Sebelum Menjahit, Pastikan Dulu Jumlah Bahan Kain yang Dibutuhkan!


Sebelum Menjahit, Pastikan Dulu Jumlah Bahan Kain yang Dibutuhkan!

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Sebelum Menjahit, Pastikan Dulu Jumlah Bahan Kain yang Dibutuhkan!


bagaimana cara mengetahui berapa llebar bahan yg dibutuhkan untuk membuat kemeja - Para penggemar baju jahitan pasti paham bahwa pakaian yang dijahit sendiri atau oleh penjahit langganan tentu memiliki treatment yang berbeda dari pakaian siap pakai yang dibeli di toko. Selain waktu pembuatan yang cukup lama dan fitting beberapa kali, bahan kain meteran menjadi hal paling utama yang harus dipersiapkan.

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi jumlah dan banyaknya kain yang diperlukan, antara lain desain pakaian, ukuran tubuh calon pemakai, serta tebal tipisnya bahan. Karena biasanya bahan dibeli sebelum desain tercipta, Anda sudah harus bisa memprediksi jumlahnya agar tidak terjadi kekurangan bahan saat proses penjahitan.

Sebagai panduan Anda, kami akan menyampaikan jumlah bahan kain untuk beberapa desain model pakaian tertentu. Ukuran ini mengacu pada ukuran rata-rata orang Indonesia, mulai dari tinggi badan (150-160 cm untuk perempuan, 160-170 untuk laki-laki) dan lingkar dada (90-110 cm). Adapun lebar kain yang menjadi acuan di sini adalah 150 cm.

Tunggu apalagi? Yuk, disimak!

Dress

dress batik engrasia
Gaun ini memiliki beberapa desain model yang relatif sering ditemui dan dibedakan berdasarkan bentuk bagian bawahnya. Berikut adalah perkiraan ukuran kain untuk masing-masing modelnya. Ukuran bisa berbeda setiap untuk panjang dress, ya.
    • Rempel: 3 meter
    • A Line: 3 meter
    • Umbrella 1 lingkaran penuh: 4 meter

Blus/Kemeja

kemeja batik engrasia
Pakaian yang cocok untuk berbagai acara ini tidak membutuhkan bahan sebanyak dress karena hanya berfungsi sebagai atasan saja. Ukurannya cukup bervariasi karena tergantung panjang tangan dan lingkar badan sang calon pemakai, tetapi umumnya berkisar antara 1,5 hingga 2 meter.

Setelan

setelan atau blus batik engrasia
Karena setelan terdiri atas atasan dan bawahan, bahan yang dibutuhkan bisa menyamai banyak bahan untuk dress. Berikut adalah rincian ukuran untuk tiap-tiap bagian setelan pakaian yang bisa Anda gunakan.
  • Tunik: 2 meter
  • Rok H Line: 1,5 meter
  • Rok rempel/A Line: 1,5 - 2 meter
  • Celana panjang 1,5 meter


Ukuran desain model pakaian di atas juga bisa Anda terapkan pada kain batik yang dibeli  . Perhatikan ukuran yang tertera di halaman produk dan pastikan stoknya tersedia sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa mengombinasikan beberapa motif berbeda dengan ukuran yang berbeda pula untuk menghasilkan pakaian yang lebih cantik.

Namun, jika Anda tidak ingin repot, Anda juga bisa mempercayakan proses penjahitannya pada desainer rekanan kami. Lebih lengkapnya, Anda bisa melihat desainnya di sini. Psst, pahami juga panduan pemesanannya, ya.

Sampai jumpa dan selamat menjahit ria!

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  bagaimana cara mengetahui berapa llebar bahan yg dibutuhkan untuk membuat kemeja

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Berkarya Kerajinan Batik dan Benda Konstruksi

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://engrasia.com/blogs/berita/jumlah-kain-untuk-jahit-pakaian


Comments