, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

10 Komponen Pada Mesin Jahit


10 Komponen Pada Mesin Jahit

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 10 Komponen Pada Mesin Jahit


gigi pda mesin jahit - Berdasarkan catatan sejarah kegiatan jahit menjahit sebenarnya sudah dimulai sejak awal munculnya peradaban manusia dengan menggunakan alat bantu berupa benang yang diperoleh dari otot hewan serta jarum yang terbuat dari batu, tulang, tembaga, maupun gading. Seiring berjalannya waktu manusia mulai menyadari bahwa untuk membuat sebuah pakaian yang layak dan pantas untuk dikenakan dibutuhkan suatu alat yang dapat memudahkan dan mepercepat proses pembuatannya. Maka dibuatlah sebuah mesin yang saat ini kita kenal dengan nama sewing machine atau mesin jahit. Pada prinsipnya alat ini terdiri atas berbagai komponen penyusun yang memiliki fungsi dan peranan masing-masing.


Dudukan jarum

Dudukan jarum mesin jahit merupakan tempat memasang jarum jahit yang biasa bergerak keatas dan kebawah saat mesin dijalankan.
  Komponen Mesin Jahit

Sepatu mesin jahit

Sepatu mesin jahit berguna untuk menjepit kain saat proses menjahit berlangsung. Dalam kegiatan jahit menjahit dikenal berbagai macam jenis sepatu mesin jahit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya.
 Komponen Mesin Jahit

Gigi mesin jahit

Gigi mesin jahit terletak tepat di bagian bawah sepatu mesin jahit. Fungsi utama dari bagian ini adalah sebagai penggerak atau pendorong kain disaat menjahit.
 Komponen Mesin Jahit
Tuas pengatur jarak jahitan

Sesuai dengan namanya, fungsi utama bagian ini adalah untuk mengatur panjang pendek maupun renggang rapatnya jarak setikan suatu jahitan. Pengaturan dapat dilakukan dengan mengatur tombol penyetel panjang setikan yang terletak pada badan mesin.  Angka 6-7 untuk setikan renggang, angka 12-15 untuk setikan sedang yang biasa digunakan, serta angka 20-30 untuk setikan paling rapat.
 Komponen Mesin Jahit

Roda spul

Roda spul pada mesin jahit berguna untuk mengisi spul dengan benang jahit, ketika spul hendak digunakan.

Komponen Mesin Jahit
Spul Mesin Jahit

Spul merupakan bagian mesin jahit yang berfungsi sebagai pengisi benang bawah.

Komponen Mesin Jahit
Sekoci

Komponen berukuran kecil pada mesin jahit yang berbentuk menyerupai perahu ini berfungsi sebagai tempat meletakkan kumparan benang yang berada di bawah jarum.  Setelah spul dimasukkan ke dalam skoci, selanjutnya alat ini dipasang pada rumah sekoci.
 Komponen Mesin Jahit

Roda imbang

Pada mesin jahit kuno, roda imbang yang terletak pada bagian sebelah kanan mesin jahit memiliki peran yang sangat penting yaitu berguna untuk memulai dan memberhentikan mesin jahit.


Pedal Mesin Jahit

Pedal mesin jahit merupakan bagian yang berguna untuk menjalankan mesin jahit. Cara kerja dari alat ini adalah dengan cara di injak mengunakan kaki.
Komponen Mesin Jahit


Tiang dudukan benang

Bagian ini merupakan tempat untuk menyimpan gulungan benang yang digunakan selama proses berlangsungnya kegiatan jahit menjahit.
Komponen Mesin Jahit

Semoga artikel kali ini bisa menambah pengetahuan sahabat  . Semoga bermanfaat.

Tags: jual baju, jual baju batik, jual baju online, jual pakaian wanita, jual pakaian online, toko baju batik, toko baju batik online, toko baju batik wanita dan pria, toko baju online, toko baju wanita, toko busana online, beli baju batik, beli baju batik wanita dan pria, beli baju online, gambar baju batik, desain baju batik, fashion batik, fashion wanita, fashion baju terbaru, fashion design, fashion designer, designer indonesia

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gigi pda mesin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pressing tools, alat-alat untuk menyetrika :) 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/10-komponen-pada-mesin-jahit/

0 komentar:

Post a Comment