Apa saja fungsi kerajinan limbah tekstil

 Apa saja fungsi kerajinan limbah tekstil

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Apa saja fungsi kerajinan limbah tekstil

fungsi kerajianan limbah tekstil - 1. untuk pajangan atau hiasan
2. memiliki fungsi praktis
*misalkan membuat kerajinan tempat tissue, dapat digunakan sebagai tempat tissue
3. sebagai mainan
4. sebagai sarana pelestarian alam


fungsi dan manfaat dari kerajinan limbah tekstil


v             Fungsi Karya Kerajinan Limbah Tekstil
Secara garis besar, fungsi kerajinan limbah tekstil terbagi atas:
1.      Produk-produk seni kriya banyak diciptakan untuk berfungsi sebagai benda-benda pajangan. Dengan berfungsi sebagai benda pajangan, maka nilai estetik sangat dibutuhkan.
2.      Di samping sekedar sebagai benda pajangan, banyak kita jumpai memiliki fungsi praktis, karena fungsi merupakan hal yang diprioritaskan dalam kerajinan Tekstil.
3.      Di samping sebagai benda pajangan dan terapan, karya seni kriya juga berfungsi sebagai benda mainan. Meskipun sebagai benda mainan, karya seni kriya jenis ini tetap mempertahankan nilai-nilai estetika.
4.      Kerajinan limbah tekstil juga sangat dibutuhkan sebagai sarana pelestarian alam.


Manfaat Limbah Tekstil Padat

Tekstil merupakan salah satu bagian dari roda perekonomian negara. Hampir di setiap kota dan juga daerah di Indonesia memiliki pabrik tekstil. Biasanya, industri tekstil merupakan salah satu jenis industri yang mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang sangat besar, karena membutuhkan banyak sekali tenaga kerja untuk memenuhi kebutuhan pasar akan produk tekstil yang sangat tinggi. Industri tekstil sendiri merupakan salah satu jenis industri yang berhubungan dengan dunia kain dan juga konveksi.
Biasanya, industri tekstil juga mengerjakan proses pewarnaan kain, pengolahan bahan mentah, seperti kepompongdan juga kapas menjadi kain, serta pengolahan bahan kain menjadi produk sandang jadi, seperti baju, kemeja, celana. Tidak hanya kain, industri tekstil juga melibatkan industri dari produksi kulit, seperti jaket kulit, sepatu, dan juga berbagai produk lainnya.
Limbah Tekstil
Sudah bukan, rahasia umum, pastinya suatu industri pastilah menimbulkan polemik yang bernama limbah. Kebanyakan, limbah tersebut seringkali dapat menyebabkan kerusakan pada lingkungan sekitar. Nah, begitu pula dengan industri tekstil. Industri tekstil, sama seperti industri lainnya menimbulkan limbah. Adapun, limbah dari industri tekstil sendiri terdiri dari 2 jenis. Berikut ini adalah kedua jenis limbah dari Industri tekstil tersebut :
Limbah Cair
Sesuai dengan namanya, limbah cair merupakan limbah yang dihasilkan oleh industri tekstil yang berbentuk cair. Limbah cair ini merupakan limbah dari berbagai macam campuran bahan kimia dan juga air yang digunakan dalam proses industri tekstil. Proses – proses tersebut biasnya terdiri dari proses pencucian tekstil, pembersihan, penyamakan, dan juga pewarnaan dari tekstil tersebut. Semua yang digunakan untuk mengolah tekstil tersebut adalah dalam bentuk cairan, sehingga harus segera dibuang.
Proses pembuangan limbah cair ini pun tidak boleh sembarangan. Karena mengandung banyak sekali bahan kimia, limbah cair akan sangat membahayakan lingkungan sekitarnya apabila dibuang langsung tanpa diolah terlebih dahulu. Karena itu, dibutuhkan manajemen pengolahan limbah yang baik agar limbah cair tersebut aman untuk dibuang ke sungai ataupun laut. Limbah cair sendiri tidak terlalu bermanfaat bagi manusia dan juga kehidupan lingkungan sekitarnya, karena memang hasil dari limbah itu hanyalah berupa cairan.
2. Limbah Padat
Apa saja sih manfaat dari limbah tekstil? Berikut ini adalah beberapa diantaranya, terutama limbah padat :
1. Bahan kerajinan tangan
Manfaat limbah tekstil, terutama limbah padat adalah sebagai salah satu bahan utama pembuatan kerajinan tangan. Sebelumnya anda dapat memperoleh limbah tekstil ini dari pabrik ataupun pengepul. Setelah memperolehnya, maka anda dapat mengolah limbah tekstil tersebut sebagai bahan utama pembuatan kerajinan tangan. Beberapa kerajinan tangan yang bisa dibuat dari limbah tektsil, terutama limbah padat adalah lampu.
Selain itu, beberapa wilayah di Indonesia juga menawarkan teko dari tanah liat yang ditutupi oleh kain limbah tekstil. Hal ini membuat teko tersebut menjadi lebih menarik dan tentunya dapat meningkatkan nilai jual dari barang tersebut. Bahan kerajinan lainnya juga bisa diperoleh dari :
·         manfaat rotan
·         manfaat kulit jagung
·         manfaat pohon kelapa
2. Sebagai kain untuk mengelap dan membersihkan

Manfaat selanjutnya dari limbah tekstil adalah anda dapat menggunakan limbah padat tekstil tersebut untuk kain mengelap dan juga membersihkan barang. Limbah tekstil tersebut terutama limbah tekstil yang berbahan katun yang sangat baik untuk membersihkan dan juga mengelap perabotan rumah tangga, kaca dan juga kendaraan. Selain itu bagi anda yang hobi otomotif, limbah tekstil juga dapat anda manfaatkan untuk detailing dan melakukan poles bodi kendaraan agar menjadi lebih kinclong dan juga bersih.
3. Mengasah kreativitas
Manfaat limbah tekstil lainnya adalah dapat mengasah kreativitas. Limbah tekstil dapat digunakan sebagai pengasah kreativitas. Dengan adanya potongan-potongan limbah tektil tersebut dapat menstimulusi kreativitas dari anak hingga segala usia untuk berkreasi membuat sesuatu dari limbah tekstil tersebut. Terlebih lagi limbah tekstil biasanya juga memiliki corak warna yang beragam dan juga menarik.
Hal ini tentu saja juga sangat baik untuk menstimulusi perkembangan anak-anak, agar menjadi lebih baik dan juga menstimulasi untuk menjadi individu yang lebih kreatif lagi. Individu yang kreatif tentu saja akan sangat membantu perkembangan kognitif dari anak dan juga berguna untuk masa depan mereka.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  fungsi kerajianan limbah tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan

anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain

dimana tidak kalah bagusnya tentang Bahan dan Bahan dan Bahan....

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://rizqunacatering.blogspot.co.id/2016/01/fungsi-dan-manfaat-dari-kerajinan_27.html


Comments