Makalah Sulam Aplikasi

 Makalah Sulam Aplikasi

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Makalah Sulam Aplikasi


sulaman aplikasi - SULAM APLIKASI



Sulam Aplikasi ini namanya Sulam Aplikasi Barung2 Balantai, nama salah satu daerah di Pesisir Selatan Sumatera Barat.Sulam ini kami pelajari waktu Pelatihan Keterampilan Jahit Menjahit Tahun 2014. Sulaman ini berbeda dengan sulamam pada umumnya, memakai benang sulam. Tetapi sulaman ini dengan membuat gambar pada bidang kain tapeta , kain yang agak tebal dan mengkilap sebagai bahan bunga, kemudian dijahit seperti menempel. Hasilnya sangat bagus dan mengagumkan.Bagi anda yang juga ingin mempelajarinya inilah cara, bahan2 dan alatnya.....





A.   PENGERTIAN SULAM APLIKASI

Sulaman aplikasi merupakan salah satu sulaman dengan teknik lekapan  yaitu sulaman yang ragam hiasnya dibentuk dari bahan lain kemudian ditempelkan pada permukaan kain. Bahan tempelan untuk membentuk ragam hias dapat berupa kain, benang  kasar, pita atau tali dan payet.Lekapan ini bermacam-macam sesuai dengan bahan tempelan yang digunakan. Adapun jenis jenis sulaman aplikasi ini yaitu sulaman inkrustasi, sulaman melekatkan benang atau tali, melekatkan payet dan quilting.

B.    RAGAM  SULAM APLIKASI.
Ragam  sulaman aplikasi antara lian :
1.     Aplikasi Cina,dengan ciri tidak bercorak,  ragam hias dibentuk dari kain yang tidak bercorak  dari bahan polos yang digunting sesuai desain.

2.    Aplikasi Persia,ciri-cirinya  bercorak.Pada aplikasi persia kita tidak perlu mendesain ragam hiasnya karena kita hanya mengambil ragam hias yang sudah ada pada kain tersebut, kemudian disusun di atas permukaan kain dan ditempelkan dengan tusuk.



C.    Jenis-jenis jahit aplikasi

1.     Jahit aplikasi standar (onlay)







       Jahit aplikasi standard (onlay) adalah teknik membuat benda kerajinan tekstil yang dikerjakan dengan cara membuat gambar pada kain, kemudian digunting dan ditempel pada lembaran kain kemudian diselesaikan dengan teknik sulam. Fungsi jahit aplikasi adalah untuk menghias permukaan kain.




Gambar Jahit aplikasi standar (onlay)
2.    Jahit aplikasi potong sisip (inlay).
 Jahit aplikasi potong sisip (inlay) adalah teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan dengan melobangi bagian dasar kain yang telah digambari motif sesuai dengan rencana. Kain yang sudah berlubang itu pada bagian buruk ditempel kain yang berbeda warna dan diselesaikan dengan tusuk hias feston/ dapat juga dengan mersin bordir.
3.    Jahit aplikasi potong motif (perse)
          Jahit aplikasi potong motif (perse) adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara memotong motif yang ada pada kain, kemudian ditempel pada permukaan kain. Teknik penyelesaiannya sama dengan jahit aplikasi yang lain.

4.    Jahit aplikasi lipat potong (folded)
Jahit aplikasi lipat potong (folded) adalah teknik menghias permukaan kain yang dikerjakan dengan tangan atau mesin. Caranya melipat lembaran kain kemudian dipotong sesuai dengan rencana sehingga hasilnya simetris kemudian ditempel pada dasar kain dan diselesaikan dengan tusuk feston. Teknik aplikasi biasanya di kombinasikan dengan sulam datar.

Jahit aplikasi lipat potong
5.    Jahit aplikasi penambahan renda (lace)
Jahit aplikasi penambahan renda (lace) adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara menempelkan renda pada kain yang akan dihias. Perbedaan teknik menghias kain dengan jahit aplikasi penambahan renda dengan aplikasi yang lain adalah teknik aplikasi hiasan aplikasinya menggunakan renda yang dibuat sendiri atau yang sudah jadi, sedangkan teknik jahit aplikasi yang lain menggunakan bahan kain.
6.    Jahit aplikasi pengisian
Jahit aplikasi pengisian adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara membuat gambar pada kain, kemudian digunting dan ditempel pada lembaran kain dan diisi dengan kapas atau dakron kemudian diselesaikan dengan teknik sulam.
D.   Fungsi jahit aplikasi.
            Fungsi jahit aplikasi adalah untuk menghias permukaan kain,dengan diberikan tempelan  kain akan semakin indah dilihat dan bernilai seni.Bahan tempelan  diberi pengeras seperti fliselin agar tiras kain tidak mudah lepas. Warna kain tempelan dapat dikombinasikan sesuai dengan keinginan. Ragam hias untuk aplikasi ini umumnya menggunakan ragam hias dekoratif yang distilasi dari ragam naturalis seperti bentuk bunga-bunga, pohon, pemandangan, bentuk binatang dan lain sebagainya. Ragam hias yang didesain diusahakan tidak mempunyai lengkungan yang terlalu tajam atau bentuk-bentuk yang terlalu lancip, karena akan menyulitkan dalam pekerjaan menyulam dan akan mempengaruhi hasil sulaman tersebut.

  Warna ragam hias untuk aplikasi dapat menggunakan warna tunggal atau warna yang dikombinasikan. Untuk penggunaan warna tunggal dapat memilih warna yang senada atau warna bertingkat dengan warna benda yang akan dihias atau dapat pula menggunakan warna kontras dengan warna benda yang akan dihias. Sedangkan untuk ragam hias yang menggunakan kombinasi dua atau tiga warna juga dapat memakai kombinasi warna harmonis atau kombinasi warna kontras.

             Tusuk hias yang dipakai untuk menempelkan ragam hias pada permukaan kain dapat dipakai tusuk veston atau tusuk klim tergantung pada ketebalan bahan tempelan. Untuk bahan yang tipis digunakan tusuk klim sedangkan untuk bahan yang tebal digunakan  tusuk veston. Untuk menambahkan hiasan pada tempelan dapat digunakan tusuk pipih atau tusuk batang.Pola hiasan untuk aplikasi tergantung pada ragam yang digunakan misalnya ragam hias pemandangan alam akan menggunakan pola hiasan bebas, apabila menggunakan ragam bunga-bunga dan lainnya dapat menggunakan semua pola hiasan yang disesuaikan dengan penempatannya pada desain struktur.

E.    Cara mengerjakannya.
 Cara mengerjakannya jahit sulam aplikasi adalah  motif yang sudah didesain dipindahkan ke kain yang akan di hias. Kemudian bahan tempelan di tempel ke bahan dan dijelujur agar tidak bergeser kemudian digunting sesuai pola dan dijahit.



              SULAMAN BAYANGAN KHAS
BARUNG2 BALANTAI PESISIR SELATAN


Sumatera Barat sudah terkenal dengan sulamannya bukan hanya  di nusantara bahkan  ditingkat dunia.Di Kab. Pesisir Selatan khususnya di daerah Barung2 Balantai sulamannya dikenal dengan nama “Sulam Bayangan Aplikasi“ yaitu sulaman yang dilakukan dengan cara  menjahitkan sepotong kain yang telah diberi motif keatas kain dasar.Sulam Bayangan aplikasi ini merupakan Sulaman khas daerah tersebut,yang dipelopori oleh seorang wanita mantan model Sumatera Barat Weldaningsih yang akrab disapa Neneng, dengan membawa nama produk  “Sulaman Rozalinda”. Neneng memulai usaha sulaman ini  sejak  sekitar tahun  2000 , bakat menyulam didapat dari sang ibu yang pada waktu  mudanya sangat menyukai sulaman dengan jiwa wirausaha dan kegigihannya berusaha akhirnya Neneng berhasil menjadi pelopor jahit sulaman aplikasi khas Pesisir Selatan.Sulaman aplikasi produksi Neneng ini telah menambah  harum nama Sumatera Barat sebagai daerah produksi sulaman tingkat nasional, selain itu  juga menambah daftar produk hasil dari kreatifitas masyarakat Sumatera Barat.




A.  BAHAN DAN ALAT MENJAHIT SULAM APLIKASI KHAS BARUNG2 BALANTAI ( Sulaman Rosalinda ).


1. Bahan :
1.     Kain polos dasar TAPETA sesuai besar motif ( ¼ - ½ m)
2.    Kain polos dasar YASANTA/DAHLIA sebagai dasar baju/rok
3.    Jilbab polos (bila ingin membuat modifikasi pada jilbab)
4.    kertas hvs untuk pola.

Bahan-bahan
2..Alat
1. Penjahit kecil dan besar
2. Gunting kecil dan besar
3. Spidol kecil merah hitam
4. Jarum pentul
5. Kertas karbon
6 Kertas minyak warna putih 2 lembar
Alat - alat


3.    Langkah2 pengerjaan :
a.    Buatlah gambar  motif sesuai selera.
b.    Pindahkan gambar pola ke kertas minyak sesuai ukuran pola.
c.    Kertas minyak yang sudah dipola dan dimotif  ditempelkan diatas kain polos dasar.
d.    Untuk stelan  blus dan rok, diambil secukupnya dari dasar rok untuk membuat motif baju. Dan diambil dari dasar baju secukupnya untuk membuat motif rok.
e.    Setelah motif dipindahkan keatas kain lalu ditempel  dan dijahit  jelujur kasar disekeliling  kain.
f.    Setelah dijahit  jelujur kasar disekeliling  kain dilanjutkan dengan menjelujur agak halus antara motif (tengah2 motif).
g.    Setelah itu, digunting sedikit-sedikit  menurut motif dan kemudian dijahit  tangan dengan penjahit kecil.
h.    Rapikan dan setelah selesai setrika agar kelihatan rapi.


LANGKAH – LANGKAH PENGERJAAN


             Langkah-langkah pengerjaan  pembuatan sulam jahit aplikasi khas barung-barung Balantai yang disebut juga Sulam Bayangan dapat dilihat pada gambar dibawah ini.
a.    Pembuatan motif /desain sesuai keinginan.Dibawah ini adalah motif desain untuk kreasi jilbab.
Gambar  motif  (jilbab).
b.    Pindahkan gambar pola ke kertas minyak.
c.    Gambarkan motif diatas kertas minyak.
d.    Tempel gambar pola diatas  karbon dan kertas minyak yang telah diberi pola diatas kain ,beri pentul agar tidak bergeser.

                   

           Demikian  makalah ini dibuat, dengan harapan semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan dan keterampilan terutama untuk  para wanita yang memiliki keinginan untuk membuka usaha jahit menjahit sulam aplikasi, sehingga ke depan jahitsulam aplikasi ini dapat menambah referensi di khasanah sulam menyulam di Provinsi Sumatera  Barat

          Tidak lupa terima kasih diucapkan kepada  ibu Weldaningsih (Neneng) yang sudah menyumbangkan ilmu dan keteramilannya kepada peserta pelatihan ,semoga ilmu ini bermanfaat nantinya.Amin….


                                                   Padang,         Mai   2015
            
                                                                                   Penggerak Swadaya Masyarakat,                     


                                   Dra. MAIYARTI
                                                 NIP.19620522 199003 2 001
  



CONTOH  HASIL SULAMAN APLIKASI
KHAS BARUNG-BARUNG BALANTAI
KAB. PESISIR SELATAN
KAB. PESISIR SELATAN





   



========  SEMOGA SUKSES   =============


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  sulaman aplikasi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengertian Kesulitan Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://psmsumbarhebat.blogspot.co.id/2016/09/makalah-sulam-aplikasi.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.