PANDUAN PELAKSANAAN
PANDUAN PELAKSANAAN |
nama jenis pekerjaan pembuatan kerajinan dari kayu - KURIKULUM PENDIDIKAN KHUSUS
Mata Pelajaran : Keterampilan Vokasional
Paket Keterampilan : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan : Kriya Kayu
SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA TUNA GRAHITA
( SMALB-C)
DEPARTEMEN PENDIDIKAN NASIONAL
DIREKTORAT JENDERAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH
DIREKTORAT PEMBINAAN SEKOLAH LUAR BIASA
2006
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
Satuan Pendidikan : SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA (C)
Mata Pelajaran : Keterampilan Vokasional
Paket Keterampilan : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan : Kriya Kayu
A. LATAR BELAKANG
Pendidikan akan menciptakan sikap serta nilai-nilai baru bagi pesertanya. Di samping itu juga akan menumbuhkan ketrampilan yang berkait erat dengan kemampuan sesorang.
Pendidikan kriya kayu di SMP LB C dimaksudkan untuk memberikan bekal kemampuan mandiri bagi penyandang tuna grahita dengan mempertimbangkan tingkat kemampuan atau potensi diri. Untuk mencapai hasil yang diinginkan maka pendidikan ketrampilan ini perlu diberikan secara terencana bertahap dan berkesinambungan. Dengan demikian diharapkan proses pembelajaran berjalan dengan efektif dan efisien
B. TUJUAN
Mata pelajaran ketrampilan Seni dan Kerajinan Kriya Kayu bertujuan untuk:
1. Menumbuhkembangkan daya apresiasi dan etos kerja dalam bidang seni dan kerajinan sesuai dengan kemampuan peserta didik.
2. Mengembangkan kemampuan imajinatif, intelektual, kreatifitas, pengetahuan, keterampilan dan sikap sebagai bekal bagi peserta didik di dalam memasuki kehidupan ditengah – tengah masyarakat.
3. Menumbuhkembangkan kepercayaan diri bagi peserta didik agar mampu memecahkan problema hidup dan kehidupan di masyarakat.
C. RUANG LINGKUP
Ruang lingkup materi Mata Pelajaran Seni dan Kerajinan paket ketrampilan kayu adalah:
1. Pengenalan alat dan bahan
2. Mengukur dan menandai
3. Memotong dan membelah
4. Mengetam
5. Menyambung dan merakit
6. Kerja mesin
7. Finishing
Materi/ruang lingkup ketrampilan kerja kayu disusun berdasarkan pada prinsip dari hal yang kongkrit ke hal abstrak, dari sederhana ke yang komplek, serta disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan peserta didik.
A. Standar
Kompetensi dan Kompetensi Dasar
Kelas X
Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Pengetahuan alat
1.
Menggunakan perkakas bantu kerja kayu
2. Mengenal kayu olahan
.
Memotong dan membelah
3. Membelah kayu
4. Terampil memotong kayu
|
1.1. Menggunakan bor listrik
1.2. Menggunakan Clam
1.3. Menggunakan kikir
2.1.Multiplek
2.2.MDF
3.1.
Membelah kayu dengan tebal maksimal 5 cm
4.1.
Memotong kayu dengan tebal maksimal 8 cm
|
Kelas X Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Memotong dan membelah
1. Terampil memotong kayu
2. Membelah
kayu
Mengetam
3. Mengetam kayu
|
1.1 Memotong
kayu dengan tebal maksimal 12 cm (usuk)
2.1.Membelah
kayu dengan tebal maksimal 5 cm
3.1 Mengetam searah serat dengan lebar
3.2. Mengetam kayu memotong serat
|
Kelas XI semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
.
Kerja
Scrool
1. Mengoperasikan mesin scrool
Memotong
dan membelah
2.
Terampil membelah kayu
|
1.1. Memakai
alat keselamatan kerja mesin scrool
1.2. Mengkondisikan
mesin scrool
1.3. Membuat
bentuk geometris dan organis
1.4.
Membuat karya kriya kayu sederhana
2.1. Membelah kayu tebal masimal 5 cm
|
Kelas XI Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mengetam
1. Mengoperasikan ketam mesin
2. Merakit komponen kerja kayu dengan
sambungan sudut
|
1.1 Dapat
mengkondisikan alat
1.2 Mengetam
kayu dengan lebar maksimal 10 cm
2.1.Mengabungkan komponen-komponen kerja kayu sesuai
prosedur
2.2.Menyatukan
komponen menjadi karya kriya kayu
|
Kelas XII, semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Melakukan finishing politur
|
Melakukan persiapan kerja
politur
Mempolitur karya kriya seni
|
Kelas XII semester
2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1 Membuat karya kriya kayu dengan bimbingan
|
1.1. Melakukan persiapan kerja
1.2. Membuat karya
1.3. Melakukan finishing
|
- ARAH DAN PENGEMBANGAN
Standar kompetensi dan kompetensi dasar
menjadi arah dan landasan untuk mengembangkan materi pokok, kegiatan
pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi unit penilaian dalam
merancang kegiatan pembelajaran dan penilaian perlu memperhatikan standar
proses dan standar penilaian.
MODEL SILABUS
Nama Sekolah : SMALB – C
Mata Pelajaran : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan : Kriya Kayu
Kelas / Semester : X/ 1
Standar Kompetensi : Menggunakan
perkakas bantu kerja kayu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ bahan/ Alat
|
1.Menggunakan
bor listrik
|
1.1.Petunjuk penggunaan bor
listrik
|
1.1.Mengkondisikan
peralatan
1.2.
Melubangi kayu
|
1.1.Meyiapkan
bor mesin tangan sesuai prosedur
1.2.
Memposisikan alat dan benda kerja sesuai kebutuhan
1.3.Membuat
lubang dengan mata bor sesuai kebutuhan
|
Tes Lisan
Tes perbuatan hasil kerja dan proses kerja
sesuai prosedur
|
40 jam
|
Bor listrik, mata bor berbagai ukuran, kayu
Petunjuk (manual) penggunaan bor mesin
|
2.Menggunakan
Clam
|
Pemilih ukuran clam sesuai kebutuhan
Penjepit /Pengepresan benda kerja
|
1.1.Mengenalkan macam dan fungsi clamp
1.2.Cara penggunaan aneka clamp
1.3.Menggunakan Clamp pada benda kerja
|
1.1.Menyebutkan fungsi beberapa clamp yang
umum dipakai
1.2. Menggunakan clamp sesua fungsi masing
masing
|
Test Tertulis
Tes perbuatan
|
20 jam
|
C calamp, tanggem, L clamp, benda
kerja
|
3.Menggunakan
kikir
|
1.1.Macam-macam ukuran kikir dan fungsingya
1.2.Penggunaan kikir sesuai
fungsinnya
|
1.1.Mengenalkan macam-macam
kikir dan fungsinya
1.2. Menggunakan kikir
|
1.1.Memilih kikir sesuai fungsinya
1.2.Mengikir benda-benda kerja
1.3.Mengikir perkakas kerja
|
Test Tertulis
Tes perbuatan
|
20 jam
|
|
MODEL SILABUS
Nama Sekolah : SMALB – C
Mata Pelajaran : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan : Kriya Kayu
Kelas / Semester : X/ 1
Standar Kompetensi : Mengenal kayu
olahan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ bahan/ Alat
|
1. Kayu Lapis
|
1. Ciri Kayu lapis
2. Macam kayu lapis
|
1.1. Menunjukan macam kayu
lapis
1.2. Menunjukan berbagai
karya dari kayu lapis
|
1.1. Membeda kayu lapis
dengan kayu olahan yang lain
1.3. Menunjukan berbagai
macam kayu lapis
1.4. Menyebutkan fungsi kayu
lapis sesuai jenisnya
|
Test perbuatan
|
7 jam
|
Bergbagai potonganr kayu lapis.
Chart
|
2. MDF
|
1.1. Ciri
MDF
1.2.
Macam-macam MDF
|
1.1. Menunjukan ciri-ciri
MDF
1.2. Menunjukan berbagai
macam MDF
|
1. Membedakan MDF dengan kayu olahan yang
lain
2. Menunjukkan macam-macam MDF
|
Test perbuatan
|
7 jm
|
Berbagai macam mdf, karya kriya mdf, chart
|
MODEL SILABUS
Nama Sekolah : SMALB – C
Mata Pelajaran : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan : Kriya Kayu
Kelas / Semester : X/ 1
Standar Kompetensi : Membelah kayu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ bahan/ Alat
|
1.Membelah kayu dengan tebal
maksimal 5 cm
|
1.1 Penggunakan gergaji
belah
|
1.1 Menggunakan gergaji
belah
|
1.1 Menyiapkan benda kerja
siap dipotong
1.2.Membelah kayu sesuai
prosedur
|
Tes perbuatan dengan melihat hasil kerja dan
prosedur kerja
|
100 jam
|
Kayu, gergaji potong, perangkat bantu.
|
MODEL SILABUS
Nama Sekolah : SMALB – C
Mata Pelajaran : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan : Kriya Kayu
Kelas / Semester : X/ 1
Standar Kompetensi : Terampil
memotong kayu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ bahan/ Alat
|
1. Memotong kayu dengan
tebal maksimal 8 cm
|
1.1. Posisi benda kerja
1.2. Memotong kayu sesuai
prosedur
|
1.1 Memotong kayu sesuai
prosedur
|
1.1.Meletakan benda kerja
sesuai dengan kebutuhan
1.2.Memotong kayu sesuai
dengan prosedur
|
Tes perbuatan dengan melihat hasil kerja dan
prosedur kerja anak
|
100 jam
|
Gergaji potong, kayu sesuai ukuran
Peralalatan bantu kerja.
|
MODEL SILABUS
Nama Sekolah : SMALB – C
Mata Pelajaran : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan : Kriya Kayu
Kelas / Semester : XI/ 1
Standar Kompetensi :
Mengoperasikan mesin scrool
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ bahan/ Alat
|
1. Memakai alat keselamatan
kerja mesin scrool
|
1.1. Penggunaan peralatan
keselamatan kerja
|
1.1. Menggunnakan
perlengkapan keselamatan kerja
|
1.1 Menunjukkan alat-alat
keselamatan kerja sesuai prosedur
1.2. Menggunakan
perlengkapan perlengkapan kerja
|
Test perbuatan
|
180 jam
|
Scrool mesin, mata gergaji scrool, papan
tebal 8 mm
Petunjuk (manual ) mesin scrool sesuai jenisnya
|
2. Mengkondisikan mesin
scrool
|
2.1 Persiapan kerja mesin
scrool
|
2.1. Menyiapkan mesin kerja
scrool
|
2.1.Mengontrol kesiapan
mesin scrool
2.1. Menyiapkan
mesin scrool
|
|
|
|
3.Membuat bentuk geometris
dan organis
|
3.1. Penggunakan mesin
scrool
|
3.1 Menggunakan scrool mesin
|
3.1 Memotong garis lurus
dengan scrool mesin
3.2 Memotong garis lengkung
dengan scrool mesin
3.3 Momotong garis menyudut
dengan scrool mesin
|
|
|
|
4. Membuat karya kriya
kayu sederhana
|
4.1 Pem buatan karya kriya
kayu
|
4.1 Membuat karya scrool
dengan bimbingan
|
4.1 Menyiapkan
komponen-komponen karya scrool
4.2 Merakit
komponen-komponen karya scrool
|
|
|
|
MODEL SILABUS
Nama Sekolah : SMALB – C
Mata Pelajaran : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan : Kriya Kayu
Kelas / Semester : XI/1
Standar Kompetensi : Terampil
membelah kayu
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ bahan/ Alat
|
5. Membelah kayu tebal maksimal 5 cm
|
5.1 Penggunaan gergaji belah
|
5.1 Membelah kayu
|
5.1. Meletakan benda kerja
sesuai dengan kebutuhan
5.2. Membelah kayu sesuai
prosedur
|
Test perbuatan dengan melihat hasil kerja dan
prosedur kerja
|
110 jam
|
Gergaji belah,
Kayu sesuai kebutuhan
|
MODEL SILABUS
Nama Sekolah : SMALB – C
Mata Pelajaran : Seni dan Kerajinan
Jenis Ketrampilan : Kriya Kayu
Kelas / Semester : XII/2
Standar
Kompetensi : Membuat karya kriya kayu dengan bimbingan
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Jenis Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ bahan/ Alat
|
1.Melakukan
persiapan kerja
|
1.1.Persiapan peralatan kerja
1.2.Persiapan bahan
|
1.1.Menentukan peralatan kerja yang akan
digunakan
1.2.Menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan
|
1.1.Memilih perlengkapan kerja yang akan
digunakan
1.2.Menyiapkan bahan utama pekerjaan
1.3.Memilih asesoris
|
Tes perbuatan dengan melihat hasil karya tiap
tahap, dan proses kerja
|
240 jam
|
Petunjuk kerja
|
2. Membuat karya dengan bimbingan
|
2.1 Pembuatan komponen produksi
2.2. Perangkaian karya
|
2.1. Menyiapkan
komponen-komponen produksi
2.2 Merangkai karya
|
2.1. Menyiapkan
keping-keping kompnen
2.2 Mengerjakan tiap keping
komponen
2.3 Melakukan perakitan
komponen-komponen menjadi karya
|
|
|
|
3. Melakukan finishing
|
3.1. Persiapan finishing
3.2. Proses finishing
|
3.1. Menyiapkan alat dan
bahan finishing
3.2. Melakukan
finishing
|
3.1. Menentukan jenis
finishing sesuai tugas
3.2.Menyiapkan alat dan
bahan finishing sesuai tugas
3.2. Melakukan finishing
sesuai petunjuk
|
|
|
|
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang nama jenis pekerjaan pembuatan kerajinan dari kayu
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang PEMERINTAH KABUPATEN PAMEKASAN
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://yuswan62.files.wordpress.com/2013/11/kayu-smalbc
0 komentar:
Post a Comment