, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SOUVENIR PERNIKAHAN: DIY CEMPAL

 SOUVENIR PERNIKAHAN: DIY CEMPAL

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 SOUVENIR PERNIKAHAN: DIY CEMPAL

cara membuat cempal dari kain perca - My goodfriend just said to me, there are two reasons why people make their own clothes. First, they want to make a difference. Secondly, they don't have much money. I guess I am the number second hahaha. Itulah mengapa saya memutuskan membuat souvenir pernikahan sendiri .

Karena kondisi keuangan terbatas, maka saya sebisa mungkin tidak mengeluarkan uang terlalu banyak namun tetap merasa puas dengan persiapan pernikahan saya. Selain membuat kebaya akad oleh ibu saya sendiri, membuat souvenir sendiri menjadi keputusan saya untuk pernikahan Desember nanti.

Souvenir yang ada di pasaran dan memuaskan keinginan saya ternyata harganya di luar jangkauan. Sementara souvenir dengan harga pas-pasan sesuai kantong saya (2ribu - 4ribu rupiah) agak kurang sedap di pandang mata. Sehingga jalan satu-satunya untuk memenuhi ekspektasi saya adalah DIY alias do it yourself.

DIY Cempal

Saya ingin souvenir pernikahan saya menjadi sesuatu yang berguna buat orang lain. Sayang sekali saat saya mendapatkan souvenir pernikahan, seringkali hanya saya letakkan di meja atau bahkan terbuang percuma. Padahal untuk mendapatkan souvenir tersebut tentu membutuhkan uang.

Saya pun mencari-cari ide souvenir yang bisa berguna. Saya langsung menjatuhkan pilihan ketika melihat cempal atau alas tangan untuk memegang panci panas berbentuk hati. Selain bentuknya lucu, cempal ini saya harap akan menjadi daya tarik bagi para tamu di pernikahan saya nantinya.

Bahan bakunya pun mudah karena bisa memanfaatkan kain perca, yang tersebar di rumah saya karena ibu saya adalah seorang penjahit.

Saya kemudian membeli contoh cempal yang dijual seharga Rp 30.000 di internet. Dan mulai mengumpulkan bahan-bahannya sebagai berikut:

Bahan
1. Kain perca katun yang dipotong berbentuk hati dengan ukuran sesuai dengan telapak tangan atau beli katun meteran.
Dakron Lembaran di tokokainflanel.com

2. Dakron lembaran setebal 2 cm. Saya sudah terlanjur membeli lapisan dakron yang cukup banyak. Padahal ternyata akan lebih mudah dijahit jika isinya menggunakan lembaran busa tipis sekitar 0-5 - 1 cm tebalnya.

Beli di mana?
1. Kain kiloan ada di PD Hasan di Bogor. Saya merekomendasikan PD Hasan karena motif dan warna kain katunnya yang sangat bervariasi. Kain 1 meter bisa untuk membuat 10 cempal.

2. Dakron lapis atau busa lapis bisa dibeli di pasar tempat membeli keperluan menjahit. Tapi karena saya tidak mau repot, maka saya membelinya di www.tokokainflanel.com
Pola Cempal
Pola?
Polanya dipotong seperti bentuk hati. Butuh 2 lapis kain berbentuk hati. Dan 4 lapis kain berbentuk setengah hati.

Nama pengantin?
Nama pengantin ada di gantungannya. Saya membeli label baju di Toko Maju, Mayestik dengan harga Rp 200.000 satu roll.
Nama pengantin dengan label di Toko Maju, Mayestik
Jahit di mana?
Tentunya saya jahit sendiri karena saya bisa menjahit meskipun tidak mahir dan tentu mengerahkan pasukan di rumah yakni  ibu saya serta tante saya yang juga penjahit. Yup, saya lahir di tengah-tengah keluarga penjahit.

Mengapa tidak menggunakan jasa penjahit luar? Penjahit yang saya temui meminta ongkos yang tinggi. Paling murah mereka meminta ongkos jahit Rp 8000 per cempal. Biaya yang terlalu mahal untuk saya.

Berapa lama jahit 1 cempal?
Kecepatan saya menjahit adalah 1 cempal selama setengah jam. Sedangkan ibu saya yang memang penjahit hanya butuh waktu 30 menit saja.

Jadi berapa buah cempal yang saya ingin buat? 600 buah! Banyak? Tentu. Repot? Pasti. Opimistis akan selesai tepat waktu? Hmm...agak mengerikan sih. Kalau ada penjahit yang mau menjahit dengan harga lebih murah, saya sangat berminat


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat cempal dari kain perca

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Baju Dari KOran Yang UNik BAnget

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.iheartliving.net/2014/10/souvenir-pernikahan-diy-cempal.html

0 komentar:

Post a Comment