, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pola dasar CAMISOL-STARPLESS

 Pola dasar CAMISOL-STARPLESS

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Pola dasar CAMISOL-STARPLESS


pola kemben kebaya - Hai sewers...kali ini My Hobbi memuat bagaimana cara membuat polaCamisol/Strapless/bustier. Sebelum membuat Camisol sista harus menyiapkan semacam busa penyangga (bust padding), kain pelapis/veselin serta boning (Boning semacam palstik yang berfungsi untuk membentuk Camisol serta bahan furing.
Ingin tahu bagaimana membuat pola nya ikuti di bawah ini.




Tahap

    Siapkan pola dasar
    Pola belakang, pada bagian pinggang hitung LP/4+0.5-1, ukur dari ujung pinggang, sisanya di bagi menjadi 4 (a), atur a seperti terlihat pada gambar.
    Tarik garis hip 18 cm ukur lingkar hip/panggul/4-1, lanjutkan seperti gambar.
    Pada kerung lengan naik 1cm dan masuk ke dalam 1 cm, bentuk kupnat
    Pola siap digunakan, lihat yang bagian berwarna biru
    Pola depan, Bagian kerung lengan masuk 1,5 cm, naik 1cm.
    Hitung Lp/4+0.5+1, ukur pada pola sisa dibagi 3 sama besar (b), dua b untuk besar kupnat, bentuk kupnat sesuai gambar diatas
    Hitung lingkar hip/4+1, bentuk pola
    Pola siap digunakan, yang berwarna merah, pola terdiri 4 bagian.
    Selamat Mencoba....!


 Proses aku membuat bustier



Disini aku mau menunjukan cara aku membuat bustier ini

Disini, aku menggunakan bahan taffeta atau terkadang santung untuk bagian luar, dan bahan katun untuk bagian dalamnya agar supaya kalau dipakai tidak panas, dan bahan katun mudah menyerap keringat.
Setelah semua bahan disiapkan dan dipotong sesuai pola lalu setiap lembar potongan tadi kita lapisi dengan bahan pelapis, bisa dari mori gula, vislin atau trikot. Mori gula lebih tebal dari vislin hasilnya lebih bagus, kalau untuk yang ingin ringan bisa menggunakan trifot. Lapisi semua potongan bahan tadi dengan salah satu tersebut diatas, untuk yg aku buat bagian luar kain (bahan  tafetta) aku gunakan lapisan trikot kadang mori gula sesuai jenis kain, dan untuk lapisan dalamnya(katun errow) kadang aku pakai vislin atau trikot, tempel dengan menggunakan setrika panas sedang ( harap hati-hati, jangan digosok tapi ditekan-tekan saja)
Setelah semua lapisan ditempel kemasing-masing potongan bahan, jahit dan satukan potongan-potongan kain dengan rapih sesuai raderan, aku sisakan 2cm kampuh untuk nanti memasang tempat tulang.

Maap ya foto yang aku pakai disini campur-campur, karena memang aku membuat beberapa dan kadang aku lupa untuk membuat foto dari proses ini... dari kampuh yang 2cm itu kita satukan untuk membuat laci untuk tulang
ini untuk yang bagian luarnya ya, tempat tulang dibuat pada potongan kain yang menghadap luar nantinya, dan untuk bagian dalamnya kita pasang busa
Setelah bagian luar dipasang kawat dan bagian dalam ditambah busa, kita jahit jadi satu lalu dibalik
kira-kira seperti photo diatas ini. Setelah smua dibalik kita rapihkan. Oh iya untuk bagian belakang aku menggunakan tali sengkelit aja supaya lebih enak untuk sipemakai jadi bisa disesuaikan badannya, apabila kemungkinan berat badan naik jadi tidak masalah, karena ikatan bisa disesuikan.

setelah semua selesai kira-kira seperti inilah hasilnya :-)
Saya sudah membuat beberapa macam dari yang polos juga yang batik.



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pola kemben kebaya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Memasang Lengan Pada Jaket

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://myhobbi-hobbi.blogspot.co.id/2015/05/pola-dasar-camisol-starpless_30.html

0 komentar:

Post a Comment