Jenis, Fungsi, Pengertian Tekstil Dalam Kerajinan Modern & Tradisional

Jenis, Fungsi, Pengertian Tekstil Dalam Kerajinan Modern & Tradisional

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Jenis, Fungsi, Pengertian Tekstil Dalam Kerajinan Modern & Tradisional


peralatan kerajinan modern - Pengertian Tekstil

Jenis, Fungsi, Pengertian Tekstil Dalam Kerajinan Modern & Tradisional– Tekstil merupakan bahan material fleksibel dengan dasar (terbuat) dari tenunan benang. Tekstil dibuat dengan cara menyulan, menjahit, pengikatan, serta cara pressing. Dalam istilah sehari-hari pemakaiann tekstil sering disamakan dengan istilah kain.

Tetapi ada sedikit perbedaan antara dua istilah ini, tekstil dapat dipakai untuk menyambut bahan apapun yang terbuat dari tenunan benang, sedangkan kain merupakan hasil jadinya, yang sudah dipakai atau digunakan.

Tekstil juga dapat diartikan jalinan antara pekan dan lungsin atau dapat dilakukan sebuah anyaman yang mengikat satu sama lain, rajutan dan juga tenunan.
Jenis-Jenis Tekstil

    Berdasarkan jenis product/bentuknya: serat staple, serat filamen, dan benang kain product jadi
    Berdasarkan jenis bahannya: serat alam, serat sintetis dan serat campuran
    Berdasarkan jenis warna/motifnya: putih, berwarna, bermotif/bergambar
    Berdasarkan jenis konstruksinya: tenun,rajut,renda,kempa,benang tunggal,benang gintir

Kerajinan Tekstil Tradisional

Perkembangan desainer saat ini atau perancang mulai pulih karna kain tradisional Indonesia pada karya-karyanya para desainer mencoba untuk mengembangkan ide tekstil Indonesia agar menjadi lebih dikenal luas di masyarakat. Baik di Indonesia maupun dunia.
Kerajinan Tangan 'Amplop' Dari Kain Flanel

Kerajinan Tangan ‘Amplop’ Dari Kain Flanel

Jenis, Fungsi, Pengertian Tekstil Dalam Kerajinan Modern & Tradisional
Fungsi Kerajinan Tekstil Modern

Untuk memenuhi kebutuhan  fasion sedang dan fashion tingakat tersulit

    Busana
    Aksesoris
    Sepatu
    Topi
    Tas

Untuk Pelengkap Interiornya

    Kain tirai
    Kain salut kursi
    Peralatan rumah tangga (cempal, alas makan dan minum, kap makanan, sarung bantal, sperai, tikar, tisu, dll)
    Aksesoris ruang (wadah tissue, taplak, hiasan dekorasi ruang, kap lampu, dll)

Sebagai Wadah dan Pelindung Benda

    Tas laptop
    Aneka tas
    Aneka wadah
    Aneka dompet
    Dan lai-lain

Contoh Pengawetan Kerajinan Tekstil

Aneka bentuk produk kerajinan tekstil atau kain tradisional Indonesia, beberapa di antaranya membutuhkan pengawetan khusus. Pada umumnya, kain tradisional Indonesia sebelum di simpan dalam lemari, tiap lembar kainnya dibungkus dengan menggunakan kertas roti dan diberi kamper agar kain tradisional terlindungi dari gigitan rayap dan tidak mudah rapuk.

Secara berkala kain-kain tersebut harus dikeluarkan dari pembungkusnya supaya tidak lembab dengan cara mejemurnya di tempat yang tidak mendapat terik matahari secara langsung. pencucian bagi kain-kain tenun cukup di rendam dalam iar suam-suam kukuu dan dijemur ditempat teduh.

Kain batik dicuci denga menggunakan buah lerak agar warna kain batik tetap terjaga. Kain dibilas dengan air bersih dan dijemur ditempat teduh. Benda-benda lain yang menggunakan kain tradisional namun sudah dibentuk dan berfungsi selain kain dapat dicuci biasa baik dengan menggosok menggunakan tangan maunpun dengan menggunakan mesin cuci.

Keterangan cara pengawetan produk kerajinan tekstil sebaiknya juga dicantimkan pada kemasan agar pembeli mendapat informasi yang tepat untuk merawat produk tekstil tersebut


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  peralatan kerajinan modern

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MACAM-MACAM POLA 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.jelajahinternet.com/2016/02/jenis-fungsi-pengertian-tekstil-dalam-kerajinan-modern-tradisional.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.