Pelengkap Busana Yang Memiliki Unsur Dekoratif Dan Unsur Fungsional

 Pelengkap Busana Yang Memiliki Unsur Dekoratif Dan Unsur Fungsional

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Pelengkap Busana Yang Memiliki Unsur Dekoratif Dan Unsur Fungsional




jelaskan dua fungsi bahan pelengkap busana - Dalam pembuatan busana dikenal yang namanya unsur dekoratif dan unsur fungsional busana. Unsur dekoratif dapat diartikan sebagai unsur yang menambah nilai keindahan suatu produk pakaian sedangkan unsur fungsional merupakan sesuatu yang memiliki fungsi dalam pembuatan maupun pemakaian busana.


Meski dari segi fungsi memang terlihat berbeda, namun pada kenyataannya ada juga bahan pelengkap busana yang memenuhi kedua unsur tersebut. Bahan pelengkap yang dimaksud diantaranya berupa kancing, ritsleting, pita perekat, pita elastis, bantalan bahu, kom (mungkum), balein, dan juga benang.


Kancing

Kancing merupakan alat kecil berbentuk pipih yang biasa dipasangkan dengan lubang kancing. Berdasarkan desain dan tujuan pemakainya fungsi kancing yang terdapat pada pakaian sebenarnya ada dua yaitu sebagai penutup belahan dan sebagai hiasan pada busana.


Ritsleting

Ritsleting atau zipper merupakan salah satu perangkat populer yang biasa dipakai untuk menggabungkan dua sisi kain sekaligus sebagai hiasan busana. Penggunaan zipper ini begitu luas dan melibatkan teknologi tinggi dalam pembuatannya.


Pita Perekat

Pita perekat atau velcro umumnya dapat difungsikan untuk menutup belahan pakaian, memasang bantalan bahu, serta menguatkan ban pinggang. Pemasangannya sendiri dapat dilakukan dengan bantuan jahitan balut atau menggunakan perekat (lem) khusus.


Jenis pita rekat ada dua yakni berupa pita yang dapat dibeli meteran sesuai kebutuhan atau  pita berbentuk geometris (menyerupai kancing) yang tersedia dalam berbagai variasi model (bulat persegi dan segitiga).

Pita Elastis

Pita elastis merupakan salah satu pelengkap busana yang dapat difungsikan untuk memberi bentuk dan kelonggaran pada busana sekaligus memudahkan seseorang saat mengenakan dan menanggalkan busana tersebut.


Bantalan Bahu (Padding)

Pelengkap busana berbahan busa dan kapas yang biasa dipasangkan pada bahu pakaian ini pada dasarnya dapat difungsikan untuk menyempurnakan bentuk busana saat busana tersebut dikenakan. Pemilihan bantalan bahu sebaiknya disesuaikan dengan bentuk bahu orang yang memakai pakaian.


Kom (Mungkum)

Kom merupakan pelengkap busana berbahan busa anginatau dacron yang biasa dipasangkan pada bagian dada model busana streples. Fungsi utama dari kom (mungkum) ini salah satunya untuk membentuk payudara yang kurang sempurna agar terlihat lebih berisi.

Balein

Balein merupakan bahan pelengkap busana yang terbuat dari logam, plastik dan rotan yang ditipiskan. Fungsi utama dari balein adalah sebagai bahan pengisi untuk memberi membentuk sekaligus menyempurnakan tampilan kamisol maupun bustier.


Benang

Benang menjadi salah satu unsur paling penting yang diperlukan dalam kegiatan menjahit. Dalam memilih benang jahit terdapat banyak sekali hal-hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari kesesuaian benang dengan serat bahan, ketebalan bahan, hingga kualitas benang jahit itu sendiri.


Bukan hanya memiliki nilai fungsi tetapi beberapa jenis item pelengkap busana tersebut pada prinsipnya juga bisa dijadikan untuk menambah nilai seni dari busana.

Semoga bermanfaat.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jelaskan dua fungsi bahan pelengkap busana

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Cara merajah pola lengan blouse atau baju berfesyen...

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/pelengkap-busana-yang-memiliki-unsur-dekoratif-dan-unsur-fungsional/


Comments