Belajar Menjahit Sebagai Hobby

Belajar Menjahit Sebagai Hobby

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Belajar Menjahit Sebagai Hobby


belajar menjahit  – Bagaimana sih cara mulai belajar menjahit?

Hi Teman 🙂 Kali ini aku mo ngebahas tentang ” bagaimana memulai belajar menjahit “. ini untuk kamu yang kepengen banget menekuni new hobby “menjahit“.

Artikel yang kubuat ini, berdasarkan apa yang sudah aku praktekin atau pelajari sebelumya. dan mudah-mudahan bisa membuatmu lebih tertarik untuk hobby menjahit ini ^^.

Menjahit Bener2 Hobby yang menyenangkan loh, kamu enggak akan kecewa untuk mempelajari hobby ini.  Dan aku yakin, sebelum kamu memulai-pun pasti sudah ada bayangan kepengen bikin ini itu .. Bener gak 🙂 ?

Selama kamu tetep continue, pasti untuk jangka panjang nanti.. hobby ini enggak akan hilang. sayang dong .. klo kamu udah belajar banyak trus ditinggalin begitu aja hehe .. ^^

Belajar menjahit ini lakukan yang basic aja dulu dan ikuti dengan praktek. klo cuman baca aja tanpa praktek.. aku pikir sama saja enggak akan nyantol :).

Karena menjahit perlu banyak praktek yah, dengan banyaknya praktek.. kamu akan tau lebih banyak kesalahan2 apa yang kamu buat pas ngejahit. selain itu kamu juga bakal tau macam2 cara yang mana yang lebih enak di gunakan :).

tidak akan jadi big problem klo kamu bikin salah pas ngejahit.. karena itu memang sudah prosesnya belajar. tidak akan bisa sekali menjahit langsung perfect. klopun langsung perfect di awal belajar.. anggap aja itu ” kebetulan” hehe. bagaimanapun juga belajar menjahit kita jangan takut salah.

Intinya sih, Belajar menjahit itu sama saja seperti kita akan memperlajari ” sesuatu ” yang baru. dan kita harus ngelakuin pelan-pelan dan satu persatu dulu.

Oke, Bagaimana sih ngawalin belajar jahit ?

berikut, akan aku jelasin lebih lanjut seperti yang dulu sudah aku lakukan :
– Mesin Jahit

belajar menjahit

Awalnya aku ingin menjahit jadi kepikiran dengan adanya mesin jahit bakal belajar atau praktek lebih mudah. Dan juga mesin jahit tidak harus memiliki yang baru, Portable ataupun yang manual.. aku pikir sama saja. karena dulu di awal belajar menjahit, aku menggunakan mesin jahit manual and finally I bought a new one!

Aku tidak terlalu banyak experience membeli mesin jahit, tidak banyak tau informasi tentang macam2 type mesin jahit. pemikiran awal cuman kepengen beli mesin jahit, dan aku pilih yang sekiranya mudah di temukan untuk accessories ataupun spare partnya. dan untuk macam-macam sepatu mesin jahitpun sekarang sudah ada yang bisa di pake untuk semua type mesin jahit rumahan. click here

Untuk kamu yang masih ingin belajar, pilih dulu mesin jahit yang sekiranya mudah di gunakan. dan mudah perawatannya.

sebagai referensi tentang jenis mesin jahit, kamu bisa lihat beberapa link berikut ini :

1.  Janome, Elna, Butterfly

2.  Brother

3.  Singer

– Kenali mesin jahitmu and test

alat jahit

Klo kamu sudah memiliki mesin jahit, pasti udah beda ceritanya nanti. klo sebelumnya hanya memiliki angan2 kepengen jahit tapi belum ada mesin. nah sekarang pasti kamu ingin segera memulai kan ? 🙂

sama kok seperti aku, sebelum ada mesin.. aku kepengen bisa jahit tas, baju, sprei, sarung bantal and macem2. dan setelah ada mesin, hmm.. sekarang ngapain nie ? hehe ..

untuk kamu yang memiliki mesin jahit baru, kenali dulu mesinmu. maksudnya, kamu baca buku panduan atau lihat dvd panduan cara menggunakannya. misalnya, pasang benang, bobbin, pasang jarum, kabel listrik, sepatu mesin, dan mungkin ada beberapa intruksi lain di dalam buku panduan atau dvd tersebut.

oke, klo sudah terpasang jarum, benang, bobbin,.. sekarang kita kudu cobain ngejahit :). awal ngejahit.. aku hanya menjahit lurus dan juga testing jenis2 jahitan yang ada di mesin.

Dan, dengan mencoba  jahit2 lurus ataupun jenis lainnya. kita pasti akan belajar mengatur seberapa cepat atau lambat kaki menekan pedal mesin jahit ^^ . semakin kamu tekan pedal.. semakin cepat jalannya. untuk pertama kali tekan pelan-pelan saja.. yang penting mesin berjalan. sama halnya seperti belajar menyetir mobil. semakin di tekan gasnya semakin kenceng larinya.

dengan menekan pedal mesin jahit pelan2, kamu bakal bisa mengatur tanganmu untuk kain yang kamu pegang.

kursus menjahit online
– Pelajari Jenis jahitan

peralatan menjahit

Waktu aku pertama kali menjahit, tentu saja aku tidak langsung mempelajari semuanya. yang pasti basicnya aja dulu.. karena aku enggak mau bingung :).

1. Jahitan Lurus, jenis jahitan lurus ini yang sudah pasti bakal sering kita pakai.

2. Jahitan Jelujur, adalah jahitan Panjang-panjang dan biasanya di lakukan dengan jahit tangan. jahitan ini hanya sebagai  bantuan saja dan sementara. yang nantinya akan kita lepas setelah kain terjahit dengan mesin. misalnya untuk menjahit pinggiran kain biar lurus, ataupun resleting.

3. Jahitan Zig zag, biasanya sebagai jahitan yang fungsinya untuk merapikan pinggiran kain, yang kita bilang keliman. (keliman dan kampuh)

4. Jahitan Mati, jahitan ini untuk membantu benang tidak terburai nantinya. dan jahitan mati di lakukan di awal dan akhir jahitan. misalnya : jahit maju 3-4 langkah dan jahit mundur 2-3 langkah.

5. Jahitan Quilt, jahitan ini biasanya ku pakai klo kita menggunakan Batting. jadi batting dan kain di jahit ( bisa lurus, serong ataupun yang berkelok2).
– Start Simple Project

kain katun

Oke, sekarang kamu bisa memulai proses belajar menjahit dengan mencoba menjahit simple project. misalnya tote bag, sarung bantal, tempat tissue, ataupun sampul buku.  coba project2 menjahit yang mudah dulu. jangan di paksakan yang susah klo masih pertama kali memegang mesin jahit :).

kamu bisa browsing2.. via internet ataupun buku tentang tutorial2 menjahit yang simple untuk pemula. pastikan saja, saat kamu mengikuti semua cara2nya dengan pelan2 :).

dan aku yakin saat kamu sudah memulai, pasti nanti akan muncul ide-mu sendiri :).

Oke Teman, semoga artikel ini bisa membawa manfaat lebih untuk semua.

—— —–

note :  artikel ini berdasarkan pengalamanku  yang belajar secara otodidak , dan bila kamu ingin lebih professional.. pastikan kamu bertanya ke ahlinya seperti di tempat kursus menjahit, privat or school


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  belajar menjahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Jenis-Jenis Motif Hias Nusantara 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit :https://www.craftbymood.com/belajar-menjahit/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.