target untuk membentuk suatu usaha di bidang konveksi dengan produk utama yaitu cenderamatanya dengan ciri khas Bogor sudah tercapai. Dengan perencanaan yang matang dan kecukupan modal, tim PKM kami mampu membentuk suatu usaha yang sudah berjalan dengan produk inti fashion khas Bogor.
b.    Target terwujudnya suatu brand yang mencirikan kota Bogor di bidang fashion, baik berupa kaos, tas, dompet, dan souvenir lainnya sudah tercapai tetapi masih pada tahap pengenalan merek oleh konsumen. Tim PKM kami berusaha untuk membentuk brand awareness terlebih dahulu karena merek OBLONK merupakan merek baru yang belum banyak dikenal oleh konsumen. Metode untuk pengenalan merek diantaranya melalui media iklan berupa pamflet dan poster serta melalui internet berupa akun facebook dan blog.
c.    Target jangka panjang berupa peningkatkan popularitas Kota Bogor dan peningkatan perekonomian, khususnya dapat memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat, akan dapat terwujud seiring dengan berkembangnya produk Oblonk itu sendiri.

4.8. Pendanaan

LAPORAN LABA RUGI
PEMASUKAN                       
Modal    Tanggal    Item    Banyak    Harga Satuan    Jumlah
    21/01/10    Dana PKM DIKTI    1.000.000         1000000
    24/02/10    Dana PKM DIKTI    3.900.000         3900000
    26/04/10    Dana PKM DIKTI    2.100.000         2100000
TOTAL MODAL                        7000000
Penjualan


                        
    18/03/10     Tas Bogor    1         170000
    18/03/10    Kaos Bogor    10    30000    300000
    18/03/10     Kaos Oblonk    5    35000    175000
    18/03/10    Tas Flanel    1    25000    25000
    18/03/10    Kaos Kaki    7    5000    35000
    23/04/10    Tas Bogor    3    170000    510000
    23/04/10    Kaos Bogor    2    35000    70000
    23/04/10    Kaos Kaki    3    5000    15000
    12/05/10    Kaos Bogor    10    45000    450000
    22/05/10    Kaos Bogor    10    45000    450000
    22/05/10    Tas Flanel    3    25000    75000
    01/06/10    Kaos Bogor    3    45000    135000
Total Penjualan                        2410000
TOTAL PEMASUKAN                        9410000



















PENGELUARAN                       
Biaya Variabel

     Tanggal    Item    Banyak    Harga Satuan    Jumlah
     05/02/10    Bensin    7    10000    70000
     14/02/10    Kaos     40    15000    600000
     14/02/10    Kaos Polos    3 lusin    220000    660000
     14/02/10    Transportasi              120000
     02/03/10    Sablon    14    14500    203000
     02/03/10    Sablon    10    10000    100000
     02/03/10    Print Film    30    1000    30000
     15/03/10    Tas Bogor    4    150000    600000
     15/03/10    Tank Top    5    10000    50000
     15/03/10    Kaos Kaki    20    2000    40000
    18/03/10    Tali Rafia    2    1500    3000
    18/03/10    Hanger    1 lusin    10000    10000
    18/03/10    Plastik    1 pack    8000    8000
     18/03/10    Kain Flanel    20    2000    40000
     18/03/10    Dompet    5    5000    25000
     18/03/10    Benang    5    2000    10000
     18/03/10    Tas Polos    4    15000    60000
     21/03/10    Poster    10    1000    10000
     21/03/10    Leaflet    100    100    10000
     21/03/10    Katalog    1    30000    30000
    26/04/10    Kaos    30    30000    900000
    24/04/10    Print Laporan Monitoring IPB    10 lembar    250    2500
    24/04/10    Fotokopi Laporan Monitoring    2    1000    2000
    25/04/10    Poster    300    1000    300000
    05/05/10    Laporan Monitoring DIKTI    3 rangkap         12500
    05/05/10    Logo Merek    4 lembar    5000    20000
    01/06/10    Perbanyakan Laporan Akhir    3 rangkap    5000    15000
    01/06/10    CD    3    2500    7500
Total Biaya Variabel                        3938500
Laba Kotor                        5471500








Biaya Tetap    Tanggal    Item    Banyak    Harga Satuan    Jumlah
     05/02/10    Pulpen    4    2500    10000
     05/02/10    Buku Catatan    2    3000    6000
     18/03/10    Gunting    1    5000    5000
     18/03/10    Jarum    1 Box    5000    5000
     26/03/10    Gaji    3    300000    900000
    1/4/2010    Tembakan Logo    1    100000    100000
Total Biaya Tetap                        1026000
Laba Bersih                        4445500





































VI. KESIMPULAN DAN SARAN
   
A. Kesimpulan
1.    Melalui kegiatan PKM Oblonk, telah dapat diwujudkan suatu brand yang mencirikan kota Bogor dengan lebih spesifik di bidang fashion, baik berupa kaos, tas, dompet, dan souvenir lainnya dengan desain yang menarik.
2.    Kegiatan ini juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan popularitas kota Bogor yang dikenal sebagai daerah wisata tidak hanya wisata alam dan wisata kuliner, tetapi juga wisata belanja dengan memberikan nilai tambah kepada produk fashion sehingga bisa menjadi salah satu produk cinderamata/oleh-oleh khas Bogor yang terus berkembang.
3.    Dalam jangka panjang, program ini dapat menggerakkan perekonomian, khususnya perekonomian daerah Bogor, memperluas lapangan pekerjaan bagi masyarakat, dan sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya yang juga merupakan salah satu bentuk nasionalisme. Lapangan pekerjaan dapat terbuka bagi masyarakat baik dalam kegiatan produksi maupun pemasaran. Dalam kegiatan produksi, dibutuhkan tenaga kerja untuk pembuatan produk terutama produk dengan bahan flanel yang membutuhkan keahlian menjahit dan dalam kegiatan pemasaran dapat menyerap tenaga kerja penjualan.

B. Saran
1.    Kegiatan ini harus dilakukan secara berkelanjutan disertai dengan adanya inovasi di bidang desain maupun pemasaran, untuk mencapai visi Oblonk yaitu sebagai produk fashion dan cinderamata khas Bogor.
2.    Hal serupa dapat diterapkan di seluruh kota di Indonesia yang memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

0 komentar:

Post a Comment