, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Masalah pada mesin jahit (ku)

 Masalah pada mesin jahit (ku)

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Masalah pada mesin jahit (ku)
benang atas dan bawah tidak mengait  - {trouble of (my) sewing machine}

Beberapa waktu yang lalu, hasil jahitan ku selalu kelihatan tidak rapi, bagian bawahnya kelihatan rapi dan rapat benangnya, tapi kok bagian atasnya benangnya kendur. Sampai akhirnya aku merasa kesal. Guruku bilang, kalau hasil jahitan atas yang kendur berarti ada yang salah dengan spull/sekoci bawahnya, sedangkan kalau hasil jahitan bawah yang kendur, berarti ada yang salah dalam memasang benang bagian atas. Berkali-kali ku cek, tidak ada yang salah dalam proses memasang benangku, dan spull/sekocinya pun ku periksa, tampaknya baik-baik aja. Padahal mesin jahit ini tidak pernah kerja keras, dipakainya pun tidak seharian penuh, tapi kenapa hasil jahitannya jadi jelek seperti ini, masa harus di bawa ke tukang service mesin jahit sih, aduh males banget (jauh dan masuk ke gang kecil lagi).

Akhirnya, ku putuskan untuk mencoba membuka bagian bawah mesin, tempat meletakkan sekoci (shuttle race). Pelan-pelan kubersihkan dengan kuas kecil dan kupasang kembali. Trus ku coba menjahit lagi, walah... Alhamdulillah hasil jahitannya bagus lagi. Ternyata perlu dibuka, dibersihkan dan dipasang kembali.


shuttle race

Kemudian, masalah yang lain yang pernah kutemui ketika aku menjahit, adalah hasil jahitanku, benang atas dan bawahnya tidak mau saling " mengait". jadi seperti menjahit tanpa ada benang di bawahnya. Ku periksa semua, cara masukin benang atas, sudah benar. Sekoci di periksa, kubuka shuttle race, dibersihkan dan dipasang kembali. Perasaan semua sudah diperiksa tapi kok hasil jahitannya masih seperti itu ya. Aku menyerah dan akhirnya minta bantuan guruku. Ternyata apa coba? Memasang jarumnya ketinggian. Ketinggian ??? aku bingung, bukannya tempat jarum itu ada penahannya, kok bisa ketinggian ya. Hehe.. ternyata mesin jahitnya mungkin sudah berumur alias tua, mungkin sudah doll penahannya.. lol..


penahan jarum di mesin jahit yamato

penahan jarum pada mesin jahit singer

Hehe..Sekarang mesin jahit sudah sehat kembali.. Ayo menjahit lagi ;D


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  benang atas dan bawah tidak mengait

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jelaskan teknik tenun tapestri, sebutkan! 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://griyahobifitriaa.blogspot.co.id/2010/10/masalah-pada-mesin-jahit-ku.html

0 komentar:

Post a Comment