Limbah Tekstil dan Karakteristiknya


Limbah Tekstil dan Karakteristiknya

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Limbah Tekstil dan Karakteristiknya

apa yg dimaksud dengan limbah tekstil - Contoh Limbah Industri Garmen

Materi kerajinan semester genap ini masih fokus kepada kerajinan tekstil namun disini titik beratnya lebih ke kerajinan limbah tekstil. Nah, pada kesempatan ini ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu limbah tekstil dan bagaimana karakteristik yang dimilikinya.
Apa itu Limbah Tekstil
Istilah "limbah" sebenarnya memiliki kesan yang kurang baik, sebab biasanya berupa sisa buangan yang berpotensi mencemari lingkungan alam sekitar. Namun limbah tekstil yang dimaksudkan disini adalah sisa-sisa potongan kain yang berasal dari industri gramen atau proses produksi konveksi (pakaian).

Istilah umum untuk sisa potongan-potongan kain itu adalah kain perca, meskipun limbah industri garmen tidaklah selalu berupa kain perca (bisa juga berupa tali majun, benang dsb). Untuk mendapatkan limbah garmen kita bisa mendatangi kawasan industri garmen dan membelinya disana atau melalui jasa pemasok khusus limbah garmen. Kita bisa membeli bahan baku kerajinan dari mereka.

Pemasok Limbah Garmen di Bojongsalak Bandung
Pemasok Limbah Garmen di Bojongsalak Bandung
Karakteristik Limbah Tekstil
Limbah tekstil jika tidak ditangani dengan baik dapat memberikan dampak yang buruk bagi lingkungan alam sekitar kita. Hal ini karena limbah tekstil memiliki karakteristik-karakteristik sebagai berikut:

    Sulit menyatu kembali dengan lingkungan alam
    Limbah garmen yang berupa sisa potongan kain akan sulit hancur meskipun sudah bertahun-tahun lamanya tertimbun didalam tanah, terlebih lagi jika kain itu terbuat dari bahan serat sintetis dan bukan serat alami.
    Dapat merusak biota yang ada didalam tanah dalam jangka waktu tertentu
    Akibat dari tidak dapat terurainya limbah garmen seiring berjalannya waktu maka hal ini dapat membawa dampak berupa rusaknya biota tanah dimana limbah garmen itu dibuang.
    Apabila dibakar asapnya bisa mencemari udara
    Pembakaran limbah garmen dalam jumlah yang besar akan berdampak pada lingkungan udara disekitarnya. Asap dan bau yang ditimbulkannya bisa mengganggu pernafasan dan iritasi mata.
    Bisa menjadi media berkembangnya bibit penyakit
    Gumpalan-gumpalan limbah garmen yang bercampur dengan jenis sampah lainnya merupakan media yang baik bagi berkembangnya bibit-bibit penyakit.
    Bisa menyumbat saluran-saluran air yang pada akhirnya bisa menimbulkan banjir
    Limbah garmen yang menggumpal bersama tanah dan sampah plastik bisa menyumbat selokan-selokan dan saluran air lainnya, sehingga pada akhirnya bisa menimbulkan banjir.
    Membutuhkan lahan yang luas sebagai tempat pembuangannya
    Limbah dari industri garmen ada dalam volume yang besar sehingga penanganannya membutuhkan lahan yang luas pula. hal ini akan menjadi kesulitan tersendiri jika industri garmen penghasil limbah itu berada pada daerah yang padat penduduknya, dimana tidak tersedia lagi lahan yang cukup untuk penimbunan limbah tersebut.

Lantas Apa Solusinya?
Salah satu solusi yang tepat adalah dengan memanfaatkan limbah garmen itu dengan mengolahnya menjadi barang berguna yang bisa mendatangkan penghasilan. Salah satu faktor tumbuhnya kerajinan limbah tekstil di suatu daerah adalah karena mudahnya mendapatkan bahan baku dengan harga yang murah. Pada daerah dimana banyak berdiri industri garmen biasanya juga akan tumbuh usaha-usaha kerajinan yang memanfaatkan limbah dari industri garmen itu.

Pengertian Kerajinan Limbah Tekstil
Berangkat dari pengertian limbah tekstil diatas maka kerajinan limbah tekstil dapat diartikan sebagai salah satu jenis kerajinan yang menggunakan limbah tekstil atau limbah garmen sebagai bahan dasar produksi. 

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  apa yg dimaksud dengan limbah tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Definisi 'kelim'

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://blogprakarya.blogspot.co.id/2014/02/limbah-tekstil-dan-karakteristiknya.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.