, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pressing tools, alat-alat untuk menyetrika :)

Pressing tools, alat-alat untuk menyetrika :)

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Pressing tools, alat-alat untuk menyetrika :)


fungsi alat alat pressing - Ok..katakanlah sekarang anda sudah pandai menjahit, sudah punya mesin jahit, bahkan sudah punya mesin obras juga dan sudah punya perlengkapan menjahit lainnya seperti gunting, meteran,ripper dll…..dan andapun sudah berani menawarkan jasa menjahit baju untuk orang lain 🙂 … well tunggu dulu, coba pastikan anda memiliki beberapa alat pressing berikut ini, kecil tapi sangat penting perannya apalagi kalau anda mendeklarasikan jahitan anda berkelas “butik” :

1. Setrika. Pilihlah setrika yang “berat” supaya “mantap” untuk “menekan” baju yang kita setrika, pilihlah yang cukup nyaman untuk kita pegang. Kalau bisa pilihlah setrika yang memiliki fungsi steam sekaligus.

Baca artikel soal setrika rekomendasi saya di artikel ini.

2. Meja setrika. Alat ini pasti anda sudah punya, bisa yang menggunakan kaki atau yang berbentuk matras.





3. Seam roll. Nah ini salah satu alat yang sangat penting, saking pentingnya, jangan ngaku-ngaku jahitan kualitas butik kalau tidak punya alat ini, bahkan jangan jadi penjahit tanpa mempunyai alat ini 🙂 . Apa sih fungsinya seam roll ini ? mungkin anda mengira bahwa proses menyetrika, dilakukan setelah proses menjahit baju selesai semuanya, kemudian kita setrika selayaknya menyetrika baju sehari-hari, tidak ! penjahit yang baik ( butik ) itu, akan menyetrika untuk memecah jahitan per step. Misal begini, pola bagian depan kita jahit dengan pola bagian belakang, setelah selesai dijahit, maka jahitan itu (seam) akan kita pecah dengan menyetrikanya, begitu terus untuk setiap bagian. Sekarang bayangkan, bagaimana caranya untuk menyetrika/memecah jahitan sambungan pada bagian kerung, lengan atau celana ? menggunakan papan setrika biasa seperti pada gambar no.2 diatas, sudah pasti tidak akan bisa, kalaupun kita paksa bisa, hasilnya tidak akan bagus dan “mulus” layaknya baju mahal.  Itulah fungsi seam roll.


Oia, seam roll ini aku bikin sendiri, karena dipasaran tidak nemu yang jual.

Sebenarnya selain alat-alat diatas masih ada alat lain bisa digunakan untuk membuat jahitan anda bagus, tapi itu semua tergantung dari “style” atau “cara” masing-masing penjahit. Mungkin anda pernah perhatikan penjahit di Pasar Mayestik ada yang menggunakan balok kayu yang licin dan halus untuk alat pressing, ada juga yang menggunakan papan, dsb.

Tapi menurutku, ketiga alat diatas sudah cukup.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  fungsi alat alat pressing

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Bagaimana Cara Membuat Bantal Sofa yang Cantik dan Unik 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://rumahjahithaifa.com/2009/10/30/pressing-tools-alat-alat-untuk-menyetrika/

0 komentar:

Post a Comment