, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mengidentifikasi Produk Kerajinan bahan keras di lingkungan sekitar

Mengidentifikasi Produk Kerajinan bahan keras di lingkungan sekitar

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Mengidentifikasi Produk Kerajinan bahan keras di lingkungan sekitar

mengidentifikasi produk kerajinan dari bahan keras  -  1. Mengidentifiksi Produk kerajinan bahan keras di lingkungan SekitarOleh: Alvin Irene Andmardi (03) Elenna Mia P. ( Febrian Adi Nugroho Christiani Turnip Nur Nohmawanti Nenny Kusuma W
    2. 1. KayuAda berbagai macam bahan keras yang dapat dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan banyak hal, seperti properti, hiasan, dsb. Salah satunya adalah kayu. Kita tinggal di kota Jepara, tentunya setiap pribadi sudah sangat mengenal apa itu kayu. Dan hampir semua orang sudah tahu barang2 apa saja yang akan dihasilkan dengan bahan dasar ini maupun pembuatannya.
    3. Barang-Barang Rumah Tangga
    4. Hiasan
    5. Proses Membuat Kerajinan Kayu Pertama-tama penyiapan bahan baku kayu, umumnya menggunakan mesin potong kayu dan alat pengering Kemudian pembentukan dibuat menggunakan gergaji dan alat pahat Pembentukan halus atau pengukiran dengan alat pahat PenghalusanF (biasanya menggunakan amplas) Finishing biasanya dibantu dengan mesin semprot cat dan kuas untuk mewarnai
    6. Motif-Motif yang sering digunakan dalam kerajinan kayu Motif Ukiran Setiap derah memiliki motif ukiran yang berbeda- beda, seperti Motif Jepara, Motif surakarta, dsb. Motif Geometris
    7. Monel

    8. Definisi Monel adalah sebuah logam baja putih yang sangat kuat dan eksotis. Monel ini merupakan logam dengan kandungan utamanya Nikel (nickel), yang dipadukan dengan tembaga serta dengan sedikit kandungan besi dan mineral.
    9. Kegunaan Monel Monel memiliki banyak sekali kegunaan, seperti dapat dijadikan sebagai hiasan, bahan penyusun alat musik dsb. Di Jepara ini, sangat terkenal monel sebagai bahan dasar karya kerajinan sebagai aksesoris.
    10. Keistimewaan pernik monel • Monel lebih keras dibanding pernik lain • Monel lebih tahan terhadap karat • Monel anti asam • Monel lebih berkilau dan tahan lama
    11. Proses membentuk pernik monel Bahan dasar pernik monel berbentuk batang dan lempengan padat. Dengan mesin batch late (bubut), dibentuk sesuai model yang diinginkan untuk menghilangkan dan menghaluskan jejak bubutan. Menjadikan berkilau digunakan mesin poles.
    12. ROTAN
    13. PENDAHULUAN • Sebelum membahas lebih lanjut tentang kerajinan dari bahan dasar rotan, perlu diketahui lebih dulu tentang apa itu rotan sebenarnya. • Rotan yaitu sekelompok palma dari puak (tribus) Calamae yang memiliki habitat memanjat. • Rotan relatif mudah dipanen dan cepat tumbuh serta ditransportasi. Hal ini merupakan suatu keuntungan tersendiri bagi para pengrajin yang menggunakan bahan dasar rotan.
    14. Kerajinan Rotan Jepara • Sentra kerajinan rotan di Kabupaten Jepara berada di Desa Teluk Wetan, Kecamatan Welahan. Desa ini berbatasan langsung dengan Kabupaten Demak.
    15. Contoh Kerajinan Kursi Rotan Tempat tidur rotan Souvenir Hiasan
    16. Proses Pembuatan • Teknik pembuatan meja atau kursi dari rotan : 1. Siapkan rotan yang sudah dibersihkan dengan ukuran diameter sekitar 2-3 cm. 2. Rotan dibentuk menurut kerangka kursi/meja, 3. Agar mudah dibentuk, terlebih dulu panaskan rotan dengan api, sampai agak lunak. 4. Jika belum sempurna, rotan dipanaskan lagi dan dibentuk lagi. 5. Demikian seterusna sampai terbentuk sesuai keinginan.
    17. 6. Bahan-bahan kerangka yang satu dengan yang lain dir
angkai dengan terlebih dahulu menggunakan paku atau pasak. 7. Kemudian ikat dengan anyaman menggunakan kulit rotan yang lebih kecil. 8. Setelah kerangkanya selesai, barulah dianyam kulit rotannya ang sebelumnya sudah di haluskan . 9. Agar lebih indah, kursi atau meja dari rotan ini bisa diplitur/diwarnai.
    18. • Kerajinan yang dihasilkan dari rotan ini memiliki banyak fungsi yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari kita. Misal : 1. Untuk menambah keindahan rumah (Hiasan dinding) 2. Untuk melengkapi alat rumah tangga yang ada di rumah (Meja, kursi, dan perabotan) 3. Untuk digunakan sebagai oleh- oleh atau buah tangan (Souvenir)

    19. Gambar


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang mengidentifikasi produk kerajinan dari bahan keras 

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MACAM MACAM BENANG SULAM 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://www.slideshare.net/alviniandmardi/mengidentifikasi

0 komentar:

Post a Comment