, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

tutorial : membuat tali sengkelit

 tutorial : membuat tali sengkelit

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 tutorial : membuat tali sengkelit


jahit sengkelit - {making spaghetti straps}



aku belajar membuat kebaya sederhana dengan kancing bungkus dan tali sengkelit. dan sengaja ku pilih warna kain yang sesuai dengan rok songket dengan resleting jeansku agar aku bisa memakainya suatu hari nanti.







dengan kerah berbentuk hati dan kerah setengah tegak




inilah tali sengkelit pertamaku..harus berkali-kali mencoba baru bisa berhasil..hehe.. mau tau bagaimana cara membuatnya?
yuk.. mariiii... simak tahapan pembuatannya ;D



1. siapkan kain serong (kain yang di potong menyerong dari serat kain yang lurus) dengan lebar kira-kira 6 cm dan panjangnya sesuai kebutuhan. kemudian libat menjadi 2 bagian, tahan dengan jarum pentul bila perlu (bagian buruk kain berada di luar)




2. jahit sedikit dengan lebar kira 0,3 atau 0,4 cm (jangan terlalu kecil nanti susah di balik). selesai di jahit, potong kampuh hingga sisa sedikit dan gunting ujungnya hingga berbentuk runcing (semakin besar kampuh, semakin besar kepadatan tali sengkelit)



3. siapakan jarum dengan 4 lapis benang, kemudian tusukkan ke dalam ujung lubang sengkelit yang berbentuk runcing tadi.



4. kemudian sekali lagi, masukkan kembali jarum ke dalam ujung lubang sengkelit, tarik hingga kuat (tidak lepas benangnya). kemudian masukkan kepala jarum (yang berlubang) ke dalam lubang sengkelit.



5. pelan-pelan, lewatkan jarum berbenang 4 lapis tadi ke dalam lubang sengkelit, hingga kepala jarum muncul kembali. tarik jarum hingga keluar.



6. tarik benang pelan-pelang, hingga ujung awal sengkelit tadi mulai tertarik masuk ke dalam lubang sengkelit. tarik terus hingga habis dan bagian buruk kain (kampuh) berada di dalam tali sengkelit.



7. taraaaa.. jadi deh tali sengkelitnya. mungkin perlu beberapa kali mencoba, agar menghasilkan tali sengkelit yang bagus dan rapi


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jahit sengkelit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 21 Model Baju Batik Muslimah Modern Terbaru 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://griyahobifitriaa.blogspot.co.id/2011/01/membuat-tali-sengkelit.html

0 komentar:

Post a Comment