, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

ERGONOMI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

 ERGONOMI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

contoh ergonomi dalam kehidupan sehari hari
 ERGONOMI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

contoh ergonomi dalam kehidupan sehari hari - Berbicara masalah ergonomi sangat erat kaitannya dengan alat, aktivitas, serta produk-produk yang dihasilkan oleh manusia. Karena ergonomi merupakan suatu ilmu yang multidisiplin, mempelajari pengetahuan-pengetahuan dari ilmu kedokteran, biologi, ilmu psikologi dan sosiologi. Pada prinsipnya disiplin ergonomi akan mempelajari apa akibat-akibat jasmani, kejiwaan dan sosial dari teknologi dan produk-produknya terhadap manusia melalui pengetahuan-pengetahuan tersebut pada jenjang mikro maupun makro.
Masih sering munculnya masalah-masalah ketenagakerjaan, sedikitnya pengurangan resiko kecelakaan di rumah, di pabrik, di jalan, dan di tempat-tempat keramaian serta masih rendahnya daya saing produk-produk Indonesia di pasar internasional merupakan beberapa bukti dari kurang disentuhnya ergonomi dalam kehidupan sehari-hari.
Disekitar kita masih banyak kita jumpai peralatan kerja yang sering kita gunakan sebenarnya tidak ergonomis, tidak nyaman dipakai,tidak awet, tidak kuat, tidak aman, tidak lues,menyulitkan, tetapi masih tetap digunakan terus-menerus sebagai bagian dari kehidupan kita. Sehingga dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kita masih menjumpai kesulitan-kesulitan bahkan sampai mengakibatkan kecelakan yang berdampak pada kelangsungan hidup manusia, peralatan tersebut masih sering kita gunakan karena hal tersebut sudah membudaya di masyarakat, selain itu untuk mengubah atau memperbaiki peralatan-peralatan yang tidak ergonomis tersebut membutuhkan biaya yang tidak sedikit,sehingga peralatan-peralatan yang tidak ergonomis tersebut masih digunakan smpai saat ini, bahkan di daerah-daerah tertentu yang jauh dari pusat kota masih banyak di jumpai peralatan-peralatan kerja yang sangat tidak ergonomis. Selain unsur budaya yang mempengaruhi tidak ergonomisnya peralatan kerja sehari-hari, seni merupakan salah satu unsur yang mempengaruhi peralatan yang digunakan sehari-hari.
Ergonomi dipergunakan oleh setiap manusia bekerja. Ergonomi sebagai suatu pendekatan yang memungkinkan manusia bekerja secara optimal dan efisien. Apakah dia bekerja di pagi sampai siang, sore dan malam hari. Bekerja di permukaan bumi. Jenis tugasnya dapat dilaksanakan secara individual, atau berkelompok, pekerjaan ringan, sedang, dan berat, di situlah ergonomi akan berperan.
Peralatan kerja harus sesuai dengan manusia pemakai, lingkungan kerjanya harus mendukung fungsi tubuh yang sedang bekerja. Hal itulah yang dituju dalam pelaksanaan ergonomi di tempat kerja. Dengan ergonomi akan dijamin manusia bekerja sesuai dengan kemampuan, kebolehan dan keterbatasannya. Hasil akhirnya ialah manusia mampu berproduksi optimal, selama umur produktifnya tanpa harus mengorbankan keselamatan dan kesehatannya. Ergonomi dimanfaatkan sebagai suatu cabang ilmu akan sangat bermanfaat bagi manusia bekerja, dimana saja dan kapan saja.

Usulan Desain Pengganti Dari Sapu Lidi

Sapu lidi yang sering kita gunakan sehari-hari untuk menyapu menurut saya bentuknya sangat tidak ergonomi, karena pada saat kita menyapu halaman tubuh kita terlalu membungkuk ke depan sehingga mengakibatkan punggung kita merasa sakit sehabis selesai menyapu. Selain itu lebarnya juga tidak ergonomic, proses menyapu jadi lama, karena permukaan sapu yang sangat sempit/kecil.
Untuk itu saya mengusulkan desain sapu lidi yang menurut saya sudah ergonomic karna kita tidak lagi membungkukkan badan ke depan pada saat menyapu halaman, dengan menambahkan tangkay (gagang sapu)  untuk memperpanjang sapu sesuai kebutuhan kita. Proses menyapu pun jadi lebih singakat karena permukaan sapu diperlebar.
Dengan sapu yang sudah ergonomis ini kita tidak perlu lagi khawatir akan terjadi pembungkukan badan, karena disebabkan oleh kegiatan menyapu yang salah secacra terus-menerus.

Gambar Sapu Lidi Yang Tidak Ergonomi


Gambar Sapu Lidi Yang Ergonomi



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh ergonomi dalam kehidupan sehari hari

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara merajah pola lengan blouse atau baju berfesyen..

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://purnama-bgp.blogspot.co.id/2012/10/ergonomi-dalam-kehidupan-sehari-hari.html

0 komentar:

Post a Comment