, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SILABUS

SILABUS

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
SILABUS

10 produk kerjinan fungsional - Nama Sekolah        : SMP  Negeri 1 Cugenang
Kelas            : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran        : Keterampilan
Semester        : 1 (Satu)
Aspek             : Kerajinan
Standar Kompetensi    : 1. Mengapresiasi kerajinan jahit dan sulam.   

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen       
1.1.Mengenal berbagai produk kerajinan jahit dan sulam




1.2.Mengapresiasikan produk kerajinan jahit dan sulam    1. Pengertian produk kerajinan dengan  teknik jahit dan sulam
2. Jenis peralatan, bahan  dan produk jahit dan sulam
3. Fungsi peralatan dan bahan untuk  jahit dan sulam
4. Macam-macam produk kerajinan jahit dan sulam.


1.Apresiasi produk kerajinan jahit dan sulam
 
    1. Membaca buku sumber dan diskusi  untuk mencari pengertian.


2. Menguraikan  jenis peralatan dan produk jahit dan sulam.


3. Mendeskrip-sikan fungsi peralatan dan bahan untuk jahit dan sulam
 4. Mengamati berbagai macam produk kerajinan jahit dan sulam




1.Mengapresiasi produk kerajinan untuk menentukan , orisinal disain,teknik pembuatan, kegunaan,  dan estetika.     1. Menjelaskan perbedaan pengertian jahit dan sulam.



2. Mendeskrip-sikan jenis peralatan dan produk  jahit dan sulam.


3. Mendeskrip-sikan fungsi peralatan dan bahan untuk jahit dan sulam

4, Mendeskripsikan berbagai macam produk kerajinan.





1.Menghargai produk kerajinan jahitdan sulam dari segi orisinal disain, teknik pembuatan, kegunaan dan estetika .    Tes tertulis




Tes tertulis



Tes tertulis


Observasi






Tes tertulis
    Uraian





Uraian




Uraian



Lembar observasi





Uraian


    1. Jelaskan pengertian teknik jahit dan sulam!


2. Diskripsikan jenis peralatan dan produk  jahit dan sulam!

3. Jelaskan fungsi peralatan dan bahan untuk jahit dan sulam!
4. Amati olehmu  berbagai macam produk benda kerajinan jahit dan sulam lalu identifikasikan berdasarkan fungsi pakai dan hias.
5.Tuliskan dan jelaskan produk kerajinan jahit dan sulam dari segi manfaat./ke
      gunaan.    4x40’    Buku

Nara sumber

Model

Media cetak

Galeri Seni

Industri kerajinan
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Aspek             : Kerajinan
Standar Kompetensi     : 2. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran  
Kegiatan Pembelajaran*  
Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
2.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan produk kerajinan jahit dan sulam.




2.2. Mendesain kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional dan manca negara dan modifikasinya.    1.Perencanaan desain dan biaya produksi jahit dan sulam.






2.Desain kerajinan teknik jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya     1.Membaca buku sumber, mengamati produk untuk membuat perencanaan desain.





2.Membuat desain kerajinan teknik jahit dan sulam.     1.Merencanakan desain dan biaya untuk membuat kerajinan teknik jahit dan sulam.





2.Mendesain kerajinan jahit dan sulam yang indah dan fungsional    Tes kinerja








Tes kinerja
Penugasan individual/kelompok

    Uji petik kerja








Proyek
    1. Buatlah perencanaan desain dan biaya produksi pembuatan kerajinan fungsional dengan teknik jahit dan sulam!

2. Buatlah desain kerajinan fungsional /hias dengan teknik  jahit dan sulam, bahan, bentuk bebas!    6x40’    Buku
Nara sumber
Model

Media cetak
2.3. Membuat produk kerajinan jahit dan sulam dengan ragam hias tradisional, mancanegara, maupun modifikasi nya


2.4. Membuat kemasan produk kerajinan jahit dan sulam sehingga siap dipamerkan dan dijual.    3. Bahan dan alat produk kerajinan jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya


4. Pembuatan karya dan hiasan dengan teknik jahit dan sulam dengan motif ragam hias tradisional mancanegara maupun modifikasinya

5. Pembuatan Kemasan




6. Pameran dan penjualan hasil karya produk kerajinan jahit dan sulam dengan kemasan yang menarik, unik, memiliki manfaat dan layak jual    3. Memilih bahan dan alat yang tepat sesuai desain.









4. Membuat karya sesuai desain dengan bahan, alat, dan teknik yang tepat.





5.Membuat kemasan produk yang unik dan menarik.



6. Memamerkan dan menjual hasil karya produk kerajinan jahit dan sulam dengan kemasan yang menarik, unik, memiliki manfaat dan layak jual
    3.Memilih bahan dan peralatan yang tepat sesuai desain.









4. Membuat produk kerajinan dengan teknik jahit dan sulam.






5.Membuat kemasan produk yang indah dan menarik.



6. Memamerkan dan menjual hasil karya produk kerajinan jahit dan sulam dengan kemasan yang menarik, unik, memiliki manfaat dan layak jual



    Tes kinerja










Tes kinerja








Tes kinerja




Tes kinerja    Uji petik kerja










Uji petik kerja








Tes tulis ketrampilan




Tes uji petik    1. Sebutkan 3 alat yang digunakan untuk mendesain








2. Buatlah produk kerajinan fungsional/hias dari bahan tekstil dengan teknik jahit dan sulam!



1. Buatlah kemasan produk yang sesuai dengan
    desain, unik,
    dan menarik!

2. Selenggara-kan pameran sekolah dan juallah hasil karyamu.
    6x40’    Buku
Nara sumber
Model
Media cetak
Alat
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Aspek             : Teknologi
Standar Kompetensi    : 3. Mengapresiasi karya karya teknologi rekayasa penjernihan air.

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
3.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.



3.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.     1. Pengertian alat penjernihan air.



2. Jenis alat dan bahan  penjernihan air.


1. Fungsi alat dan bahan penjernihan air.

2. Prosedur pembuatan alat penjernihan air.    1. Menelaah buku sumber dan berdiskusi untuk mencari pengertian alat penjernihan air.

2. Menguraikan jenis peralatan dan bahan penjernihan air.


1 .Menuliskan fungsi alat penjernihan air.


2.Mendeskripsikan prosedur penjernihan air secara mekanis.    1. Mendeskripsikan pengertian alat penjernihan air.




2. Menuliskan jenis peralatan dan bahan penjernihan air dengan teknologi mekanis.


1. Mengidentifikasi fungsi alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.

2.Mendeskripsikan prosedur pembuatan alat pejernihan air secara mekanis.    Tes tertulis





Tes tertulis




Tes tertulis



Tes tertulis


    Uraian






Uraian





Uraian




Uraian
    1. Jelaskan pengertian alat penjernihan air secara mekanis!



2. Jelaskan jenis peralatan dan bahan penjernihan air!


1. Tuliskan fungsi alat penjernihan air!



2. Deskripsi-kan prosedur penjernihan air secara mekanis!    2x40’     Buku

Nara sumber

Produk

Media cetak

    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Aspek             : Teknologi
Standar Kompetensi    : 4. Menerapkan teknologi rekayasa penjernihan air.

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
4.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.

4.2. Membuat  alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.     1. Rancangan desain alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.


2. Praktik pembuatan alat penjernihan air secara mekanis.    1. Menelaah buku sumber dan mengamati model untuk membuat desain alat penjernihan air secara mekanis.

2. Praktik membuat karya alat penjernihan air secara mekanis.

    1. Membuat rancangan alat penjernihan air secara mekanik.





2. Praktik membuat alat penjernihan air  secara kelompok dimulai dari penyiapan bahan dan alat sampai menghasilkan karya yang layak pakai    Tes kinerja






Tes kinerja
    Uji
prosedur,
dan produk





Uji
prosedur,
dan produk
    1. Buatlah rancangan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis!

2. Buatlah alat penjernihan air dengan teknologi mekanik secara kelompok!    6x40’    Buku

Nara sumber

Produk

Media cetak
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )



Aspek             : Teknologi
Standar Kompetensi    : 5. Mengapresiasi hasil teknologi budidaya.            
                                       
Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
5.1.Mengenal berbagai tanaman obat















5.2.Mengapresiasi fungsi budidaya tanaman obat    1. Pengertian
   tanaman obat


2. Alat dan media tanam.
3. Teknik penanaman tanaman obat

4. Jenis tanaman obat






1. Fungsi budi daya tanaman obat    1. Mengkaji buku sumber untuk mencari pengertian tanaman obat.
2.Mengidentifikasi media tanam dan peralatan.
3. Menuliskan prosedur teknik penanaman yang baik.
4. Mengamati jenis tanaman obat untuk menentukan jenis bibit yang baik.


1. Mengkaji buku sumber budi daya tanaman obat    1. Mendeskripsikan pengertian berbagai tanaman obat

2. Membedakan jenis tanaman  obat yang baik.
 3. Mengidentifikasi alat dan media tanam.


4. Mendeskripsikan teknik penanaman tanaman obat.




1. Mendeskripsikan fungsi budi daya tanaman obat    Tes tulis


Tes tertulis

Tes tertulis


Tes tertulis




Tes tertulis

    Uraian



Uraian


Uji identifikasi


Uraian





Uraian
    1. Jelaskan pengertian tanaman obat!

2. Jelaskan alat dan media tanam!
3. Deskripsikan teknik penanaman tanaman obat!
4. Indentifikasi-kanlah jenis tanaman obat yang ada di sekitar tempat tinggalmu!

1. Deskripsikan fungsi budi daya tanaman obat    2x40’    Buku
media cetak
Nara sumber

Model
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )



Standar Kompetensi    : 6. Menerapkan teknologi budidaya tanaman obat.
                                           
Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
6.1.Menyusun rencana penanaman dan perawatan tanaman obat









6.2. Menanam dan merawat  tanaman obat
    1. Perencanaan penanaman tanaman obat.




2. Persiapan penanaman tanaman obat




1. Penanaman tanaman obat.




2. Perawatan tanaman obat    1. Mengkaji buku sumber dan mengamati jenis tanaman obat untuk membuat perencanaan.

2. Menyiapkan media  tanam tanaman obat




1. Praktik menanam tanaman obat




2. Praktik perawat
    an  tanaman obat sampai  menghasilkan .


    1. Membuat perencanaan tanaman obat dan cara perawatannya.




2. Praktik kelompok membuat tempat penanaman tanaman obat



1. Praktik menanam tanaman obat sesuai perencanaan



2. Praktik
     merawat
     tanaman obat

    Tes kinerja






Tes kinerja




Tes kinerja




Tes kinerja
    Tes prosedur dan produk




Uji prosedur dan produk




Uji prosedur dan produk



Uji prosedur dan produk
    1. Buatlah perencanaan penanaman tanaman obat yang baik!


2. Siapkan media tanam tanaman obat sesuai jenis tanaman yang akan ditanam.


1. Praktikan cara menanam tanaman obat yang benar!

2. Praktikan cara
     merawat
     tanaman obat
     yang benar sesuai jenis tanaman.    6x40’    Buku

media cetak

Nara sumber

Model
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Aspek             : Teknologi
Standar Kompetensi    : 7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan.                                                  

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
7.1.Mengenal produk pengawetan bahan nabati yang diasinkan.











7.2.Mengapresiasi fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan.    1. Pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.

2. Jenis peralatan dan bahan  pembuatan     pengawetan bahan nabati yang diasinkan


1. Fungsi
  pengawetan 
  pengasinan.


2. Teknik pembuatan produk pengasinan nabati.

    1. Mengkaji  buku sumber untuk mencari pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2.Mendeskripsikan jenis peralatan jenis dan bahan pembuatan pengawetan bahan nabati yang diasinkan.



1. Menuliskan fungsi pengawetan pengasinan.


2. Mengidentifikasi produk asinan bahan nabati untuk menentukan kualitas dan rasanya.    1 Menjelaskan pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.



2. Mengidentifikasi jenis peralatan dan bahan pembuatan pengawetan bahan nabati yang diasinkan.




1. Menjelaskan jenis dan fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan.


2. Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk pengawetan pengasinan.
    Tes Tertulis




Tes tertulis







Tes tertulis



Tes tertulis



    Uraian
Uraian




Uraian








Uraian




Uraian





    1. Jelaskan pengertian pengawetan pengasinan  bahan nabati!

2. Diskripsikan jenis peralatan dan bahan  pembuatan pengasinan!





1. Jelaskan fungsi pengawetan pengasinan bahan babati!

2. Deskripsikan  teknik pembuatan produk pengasinan dari bahan nabati!    2x40’    Buku
sumber

Resep

Media cetak

Model
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Aspek             : Teknologi
Standar Kompetensi    : 8. Menerapkan teknologi pengolahan.                                                                
Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
8.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.


8.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.

8.3. membuat kemasan produk pengawetan bahan nabati melalui pengasinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.
    1. Perencanaan pengasinan






1. Pembuatan pengasinan bahan nabati.




1. Kemasan produk.




2. Penyajian hasil pengasinan nabati.    1. Mengkaji buku sumber untuk membuat perencanaan.




1. Praktik membuat pengasinan dari bahan nabat




1. Membuat kemasan produk pengasinan.



2. Penyajian dan penjualan hasil produk asinan     1. Merencanakan  pengawetan bahan nabati yang diasinkan.





1. Praktik membuat pengasinan bahan nabati.




1. Membuat kemasan produkpengasinan yang higenis, aman, dan menarik.


2. Menyajikan hasil dan menjualnya.    Tes kinerja






Tes kinerja





Tes kinerja




Tes kinerja
    Uji prosedur, dan produk





Uji prosedur dan produk




Uji prosedur dan produk



Uji prosedur dan produk    1. Buatlah perencanaan  pengawetan bahan nabati dengan cara diasinkan sesuai pilihan

1. Praktikan pengawetan bahan nabati dengan cara diasinkan



1. Buatlah kemasan produk yang baik, higenis, dan menarik!

2. Pamerkan dan juallah hasil produk pengasinan  dari nabati    6x40’    Buku sumber

Resep

Media cetak

Model
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

                              

SILABUS

Nama Sekolah        : SMP Negeri 1 Cugenang
Kelas            : VIII (Delapan)
Mata Pelajaran        : Keterampilan
Semester        : 2 (Dua)
Aspek             : Kerajinan
Standar Kompetensi    : 9. Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame.          

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
9.1. Mengenal berbagai produk kerajinan anyaman dan makrame    1. Pengertian teknik anyaman dan makrame    1. Mengkaji buku sumber untuk mencari pengertian teknik anyaman dan makrame    1. Menjelaskan perbedaan pengertian anyaman dan makrame    Tes Tertulis    Uraian

     1. Jelaskan perbedaan teknik anyaman dan makrame    2 X 40    Buku Nara sumber  Model
    2. Jenis perlatan dan bahan anyaman dan makrame    2. Mengidentifikasi jenis peralatan dan bahan anyaman dan makrame    2. Mendeskripsikan jenis peralatan dan bahan anyaman dan makrame    Tes tertulis    Uraian
    2. Deskripsikan jenis peralatan dan bahan anyaman dan makrame      
    3. Fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame


4. Macam-macam produk kerajinan anyaman dan makrame
    3. Mendeskripsikan fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame



4. Mengamati berbagai macam produk kerajinan anyaman dan makrame.    3. Menjelaskan fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame




4. Mendeskripsikan berbagai macam produk kerajinan anyaman dan makrame.    Tes tertulis






Tes tertulis    Uraian







Uraian    3. Jelaskan fungsi peralatan dan bahan anyaman dan makrame

4.  Tuliskan berbagai macam produk kerajinan anyaman dan makrame  yang ditinjau dari segi fungsi pakai.      
9.2. Mengapresi-asi keterampilan teknis pembuatan kerajinan anyaman dan makrame    1. Apresiasi keterampilan teknik pembuatan anyaman dan makrame    1. Mengapresiasi  produk kerajinan anyaman dan makrame dan diskusi untuk menentukan teknispembuatan-nya    1. Menghargai produk kerajinan anyaman dan makrame dari segi teknis pembuatannya berbagai teknik pembuatan produk kerajinan dengan teknik anyaman dan     Tes tertulis    Uraian
    1. Deskripsikan teknik pembuatan produk kerajinan dengan teknik anyaman dan makrame      
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Aspek             : Kerajinan
Standar Kompetensi    : 10. Membuat produk kerajinan anyaman dan makrame.

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
10.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame    1.Perencanaan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame    1. Menelaah buku sumber untuk merencanakan prosedur kerja pembuatan kerajinan anyaman dan makrame    1. Merencanakan prosedur kerja produk kerajinan  anyaman dan makrame     Tes tertulis
    Uraian    1. Buatlah perencanaan prosedur kerja pembuatan i kerajinan anyaman dan makrame    6 X 40’    Buku Nara sumber  Model
10.2. Mendesain kerajinan anyaman dan makrame    1. Desain kerajinan anyaman dan makrame    1. Praktik membuat disain kerajinan anyaman dan makrame yang artistik dan fungsional    1. Praktik membuat disain kerajinan anyaman dan makrame    Tes kinerja
    Tes uji petik kerja    2. Buatlah desain kerajinan anyaman dan makrame      
10.3. Membuat kerajinan anyaman dan makrame    1. Pembuatan kerajinan anyaman dan makrame    1. Praktik pembuatan kerajinan anyaman dan makrame    1. Praktik membuat anyaman dan makrame sesuai desain    Tes kinerja
    Tes uji petik    3. Buatlah kerajinan makrame untuk wadah dari bahan tali plastik atau benang sesuai pilihan mu      
10.4. Membuat kemasan benda kerajinan anyaman dan makrame sehingga siap dipamerkan dan dijual    1. Pembuatan kemasan produk kerajinan anyaman dan makrame

2. Pameran  produk benda kerajinan anyaman dan makrame    1. Praktik  membuat kemasan produk kerajinan anyaman dan makrame


2.  Pameran dan penjualan hasil karya produk benda kerajinan anyaman dan makrame di sekolah    1. Praktik membuat kemasan produk kerajinan anyaman dan makrame yang sesuai dengan desain

2. Memamerkan hasil karya produk kerajinan anyaman dan makrame dengan  sentuhan estetika dan layak
     j ual    Tes kinerja




Tes kinerja    Tes uji petik kerja




Tes uji petik kerja    4. Buatlah kemasan yang aman dan menarik sesuai dengan produk kerajinan yang di buat.

5.Selenggarakanlah pameran sekolah dan juallah hasil karyamu.      
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi    : 11. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa                              

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
11.1. Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi kimia











11.2.Mengapresiasi keterampilan teknik pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi kimia    1.Perencanaan alat penjernihan air dengan teknologi berbahan kimia

2. Peralatan dan bahan penjernihan air dengan teknologi kimia



1. Teknik pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia


2. Prosedur penjernihan air dengan bahan kimia    1. Mengkaji buku sumber untuk mencari pengertian alat penjernihan air dengan teknologi kimia

2.Mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan untuk membuat alat penjernihan air dengan teknologi kimia


1. Mempelajari teknik pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia


2. Mengamati proses dan analisis hasil alat penjernihan air dengan bahan kimia
    1. Menjelaskan pengertian  penjernihan air dengan teknologi kimia





2. Menjelaskan alat dan bahan yang digunakan untuk membuat alat penjernihan air dengan teknologi kimia





1. Mendeskripsikan proses dan produk alat penjernihan air dengan bahan kimia




2. Mendeskripsikan prosedur penjernihan air dengan bahan kimia
    Tes  tertu






Tes kinerja







Tes kinerja





Penugasan individual/kelompok
    Uraian







Tes identifikasi







Tes tulis keterampilan




Proyek    1. Jelaskan pengertian alat penjernihan air dengan teknologi kimia



2. Deskripsikan bahn dan alat penjernihan air dengan teknologi kimia





1. Buatlah laporan hasil pengamatan proses penjernihan air dengan bahan kimia

2. Uraikan prosedur penjernihan air dengan bahan kimia     6 X 40’    Buku Nara sumber Model Media cetak
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi    : 12. Membuat alat penjernih air                              

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
12.1.Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia    1.Perencanaan alat penjernihan air dengan bahan kimia    1. Membuat perencanaan alat penjernihan air berbahan kimia    1. Merencanakan pembuatan alat penjernihan air berbahan kimia    Tes kinerja
    Uji prosedur dan Produk    1. Buatlah perencanaan penjernihan air dengan bahan kimia    6 X 40’    Buku Nara sumber Model Media cetak
    2.Perhitungan biaya produksi    2. Menghitung biaya produksi    2. Menghitung biaya produksi    Tes tertulis    Uraian
    2. Hitunglah biaya produksi pembuatan alat penjernihan air       
12.2. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia    1. Pembuatan alat penjernihan air dengan bahan kimia    1. Praktek membuat alat penjernihan air berbahan kimia    1. Membuat alat penjernihan air dengan teknologi bahan kimia    Tes kinerja
    Uji prosedur dan Produk    3. Buatlah alat penjernihan air dengan menggunakan teknologi bahan kimia      
    2. Uji coba produk    2. Melakukan uji coba produk    2. Menguji coba kelayakan produk    Tes kinerja
    Uji prosedur dan produk
    4. Uji dan bandingkan hasil karya dengan produk standar      
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi    : 13. Mengapresiasi karya teknologi budidaya tanaman hias.                           

Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
13.1. Mengenal tanaman hias yang ada di lingkungan sekitar menggunakan media tanah.



13.2. Mengapre-siasi keterampilan teknis pembudidayaan tanaman hias yang menggunakan media tanah.     1. Pengertian tanaman hias.



2. Jenis tanaman hias dengan media tanah.


1. Jenis   alat dan  media tanah untuk tanaman hias.
2. Teknik budidaya tanaman dengan media tanah    1. Menelaah buku sumber untuk mencari pengertian tanaman hias

2. mengidentifikasi jenis tanaman hias dengan media tanah.


1. Mengidentifikasi jenis alat dan media  tanah yang baik.
2. Mewawancarai  nara sumber dan mendiskusikan cara pembudidayaan tanaman hias.
    1. Menjelaskan pengertian tanaman hias.



2. Mendeskripsikan jenis tanaman hias dengan media tanah dilingkungan sekitar.


1. Mendeskripsikan jenis alat dan media tanah yang digunakan untuk tanaman hias.
2. Mendeskripsikan cara pembudidayaan tanaman hias dengan media tanah.    Tes tertulis



Tes tertulis




Tes tertulis

Tes tertulis    Uraian




Uraian





Uraian


Uraian
    1. Jelaskan pengertian tanaman hias!


2. Sebutkan jenis tanaman hias yang ada di sekitar rumah


1. Jelaskan tanah yang baik untuk media tanam!
2. Deskripsikan prosedur pembudidayaan tanaman hias jenis tertentu dengan media tanah sesuai pilihanmu     4x40’    Buku
Nara sumber
Model
Media cetak
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )


Aspek            : Teknologi
Standar Kompetnsi    : 14. Menerapkan teknilogi budidaya tanaman hias.                                          
Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
14.1.Merencana-kan penanaman dan perawatan tanaman hias yang menggunakan media tanah    1. Perencanaan pembudidayaan tanaman hias    1. Membuat rancangan desain dan biaya pembudidayaan tanamn hias    1. Merencanakan penanaman dan perawatan tanaman hias dengan media tanah    Tes kinerja
    Uji Prosedur dan Produk    1. Buatlah perencanaan budidaya tanaman hias dengan media tanah    6 X 40’    Buku Nara sumber Model Media cetak
14.2. Menanam tanaman hias yang menggunakan media tanah    1. Pembuatan budidaya tanaman hias    1. Praktik membudidayakan tanaman hias    1. Praktik menanam tanaman hias dengan media tanah    Tes kinerja
    Uji prosedur dan produk
    2. Buatlah budidaya tanaman hias dengan media tanah seusai pilihanmu      
14.3. Merawat tanaman hias yang menggunakan media tanah    1. Perawatan tanaman hias    1. Melakukan perawatan tanaman hias     1. Merawat tanaman hias dengan sistem pengiran dari serangan serangga    Tes kinerja
    Uji prosedur dan produk
    3. Praktikkan perawatan tanaman hias      

    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi    : 15. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan dikeringkan.            
Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
15.1. Mengenal produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan    1. Pengertian pengawetan bahan hewani yang diasinkan    1. Menelaah buku sumber untuk menjelaskan pengertian pengawetan bahan hewani yang diasinkan    1. Menjelaskan pengertian pengawetan bahan hewani  yang diasinkan    Tes tertulis     Uraian
     1. Jelaskan pengertian pengawetan dengan diasinkan    2 X 40’    Buku Nara sumber Model Media cetak
15.2. Mengapre-siasi fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan    1. Fungsi pengawetan bahan hewani  yang diasinkan    1. Menjelaskan fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan    1. Mendeskripsikan fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan    Tes tertulis    Uraian
    2. Jelaskan fungsi pengawetan bahan hewani yang diasinkan      
    2. Bahan dan alat pengawetan bahan hewani  yang diasinkan    2. Menguraikan cara memilih bahan dan peralatan pengawetan bahan hewani  yang diasinkan    2. Memilih bahan dan alat pengawetan bahan hewani yang diasinkan    Tes tertulis    Uraian
    3. Uraikan cara memilih jenis bahan hewani yang baik untuk diasinkan      

    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi    : 16. Menerapkan teknologi pengolahan pengawetan bahan makanan                                 
 
Kompetensi
Dasar    Materi Pembelajaran    Kegiatan Pembelajaran*    Indikator Pencapaian Kompetensi    Penilaian    Alokasi Waktu    Sumber Bahan
                Teknik    Bentuk
Instrumen    Contoh Instrumen      
16.1.Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan    1.Perencanaa pengawet an pengasinan bahan hewani dan perhitungan biaya    1. Menelaah buku sumber dan mengamati produk untuk membuat perencanaan pengawetan bahan mentah hewani  dengan cara diasinkan    1. Merencanakan pembuatan dan biaya produksi pengawetan bahan hewani dengan diasinkan    Tes kinerja
    Tes tulis Keterampilan    1. Buatlah perencanaan prosedur kerja dan biaya produksi untuk mengasinkan bahan makanan     6 X 40’    Buku Nara sumber Produk Media cetak
Resep
16.2. Melakukan proses pengawetan bahan mentah hewani dengan cara diasinkan    1.Pengawetan dengan pengasinan    1. Melakukan praktik pengawetan dan uji coba hasil    1. Membuat pengawetan hewani dengan cara pengasinan    Tes kinerja
    Tes uji petik kerja




Tes Identifikasi    2. Buatlah pengawetan bahan hewani dengan cara diasinkan       
16.3. Membuat kemasan produk hasil pengawetan bahan hewani yang diasinkan sehingga siap dipamerkan dan dijual    1. Kemasan Produk hasil pengawetan bahan hewani  yang diasinkan    1. Membuat kemasan produk yang higenis dan estetis    1. Membuat kemasan produk siap pamer dan jual    Tes kinerja
    Tes uji petik kerja

Tes tulis keterampilan    3. Buatlah kemasan produk yang higenis dan menarik       
    2. Penyajian produk     2. Menyajikan karya dalam pameran dan penjualan    2. Menyajikan produk dalam pameran dan penjualan     Tes kinerja    Tes uji petik kerja    4. Praktekkan penyajian produk dalam pameran dan penjualan       
    Karakter siswa yang diharapkan :     Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )



 Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  10 produk kerjinan fungsional

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Perbedaan Serat Alami dan Buatan 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.smpnsatucugenang.sch.id/guru.php?id=silabus&kode=35

0 komentar:

Post a Comment