Pengertian Busana dan pelengkapnya


Pengertian Busana dan pelengkapnya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Pengertian Busana dan pelengkapnya

 


materi bahan pelengkap - Tata busana memiliki peran yang sangat penting, seperti dalam sebuah pementasan. Penampilan akan menjadi sorotan para penonton sebelum memperhatikan dialog. Oleh karena itu, pakaian memberikan kesan mengenai seseorang sesuai apa yang di lihat. Pakaian  yang tampak pertama kali akan membantu memperjelas sebuah karakter, dan akan memperkuat kesan orang yang melihatnya.

Busana dan perlengkapan nya (ACCESSORIES) meliputi semua pakaian, sepatu, pakaian kepala dan perlengkapannya, baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan saat di kenakan.Secara garis besar busana dibedakan atau digolongkan menjadi lima kelompok yaitu : Busana dasar, busana kaki, busana tubuh, busana kepala dan perlengkapan-perlengkapan atau accessories.

    Busana dasar

Busana dasar yaitu pakaian yang di kenakan pada badan baik yang tampak maupun yang tidak tampak saat di kenakan untuk memberikan efek yang diperlukan. Seperti korset, stagen, rok simpai, dll yang akan memberikan efek gemuk maupun langsing bagi pemakai nya.



    Busana kaki

Busana Kaki yaitu pakaian yang di kenakan pada bagian kaki. Busana ini biasanya terdiri dari kaos kaki, sepatu ( olah raga, periodisasi, klasik, modern, kesatuan atau seragam dan lain-lain), sandal (modern, tradisional, klasik, rakyat atau keratin) sepatu atau sandal dari suku atau Negara tertentu yang mempunyai ciri khas tersendiri.



    Busana tubuh atau body

Busana tubuh atau body yaitu busana yang dipakai pada bagian tubuh dan  terlihat oleh orang lain. Busana ini meliputi blus, rok, kemeja, celana, jaket, rompi, jas, sarung dan lain-lain. Busana ini dapat memperjelas asal, peran, karakter, status social, dan lain-lain.



    Busana kepala

Busana Kepala yaitu pakaian yang dikenakan pada bagian kepala, termasuk riasan pada rambut. Pakaian kepala dapat dimanfaatkan sebagai tanda atau pencitraan seseorang. Misalnya seorang raja ditandai dengan pemakaian mahkota, orang jawa dengan blangkonnya atau cowboy dengan topi laken. Gaya rambut juga kadang-kadang dimasukkan kedalam pakaian kepala meskipun ini termasuk bagian dari tata rias.



    Perlengkapan-perlengkapan/accessories

Accessories yaitu pelengkap pada bagian-bagian busana tetapi bukan pada pakaian dasar atau yang belum termasuk dalam busana dasar. Perlengkapan ini ditambahkan untuk memberikan efek dekoratif, dan memperindah busana yang di tunjang nya. Misalnya kaos tangan, perhiasan, ikat pinggang, bros, pita dan sebagainya. Selain untuk memberikan efek dekoratif accessories juga dapat berfungsi untuk membantu sebuah informasi dan menegaskan karakter busana tersebut, contoh nya seperti Label, Size pack, packing, hang tag dan lain- lain. Seiring dengan perkembangan nya Accessories tidak hanya menjadi penunjang dalam sebuah busana tetapi menjadi sebuah elemen yang cukup penting. Salah satu contohnya adalah label, pemilihan bahan label yang berkualitas di sertai desain yang bagus dapat meningkatkan citra suatu merk yang tertera pada label tersebut, yang pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan dan menjadi tujuan akhir dari perusahaan tersebut. Teknologi yang maju pada saat ini membuat hal tersebut semakin mudah di buat dengan kualitas yang baik pula. Masyarakat yang semakin kritis membuat accessories semakin penting peran nya, karena sekarang ini konsumen sangat memperhatikan hal-hal detail dari sebuah produk, baik dari segi kualitas, keindahan maupun fungsi. Oleh karena itu accessories dalam sebuah busana, disamping fungsi awalnya sebagai dekorasi juga memiliki fungsi-fungsi lain nya yang tak kalah penting



Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  materi bahan pelengkap

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengertian komposisi, proporsi, keseimbangan, kesatuan 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://duniasandang.com/pengertian-busana-dan-pelengkapnya/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.