, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

“Bross Cantik Dari Kain Perca”


“Bross Cantik Dari Kain Perca”

 baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 “Bross Cantik Dari Kain Perca”



proposal kerajinan dari kain perca - Dosen Pengampu :
Iswono, S.K.M., M.Kes

Disusun Oleh :

Icha Saputri Risniarti
Nim. : 20131320246


POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES PONTIANAK
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN
PROGRAM STUDI D IV
2015
KATA PENGANTAR

Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan laporan praktek pembuatan bross dari kain perca dapat di selesaikan tepat waktu.
Penulisan laporan ini merupakan tugas individu yang diberikan oleh dosen mata kuliah Penyehatan Tanah dan Pengelolaan Sampah B yaitu Iswono, S.K.M., M.Kes.Dalam  penyusunan laporan ini saya menggunakan metode pustaka. Dimana pengumpulan materi diperoleh dari berbagai macam informasi tentang kerajinan tangan dari barang bekas.
    Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu pembuatan  laporan  ini. Saya akui laporan ini masih  jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu saya mengharapkan kritik serta saran yang bersifat membangun demi kesempurnaan laporan ini.
    Semoga laporan ini bermanfaat bagi pembaca. Amiiin

Terimakasih


Pontianak, 27 Mei 2015



                                    Icha Saputri Risniarti












DAFTAR ISI

Kata Pengantar ..............................................................................................................    1
Daftar Isi .......................................................................................................................    2
BAB I Pendahuluan
A.    Latar Belakang ...................................................................................................    3
B.    Tujuan ..............................................................................................................    3
C.    Rumusan Masalah .............................................................................................    3
BAB II Tinjauan Pustaka
A. Seni Kerajinan perca……………………………………………………………………    4
B. Kerjinan kain perca di indonesia……………..……………………………………….    4
C. teknik jahitan dalam kerajinan kain perca…..……………………………………….    5
D. contoh bross dari kain perca………………………………………………………….    6
BAB III Proses Pembuatan
A. Alat dan Bahan …………………………………………………………………………    7
B. Cara Pembuatan ……………………………………………………………………….    8
BAB IV Hasil Produk
A. Rincian Biaya …………………………………………………………………...........       12
B. bross cantik dari kain perca… ……………………………………………………….    13
BAB V Penutup
A.    Kesimpulan .......................................................................................................    14
B.    Saran ................................................................................................................    14
DAFTAR PUSTAKA ……………………………………….…………………………………..    15








BAB I
PENDAHULUAN
a.    Latar belakang
Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan).Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan.Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang. Kerajinan tangan bisa terbuat dari barang - barang bekas seperti botol bekas, kardus, dan plastik makanan. Berawal kegeraman saya ketika melihat banyaknya sampah yang semestinya mampu dikelola secara apik, sehingga menghasilkan sebuah inovasi yang bernilai ekonomis tinggi.untuk kali ini saya akan membuat kerajinan tangan yang berbasis mendaur ulang barang bekas yaitu kain perca menjadi sebuah kerajinan tangan yang bagus,

b.    Tujuan
1. Untuk mengurangi jumlah sampah kain sisa/ perca.
2. Untuk menambahkan kekreativitas diri.
3. Untuk menciptakan kepribadian yang peduli terhadap lingkungan

c.    Rumusan Masalah
    1. Apa itu kain perca ?
    2. Bagaimana agar kain perca dapat beruguna?
    3. Bagaimana cara pembuatan ?
    4. Berapa rincian biaya dalam proses pembuatan bross dari kain perca?
    5. Bagaimana hasil produk yang dihasilkan ?






BAB II
TINJAU PUSTAKA
a.    Seni Kerajinan Perca
Kerajinan kain perca merupakan salah satu kerajinan yang menjadi bagian dari dunia jahit-menjahit.Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan bahan yang tergolong limbah, yaitu bermacam-macam kain perca.Kain ini digunakan untuk membuat sebuah karya kerajinan yang indah dan bahkan memiliki nilai secaranya adalah dengan memotong-motong beragam kain sisa menjadi berbagai bentuk, kemudian menggabungkan potongan-potongan tersebut dengan menjahitnya kembali.Tentunya perpaduan warna dan pola kain juga harus diperhatikan agar bisa tercipta sebuah kerajinan perca yang indah.
Kerajinan *kain perca* saat ini sudah menjadi salah satu kerajinan yang paling dikagumi dan diminati oleh banyak orang Indonesia, bahkan juga di seluruh dunia.Awalnya kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan tradisional.Namun, sekarang kerajinan ini malah menjadi salah satu tren baru di dunia kerajinan.
Ini disebabkan oleh adanya sentuhan-sentuhan kontemporer yang diberikan pada kreasi-kreasi baru yang tercipta. Sekarang, kita bisa menemukan kerajinan kain ini dalam beragam jenis kreasi serta pola yang indah dan bernilai seni tinggi seperti bed cover, taplak meja cantik, baju, tas, sajadah, hiasan dinding, dan lain sebagainya.Seni Kerajinan Perca merupakan perpaduan antara seni tradisional dan kontempore. Kerajinan Perca merupakan gabungan dua lembar kain yang tengahnya diisi dengan bahan penghangat batting dari silikon. Lapisan atas kerajinan perca bisa terdiri dari gabungan atau salah satu dari patch work atau aplikasi. Ketiga lapisan berbentuk sandwhich dijahit dengan jahitan mesin atau tangan (Delujur).

b.    Kerajinan Kain Perca di Indonesia

            Kerajinan kain perca sebenarnya sudah cukup lama dikenal di Indonesia dan juga termasuk ke dalam kerajinan seni tradisional.Awalnya kerajinan perca di Indonesia kurang diminati.Karena pembuatannya yang berbahan dasar limbah perca, kerajinan ini menjadi dipandang sebelah mata.

            Namun, seiring dengan semakin meningkatnya daya kreatifitas dan kualitas bahan yang digunakan oleh para pengrajin, saat ini kerajinan ini semakin populer.Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki dan juga mempelajari seni kerajinan ini.Barang-barang hasil kerajinannya pun semakin beragam dan bernilai jual cukup tinggi.

            Kerajinan kain ini juga menjadi salah satu kerajinan yang diminati para ibu rumah tangga dan remaja putri untuk dipelajari.Sudah banyak kelompok-kelompok kreatif yang khusus mengerjakan berbagai kerajinan kain ini dan menjualnya.

            Bahkan, tidak sedikit dari kelompok-kelompok tersebut yang sukses menciptakan kerajinan berkualitas dan bernilai seni tinggi hingga dapat menembus pasar internasional.Jadi, kerajinan ini juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para ibu rumah tangga, remaja putri atau siapa saja yang memiliki bakat dan minat di bidang jahit-menjahit.

            Jika Anda tertarik dengan dunia kreasi kerajinan kain perca, Anda juga bisa belajar membuat dan menghasilkan karya yang tidak kalah berkualitas.Anda bisa mulai belajar dari teknik-teknik dasar terlebih dahulu dan kemudian mulai mengembangkan kreasi setelah anda cukup mahir.

            Untuk mempelajari kerajinan perca ini, Anda bisa belajar secara otodidak dengan membaca berbagai buku panduan yang bisa ditemukan di berbagai toko buku, baik online maupun offline.Selain itu, Anda juga bisa belajar langsung dari para pengrajin kain perca yang saat ini sudah cukup banyak yang membuka kursus kerajinan perca untuk umum.

c.      Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca

     Kerajinan kain ini bisa dibuat dengan dijahit menggunakan mesin jahit ataupun tangan. Semakin kecil dan tidak teraturnya potongan kain yang disediakan, maka semakin sulit pula cara menggabungkannya. Misalnya untuk membuat kerajinan perca dengan potongan-potongan kain berbentuk segi empat.

     Pola yang paling sederhana yang bisa Anda buat yaitu pola seperti papan catur yang berwarna-warni kontras. Anda juga bisa menggabungkan potongan-potongan kain tersebut membentuk pola zig zag, bintang, dan sebagainya.

     Pusatkan beberapa detil di bagian tengah kerajinan dengan warna kontras sehingga bisa menjadi lebih menarik. Kemudian Anda juga bisa membuat semacam frame yang juga terbuat dari potongan kain dengan warna berbeda sehingga polanya terlihat.


d.    Contoh-contoh bros dari kain perca

Gambar contoh bros di bawah ini adalah gambar bros yang telah saya buat dari kain perca, di karenakan di rumah saya banyak sekali sisa-sisa kain dari jahitan mamah dan adik saya, saya mempunyai ide untuk mengunakan kain sisa atau kain perca tersebut menjadi bros yang cantik yang bisa di gunakan dan bernilai jual.

    








BAB II
PEMBUATAN
a.    Alat-alat yang di gunakan
    Gunting
    Jarum
    Lem


b.    Bahan-bahan yang di gunakan
    Kain perca
    Benang jahit
    Benang plastic
    Lem Lilin
    Kain flannel
    Peniti
    mutiara


c.    Cara kerja

1.    Yang pertama kita gunting terlebih dahulu kain perca yang akan di gunakan dengan ukuran sebagai berikut :
a.    Dasar : P X L : 40 X 12 cm
b.    Bunga : PXL : 40 X 6 cm  ( warna putih dan hijau toska )
c.    Bunga kecil : P X L : 12 x 5 cm

2.    Ambil potongan kain dasar dengan ukuran 40 X 12 cm, lalu jahit jelujur seperti gambar di bawah.




3.    Setelah di jahit jelujur, satukan bagian ujungnya dengan bagian ujung lainnya, seperti gambar di bawah ini.

4.    Setelah selesai, membuat dasar brosnya, selanjutnya kita membuat bunga untuk brosnya (dengan kain perca yang berukuran 40 X 6 cm, membuat 2 warna yaitu putih dan hijau toska) dengan menggunakan lem lilin, di lipat seperti gambar di bawah ini.

5.    Setelah selesai membuat bunga yang besarnya, kita lanjut untuk membuat bunga kecilnya sebagai hiasan, caranya sama dengan cara nomor 1. Di jahit jelujur dan di satukan, seperti gambar di bawah ini.


6.    Setelah semua bunga telah selesai , kita lanjutkan dengan membuat hiasanya dengan mutiara yg di satukan dengan benang plastic ( agar tidak mudah putus ), seperti gambar di bawah ini.

7.    Setelah selesai membuat mutiaranya, kita jangan lupa menggunting kain fanel untuk dasarnya dengan bentuk melingkar.




8.    Kita juda dapat menambahkan pita sebagai hiasannya



9.    Setelah semuanya telah selesai, kita hanya perlu menyusun bunga- bunga tersebut menjadi satu bagian yang indah, seperti gambar di bawah ini ( menggunakan lem lilin )



10.    Setelah itu kita hanya perlu menempelkan peniti dan mutiaranya, agar dapat di gunakan. Cara yang sangat simple untuk membuat bros yang bagus dan bernilai ekonomis dari kain perca.

BAB IV
HASIL PRODUK
A.    Rincian Biaya
NO    NAMA BARANG    BIAYA    KETERANGAN
1    mutiara    1 bungkus
Rp. 8.000    Menggunakan 1 bungkus untuk 2 bross
2    Lem lilin    1 lusin
Rp. 10.000    Menggunakan 2 lem lilin untuk 2 bross
3    Kertas Kado    1 lembar
Rp. 2.000    Menggunakan 1 lembar untuk kotak
4    Kertas kaca    1 lembar
Rp. 6.000    Menggunakan setegah lembar untuk di bagian atas kotak
    total    Rp. 26.000    Rp. 15.000

Harga Penjualan:
1 kotak isinya 2 bross.
1 bross di jual seharga Rp. 20.000,-
Jadi 1 kotak dengan isi 2 bross kita jual seharga Rp. 40.000,-









B.    Hasil Produk













BAB V
PENUTUP
Demikianlah laporan kerajinan tangan pembuatan bros saya susun,.Pembuatan laporan ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas dan menambah ilmu tentang kegiatan yang di lakukan terutama 4 R.
A.    Kesimpulan
Dari hasil yang saya kerjakan, saya dapat memanfaatkan barang yang tidak lagi dipakai yang ada di rumah saya dengan menghasilkan keuntungan yang berupa uang dan yang lebih penting lagi mengurangi jumlah volume sampah yg harus saya buang.

B.    Saran
Dengan melaksanakan salah satu program 4R yaitu Recycle(mendaur ulang)kita dapat mengurangi jumlah volume sampah yang akan kita buat dan memanfaatkan kembali barang yang tidak layak dipakai menjadi layak dipakai dan bernilai jual.



Daftar pustaka


    Anonim, 2014. Berbagi makalah bertemakan kain bekas, Diunduh dari:
http://databermanfaat.blogspot.com/2014/06/berbagi-makalah-bertemakan-kain-perca.html


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  proposal kerajinan dari kain perca

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Alat dan Bahan 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://www.academia.edu/12794832/PROPOSAL_KERAJINAN_TANGAN

0 komentar:

Post a Comment