PANDUAN PELAKSANAAN



PANDUAN PELAKSANAAN

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
  PANDUAN PELAKSANAAN


nama jenis pekerjaan pembuatan kerajinan dari kayu - KURIKULUM PENDIDIKAN KHUSUS






Mata Pelajaran    : Keterampilan Vokasional
Paket Keterampilan    : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan    : Kriya Kayu





 SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA TUNA GRAHITA
( SMALB-C)















DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT  JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH LUAR BIASA
2006
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR

Satuan Pendidikan        : SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (C)
Mata Pelajaran        : Keterampilan Vokasional
Paket Keterampilan        : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan        : Kriya Kayu

A.    LATAR BELAKANG
Pendidikan akan menciptakan sikap serta nilai-nilai baru bagi pesertanya. Di samping itu juga akan menumbuhkan ketrampilan yang berkait erat dengan kemampuan sesorang.
Pendidikan kriya kayu di SMP LB C dimaksudkan untuk memberikan bekal kemampuan mandiri bagi penyandang tuna grahita dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan atau  potensi diri. Untuk mencapai hasil yang diinginkan maka pendidikan ketrampilan ini perlu diberikan secara terencana bertahap dan berkesinambungan. Dengan demikian diharapkan proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien

B.    TUJUAN
Mata pelajaran ketrampilan Seni dan Kerajinan Kriya Kayu bertujuan untuk:
1.    Menumbuhkembangkan daya apresiasi dan etos kerja dalam bidang seni dan kerajinan sesuai dengan kemampuan peserta didik.
2.    Mengembangkan kemampuan imajinatif, intelektual, kreatifitas, pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai bekal bagi peserta didik di dalam memasuki kehidupan ditengah – tengah masyarakat.
3.    Menumbuhkembangkan kepercayaan diri bagi peserta didik agar mampu memecahkan problema hidup dan kehidupan di masyarakat.

C.    RUANG LINGKUP
Ruang lingkup materi Mata Pelajaran Seni dan Kerajinan paket ketrampilan  kayu adalah:
1.    Pengenalan alat dan bahan
2.    Mengukur dan menandai
3.    Memotong dan membelah
4.    Mengetam
5.    Menyambung dan merakit
6.    Kerja mesin
7.    Finishing
Materi/ruang lingkup ketrampilan kerja kayu disusun berdasarkan pada prinsip dari hal yang kongkrit ke hal abstrak, dari sederhana ke yang komplek, serta disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik.



A.   Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar

Kelas X  Semester 1
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

Pengetahuan alat
1. Menggunakan perkakas bantu kerja kayu


2. Mengenal  kayu olahan

.  Memotong dan membelah
3.      Membelah kayu


4.      Terampil memotong kayu



1.1.  Menggunakan bor listrik
1.2.  Menggunakan Clam
1.3.  Menggunakan kikir

2.1.Multiplek
2.2.MDF

3.1. Membelah kayu dengan tebal maksimal 5 cm

4.1. Memotong kayu dengan tebal maksimal 8 cm


Kelas X Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Memotong dan membelah
1.      Terampil memotong kayu


2.   Membelah kayu

 Mengetam
3.  Mengetam kayu

1.1 Memotong kayu dengan tebal maksimal 12 cm (usuk)

2.1.Membelah kayu dengan tebal maksimal 5 cm

3.1  Mengetam searah serat dengan lebar
3.2.  Mengetam kayu memotong serat 




Kelas XI semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
.
Kerja Scrool
1. Mengoperasikan mesin scrool






Memotong dan membelah
2. Terampil membelah kayu



1.1. Memakai alat keselamatan kerja mesin scrool
1.2.  Mengkondisikan mesin scrool
1.3. Membuat bentuk geometris dan     organis
1.4. Membuat karya kriya kayu  sederhana


2.1. Membelah kayu tebal masimal 5 cm




Kelas XI  Semester 2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar


Mengetam
1.      Mengoperasikan  ketam mesin



2.  Merakit komponen kerja kayu dengan sambungan sudut




1.1  Dapat mengkondisikan alat
1.2 Mengetam kayu dengan lebar maksimal 10 cm

2.1.Mengabungkan  komponen-komponen kerja kayu sesuai prosedur
2.2.Menyatukan komponen menjadi karya kriya kayu






Kelas XII, semester 1

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

1. Melakukan finishing politur 



                            Melakukan persiapan kerja  politur
                            Mempolitur karya kriya seni

Kelas XII  semester  2
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar

1  Membuat karya kriya kayu dengan bimbingan



1.1.  Melakukan persiapan kerja
1.2.   Membuat karya
1.3.  Melakukan finishing


  1. ARAH DAN PENGEMBANGAN

Standar kompetensi dan kompetensi dasar menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi unit penilaian dalam merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan standar proses dan standar penilaian.







MODEL SILABUS
Nama Sekolah                         : SMALB – C
Mata Pelajaran                        : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan                    : Kriya Kayu
Kelas / Semester                      :  X/ 1
Standar Kompetensi               :  Menggunakan perkakas bantu kerja kayu

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ bahan/ Alat
1.Menggunakan bor listrik

1.1.Petunjuk penggunaan bor listrik
1.1.Mengkondisikan peralatan
1.2. Melubangi kayu
1.1.Meyiapkan bor mesin tangan sesuai prosedur
1.2. Memposisikan alat dan benda kerja sesuai kebutuhan
1.3.Membuat lubang dengan mata bor sesuai kebutuhan
Tes Lisan
Tes perbuatan hasil kerja dan proses kerja sesuai prosedur
40 jam
Bor listrik, mata bor berbagai ukuran,  kayu
Petunjuk (manual) penggunaan bor mesin
2.Menggunakan Clam

Pemilih ukuran clam sesuai kebutuhan
Penjepit /Pengepresan benda kerja
1.1.Mengenalkan macam dan fungsi clamp
1.2.Cara penggunaan aneka clamp
1.3.Menggunakan Clamp pada benda kerja
1.1.Menyebutkan fungsi beberapa clamp yang umum dipakai
1.2. Menggunakan clamp sesua fungsi masing masing
Test Tertulis
Tes perbuatan

20 jam
C calamp, tanggem,  L clamp, benda kerja
3.Menggunakan kikir

1.1.Macam-macam ukuran kikir dan fungsingya
1.2.Penggunaan kikir  sesuai  fungsinnya
1.1.Mengenalkan macam-macam kikir dan fungsinya
1.2. Menggunakan kikir

1.1.Memilih kikir sesuai  fungsinya
1.2.Mengikir benda-benda kerja
1.3.Mengikir perkakas kerja
Test Tertulis
Tes perbuatan
20 jam








MODEL SILABUS
Nama Sekolah                         : SMALB – C
Mata Pelajaran                        : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan                    : Kriya Kayu
Kelas / Semester                      : X/ 1
Standar Kompetensi               :  Mengenal kayu olahan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ bahan/ Alat
1. Kayu Lapis
1. Ciri Kayu lapis
2. Macam kayu lapis
1.1. Menunjukan macam kayu lapis
1.2. Menunjukan berbagai karya dari kayu lapis
1.1. Membeda kayu lapis dengan kayu olahan yang lain
1.3. Menunjukan berbagai macam kayu lapis
1.4. Menyebutkan fungsi kayu lapis sesuai jenisnya
Test perbuatan
7 jam
Bergbagai potonganr kayu lapis.
Chart

2. MDF
1.1. Ciri MDF
1.2. Macam-macam MDF
1.1. Menunjukan ciri-ciri MDF
1.2. Menunjukan berbagai macam MDF

1.      Membedakan MDF dengan kayu olahan yang lain
2.      Menunjukkan macam-macam MDF
Test perbuatan
7 jm
Berbagai macam mdf, karya kriya mdf, chart




















MODEL SILABUS
Nama Sekolah                         : SMALB – C
Mata Pelajaran                        : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan                    : Kriya Kayu
Kelas / Semester                      : X/ 1
Standar Kompetensi               :  Membelah kayu
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ bahan/ Alat
1.Membelah kayu dengan tebal maksimal 5 cm
1.1 Penggunakan gergaji belah
1.1 Menggunakan gergaji belah
1.1 Menyiapkan benda kerja siap dipotong
1.2.Membelah kayu sesuai prosedur
Tes perbuatan dengan melihat hasil kerja dan prosedur kerja
100 jam
Kayu, gergaji potong, perangkat bantu.











MODEL SILABUS
Nama Sekolah                         : SMALB – C
Mata Pelajaran                        : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan                    : Kriya Kayu
Kelas / Semester                      : X/ 1
Standar Kompetensi               :  Terampil memotong kayu

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ bahan/ Alat
1. Memotong kayu dengan tebal maksimal 8 cm
1.1. Posisi benda kerja
1.2. Memotong kayu sesuai prosedur
1.1 Memotong kayu sesuai prosedur
1.1.Meletakan benda kerja sesuai dengan kebutuhan
1.2.Memotong kayu sesuai dengan prosedur
Tes perbuatan dengan melihat hasil kerja dan prosedur kerja anak
100 jam
Gergaji potong, kayu sesuai ukuran
Peralalatan bantu kerja.





MODEL SILABUS
Nama Sekolah                         : SMALB – C
Mata Pelajaran                        : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan                    : Kriya Kayu
Kelas / Semester                      : XI/ 1
Standar Kompetensi               :  Mengoperasikan mesin scrool
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ bahan/ Alat
1. Memakai alat keselamatan kerja mesin scrool
1.1. Penggunaan peralatan keselamatan kerja
1.1. Menggunnakan perlengkapan keselamatan kerja
1.1 Menunjukkan alat-alat keselamatan kerja sesuai prosedur
1.2. Menggunakan perlengkapan perlengkapan kerja
Test perbuatan
180 jam
Scrool mesin, mata gergaji scrool, papan tebal  8 mm
Petunjuk (manual ) mesin scrool sesuai jenisnya
2. Mengkondisikan mesin scrool
2.1 Persiapan kerja mesin scrool
2.1. Menyiapkan mesin kerja scrool
2.1.Mengontrol kesiapan mesin scrool
2.1. Menyiapkan mesin scrool



3.Membuat bentuk geometris dan     organis

3.1. Penggunakan mesin scrool
3.1 Menggunakan scrool mesin
3.1 Memotong garis lurus dengan scrool mesin
3.2 Memotong garis lengkung dengan scrool mesin
3.3 Momotong garis menyudut dengan scrool mesin



4. Membuat karya kriya kayu  sederhana
4.1 Pem buatan karya kriya kayu
4.1 Membuat karya scrool dengan bimbingan
4.1 Menyiapkan komponen-komponen karya scrool
4.2 Merakit komponen-komponen karya scrool




MODEL SILABUS
Nama Sekolah                         : SMALB – C
Mata Pelajaran                        : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan                    : Kriya Kayu
Kelas / Semester                      : XI/1
Standar Kompetensi               :  Terampil membelah kayu
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ bahan/ Alat
5. Membelah kayu tebal maksimal  5 cm
5.1 Penggunaan   gergaji belah
5.1 Membelah kayu
5.1. Meletakan benda kerja sesuai dengan kebutuhan
5.2. Membelah kayu sesuai prosedur
Test perbuatan dengan melihat hasil kerja dan prosedur kerja
110 jam
Gergaji belah,
Kayu sesuai kebutuhan








MODEL SILABUS
Nama Sekolah                         : SMALB – C
Mata Pelajaran                        : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan                    : Kriya Kayu
Kelas / Semester                      : XII/2
Standar Kompetensi               :  Membuat karya kriya kayu dengan bimbingan

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Jenis Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber/ bahan/ Alat
1.Melakukan persiapan kerja

1.1.Persiapan peralatan kerja
1.2.Persiapan bahan
1.1.Menentukan peralatan kerja yang akan digunakan
1.2.Menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan
1.1.Memilih perlengkapan kerja yang akan digunakan
1.2.Menyiapkan bahan utama pekerjaan
1.3.Memilih asesoris
Tes perbuatan dengan melihat hasil karya tiap tahap, dan proses kerja
240 jam
Petunjuk kerja
2.  Membuat karya  dengan bimbingan
2.1 Pembuatan komponen produksi
2.2. Perangkaian karya
2.1. Menyiapkan komponen-komponen produksi
2.2 Merangkai karya
2.1. Menyiapkan keping-keping kompnen
2.2 Mengerjakan tiap keping komponen
2.3 Melakukan perakitan komponen-komponen menjadi karya



3. Melakukan finishing
3.1. Persiapan finishing
3.2. Proses finishing
3.1. Menyiapkan alat dan bahan finishing
3.2. Melakukan finishing 
3.1. Menentukan jenis finishing sesuai tugas
3.2.Menyiapkan alat dan bahan finishing sesuai tugas
3.2. Melakukan finishing sesuai petunjuk






Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  nama jenis pekerjaan pembuatan kerajinan dari kayu

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PEMERINTAH KABUPATEN PAMEKASAN

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://yuswan62.files.wordpress.com/2013/11/kayu-smalbc

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.