, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jenis-Jenis Motif Hias Nusantara

 Jenis-Jenis Motif Hias Nusantara

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Jenis-Jenis Motif Hias Nusantara

jenis motif hias nusantara -   Menurut sifatnya ada dua jenis motif hias, yaitu motif hias geometris dan motif hias naturalis. Menurut temanya ada motif tumbuhtumbuhan, motif binatang, dan motif manusia. Perhatikan jenis-jenis motif hias pada karya seni rupa nusantara berikut.

                                      (Kerajinan tifa berukir motif geometris khas Papua)

                                                (Motif ukiran khas toraja pada rumah adat)

                                     (Motif ukiran khas Kalimantan Timur pada rumah adat)

                                             (Sarung bantal bermotif kawung dan tumpal)


       Berdasarkan hasil penelitian ahli antropologi (ilmu tentang asal-usul manusia) dan arkeologi (ilmu tentang kehidupan dan kebudayaan zaman kuno), diperoleh kesimpulan bahwa motif hias geometris merupakan motif hias yang cukup tua usianya. Ke sim pulan tersebut didasarkan pada temuan benda-benda purbakala yang telah dihias dengan motif-motif geometris.
       Pada masa lampau penciptaan motif hias banyak yang dikaitkan dengan kepercayaan dan daya magis. Beberapa di antaranya hanya mengulang bentuk-bentuk baku yang su dah dikerjakan secara turuntemurun
dengan pola-pola ter ten tu. Ada beberapa jenis motif yang menyimbolkan status sosial, misalnya kabongo atau hiasan tanduk kerbau. Pada masyarakat Toraja, keluarga yang memiliki banyak kabongo dianggap sebagai keluarga yang tinggi derajatnya.
       Bentuk motif hias lainnya yaitu pa’bare allo, berupa gambar mata hari yang menya takan kesucian arwah, dan katik (bentuk burung berleher panjang mirip naga yang melambang kan kepah lawanan).

Saat ini, dalam menciptakan motif hias, desainer dan pengrajin benda-benda pakai tidak terlalu memperhatikan hal-hal yang berkaitan dengan nilai-nilai kepercayaan maupun daya magis. Mereka lebih menekankan keindahan bentuk.
Motif hias geometris pada benda pakai dapat dikelom pok kan menjadi tiga sebagai berikut.
a. Motif hias geometris yang dipakai untuk menghias bagian tepi atau pinggiran suatu benda.
b. Motif hias geometris sebagai inti atau bagian yang berdiri sendiri dan merupakan unsur keindahan dalam bentuk orna men arsitektur.
c. Motif hias geometris yang diterapkan sebagai isian dari bagian benda pakai, yaitu pada permukaan ben da tersebut.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  jenis motif hias nusantara

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang BATIK JUMPUTAN 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://walpaperhd99.blogspot.co.id/2015/08/jenis-jenis-motif-hias-nusantara.html

0 komentar:

Post a Comment