Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Bordir? : #KitaTanya18

Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Bordir? : #KitaTanya18

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Bordir? : #KitaTanya18


bordir adalah - Apakah Bordir dan Sulam yang Berbeda?
Asal Usul Bordir ato Sejarah Bordir Pertama Kali di Indonesia?


Apa sih itu sebenernya pengertian bordir
Ga usah kita susah buat nyari dan  mikir
Disini kita jadikan bahan obrol buah bibir
Semoga bisa kita jadikan bahan berpikir

Salam Mas Bro dan Mbak Bro.

Bagi kita yang masih sekolah pasti ga asing dengan bordir bukan?

Karna kita sering menggunakannya untuk membordir nama kita pada seragam. Tapi ga hanya anak sekolah saja yang akrab dengan bordir. Kaum wanita pasti sangat akrab dengan hal ini. Kita sering menemukannya pada kebaya ato baju wanita bukan?

Banyak pakaian wanita yang mengaplikasikan bordir sebagai hiasan. Ga hanya diaplikasikan ke baju saja. Bordir juga sekarang lagi sering dijadikan sebagai hiasan celana jeans. Bahkan dijadikan hiasan untuk tas kulit ato jaket.



Apa Sih Itu Sebenernya Pengertian Bordir?


Pengertian bordir adalah sebuah teknik benang yang dijalinkan pada kain ato kulit. Sedangkan tujuan bordir adalah untuk membentk sebuah motif sebagai penghias. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bordir adalah hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain. Sebenernya pengertian bordir diambil dari istilah dalam bahasa Inggris embroidery yang berarti sulaman.


Apakah Bordir dan Sulam Berbeda?

Sebenernya, bordir dan sulam adalah istilah yang sama. Yaitu hiasan dari benang yang dijahitkan pada kain. Hingga sekarang orang-orang mungkin termasuk Kita mengira bahwa bordir dan sulam adalah 2 hal yang berbeda. Padahal yang membedakan hanyalah teknik yang digunakan dalam prosesnya. Bordir merupakan teknik menghias dengan benang menggunakan mesin.



Sedangkan sulam menggunakan tangan dalam pengerjaannya. Bordir s
eringkali digunakan untuk bordir baju, bordir kaos, bordir kostum futsal, bordir kostum bola,  bordir jaket, bordir topi, dan bordir seragam. Buat yang promosi bordir dengan harga merakyat biasanya kejar pasar bordir baju murah dan bordir kaos murah.


Perbedaan Sulam dan Bordir Berdasarkan Macam dan Jenis Tusuk

Selain itu macam-macam tusuk yang digunakan pun berbeda. Berikut teknik tusuk yang membedakan sulam dengan bordir, yaitu:

1.Tusuk Balik ato Tikam Jejak

Teknik bordir ini sering digunakan untuk membuat tangkai. Ato membentuk  sebuah garis dan digunakan dalam menjahit lipatan dan untuk menyambung kain.

2.Tusuk Batang ato Tangkai

Teknik bordir ini selalu digunakan untuk mebuat batang, ranting ato sebagai pengisi bidang.

3.Tusuk rumani

Teknik bordir ini biasa digunakan untuk membuat daun serta bunga-bunga ato digunakan untuk bentuk bidang yang panjang.

4.Tusuk Veston

Teknik bordir ini sering untuk membuat bunga dan  lubang kancing. Selain itu Teknik bordir ini digunakan untuk memperkuat serta menghias bagian tepi kain.

5.Tusuk Bunga

Dari namanya saja kita pasti udah bisa menebak bahwa Teknik bordir ini sering digunakan untuk membuat bentuk bunga.

6.Tusuk Rantai

Sedangkan teknik bordir ini seringkali digunakan untuk membuat garis pembatas. Ato biasa digunakan untuk membuat dahan dan ranting

7.Tusuk Datar

Jenis bordir ini biasa digunakan untuk membikin bentuk bunga, daun, serta mengisi bidang

8.Tusuk Flanel

Ini dia salah satu teknik yang sering digunakan untuk membuat hiasan tepi serta garis pembatas.

9.Tusuk Daun

Dari namanya saja kita pasti udah bisa menebak bahwa Teknik bordir ini sering digunakan untuk membuat daun

10.Tusuk Bullion

Macam bordir ini sering digunakan untuk membuat bentuk bunga kecil dan hiasan bulir-buliran.

11.Tusuk Lurus

Kalo cara bordir ini dapat digunakan untuk membentuk bunga serta rumput

12.Tusuk Satin

Teknik bordir ini bisa digunakan untuk membuat helaian daun serta berbagai macam bentuk bebas lainnya.

13.Tusuk Jelujur

Teknik bordir ini bisa digunakan untuk membentuk garis.gahanya itu Teknik bordir ini juga digunakan untuk menjelujur sambungan serta lipatan kain.

Sedangkan pada bordir dengan menggunakan mesin. Hanya sedikit memiliki variasi jenis tusuk yang lebih sedikit. Berikut macam-macam jenis tusukan pada bordir :

1.Tusuk lurus.

Cara bordir ini juga terdapat pada sulaman dengan menggunakan tanga. Teknik bordir ini sering digunakan untuk membuat kerangka motif sebelum proses bordir.gahanya itu ini juga bisa digunakan untuk membuat isian pada motif. Bisa juga sebagai pengisi bidang yang lebar serta membuat motif yang berupa garis seperti garis lurus ato lengkung

2.Tusuk Zig-zag

Macam bordir ini biasa digunakan untuk berbagai macam bentuk motif. Bisa digunakan untuk membentuk garis, bentuk flora fauna, bentuk geometris, serta bentuk lainnya.

Selain 15 jenis bordir diatas bordir juga masih memiliki jenis yang lain yaitu bordir towel ato handuk, bordir aplikasi dan bordir timbul.


Apa yang Membedakan Ketiga Jenis Bordir Diatas?

Bordir towel memiliki tekstur seperti handuk, sehinggagaheran jika dinamakan bordir towel/ handuk. Bordir ini biasa digunakan untuk hiasan jaket varsity. Sedangkan Bordir Aplikasi merupakan penambahn kain pada bordir.

Kemudian direkatkan dengan bordir jumping pada sisi kain. Biasanya diaplikasikan ke kain felt, wp, oscar, parasit, laken, kulit, dan lain sebagainnya. Untuk bordir timbul merupakan jenis bordir yang banyak di aplikasikan ke topi. Jenis bordir ini memiliki ciri khas hasil akhir yang Nampak keluar ato timbul.



Apakah Semua Jenis Kain Bisa Media Dasar Untuk Bordir?

Mungkin pertanyaan ini sempat terlintas dipikiran kita, apakah bordir bisa di aplikasikan untuk semua jenis kain. Dan jawabannya tentu saja bisa. Karna bordir yang merupakan penghias kain berbahan dasar benang. Sehingga bordir bisa di aplikasikan kemana saja. Bahkan telah banyak model tas yang mengaplikasikan bordiran sebagi penghias tas.

Bordir juga seringkali digunakan untuk bordir baju, bordir kaos, bordir kostum futsal, bordir baju murah, bordir kaos murah, bordir jaket, bordir kostum bola,  bordir topi, bordir seragam. Selain sebagai penghias, bordir juga bisa dipakai untuk penamaan pada seragam.

Sangat multifungsi bukan?


Apakah Semua Bordir Menggunakan Mesin yang Sama?

Seperti yang Kita ketahui bahwa mesin bordir merupakan alat untuk membuat hiasan. Mesin ini sering digunakan untuk bordir baju, bordir kaos, bordir kostum futsal, bordir baju murah, bordir kaos murah, bordir jaket, bordir kostum bola,  bordir topi, bordir seragam. Dengan menggunakan bahan dasar benang sertan pola tertentu diatas kain.
Darimanakah Asal Mesin Bordir Pertama Kali?

Ternyata mesin bordir pertama dikembangkan pada pertengahan abad ke-19. Walaupun sebenernya bordir udah sejak lama ditemukan dan muncul pertama kali tahun 330 seudah masehi. Karna sebenernya pada zaman dulu manusi purba telah mengenal bordir. Mereka menggunkan bordir untuk menghias baju kulit mereka.

Makanya sampe sekarang kain bordir adalah peninggalan sejarah yang berharga. Proses membordir itu perlu ketelitian lebih seorang pengrajin dalam pembuatannya. Karna seni bordir juga memiliki ciri khasnya masing-masing tiap negara.



Asal Usul Bordir ato Sejarah Bordir Pertama Kali di Indonesia?

Ternyata bordir telah lama masuk ke Indonesia. Sejak tahun 1920 Indonesia udah mulai membuat dengan memanfaatkan bingkai kayu dan mesin jahit manual. Kemudian mesin ini digerakkan dengan kaki sebagai peralatan utama dalam membordir. Mesin ini udah mampu membuat bor
dir baju, bordir kaos, bordir kostum futsal, bordir baju murah, bordir kaos murah, bordir jaket,  bordir kostum bola,  bordir topi, bordir seragam.

Dan hingga sekarang pembuatan motif bordir masih banyak menggunakan mesin jahit manual. Mesin ini masih sering digunakan oleh para pengrajin pakaian bordir untuk menyelesaikan pesan jaket bordir, pesan topi bordir, pesan kaos bordir. Bahkan para pengrajin di Bandung tepatnya wilayah Soreang serta Kota Tasikmalaya masih menggunakannya. Bahkan di beberapa wilayah Indonesia pun masih banyak menggunakannya.

Para pengrajin tersebut menjadikan produk bordir sebagai produk unggulan mereka. Karna industri ini menjanjikan serta memberikan banyak kemajuan bagik masyarakat daerah setempat. Walaupun mesin yang mereka gunakan adalah mesin manual. Tapi ini ga menghambat kreatifitas dan menurunkan kualitas produk mereka. Mereka bahkan berani menerima order pesan jaket bordir, pesan topi bordir, pesan kaos bordir.


Sejarah Munculnya dan Perkembangan Bordir di Indonesia?


Bordir manual sendiri ternyata memiliki persiapan yang sangat sederhana. Kita hanya perlu menyiapkan print gambar yang berwarna dan hitam putih yang akan di bordir kepada pengrajin. Kertas print yang hitam putih digunakan untuk proses penjiplakana. Namun kelemahan dari mesin manual adalah ga cocok untuk produksi secara masal.

Karna hasil antara satu produk dengan produk yang lainnya sedikit berbeda. Apalagi untuk logo ato desain yang rumit. Produk yang dihasilkan akan ga sesuai dan kurang akurat. Mengingat pengerjaannya yang masih manual. Dan bordir ini sangat tergantung dengan keahlian pengrajin.

Tapi melihat kebutuhan bordir yang semakin meningkat, beberapa pengrajin mulai beralih menggunakan mesin yang lebih modern. Banyak pengrajin bordir mulai menggunakan bantuan mesin. Walaupun masih dioperasikan oleh tangan manusia dalam proses membordir.

Sementara itu para peneliti terus mengembangkan mesin bordir. Kemudian usaha keras mereka menghasilkan sebuah mesin border yang lebih modern. Para peneliti akhirnya berhasil membuat mesin bordir komputer. Mesin ini membantu pengrajin membuat motif bordir di atas kain secara otomatis.

Kehadiran mesin bordir yang berbasis teknologi komputer memudahkan kegiatan produksi bordir. Hal ini membuat kegiatan produksi bordir mampu dilakukan secara masal. Bahkan hanya dalam waktu yang relatif singkat.  Serta pola desain yang rumit dapat dihasilkan dengan akurat. Tapi ini ga membuat sulaman dengan tangan kurang diminati. Karna pada kenyataannya keindahan dan keluwesan motif bordir secara manual masih memiliki nilai jual tinggi. Dibandingkan produksi motif bordir yang dihasilkan oleh komputer.

Desain bordir yang dihasilkan oleh mesin berteknologi komputer sendiri. Akhirnya mulai dijual secara internasional. Salah satu yang banyak dijual adalah alat tenun yang digunakan untuk memproduksi patch renda. Jadinya kita ga perlu repot lagi karna mesin dengan komputer ini mampu membuat pola bordir besar. Jadinya sangat menghemat waktu produksi.

Tahun 1980, dikenalin teknik pembuatan bordir menggunakan sistem digital. Sistem ini mampu membuat pola desain bordir dengan ukuran enam kali lipat dari ukuran pada umumnya. Selanjutnya mereka mematenkan karna berhasil membuat jahitan melengkung yang dihasilkan dari keyboard serta pola lingkaran.

Ga berhenti sampai disitu saja, karna pada tahun 1982 dikembangin sebuah teknologi lagi. Teknologi bordir yang baru yaitu teknologi mesin bordir multi-user pertama. Dengan mesin bordir ini akan memungkinkan banyak pekerja mampu membordir dalam waktu bersamaan.

Lalu saat menginjak tahun 1990-an berbagai perusahaan mesin bordir akhirnya mulai mengadaptasi sistem komersial.  Serta memasarkan mesin bordir komputer yang ditujukan bagi industri rumahan. Mesin bordir dengan perangkat lunak komputer akan membuat seorang pengrajin membutuhkan waktu singkat untuk membuat desain bordir.

Sekarang banyak sekali kita jumpai hasil dari seni hias bordir di berbagai dunia dengan ciri khas dan keunikan tersendiri. Seni hias bordir pada jaman sekarang merupakan salah satu trend fashion yang yang sering digunakan oleh designer-designer kenamaan dunia. Pada dasarnya kata bordir sendiri menurut Kamus Lengkap Bahasa Indonesia adalah hasil hiasan rajutan benang yang diterapkan pada kain.

Ada banyak sekali alat yang dapat digunakan untuk hiasan bordir yang sering kita jumpai diantaranya adalah benang, jarum serta kain. Selain alat tersebut untuk metode hias bordir biasanya menggunakan mesin jahit yang kita kenal dengan nama mesin juki akan teTapi seiring dengan perkembangan zaman dan munculnya teknologi moderen banyak sekali pengrajin hias bordir beralih dengan menggunakan teknologi komputer.

Karna selain proses pengerjaannya lebih cepat, hasil dari teknologi bordir komputer juga terlihat rapi dan mengurangi anggaran pengeluaran yang besar. Akan tapi untuk saat ini ga banyak perusahaan konveksi yang menggunakan bordir komputer. Karna alat bordir komputer sendiri pada saat ini harganya lumayan mahal. Sehingga masih ada yang menggunakan mesin bordir tradisional. Ini ga menghalangi mereka menerima pesan jaket bordir, pesan topi bordir, pesan kaos bordir.

Meski bergitu di Indonesia akhirnya mulai bermunculan banyak usaha bordir kecil. Biasanya  pekerjaan yang diterima adalah bordir baju, bordir kaos, bordir kostum futsal, bordir jaket,  bordir kostum bola,  bordir topi, dan bordir seragam.

Ada juga yang kejar pasar bordir yang murah dengan promosi bordir baj
u murah dan bordir kaos murah. Meski begitu pasar bordir Indonesia udah punya produk unggulan yang selalu di ekspor ke berbagai negara.

Satu yang patut dijadikan contoh adalah hias bordir dari Tasikmalaya. Karna udah melekat dengan masyarakat daerah Tasikmalaya. Bahkan telah berkembang sejak lama dan jadi penghasilan utama.

Hiasan bordir Tasikmalaya memiliki ciri khas yang banyak disukai oleh orang-orang. Karna  keunikan motif bordirnya yang pake motif bunga-bunga. Bordir ini biasa ditempelkan pada pakaian, selendang, dan berbagai produk fashion lainnya.

Banyaknya pesanan hias bordir pada daerah Tasikmalaya, membuat banyak tenaga kerja yang dibutuhkan. Karna membutuhkan ketelitian yang tinggi maka ga heran kalo banyak memperkerjakan wanita.

Melihat kesenian bordir yang cukup melekat pada kehidupan sehari-hari. Tentu membuat kita berpikir bahwa ini bisa menjadi salah satu peluang usaha. Mengingat sejarah bordir ato asal-usul bordir yang begitu panjang. Tentu bisa menjadi kesempatan bagi Kita yang ingin menjadikan bordir sebagai peluang usaha.

Apalagi bordir sangat diperlukan dalam dunia fashion. Bahkan telah banyak produk bordir buatan Indonesia yang telah di export ke luar negeri. Selain menambah pemasukan, bisnis ini juga bagus untuk mengenalkan nama Indonesia hingga kancah Internasional bukan? Apalagi perkembangan dunia fashion selalu berubah tiap barunya. Dan ga sedikit fashion yang menjadikan bordir sebagai hiasan pakaian.



Selai mempercantik pakaian, bordir juga mampu membuat pakaian menjadi lebih trendi. Ga jarang wanita yang mengaplikasikan bordir untuk celana bahkan untuk tas. Jadi tunggu apalagi Mas Bro dan Mbak Bro. Bisa jadikan hasil pakaian bordir jadi pilihan.





Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  bordir adalah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengetahuan Dasar tentang Kristik (Pola, Kit, Benang, Kain, dll) 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://kekitaan.com/2016/01/25/apa-sih-itu-sebenernya-pengertian-bordir-kitatanya18/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.