, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Penyelesaian Tepi Busana: Kampuh Terbuka

Penyelesaian Tepi Busana: Kampuh Terbuka

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Penyelesaian Tepi Busana: Kampuh Terbuka



penyelesaian tentang kerapian - Teknik penyelesaian suatu busana sangat menentukan kualitas dari busana itu sendiri, kesalahan dalam menganalisa desain akan menjadi kesalahan dalam teknik penyelesaiannya. Salah satunya penyelesaian tepi busana akan menghasilkan kenyamanan tersendiri ketika busana tersebut dikenakan. Kerapian dalam penyelesaian tepi busana juga bisa menjadi nilai tambah dan meningkatkan kualitas pada busana tertentu. Terdapat beberapa teknik yang bisa digunakan dalam penyelesaian tepi busanan, yaitu kampuh, keliman, depun, rompok. serip, kumai serong, dan bisban.

Pada bahasan yang petama kita akan bahas mengenai kampuh (teknik menyambung). Untuk menyatukan bagian-bagian dari potongan kain pada pembuatan busana seperti menyatukan bahu muka dengan bahu belakang, sisi kiri muka dengan sisi kanan belakang, dan lain sebagainya, sisa sambungan disebut kampuh. Teknik menjahit sambungan supaya hasilnya kuat, maka setiap penyambungan baik di awal atau pun di akhir tusukan harus dimatikan, agar tidak mudah lepas yaitu dengan cara menjahit mundur maju atau dengan cara mengikatkan kedua ujung benang. Pemakaian kampuh disesuaikan dengan kegunaan yang lebih tepat.

Kampuh


Kampuh ada bermacam-macam antara lain kampuh terbuka, kampuh balik, kampuh pipih, kampuh perancis, kampuh kostum dan kampuh sarung. Penerapan kampuh-kampuh tersebut disesuaikan dengan jenis bahan dan desain suatu busana.

Kampuh Terbuka, kampuh yang tiras sambungannya terbuka atau dibuka. Kampuh terbuka menyambung dua bagian pakaian dengan cara menjahit dari bagian buruk pakaian kemudian kedua ujung sambungan dibentangkan atau dibuka. Kampuh terbuka mudah dikecilkan dan dibesarkan. Kampuh terbuka digunakan untuk menyelesaikan pakaian agar tampak rapi pada bagian baik tidak terlihat setikan-setikan. Tambahan kampuh untuk jahitan kampuh terbuka paling sedikit 2 cm dan selesai jadi 1,5 cm atau lebih.

Kampuh Terbuka
 Kampuh Terbuka

Kampuh terbuka umumnya digunakan untuk menjahit pakaian wanita seperti blus, rok. Kampuh terbuka untuk menyambungkan garis bahu, garis sisi garis tengah belakang dan garis princes. Kampuh terbuka ini dapat dibedakan antara kampuh terbuka pada garis datar dan kampuh terbuka pada garis lengkung. Kampuh terbuka pada garis lengkung ini sering digunakan pada garis princes, garis lengkung mulai dari kerung lengan depan atau belakang terus ke garis pinggang atau ke garis bawah kelim pakaian.

Langkah kerja pembuatan kampuh terbuka dan penyelesaian tepinya yaitu kedua ujung kampuh disemat dengan jarum pentul bagian baik kain saling berhadapan. Kampuh bagian tengah disemat jarum pentul dengan teratur. Beri tanda dengan kapur jahit dan pita ukur, lebar kampuh untuk jahitan paling sedikit 2 cm. Jelujur kampuh dengan jarak yang rata. Jahit dengan mesin di sebelah jelujur, hindari menjahit tepat pada benang jelujur, karena akan sulit mencabut benang jelujur tersebut. Setelah kampuh disatukan lalu dibuka dengan jalan disetrika. Lebar kampuh terbuka setelah selesai harus sama dan rata yaitu 1,5 cm sampai 2 cm. Penyelesaian tiras kampuh tergantung dari asal dan tebal tipisnya bahan serta tenunan.

Penyelesaian tepi kampuh terbuka yaitu bisa dengan cara digunting zig-zag, penyelesaian dengan gunting zig-zag dikerjakan pada bahan-bahan yang tidak bertiras seperti bahan sintetis dan bahan stretch.

Kampuh Terbuka Gunting Zig-zag
 Kampuh Terbuka Gunting Zig-zag
Penyelesaian dengan stik mesin, penyelesaian dengan stik mesin ini dikerjakan pada bahan-bahan yang berasal dari serat alam maupun semi sintesis atau serat sintesis yang tidak tebal. Penyelesaian dengan cara melipat kecil pinggiran tiras dan disetik dengan mesin sepanjang pinggiran tersebut.

Penyelesaian dengan mesin obras, tiras diselesaikan dengan mesin obras. Penyelesaian yang kini banyak dipilih karena mudah, murah dan rapi. Tetapi tidak berlaku untuk jenis pakaian bermutu tinggi. Untuk bahan yang tipis dan tebal (tidak tembus pandang) contoh katun, linen, silk, polyester, wool dan sejenisnya.

Kampuh Terbuka Obras

Kampuh Terbuka Obras
Penyelesaian dengan mesin zig-zag, penyelesaian ini digunakan pada bahan-bahan yang tidak terlalu tebal dari serat alam maupun serat buatan.

Penyelesaian dengan bisban, tiras diselesaikan dengan bisban. Berlaku untuk bahan tebal seperti wool dengan model pakaian sejenis mantel yang bagian dalamnya tidak dilapis. Setelah selesai lebar kain serong dari bagian luar hanya 0,5 Cm. Untuk menggunting kumai serong bahan dilipat diagonal, sehingga benang lungsi bertumpuk searah dengan benang pakan. Garis diagonal pada kain inilah yang dianggap sebagai tepi atau tiras kumai. Untuk menyambungnya, kumai serong disetik menurut arah benang lungsi dengan benang kampuh terbuka dan dimampat. Sambungan kumai serong pada bahan bergaris atau berkotak harus sedemikian rupa, sehingga corak bahan bergaris atau berkotak itu berterusan. Tempelkan kain serong pada tiras. Anda juga juga bisa menggunaakn bisban siap pakai agar lebih mudah dan praktis.

Penyelesaian dengan tusuk balut, penyelesaian dengan tusuk balut ini di lakukan pada bahan-bahan semi sintesis yang agak tipis atau bahan-bahan yang tidak mudah bertiras, misal sutera, wool, dan katun. . Caranya yaitu tiras dibalut renggang dengan arah serong, kampuh tetap terbuka, dapat juga disatukan.

Penyelesaian dengan tusuk feston penyelesaian seperti ini kurang praktis, oleh karena itu hanya dilakukan apabila mesin jahit belum ada atau jika semua jahita dikerjakan dengan tangan. Tiras difeston, feston jangan terlalu erat. Penyelesaian ini memerlukan waktu yang lama, tapi tahan cuci. Untuk bahan yang mudah bertiras dari sutera,wool, kapas, sintetis.

Simak terus artikel dari kami ya Sahabat  , artikel selanjutnya kita masih bahas mengenai jenis kampuh yang lainnya. semoga bermanfaat.

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  penyelesaian tentang kerapian

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 10 Komponen Pada Mesin Jahit 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/penyelesaian-tepi-busana-kampuh-terbuka/

0 komentar:

Post a Comment