SILABUS
SILABUS |
10 produk kerjinan fungsional - Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Cugenang
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Keterampilan
Semester : 1 (Satu)
Aspek : Kerajinan
Standar Kompetensi : 1. Mengapresiasi kerajinan jahit dan sulam.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
1.1.Mengenal berbagai produk kerajinan jahit dan sulam
1.2.Mengapresiasikan produk kerajinan jahit dan sulam 1. Pengertian produk kerajinan dengan teknik jahit dan sulam
2. Jenis peralatan, bahan dan produk jahit dan sulam
3. Fungsi peralatan dan bahan untuk jahit dan sulam
4. Macam-macam produk kerajinan jahit dan sulam.
1.Apresiasi produk kerajinan jahit dan sulam
1. Membaca buku sumber dan diskusi untuk mencari pengertian.
2. Menguraikan jenis peralatan dan produk jahit dan sulam.
3. Mendeskrip-sikan fungsi peralatan dan bahan untuk jahit dan sulam
4. Mengamati berbagai macam produk kerajinan jahit dan sulam
1.Mengapresiasi produk kerajinan untuk menentukan , orisinal disain,teknik pembuatan, kegunaan, dan estetika. 1. Menjelaskan perbedaan pengertian jahit dan sulam.
2. Mendeskrip-sikan jenis peralatan dan produk jahit dan sulam.
3. Mendeskrip-sikan fungsi peralatan dan bahan untuk jahit dan sulam
4, Mendeskripsikan berbagai macam produk kerajinan.
1.Menghargai produk kerajinan jahitdan sulam dari segi orisinal disain, teknik pembuatan, kegunaan dan estetika . Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Observasi
Tes tertulis
Uraian
Uraian
Uraian
Lembar observasi
Uraian
1. Jelaskan pengertian teknik jahit dan sulam!
2. Diskripsikan jenis peralatan dan produk jahit dan sulam!
3. Jelaskan fungsi peralatan dan bahan untuk jahit dan sulam!
4. Amati olehmu berbagai macam produk benda kerajinan jahit dan sulam lalu identifikasikan berdasarkan fungsi pakai dan hias.
5.Tuliskan dan jelaskan produk kerajinan jahit dan sulam dari segi manfaat./ke
gunaan. 4x40’ Buku
Nara sumber
Model
Media cetak
Galeri Seni
Industri kerajinan
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Kerajinan
Standar Kompetensi : 2. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran*
Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
2.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan jahit dan sulam.
2.2. Mendesain kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional dan manca negara dan modifikasinya. 1.Perencanaan desain dan biaya produksi jahit dan sulam.
2.Desain kerajinan teknik jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya 1.Membaca buku sumber, mengamati produk untuk membuat perencanaan desain.
2.Membuat desain kerajinan teknik jahit dan sulam. 1.Merencanakan desain dan biaya untuk membuat kerajinan teknik jahit dan sulam.
2.Mendesain kerajinan jahit dan sulam yang indah dan fungsional Tes kinerja
Tes kinerja
Penugasan individual/kelompok
Uji petik kerja
Proyek
1. Buatlah perencanaan desain dan biaya produksi pembuatan kerajinan fungsional dengan teknik jahit dan sulam!
2. Buatlah desain kerajinan fungsional /hias dengan teknik jahit dan sulam, bahan, bentuk bebas! 6x40’ Buku
Nara sumber
Model
Media cetak
2.3. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional, mancanegara, maupun modifikasi nya
2.4. Membuat kemasan produk kerajinan jahit dan sulam sehingga siap dipamerkan dan dijual. 3. Bahan dan alat produk kerajinan jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya
4. Pembuatan karya dan hiasan dengan teknik jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya
5. Pembuatan Kemasan
6. Pameran dan penjualan hasil karya produk kerajinan jahit dan sulam dengan kemasan yang menarik, unik, memiliki manfaat dan layak jual 3. Memilih bahan dan alat yang tepat sesuai desain.
4. Membuat karya sesuai desain dengan bahan, alat, dan teknik yang tepat.
5.Membuat kemasan produk yang unik dan menarik.
6. Memamerkan dan menjual hasil karya produk kerajinan jahit dan sulam dengan kemasan yang menarik, unik, memiliki manfaat dan layak jual
3.Memilih bahan dan peralatan yang tepat sesuai desain.
4. Membuat produk kerajinan dengan teknik jahit dan sulam.
5.Membuat kemasan produk yang indah dan menarik.
6. Memamerkan dan menjual hasil karya produk kerajinan jahit dan sulam dengan kemasan yang menarik, unik, memiliki manfaat dan layak jual
Tes kinerja
Tes kinerja
Tes kinerja
Tes kinerja Uji petik kerja
Uji petik kerja
Tes tulis ketrampilan
Tes uji petik 1. Sebutkan 3 alat yang digunakan untuk mendesain
2. Buatlah produk kerajinan fungsional/hias dari bahan tekstil dengan teknik jahit dan sulam!
1. Buatlah kemasan produk yang sesuai dengan
desain, unik,
dan menarik!
2. Selenggara-kan pameran sekolah dan juallah hasil karyamu.
6x40’ Buku
Nara sumber
Model
Media cetak
Alat
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 3. Mengapresiasi karya karya teknologi rekayasa penjernihan air.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
3.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
3.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis. 1. Pengertian alat penjernihan air.
2. Jenis alat dan bahan penjernihan air.
1. Fungsi alat dan bahan penjernihan air.
2. Prosedur pembuatan alat penjernihan air. 1. Menelaah buku sumber dan berdiskusi untuk mencari pengertian alat penjernihan air.
2. Menguraikan jenis peralatan dan bahan penjernihan air.
1 .Menuliskan fungsi alat penjernihan air.
2.Mendeskripsikan prosedur penjernihan air secara mekanis. 1. Mendeskripsikan pengertian alat penjernihan air.
2. Menuliskan jenis peralatan dan bahan penjernihan air dengan teknologi mekanis.
1. Mengidentifikasi fungsi alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
2.Mendeskripsikan prosedur pembuatan alat pejernihan air secara mekanis. Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
1. Jelaskan pengertian alat penjernihan air secara mekanis!
2. Jelaskan jenis peralatan dan bahan penjernihan air!
1. Tuliskan fungsi alat penjernihan air!
2. Deskripsi-kan prosedur penjernihan air secara mekanis! 2x40’ Buku
Nara sumber
Produk
Media cetak
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 4. Menerapkan teknologi rekayasa penjernihan air.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
4.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
4.2. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi mekanis. 1. Rancangan desain alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
2. Praktik pembuatan alat penjernihan air secara mekanis. 1. Menelaah buku sumber dan mengamati model untuk membuat desain alat penjernihan air secara mekanis.
2. Praktik membuat karya alat penjernihan air secara mekanis.
1. Membuat rancangan alat penjernihan air secara mekanik.
2. Praktik membuat alat penjernihan air secara kelompok dimulai dari penyiapan bahan dan alat sampai menghasilkan karya yang layak pakai Tes kinerja
Tes kinerja
Uji
prosedur,
dan produk
Uji
prosedur,
dan produk
1. Buatlah rancangan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis!
2. Buatlah alat penjernihan air dengan teknologi mekanik secara kelompok! 6x40’ Buku
Nara sumber
Produk
Media cetak
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 5. Mengapresiasi hasil teknologi budidaya.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
5.1.Mengenal berbagai tanaman obat
5.2.Mengapresiasi fungsi budidaya tanaman obat 1. Pengertian
tanaman obat
2. Alat dan media tanam.
3. Teknik penanaman tanaman obat
4. Jenis tanaman obat
1. Fungsi budi daya tanaman obat 1. Mengkaji buku sumber untuk mencari pengertian tanaman obat.
2.Mengidentifikasi media tanam dan peralatan.
3. Menuliskan prosedur teknik penanaman yang baik.
4. Mengamati jenis tanaman obat untuk menentukan jenis bibit yang baik.
1. Mengkaji buku sumber budi daya tanaman obat 1. Mendeskripsikan pengertian berbagai tanaman obat
2. Membedakan jenis tanaman obat yang baik.
3. Mengidentifikasi alat dan media tanam.
4. Mendeskripsikan teknik penanaman tanaman obat.
1. Mendeskripsikan fungsi budi daya tanaman obat Tes tulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Uraian
Uraian
Uji identifikasi
Uraian
Uraian
1. Jelaskan pengertian tanaman obat!
2. Jelaskan alat dan media tanam!
3. Deskripsikan teknik penanaman tanaman obat!
4. Indentifikasi-kanlah jenis tanaman obat yang ada di sekitar tempat tinggalmu!
1. Deskripsikan fungsi budi daya tanaman obat 2x40’ Buku
media cetak
Nara sumber
Model
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Standar Kompetensi : 6. Menerapkan teknologi budidaya tanaman obat.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
6.1.Menyusun rencana penanaman dan perawatan tanaman obat
6.2. Menanam dan merawat tanaman obat
1. Perencanaan penanaman tanaman obat.
2. Persiapan penanaman tanaman obat
1. Penanaman tanaman obat.
2. Perawatan tanaman obat 1. Mengkaji buku sumber dan mengamati jenis tanaman obat untuk membuat perencanaan.
2. Menyiapkan media tanam tanaman obat
1. Praktik menanam tanaman obat
2. Praktik perawat
an tanaman obat sampai menghasilkan .
1. Membuat perencanaan tanaman obat dan cara perawatannya.
2. Praktik kelompok membuat tempat penanaman tanaman obat
1. Praktik menanam tanaman obat sesuai perencanaan
2. Praktik
merawat
tanaman obat
Tes kinerja
Tes kinerja
Tes kinerja
Tes kinerja
Tes prosedur dan produk
Uji prosedur dan produk
Uji prosedur dan produk
Uji prosedur dan produk
1. Buatlah perencanaan penanaman tanaman obat yang baik!
2. Siapkan media tanam tanaman obat sesuai jenis tanaman yang akan ditanam.
1. Praktikan cara menanam tanaman obat yang benar!
2. Praktikan cara
merawat
tanaman obat
yang benar sesuai jenis tanaman. 6x40’ Buku
media cetak
Nara sumber
Model
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
7.1.Mengenal produk pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
7.2.Mengapresiasi fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan. 1. Pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2. Jenis peralatan dan bahan pembuatan pengawetan bahan nabati yang diasinkan
1. Fungsi
pengawetan
pengasinan.
2. Teknik pembuatan produk pengasinan nabati.
1. Mengkaji buku sumber untuk mencari pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2.Mendeskripsikan jenis peralatan jenis dan bahan pembuatan pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
1. Menuliskan fungsi pengawetan pengasinan.
2. Mengidentifikasi produk asinan bahan nabati untuk menentukan kualitas dan rasanya. 1 Menjelaskan pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2. Mengidentifikasi jenis peralatan dan bahan pembuatan pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
1. Menjelaskan jenis dan fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2. Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk pengawetan pengasinan.
Tes Tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
1. Jelaskan pengertian pengawetan pengasinan bahan nabati!
2. Diskripsikan jenis peralatan dan bahan pembuatan pengasinan!
1. Jelaskan fungsi pengawetan pengasinan bahan babati!
2. Deskripsikan teknik pembuatan produk pengasinan dari bahan nabati! 2x40’ Buku
sumber
Resep
Media cetak
Model
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 8. Menerapkan teknologi pengolahan.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
8.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.
8.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.
8.3. membuat kemasan produk pengawetan bahan nabati melalui pengasinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.
1. Perencanaan pengasinan
1. Pembuatan pengasinan bahan nabati.
1. Kemasan produk.
2. Penyajian hasil pengasinan nabati. 1. Mengkaji buku sumber untuk membuat perencanaan.
1. Praktik membuat pengasinan dari bahan nabat
1. Membuat kemasan produk pengasinan.
2. Penyajian dan penjualan hasil produk asinan 1. Merencanakan pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
1. Praktik membuat pengasinan bahan nabati.
1. Membuat kemasan produkpengasinan yang higenis, aman, dan menarik.
2. Menyajikan hasil dan menjualnya. Tes kinerja
Tes kinerja
Tes kinerja
Tes kinerja
Uji prosedur, dan produk
Uji prosedur dan produk
Uji prosedur dan produk
Uji prosedur dan produk 1. Buatlah perencanaan pengawetan bahan nabati dengan cara diasinkan sesuai pilihan
1. Praktikan pengawetan bahan nabati dengan cara diasinkan
1. Buatlah kemasan produk yang baik, higenis, dan menarik!
2. Pamerkan dan juallah hasil produk pengasinan dari nabati 6x40’ Buku sumber
Resep
Media cetak
Model
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
SILABUS
Nama Sekolah : SMP Negeri 1 Cugenang
Kelas : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran : Keterampilan
Semester : 2 (Dua)
Aspek : Kerajinan
Standar Kompetensi : 9. Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan anyaman dan makrame 1. Pengertian teknik anyaman dan makrame 1. Mengkaji buku sumber untuk mencari pengertian teknik anyaman dan makrame 1. Menjelaskan perbedaan pengertian anyaman dan makrame Tes Tertulis Uraian
1. Jelaskan perbedaan teknik anyaman dan makrame 2 X 40 Buku Nara sumber Model
2. Jenis perlatan dan bahan anyaman dan makrame 2. Mengidentifikasi jenis peralatan dan bahan anyaman dan makrame 2. Mendeskripsikan jenis peralatan dan bahan anyaman dan makrame Tes tertulis Uraian
2. Deskripsikan jenis peralatan dan bahan anyaman dan makrame
3. Fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame
4. Macam-macam produk kerajinan anyaman dan makrame
3. Mendeskripsikan fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame
4. Mengamati berbagai macam produk kerajinan anyaman dan makrame. 3. Menjelaskan fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame
4. Mendeskripsikan berbagai macam produk kerajinan anyaman dan makrame. Tes tertulis
Tes tertulis Uraian
Uraian 3. Jelaskan fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame
4. Tuliskan berbagai macam produk kerajinan anyaman dan makrame yang ditinjau dari segi fungsi pakai.
9.2. Mengapresi-asi keterampilan teknis pembuatan kerajinan anyaman dan makrame 1. Apresiasi keterampilan teknik pembuatan anyaman dan makrame 1. Mengapresiasi produk kerajinan anyaman dan makrame dan diskusi untuk menentukan teknispembuatan-nya 1. Menghargai produk kerajinan anyaman dan makrame dari segi teknis pembuatannya berbagai teknik pembuatan produk kerajinan dengan teknik anyaman dan Tes tertulis Uraian
1. Deskripsikan teknik pembuatan produk kerajinan dengan teknik anyaman dan makrame
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Kerajinan
Standar Kompetensi : 10. Membuat produk kerajinan anyaman dan makrame.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
10.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame 1.Perencanaan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame 1. Menelaah buku sumber untuk merencanakan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame 1. Merencanakan prosedur kerja produk kerajinan anyaman dan makrame Tes tertulis
Uraian 1. Buatlah perencanaan prosedur kerja pembuatan i kerajinan anyaman dan makrame 6 X 40’ Buku Nara sumber Model
10.2. Mendesain kerajinan anyaman dan makrame 1. Desain kerajinan anyaman dan makrame 1. Praktik membuat disain kerajinan anyaman dan makrame yang artistik dan fungsional 1. Praktik membuat disain kerajinan anyaman dan makrame Tes kinerja
Tes uji petik kerja 2. Buatlah desain kerajinan anyaman dan makrame
10.3. Membuat kerajinan anyaman dan makrame 1. Pembuatan kerajinan anyaman dan makrame 1. Praktik pembuatan kerajinan anyaman dan makrame 1. Praktik membuat anyaman dan makrame sesuai desain Tes kinerja
Tes uji petik 3. Buatlah kerajinan makrame untuk wadah dari bahan tali plastik atau benang sesuai pilihan mu
10.4. Membuat kemasan benda kerajinan anyaman dan makrame sehingga siap dipamerkan dan dijual 1. Pembuatan kemasan produk kerajinan anyaman dan makrame
2. Pameran produk benda kerajinan anyaman dan makrame 1. Praktik membuat kemasan produk kerajinan anyaman dan makrame
2. Pameran dan penjualan hasil karya produk benda kerajinan anyaman dan makrame di sekolah 1. Praktik membuat kemasan produk kerajinan anyaman dan makrame yang sesuai dengan desain
2. Memamerkan hasil karya produk kerajinan anyaman dan makrame dengan sentuhan estetika dan layak
j ual Tes kinerja
Tes kinerja Tes uji petik kerja
Tes uji petik kerja 4. Buatlah kemasan yang aman dan menarik sesuai dengan produk kerajinan yang di buat.
5.Selenggarakanlah pameran sekolah dan juallah hasil karyamu.
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
11.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi kimia
11.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi kimia 1.Perencanaan alat penjernihan air dengan teknologi berbahan kimia
2. Peralatan dan bahan penjernihan air dengan teknologi kimia
1. Teknik pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia
2. Prosedur penjernihan air dengan bahan kimia 1. Mengkaji buku sumber untuk mencari pengertian alat penjernihan air dengan teknologi kimia
2.Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan untuk membuat alat penjernihan air dengan teknologi kimia
1. Mempelajari teknik pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia
2. Mengamati proses dan analisis hasil alat penjernihan air dengan bahan kimia
1. Menjelaskan pengertian penjernihan air dengan teknologi kimia
2. Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat alat penjernihan air dengan teknologi kimia
1. Mendeskripsikan proses dan produk alat penjernihan air dengan bahan kimia
2. Mendeskripsikan prosedur penjernihan air dengan bahan kimia
Tes tertu
Tes kinerja
Tes kinerja
Penugasan individual/kelompok
Uraian
Tes identifikasi
Tes tulis keterampilan
Proyek 1. Jelaskan pengertian alat penjernihan air dengan teknologi kimia
2. Deskripsikan bahn dan alat penjernihan air dengan teknologi kimia
1. Buatlah laporan hasil pengamatan proses penjernihan air dengan bahan kimia
2. Uraikan prosedur penjernihan air dengan bahan kimia 6 X 40’ Buku Nara sumber Model Media cetak
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 12. Membuat alat penjernih air
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
12.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia 1.Perencanaan alat penjernihan air dengan bahan kimia 1. Membuat perencanaan alat penjernihan air berbahan kimia 1. Merencanakan pembuatan alat penjernihan air berbahan kimia Tes kinerja
Uji prosedur dan Produk 1. Buatlah perencanaan penjernihan air dengan bahan kimia 6 X 40’ Buku Nara sumber Model Media cetak
2.Perhitungan biaya produksi 2. Menghitung biaya produksi 2. Menghitung biaya produksi Tes tertulis Uraian
2. Hitunglah biaya produksi pembuatan alat penjernihan air
12.2. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia 1. Pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia 1. Praktek membuat alat penjernihan air berbahan kimia 1. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia Tes kinerja
Uji prosedur dan Produk 3. Buatlah alat penjernihan air dengan menggunakan teknologi bahan kimia
2. Uji coba produk 2. Melakukan uji coba produk 2. Menguji coba kelayakan produk Tes kinerja
Uji prosedur dan produk
4. Uji dan bandingkan hasil karya dengan produk standar
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya tanaman hias.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
13.1. Mengenal tanaman hias yang ada di lingkungan sekitar menggunakan media tanah.
13.2. Mengapre-siasi keterampilan teknis pembudidayaan tanaman hias yang menggunakan media tanah. 1. Pengertian tanaman hias.
2. Jenis tanaman hias dengan media tanah.
1. Jenis alat dan media tanah untuk tanaman hias.
2. Teknik budidaya tanaman dengan media tanah 1. Menelaah buku sumber untuk mencari pengertian tanaman hias
2. mengidentifikasi jenis tanaman hias dengan media tanah.
1. Mengidentifikasi jenis alat dan media tanah yang baik.
2. Mewawancarai nara sumber dan mendiskusikan cara pembudidayaan tanaman hias.
1. Menjelaskan pengertian tanaman hias.
2. Mendeskripsikan jenis tanaman hias dengan media tanah dilingkungan sekitar.
1. Mendeskripsikan jenis alat dan media tanah yang digunakan untuk tanaman hias.
2. Mendeskripsikan cara pembudidayaan tanaman hias dengan media tanah. Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis
Tes tertulis Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
1. Jelaskan pengertian tanaman hias!
2. Sebutkan jenis tanaman hias yang ada di sekitar rumah
1. Jelaskan tanah yang baik untuk media tanam!
2. Deskripsikan prosedur pembudidayaan tanaman hias jenis tertentu dengan media tanah sesuai pilihanmu 4x40’ Buku
Nara sumber
Model
Media cetak
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetnsi : 14. Menerapkan teknilogi budidaya tanaman hias.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
14.1.Merencana-kan penanaman dan perawatan tanaman hias yang menggunakan media tanah 1. Perencanaan pembudidayaan tanaman hias 1. Membuat rancangan desain dan biaya pembudidayaan tanamn hias 1. Merencanakan penanaman dan perawatan tanaman hias dengan media tanah Tes kinerja
Uji Prosedur dan Produk 1. Buatlah perencanaan budidaya tanaman hias dengan media tanah 6 X 40’ Buku Nara sumber Model Media cetak
14.2. Menanam tanaman hias yang menggunakan media tanah 1. Pembuatan budidaya tanaman hias 1. Praktik membudidayakan tanaman hias 1. Praktik menanam tanaman hias dengan media tanah Tes kinerja
Uji prosedur dan produk
2. Buatlah budidaya tanaman hias dengan media tanah seusai pilihanmu
14.3. Merawat tanaman hias yang menggunakan media tanah 1. Perawatan tanaman hias 1. Melakukan perawatan tanaman hias 1. Merawat tanaman hias dengan sistem pengiran dari serangan serangga Tes kinerja
Uji prosedur dan produk
3. Praktikkan perawatan tanaman hias
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 15. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan dikeringkan.
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
15.1. Mengenal produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan 1. Pengertian pengawetan bahan hewani yang diasinkan 1. Menelaah buku sumber untuk menjelaskan pengertian pengawetan bahan hewani yang diasinkan 1. Menjelaskan pengertian pengawetan bahan hewani yang diasinkan Tes tertulis Uraian
1. Jelaskan pengertian pengawetan dengan diasinkan 2 X 40’ Buku Nara sumber Model Media cetak
15.2. Mengapre-siasi fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan 1. Fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan 1. Menjelaskan fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan 1. Mendeskripsikan fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan Tes tertulis Uraian
2. Jelaskan fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan
2. Bahan dan alat pengawetan bahan hewani yang diasinkan 2. Menguraikan cara memilih bahan dan peralatan pengawetan bahan hewani yang diasinkan 2. Memilih bahan dan alat pengawetan bahan hewani yang diasinkan Tes tertulis Uraian
3. Uraikan cara memilih jenis bahan hewani yang baik untuk diasinkan
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Aspek : Teknologi
Standar Kompetensi : 16. Menerapkan teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan
Kompetensi
Dasar Materi Pembelajaran Kegiatan Pembelajaran* Indikator Pencapaian Kompetensi Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan
Teknik Bentuk
Instrumen Contoh Instrumen
16.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan 1.Perencanaa pengawet an pengasinan bahan hewani dan perhitungan biaya 1. Menelaah buku sumber dan mengamati produk untuk membuat perencanaan pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan 1. Merencanakan pembuatan dan biaya produksi pengawetan bahan hewani dengan diasinkan Tes kinerja
Tes tulis Keterampilan 1. Buatlah perencanaan prosedur kerja dan biaya produksi untuk mengasinkan bahan makanan 6 X 40’ Buku Nara sumber Produk Media cetak
Resep
16.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan 1.Pengawetan dengan pengasinan 1. Melakukan praktik pengawetan dan uji coba hasil 1. Membuat pengawetan hewani dengan cara pengasinan Tes kinerja
Tes uji petik kerja
Tes Identifikasi 2. Buatlah pengawetan bahan hewani dengan cara diasinkan
16.3. Membuat kemasan produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan sehingga siap dipamerkan dan dijual 1. Kemasan Produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan 1. Membuat kemasan produk yang higenis dan estetis 1. Membuat kemasan produk siap pamer dan jual Tes kinerja
Tes uji petik kerja
Tes tulis keterampilan 3. Buatlah kemasan produk yang higenis dan menarik
2. Penyajian produk 2. Menyajikan karya dalam pameran dan penjualan 2. Menyajikan produk dalam pameran dan penjualan Tes kinerja Tes uji petik kerja 4. Praktekkan penyajian produk dalam pameran dan penjualan
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang 10 produk kerjinan fungsional
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Perbedaan Serat Alami dan Buatan
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.smpnsatucugenang.sch.id/guru.php?id=silabus&kode=35
0 komentar:
Post a Comment