5 contoh kerajinan tekstil modern dan tradisional

5 contoh kerajinan tekstil modern dan tradisional

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
5 contoh kerajinan tekstil modern dan tradisional

Batik, tenun, songket, sarung, sarung bantal

contoh kerajinan tekstil - kerajinan tekstil modern,.. secara fungsi dapat di bagi sb brkut,...
1., sbgai pemenuhan sandang dan fashion, ex. busana, topi,,tas,sepatu
2., sbgai perlengkapan interur, ex. kain tirai, kain salut kursi
3., sbagai wadah dan pelindung benda, ex. tas laptop,aneka tas, aneka wadah
kerajinan tekstil tradisional, fungsi,..
1., sbgai kbtuhan sandang, ex. kain panjang, sarung, baju daerah
2., sbgai alat bantu/alat rumah tangga, ex.alat gendongan bayi
3., sbgai alat ritual, ex. kain tenun ulos, kain pembungkus kafan motif doa

 Kerajinan Tekstil Tradisional Indonesia



Karya kerajinan tekstil tradisional Indonesia, secara fungsi dapat dibagi sebagai berikut.

    Sebagai pemenuhan kebutuhan sandang yang melindungi tubuh, seperti kain panjang, sarung dan baju daerah
    Sebagain alat bantu atau alat rumah tangga, seperti kain gendongan bayi dan untuk membawa barang

    Sebagai alat ritual (busana khusus ritual tradisi tertentu), contohnya,


    Kain tenun Ulos
    Kain pembungkus kafan batik motif doa
    Kain ikat celup Indonesia Timur (penutup jenazah)
    Kain Tapis untuk pernikahan masyarakat daerah Lampung
    Kain Cepuk untuk ritual adat di Pulau Nusa Penida
    Kain Songket untuk pernikahan dan khitanan
    Kain Poleng dari Bali untuk acara ruwatan (penyucian)


Tekstil tradisional Indonesia berkembang dengan kreativitas setempat baik pengaruh dari suku maupun bangsa lain. Secara geogra¬s, posisi Indonesia terletak pada persimpangan kebudayaan besar, antara dua benua Asia dan Australia, serta dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Samudra Pasi¬k. Gelombang kontak perdagangan yang melewati wilayah negara kepulauan Indonesia memberikan pengaruh dan mengakibatkan akulturasi (percampuran) budaya yang tampak pada pengembangan karya kerajinan tekstil di Indonesia.

Kain-kain tradisional di wilayah kepulauan Indonesia ini pada awalnya merupakan alat tukar/ barter yang dibawa oleh pedagang pendatang dengan penduduk asli saat membeli hasil bumi dan rempah-rempah di Indonesia. Sekitar abad ke-15 Masehi, pedagang muslim Arab dan India melakukan kontak dagang dengan mendatangi pulau Jawa dan Sumatra. Pengaruh Islam secara langsung dapat dilihat pada tekstil Indonesia. Beberapa batik yang dibuat di Jambi dan Palembang di Sumatra, serta di Utara Jawa, dibuat dengan menggunakan ayat-ayat yang berasal dari bahasa Arab Al Qur’an.



Di Indonesia juga terdapat kain sarung kotak-kotak dan polos yang banyak digunakan di Semenanjung Arab, Timur Laut Afrika, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Kepulauan Pasi¬k. Pada abad ke-13 pedagang Gujarat memperkenalkan Patola, yaitu kain dengan teknik tenun ikat ganda dari benang sutra yang merupakan busana Gujarat, Barat Laut India. Proses pembuatan kain Patola sangat rumit sehingga di India kain ini digunakan dalam berbagai upacara yang berhubungan dengan kehidupan manusia, seperti kelahiran, perkawinan dan kematian juga sebagai penolak bala.


Melalui perdagangan dengan bangsa Gujarat, keberadaan kain Patola tersebar luas di kepulauan Nusantara. Kain Patola umumnya hanya dimiliki oleh kalangan terbatas. Penduduk setempat yang telah memiliki keterampilan menenun pun mencoba mereproduksi kain yang sangat berharga tersebut dengan tenun ikat pakan. Di Maluku, kain ini sangat dihargai dan dikenakan dengan cara dililitkan di pinggang atau leher. Para penenun di Nusa Tenggara Timur mengembangkan corak kain tenun yang dipengaruhi oleh corak yang terdapat pada kain Patola, dengan corak yang berbeda untuk raja, pejabat, dan kepala adat dalam jumlah yang sangat terbatas dan hanya dikenakan pada upacara–upacara adat. Kain Patola dari Lio NTT ini ada yang dibuat sepanjang 4 meter yang disebut katipa berfungsi sebagai penutup jenazah.


Motif Patola juga dikembangkan menjadi kain Cinde di daerah Jawa Tengah. Kain Cinde tidak dibuat dengan teknik tenun ikat ganda, tetapi dibuat dengan teknik direct print, cap atau sablon. Kain ini digunakan sebagai celana dan kain panjang untuk upacara adat, ikat pinggang untuk pernikahan, serta kemben dan selendang untuk menari. Kain serupa terdapat pula di Palembang, disebut kain Sembagi. Sembagi yang berwarna terang digunakan pada upacara mandi pengantin dan hiasan dinding pada upacara adat. Kain Sembagi yang berwarna gelap digunakan untuk penutup jenazah. Motif Patola memengaruhi motif batik Jlamprang yang berwarna cerah yang berkembang di Pekalongan, dan motif Nitik yang berkembang di Yogyakarta dan Surakarta yang berwarna sogan (kecokelatan), indigo (biru), kuning dan putih. Corak Patola juga berkembang di Pontianak, Gorontalo, dan kain tenun Bentenan di Menado.

Kain dengan teknik tenun ikat ganda dibuat di Desa Tenganan Pegeringsingan di Bali. Kain sakral tersebut dikenal dengan nama kain Gringsing yang artinya bersinar. Teknik tenun ikat ganda hanya dibuat di tiga daerah di dunia, yaitu di Desa Tenganan Bali, Indonesia (kain Gringsing), di Kepulauan Okinawa, Jepang (tate-yoko gasuri) dan Gujarat India (kain Patola). Teknik tenun ikat ganda adalah tenun yang kedua arah benangnya, baik benang pada lungsin maupun pakan diwarnai dengan teknik rintang warna untuk membentuk motif tertentu.

Kreativitas bangsa Indonesia mampu mengembangkan satu jenis kain tenun Patola Gujarat menjadi beragam tekstil yang sangat indah di seluruh daerah di Indonesia. Contoh perkembangan kain Patola ini hanya salah satu dari bukti kreativitas tinggi yang dimiliki oleh bangsa kita.

Pada tekstil tradisional, selain untuk memenuhi kebutuhan sandang, juga memiliki makna simbolis di balik fungsi utamanya. Beberapa kain tradisional Indonesia dibuat untuk memenuhi keinginan penggunanya untuk menunjukkan status sosial maupun kedudukannya dalam masyarakat melalui simbolsimbol bentuk ragam hias dan pemilihan warna. Selain itu ada pula kain tradisional Indonesia yang dikerjakan dengan melantunkan doa dan menghiasinya dengan penggalan kata maupun kalimat doa sebagai ragam hiasnya. Tujuannya, agar yang mengenakan kain tersebut diberi kesehatan, keselamatan, dan dilindungi dari marabahaya.


Kain tradisional Indonesia dibuat dengan ketekunan, kecermatan yang teliti dalam menyusun ragam hias, corak warna maupun maknanya. Akibatnya, kain Indonesia yang dihasilkan mengundang kekaguman dunia internasional karena kandungan nilai estetikanya yang tinggi.

Mengenali Makna Simbol Kain Tradisional



Dikerjakan berkelompok, terdiri atas maksimal 5 orang.

    Tiap kelompok mencari dan membawa minimal 3 contoh kain tradisional. Contoh kain tradisional :
 
    Tiap kelompok mempresentasikan makna simbolik, fungsi dan memperagakan cara mengenakan kain tradisional tersebut.
    Bukalah kesempatan diskusi dengan teman sekelas sehingga dapat
    melihat kekayaan budaya Indonesia.
    Catatlah komentar teman sekelas dan buatlah rangkuman dari hasil kegiatan presentasi tersebut pada buku tugas.
    Lengkapi dengan dokumentasi kegiatan saat mengerjakan tugas ini.

Kursus Yogyakarta

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

Kursus Rajut Jogja Kursus Rajut Yogya




Kursus Jahit Yogyakarta

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

Ingin kursus menjahit di Yogya, di Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” saja : lama pendidikan antara 1-2 bulan atau tergantung kemampuan siswa sampai selesai. Kilat selama 1 bulan.

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Gamis, Jilbab Lebar, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Jl. Veteran No 28
Yogyakarta
HP. 085740028487

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta

Akhirnya, Cara Menjahit di 2017 Terungkap !




Siapa lagi yang ingin Meraih Kesuksesan 2017 Menggunakan STRATEGI JITU dan LANGKAH KONKRET yang TELAH TERUJI dan TERBUKTI

KEBERHASILANNYA ?



Segera ambil keputusan untuk mendapatkan ebook menjahit Luar Biasa

    Cara Menjahit Praktis?
    Benarkah keterampilan lebih bermanfaat dari akademik formal?
    Siapkah Anda jika UPAH MINIMUM mencapai Rp. 3,4juta?
    Bagaimana EBOOK ini akan mempengaruhi bisnis Anda?
    Penjahit terancam punah?
    Pasar Jahit stagnan?
    Apakah Indonesia akan mengalami "SWASEMBADA SANDANG"?
    Bulan apa saja yang harus  WASPADAI ?

DAPATKAN EBOOK MENJAHIT

7 Fakta Mengapa Menjahit Anda Tidak Efektif?

    Fakta 1. Pergunakan kain yang Mahal ...
Pergunakan kain yang murah, atau kain-kain bekas pembungkus seperti menggunakan karung terigu misalnya atau kain-kain

kiloan untuk menghemat harga

    Fakta 2. Belajar Asal
Belajar dari orang yang sudah profesional, atau anda bisa mempelajari secara diam-diam dengan menjahitkan satu baju ke

mereka untuk anda pelajari, teknik jahitannya seperti apa, bagian mana saja yang harus diberi lapisan dst.


    Fakta 3. Tidak melibatkan komitmen 
Siapa yang punya rencana, dia yang menjalankan. Banyak Kunci utama harus tetap semangat….semangat…dan semangat !!!!

Jangan putus asa kalau terjadi kesalahan dan menemui kesulitan. Teruslah belajar dan insyaAllah dalam waktu 6 bulan anda akan

mahir dalam menjahit pakaian

    Fakta 4. Tidak Menggunakan Mesin yang tepat ...
Keputusan Anda saat merencanakan sesuatu sudah menjadi separuh tindakan. Jika tidak menggunakan mesin yang tepat saat

menjahit, anda dapat yakin rencana anda tidak dijalankan sesuai keinginan anda.

    Fakta 5.Planning hanya memenuhi laci ...
Planning adalah management tool, seperti form, absensi, daftar harga, dan alat pengambilan keputusan lain. Kekuatan plan

anda hanya bermanfaat jika anda bisa mereview plan anda.

    Fakta 6. Takut berubah ...
Planning adalah alat untuk menjembatani transisi perubahan diperusahaan. Jika Anda tidak mau berubah, anda akan ebih kuat

berpegang pada kebiasaan lama.

    Fakta 7. Tidak ada Follow UP! ...
Yes, memang menagih janji tidak nyaman, meminta anda melakukan apa yang mereka tulis tidak mudah, tapi HARUS ANDA LAKUKAN

jika ingin rencana anda berhasil

Tetapi diantara semua alasan, ada #1 Reason:


Anda buat rencana HANYA berdasarkan TARGET Semata
Tanpa Menyelesaikan 'HAMBATAN' yang Ada …


AKIBATNYA, Rencana anda gagal karena Anda Lebih banyak Membahas 'REASON' daripada 'RESULTS'…

Saatnya mengubah Cara Anda menjahit dengan melibatkan CREATIVE PROBLEM SOLVING TOOLS

Say Good Bye To:

    Target tidak tercapai …
    Mencari-cari Alasan …
    Semuat orang LUPA akan rencana dan Kembali ke KEBIASAAN masing-masing …
    Ada Target Tetapi Tidak ada Yang peduli  …
    Planning hanya GREGET dibulan pertama, seperti SODA …


Dapatkan Ebook Jahit Bordir

Apa yang akan Anda dapat dalam EBOOK JAHIT BORDIR for Success ini:

    memiliki pengetahuan dan kemampuan melaksanakan promosi statis
    pengetahuan  dan kemampuan untuk melaksanakan penataan  promosi dinamis
    kemampuan mengidentifikasi jenis dan menetukan teknik promosi sesuai bentuk promosi
    mempunyai keterampilan menjahit dan menerapkan hiasan celana sesuai mode celana.
    pengetahuan dan mampu Menjahit
    Lenan Rumah Tangga dan terampil dalam menjahit menjahit lenan rumah tangga
    pengetahuan dan keterampilan tentang pola busana, meliputi: macam-macam pola busana, memilih pola busana, dan    

    menyesuaikan pola busana pada ukuran model.
    mempunyai keterampilan menghias kain pada busana dan lenan rumah tangga menggunakan teknik bordir. 
    mampu tahu berbagai mesin yang dapat dipergunakan untuk membordir, menyambung dan memasang kain keras sebagai     

    persiapan dalam membordir,membordir berbagai material busana
    mampu: membuat tertib kerja produksi pada bagian jahit (sewing) gaun anak, membuat tertib kerja produksi pada bagian    

    jahit (sewing) overall anak, melaksanakan pekerjaan produksi pada bagian jahit (sewing) gaun anak dengan standar        

    kualitas, melaksanakan pekerjaan produksi pada bagian jahit (sewing) overall anak sesuai dengan standar kualitas
    melaksanakan pekerjaan produksi pada bagian menggunting (cutting) kemeja pria sesuai dengan standar kualitas.
    Dan masih banyak lagi dalam 20 EBOOK JAHIT BORDIR


Survey menunjukkan bahwa Penjahit dengan planning yang tertulis mencapai penjualan
50% lebih tinggi dan 12% higher profit.

Ini adalah waktu yang tepat. Jika Anda tidak memaksakan diri untuk membuat rencana yang detail, mau tunggu sampai kapan?


PAKET EBOOK :

Berisi 20 EBOOK

teknik bordir 
teknik bordir lanjut pada busana
teknik cutting sewing
teknik cutting sewing dan finishing busana anak
teknik cutting sewing dan finishing busana pria
teknik jahit bagian
teknik marker
teknik merancang bahan
teknik pembuatan sampel
teknik pembuatan sampel busana anak
teknik pembuatan sampel busana pria
teknik pengemaasan
teknik setrikaan
variasi bordir
melaksanakan promosi dinamis
melaksanakan promosi statis
mengenal dasar dasar promosi
menjahit celana
menjahit lenan rumah tangga
pemilihan pola busana

Siapa Yang Harus Mendapatkan EBOOK ini?


Semua Pemilik Usaha Jahit Bordir
Semua Calon Penjahit Top
Semua Orang Yang Ingin Mulai Berbisnis Jahit
Semua Orang Yang Ingin Terampil Menjahit
Semua Orang Yang Ingin Punya Time & Financial Freedom


Jadi harganya berapa ?


Harga Normal :

Rp. 200.000,-



Kaget ? Tunggu dulu …
Karena ini untuk 15 pendaftar pertama, Anda boleh mendaftar Sekarang dengan Investasi Hanya:

Rp. 149.000,-



Ebook harganya tidak murah, tetapi Materi yang diberikan adalah materi kelas Nasional. Selain itu Anda dapat langsung

mengimplementasikan apa yang didapat dalam ebook di dalam bisnis Anda.

YES ! Saya Siap Untuk Sukses dan Ingin Bisnis Saya Sukses Sekarang Juga!

Daftar Sekarang ! 

silahkan sms ke 0857 400 28 48 7 atau invite pin 75F08617
Format : (nama lengkap) (domisili tinggal)

GARANSI UANG KEMBALI 100% + JIKA ANDA TIDAK BELAJAR SESUATU DARI EBOOK INI.


EBOOK ini sangat powerful sehingga anda dianjurkan untuk mengajak team dan orang kepercayaan anda agar dapat segera

mengimplementasikan skill ini …
Harga hanya berlaku untuk 15 pendaftar pertama, Jika HABIS maka, saya akan menutup Sales Page ini Segera.
Jika Anda tidak merasakan manfaat, uang anda akan dikembalikan 100%

buka mesin jahit : http://prakaryawirausahaan.blogspot.com/2014/07/kerajinan-tekstil-tradisional-indonesia.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Membuat Celana Sederhana ( piyama)

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.