Bahan & Cara Membuat Baju Dari Bahan Daur Ulang Koran Plastik Bekas


Bahan & Cara Membuat Baju Dari Bahan Daur Ulang Koran Plastik Bekas

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Bahan & Cara Membuat Baju Dari Bahan Daur Ulang Koran Plastik Bekas


cara membuat baju dari plastik bekas -  Memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai merupakan salah satu bagian dari kepedulian lingkungan bersih dan membuat kreatifitas anak bangsa. Pada umumnya barang-barang yang tidak terpakai seperti kertas koran, kain perca, kain bekas, plastik dan lain sebagainya menurut anda adalah barang yang tidak ada gunanya. Padahal anggapan tersebut adalah anggapan yang salah. Banyak sebagian orang yang peduli lingkungannya dengan memanfaatkan limbah daur ulang sebagai suatu fashion.

Contohnya seperti membuat baju daur ulang dengan plastik dan koran akan menjadi suatu produk yang memiliki nilai lebih. Lalu bagaimana cara memanfaatkan limbah daur ulang menjadi suatu produk yang memiliki nilai lebih? Disini kami akan memberikan contoh membuat baju daur ulang dengan cara yang sederhana dan dengan bahan yang sangat simple, sehingga anda dapat mencoba sendiri dirumah. Berikut bahan dan cara membuat baju daur ulang sederhana yang mudah :


Pengen Punya Bisnis Konveksi? Intip: Konveksi Surabaya

Alat & Bahan

    Gunting
    Pensil
    Spidol
    Penggaris
    Jarum
    Benang
    Lem tembak
    Plastik bekas (kemasan jajan)
    Kain bekas
    Koran bekas

Langkah Pertama

    siapkan beberapa kain bekas yang berukuran sedikit lebar dengan bentuk yang sedikit beraturan tidak terpotong-potong. Lalu cuci terlebih dahulu kain bekas tersebut agar tidak ada kuman dan bakteri yang menempel dan agar kain bekas menjadi bersih. Setelah dicuci, keringkan terlebih dahulu.
    Jika kain bekas sudah siap, ukur kain bekas tersebut sesuai dengan ukuran badan dan buatlah pola baju tanpa lengan atau yang sering kita dengar dengan istilah kemben.
    Setelah itu, susun kain bekas tersebut dengan rapi dan pastikan pola tidak ada yang salah atau tidak berantakan. Untuk menyambung kain, anda bisa menyambungnya menggunakan jarum dan jahit dengan rapi. Usahakan jangan lupa obras bagian pinggiran dalam kain agar hasilnya terlihat lebih rapi dan indah.

Langkah Kedua

    Buatlah tali untuk bahu yang menyambugkan baju depan dan belakang. Untuk membuat talinya, anda bisa menggunakan kain bekas.
    Pilih kain bekas yang memiliki ukuran lebih panjang dan agak lebar. Usahakan memilih kain bekas yang beraturan tidak potong-potong agar memudahkan membuat tali bahu.
    Jika anda hanya memiliki kain yang tidak beraturan, anda dapat memotong pinggiran-pinggirannya hingga rapi.
    Jika anda sudah menyiapkan kain bekas yang panjang dan lebar tersebut, anda dapat memotong kain sesuai dangan ukuran yang dibuat atau melipatnya menjadi 4 bagian, anda dapat merapatkannya dengan jarum lalu jahit hingga rapi. Anda dapat membuat tali bahu sebanyak 4 buah tali bahu atau 2 tali bahu.

Langkah Ketiga        

    Setelah langkah-langkah di atas sudah selesai. Jika tali bahu sudah siap, sambungkan tali tersebut dari depan ke belakang baju lalu jahit pelan-pelan. Anda bisa mengkreasikan pola tali bahu dengan posisi menyilang atau biasa.

Langkah Keempat

    Siapkan dua lembar plastik bungkus yang lebar dengan ukuran 50 cm x 100 cm. Lalu beri garis tepi plastik dengan spidol dengan ukuran 5 cm, lalu pada bagian tengahnya beri garis panjang plastik dengan ukuran lebar 1 cm. setelah semua selesai digaris. Sobek bagian tengah plastik, jangan sampai rusak. Setelah selesai, ambil plastik kedua dan garis dengan spidol permanen. Ukuran lebarnya 1 cm. lalu potong menggunakan gunting.
    Setelah potongan-potongan plastik tersebut sudah jadi, mulailah menganyam dengan pola yang berurutan tujuannya untuk membuat baju yang sudah dibuat pada langkah pertama.
    Setelah anyaman jadi, tempelkan plastik anyaman pada baju dengan cara menjahit. Diharapkan pada saat menjahit harus hati-hati karena plastik mudah robek.
    Langkah selanjutnya, untuk membuat roknya anda dapat membuat rok yang menggunakan kawat. Buatlah rok yang membentuk huruf O untuk membuat rok yang panjang.
    Lalu hias dengan selembar koran dan lipat menjadi bentuk kipas. Lalu tempelkan hiasan kipas tersebut ke rok yang telah dibuat. Buatlah kipas koran sebanyak kebutuhan rok tersebut, Selesai


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat baju dari plastik bekas

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 9 Jenis Kain Untuk Membuat Blazer 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://konbos.weebly.com/artikel/bahan-cara-membuat-baju-dari-bahan-daur-ulang-koran-plastik-bekas

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.