Beberapa Jenis Bahan Yang Paling Sering Digunakan Untuk Membuat Tas

Beberapa Jenis Bahan Yang Paling Sering Digunakan Untuk Membuat Tas

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Beberapa Jenis Bahan Yang Paling Sering Digunakan Untuk Membuat Tas

banyak kain yg dbutuhkan untukbmembuat tas - Bahan kain Pembuat tas

Dalam membuat sebuah tas tentu kita membutuhkan bahan dasar produksinya. Biasanya jasa konveksi tas yang anda pilih akan memberikan beberapa referensi bahan yang baik untuk digunakan untuk tas yang anda inginkan. Antara lain kain, dan aksesoris pendukungnya. Tetapi dalam artikel ini kita hanya akan membahas bahan kain atau sejenisnya yang merupakan bahan utama pembuat tas. Ada beberapa jenis bahan dasar produksi tas yang paling sering digunakan. Bahan-bahan tersebut kebanyakan digunakan karena alasan budget, kualitas, dan kekuatanya. Apabila diuraikan lebih lanjut bedasarkan alasan penggunaan bahan, berikut uraianya :

    Alasan Budget.

Untuk tas yang dibuat menurut permintaan budget, biasanya tas ini digunakan untuk sebagai tas promosi, tas rapat, tas seminar, tas merchendise pernikahan, tas ulang tahun, tas gathering, dan kepentingan lain yang sifatnya non komersial. Karena bukan untuk kepentingan komersial maka tas ini dibuat dengan budget yang minim. Tetapi tidak jarang juga ada beberapa konsumen yang menggunakan bahan kelas menengah untuk keperluan non komersial. Alasanya mungkin mereka memiliki budget yang memadai, atau ingin membuat kesan lebih berkelas, menjaga kesesuaian dengan produk/merek dagang mereka.

    Alasan Kualitas.

Untuk tas yang dibuat berdasarkan kualitas alasanya tentu agar tas tersebut bisa digunakan dengan jangka waktu yang lebih lama. Sehingga tas tersebut bisa digunakan untuk kepentingan-kepentingan lain atau pada event-event lain. Kualitas yang dijaga tujuanya selain agar bisa digunakan untuk jangka waktu yang panjang adalah agar tas tersebut terlihat lebih elegan. Karena sudah barang tentu tas yang dibuat menggunakan bahan yang lebih bagus akan menghasilkan tas yang kualitasnya lebih bagus. Tas yang dibuat karena alasan kualitas kebanyakan adalah tas yang tujuanya komersial, seperti tas butik, tas disto, tas wanita, tas pria, tas denim, dan tas lain yang tujuanya komersial.

    Alasan Kekuatan bahan

Untuk tas yang dibuat karena alasan kualitas tentu diproduksi agar tas tersebut bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan bisa digunakan untuk membawa beban yang berat. Biasanya tas ini berukuran sedang atau besar. Dalam pikiran kita tas yang terbuat dari bahan yang kuat maka harganya akan mahal? hal itu belum tentu karena apabila memilih bahan yang tepat dan jahitan yang kuat maka otomatis tas tersebut akan memiliki ketahanan yang baik.
Dan berikut ini adalah beberapa bahan tas yang paling sering digunakan jasa konveksi tas untuk membuat tas, yaitu :
Dinier

Bahan dinier adalah bahan tas yang paling populer, karena bahan dinier ini terdiri dari berbagai macam jenis dan tingkatan kualitas dan harga. Karena terdapat banyak jenis, maka pilihan pun semakin banyak, dari warna, jenis bahan, pola bahan, dan kekuatan bahan. Beberapa jenis dinier yang populer yaitu Dinier 300D, Dinier 600D, Dinier 1680 Dinier 1682. Dinier 300D dan Dinier 600D adalah bahan yang biasa digunakan untuk membuat tas kelas bawah dan menengah. Dinier 300D dan Dinier 600D dipilih karena harganya yang relatif murah tetapi menghasilakan tas yang meiliki kekuatan baik. Dinier 300D dan Dinier 600D biasanya diunakan untuk membuat tas goodie bag, tas seminar, tas rapat, tas promosi.

Lalu ada jenis dinir 1680D dan dinir 1682D. Dinir kedua jenis ini kualitasnya lebih bagus dibandingkan dengan dinir 300D atau dinir 600D. Perbedaanya terlihat pada kelenturan bahan. Dinir 1680D dan dinir 1682D lebih letur dan halus dibandingkan dengan dinir 300D ataupun dinir 600D. Dan apabila sudah beberntuk tas, maka tas yang terbuat dari dinir 1680D atau dinir 1682D akan terlihat lebih menarik dan bagus dibandingkan dengan tas yang terbaut dari bahan dinir 300D atau dinir 600D.
konveksitasonline.com-pabrik tas-tas kosmetik Bank Kalbar

konveksi tas, pabrik tas, produsen tas
Dolby

Dolby merupakan salah satu bahan yang paling sering digunakan membuat tas oleh konveksi tas. Karena bahan Dolby ini terkenal dengan kualitasnya yang cukup bagus. Hampir semua jenis tas bisa dibuat menggunakan bahan Dolby ini. Namun karena harganya yang lumayan mahal, terlihat mengkilat/glossy, dan ketersediaan warna yang terbatas maka banyak konveksi tas yang lebih memilih menggunakan bahan lain pengganti Dolby. Ada beberapa jenis bahan yang bisa menjadi alternatif pengganti bahan Dolby ini, kita hanya tinggal memperhitungkan kualitas dan harga saja sesuai dengan selera konsumen. Rumahkonveksitas.comsebagai penyedia jasa usaha konveksi tas sudah sangat sering menggunakan bahan Dolby ini sebagai bahan dasar pembuat tas.

Dolby adalah jenis polyester fabric yang paling premium yang sering digunakan pada tas ransel atau gym/fitness bag. Jenis tas ini memiliki pori-pori yang paling besar (oleh karena itu sering disebut 1680D) memiliki tekstur yang wrinkle free, tebal, waterproof dan tear-resistant. Dari spesifikasi diatas, maka bahan Dolby merupakan salah satu bahan yang paling baik untuk digunakan sebagai bahan pembuat tas. Namun sebagai penyedia jasa konveksi tas tentunya kita harus menyesuaikan dengan budget dan selera konsumen.
konveksitasonline.com-pabrik tas-tas ransel citylink

konveksi tas, pabrik tas, produsen tas

    Harga dan Kualitas Bahan Dolby

Dari segi harga, jenis polyester ini termasuk mahal karena kualitas nya yang sangat bagus. Sangat biasa digunakan pada tas olahraga yang mengutamakan kualitas daripada harga, sehingga cocok bagi anda yang menyasar target marketing menengah ke atas. Kekuatan bahan Dolby sesuai dengan harganya, begitunya juga dengan durasi pemakaianya. Bahan ini sanggup menahan beban yang berat apabila sudah berbentuk tas.

    Jenis Tas yang cocok dibuat dari bahan Dolby

Hampir semua tas bisa dibuat dari bahan Dolby ini. Seperti ransel, duffel, goodie bag, tote bag, dan lain sebagainya. Karena termasuk bahan yang kuat dan durable, maka Dolby merupakan salah satu bahan pilihan utama pembuat tas. Hanya saya semuanya dikembalikan kepada konsumen yang memesan. Karena keputusan penggunaan bahan akan disesuaikan dengan budget produksi.
konveksitasonline.com-pabrik tas-tas seminar NGI

konveksi tas, pabrik tas, produsen tas
Cordura

Kain cordura merupakan salah satu jenis kain tekstil premium yang bertekstur bintik-bintik kecil pada bagian permukaannya dan banyak dimanfaatkan oleh konveksi tas untuk membuat ransel, koper, pakaian militer, serta berbagai pakaian yang diperlukan untuk kebutuhan kinerja tingkat tinggi. Kain Cordura dikenal  sebagai kain waterproof yang memiliki daya tahan cukup tinggi terhadap abrasi, rembesan air, serta goresan sehingga tidak mudah lecet.

    Fungsi dan kegunaan Cordura

Secara umum, Cordura dipakai sebagai bahan kain untuk membuat berbagai macam tas dan apparel. Mulai dari keperluan sehari-hari (casual), kerja, industri, olahraga, militer, hingga rumah tangga. Cordura dipilih sebagai bahan utama lantaran memiliki ketahanan yang sangat baik sehingga produk-produknya awet.
konveksitasonline.com-pabrik tas-tas selempang lipat Bank Nagari

konveksi tas, pabrik tas, produsen tas
Baby Ripstop

Berikut ulasan dari bahan baby ripstop, baby ripstop merupakan kain tenun yang sering terbuat dari benang nilon, dalam penenunan menggunakan teknik tenunan khusus yang membuat mereka tahan terhadap robek. Baby ripstop tipis dan ringan memiliki struktur 3-dimensi karena benang tebal yang terjalin dengan kain tipis. Bahan baby ripstop ini merupakan salah satu kain yang bertekstur kotak-kotak terbuat dari bahan nilon yang ditenun secara khusus dengan selingan benang berukuran besar. Selama proses penenunan berlangsung, beanng yang difungsikan sebagai penguat akan mengikat secara berkala dala pola crosshatch yang memiliki interval 5 hing 8 mm. Baby ripstop merupakan bahan yang tahan air dan tahan api. Termasuk dalam salah satu bahan yang memiliki ketahan yang kuat.

    Sifat dan kekuatan baby ripstop

Sebagai bahan yang kedap air dan kedap udara, baby ripstop menjadi pilhan terbaik untuk digunakan sebagai bahan pembuat tas, koper, goodybag, jaket, hingga seragam militer. Spesifikasinya yang kuat dapat melindungi tubuh pemakainya dari ancaman cuaca dingin yang ekstrim. Dengan sifatnya yang tahan api, baby ripstop menjadi pilihan utama untuk membuat seragam pemadam kebakaran. Karena dapat melindungi tubuh dari api yang mambakar. baby ripstop merupakan bahan yang sangat kuat dan kokoh, dan tidak mudah terbakar.

    Tas yang bisa dibuat dengan baby ripstop

Karena bahanya yang kuat, elastis, mengkilap, serat denga tipe kotak-kotak tipis, tahan air, serta tahan api, baby ripstop bisa digunakan untuk membuat hampir semua jenis tas. Juga dapat diaplikasikan ke hampir semua model tas, contohnya bisa model Backpack, travel bag , lunch bag, pencil case , string bag, fordable bag, shoes bag ,toiletries bag, dan lain-lain.

Denim

Bahan denim merupakan kain yang terbuat dari bahan alam yaitu kapas atau populer disebut katun ( cotton ). Kain ini dibuat dari serat kapas yang dibuat kasar ditenun secara diagonal menggunakan tambahan bahan tertentu. Dari dulu hingga saat ini bahan denim sangat populer. Bahan denim ini merupakan bahan dasar pembuat celana jeans yang awalnya dipopulerkan oleh Levi’s Straus. Namun pada perkembanganya bahan denim tidak hanya digunakan untuk membuat jeans saja tetapi banyak juga digunakan untuk membuat jacket, topi, kemeja, tas, bahkan sepatu.
konveksitasonline.com-pabrik tas-tas wanita

konveksi tas, pabrik tas, produsen tas
 Denim

Saat ini kegunaan bahan denim sudah menjadi lebih luas. Jika dahulu denim hanya digunakan untuk membuat bahan pakaian saja, maka saa ini sudah banyak inovasi yang dilakukan sehingga denim banyak digunakan untuk membuat produk lainya. Salah satu contohnya adalah bahan denim yang digunakan untuk membuat tas. Hampir semua tas bisa dibuat dari bahan denim ini. Dari Tas ransel, tas travel, messenger, tas wanita, dompet, tas laptop, dan berbagai macam tas lainya. tentunya pilihan tekstur dan warna disesuaikan dengan selera dan gender. Teksturnya pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya apabila ingin membuat tas wanita bisa menggunakan denim yang halus dan lembut, sedangkan untuk membuat tas pria sebaiknya menggunakan denim yang bertekstur kasar dan kaku.

Kulit imitasi

Kulit Sintetis adalah Kulit imitasi yang tidak menggunakan kulit hewan. Kulit imitasi telah dibuat berbagai macam jenis yang sangat mirip dengan kulit asli. Mulai dari glossy, motif, warna dan bahkan bisa jauh lebih baik mengembangkan motif sesuai selera.

Kulit sintetis ditemukan sejak sekitar tahun 1850, dikembangkan dengan komposisi karet atau pyroxylin zat sintetis. Sejak perang dunia kedua, bahan polimer vinil telah ditemukan dan menjadi sangat umum.
konveksitasonline.com-pabrik tas-tas laken

konveksi tas, pabrik tas, produsen tas
 Kulit Sintetis

Berbagai macam variasi kulit sintetis telah diproduksi. Beberapa terbuat dari bahan polyvinyl chloride (PVC) dan Komposisi bahan kain yang terdiri dari polyester atau kapas digunakan untuk lapisan agar meniru seperti halnya kulit asli.

    Kulit sintetis plastik

Plastic Leather, terkadang dikenal dengan nama Pleather, adalah kulit sintetis yang terbuat dari plastik. Pleather ini mempunyai permukaan yang mengkilap, mirip seperti kulit. Tetapi cenderung lebih kaku daripada kulit asli. Dari awalnya pleather ini sebagian besar terbuat dari PVC, tapi perkembangan sekarang kadang-kadang dibuat dari polyurethane (PU).

    Penggunaan Kulit sintetis

Sepatu, dompet, tas, organizer, dan masih banyak lagi jenis produk fashion yang saat ini menggunakan bahan kulit sintetis. Mengkilap, elegan,murah, disesuaikan dengan selera konsumen.
konveksitasonline.com-pabrik tas-tas seminar Sensus

konveksi tas, pabrik tas, produsen tas
Blacu

Kain blacu atau kain blaco sering merupakan kain yang paling rendah kualitasnya. Biasanya dijual di pasaran dalam keadaan grey atau belum diputihkan. Kain blacu adalah kain dasar dari kain mori, yaitu kain tenun berwarna putih yang terbuat dari kapas dan biasanya dipakai sebagai bahan untuk membuat kain batik. Ada 2 jenis kain mori yaitu kain mori yang telah mengalami proses pemutihan atau bleaching dan kain mori yang belum diputihkan. Kain mori pernah pula amat populer sebagai bahan pakaian yaitu pada era 1960–1970-an. Untuk kain yang belum diputihkan tersebutlah yang juga disebut sebagai kain blacu (belacu).

Kain blaco ini sebagian besar sudah dihasilkan di dalam negeri. Kain blacu merupakan nama salah satu kain yang terbuat dari kapas sehingga sangat aman untuk digunakan. Kain blacu sendiri punya sifat fleksibel, sehingga bisa dibentuk dengan berbagai macam model. Blacu sendiri tidak memiliki warna, karena warna kain blacu adalah warna murni atau asli (belum mengalami pewarnaan atau pemutihan).

Beberapa pengusaha batik sendiri ada yang menenun dengan alat tenun bukan mesin. Kain blaco dalam pasaran tiap piece mempunyai ukuran lebar antara 30-43 inchi panjang 48 yard, sedang konstruksi anyamannya nomor benang lusi Ne1 34-20, pakan Ne1 34-20, tetal per inchi lusi 64-68, pakan 48-64. Selain berbahan dasar kapas, terdapat juga blacu dengan bahan rayon dan polyester.


konveksi tas, pabrik tas, produsen tas
Kanvas

Kain kanvas adalah sejenis kain buatan pabrik yang berserat tebal dan sangat kuat. Bahan ini awalnya digunakan untuk membuat lukisan. Pada perkembangannya kain kanvas mulai digunakan untuk membuat tas, sepatu, jaket, tenda, terpal, penutup truk, payung taman, dan berbagai macam aksesoris. Kain kanvas memiliki ketebalan yang sempurna untuk dijadikan jahitan yang menarik. Anda bisa memanfaatkan kain kanvas ini sesuai dengan produk yang anda inginkan, misalnya anda bisa menggunakan tas belanja dengan bahan kain kanvas. Dengan melakukan hal tersebuat anda bisa membantu mengurangi limbah kantong plastik dan melindungi Bumi dari tumpukan sampah plastik, karena tas belanja yang anda gunakan bisa dipakai berkali-kali. Semoga bermanfaat.

    Kain Kanvas Polos

Jenis kain kanvas yaitu kain kanvas polos dan kain kanvas bermotif. Kain kanvas bermotif biasanya disebut dengan kain kanvas ring. Kain kanvas tersedia dengan berbagai macam warna. Kain kanvas juga ada beberapa tingkatan ketebalan, mulai dari yang tipis hingga tebal. Untuk kain kanvas yang tipis biasanya disebut dengan kain baby kanvas. Terdapat beberapa teknik finishing dalam pengerjaan kain kanvas, diantaranya teknik finishing waterproof, teknik woven rapier, dan lain sebagainya. Kain kanvas dengan teknik finishing waterproof biasanya dimanfaatkan untuk cover cargo, cover truk, tas ransel, alas, dan layar. Sedangkan kain kanvas dengan teknik finishing woven rapier digunakan untuk membuat tas, sepatu, terpal, tenda, dan lain-lain.

    Kain Kanvas Bermotif

Kain kanvas juga terdiri dari berbagai kontruksi (density) yaitu kain kanvas menggunakan kontruksi 30×28 dengan anyaman 2/2 (marsoto), kain kanvas menggunakan kontruksi 30×28 dengan anyaman L&P double, kain kanvas dengan kontruksi 110×60 dengan anyaman 2/2 (marsoto), kain kanvas menggunakan kontruksi 106×60 dengan anyaman 2/2 (marsoto), kain kanvas menggunakan kontruksi 94×52 dengan anyaman 2/2 (marsoto), kain kanvas menggunakan kontruksi 96×52 dengan anyaman 2/2 (marsoto), kain kanvas menggunakan kontruksi 64×36 dengan anyaman 2/2 (marsoto) berwarna putih dan cream, kain kanvas menggunakan kontruksi 37×35 dengan anyaman L&P Double warna putih dan cream, dan masih banyak yang lainnya.
konveksitasonline.com-pabrik tas-tas belanja lipat Bank Kalbar

konveksi tas, pabrik tas, produsen tas
Kombinasi bahan

Selain membuat tas dengan satu macam jenis dari yang telah diuraikan diatas, anda juga bisa membbuat tas dengan melakukan kombinasi dari dua atau beberapa bahan tersebut. Misalnya anda ingin membuat tas seminar dengan perpaduan dari bahan cordura dengan bahan kulit imitasi untuk membuat tas ransel, atau perpaduan bahan denim dengan bahan kulit imitasi untuk tas ransel. Anda juga bisa melakukan kombinasi antara beberapa bahan diantarannya, perpaduan bahan antara dinier dengan dolby dan kulit imitasi. Anda juga bisa mengkerasikan ide-ide anda lainnya untuk menciptakan tas yang unik dengan perpaduan warna

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  banyak kain yg dbutuhkan untukbmembuat tas

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Harga Mesin Potong Kain 2016 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://rumahkonveksitas.com/bahan-yang-digunakan-untuk-membuat-tas/

Comments