Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Yang Lucu (Membuat Gantungan Kunci, Aksesoris Bunga, dan Menghias Kotak Tisu)

Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Yang Lucu (Membuat Gantungan Kunci, Aksesoris Bunga, dan Menghias Kotak Tisu)

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Cara Membuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel Yang Lucu (Membuat Gantungan Kunci, Aksesoris Bunga, dan Menghias Kotak Tisu)
   
kerajinan tangan dari bahan flanel  - pada artikel postingan kali ini saya akan membagikan beberapa tutorial cara memanfaatkan kain flanel dengan cara membuat kerajinan flanel yang lucu-lucu, biasanya kerajinan kain flanel digeluti oleh banyak wanita baik hanya untuk mengisi waktu luang maupun untuk menjadikan kerajinan flanel sebagai usaha untuk mendapatkan uang sampingan. untuk anda yang sudah tidak sabar ingin membuat sesuatu dari kain flanel berikut ada tiga contoh kerajinan tangan yang mungkin anda bisa menirunya dan mempraktekanya, yakni yang pertama adalah membuat gantungan kunci dari kain flanel, membuat aksesoris bunga cantik dari kain flanel dan yang ke 3 menghias kotak tissu dengan kain flanel.

1. Kerajinan tangan pertama


Do you often see alphabet-shaped key chains in accessories store??
I had been given by my friend alphabet keychain for my birthday, but it's made from plastic.
Then I thought why  not make  my self like this alphabet keychains made from felt.
 so, let's make ALPHABET KEY CHAINS

Sering gak liat gantungan kunci berbentuk alfabet di toko aksesoris ??
 Aku sih dulu pernah dikasih ama temenku sebagai hadiah ulang tahun, tapi itu berbahan dasar dari plastik. Kemudian aku mikir kenapa gak kita buat sendiri gantungan kunci alfabet kayak gini tapi dari bahan dasar flanel.
Jadi, Ayooook kita buat GANTUNGAN KUNCI ALFABET

Siapkan Bahan dan Alat :

Kain Flanel (bisa pake sisa-sisa kain flanel) . Benang Sulam . Lem Serbaguna / Lemb Tembak . Gunting . Jarum & Benang .  Kertas . Gantungan Kunci / Karet / Magnet / Peniti Bros . Drakon




•    Buat huruf alfabet di kertas terlebih dahulu. Bisa juga dengan mencetak huruf-huruf dengan bantuan komputer.
•    Gunting kertas yang sudah digambar alfabet
•    Buat pola alfabet yang sudah digambar tadi ke kain flanel.
•    Masing-masing dibuat 2 lembar yahh
•    Pasang gantungan kunci ke kain flanel dengan menyambungkan pita/tali beludru untuk pengaitnya, jadi yang dilem(dijahit) bagian pita/tali beludrunya
 

•    Lalu gabungkan 2 kain flanel tadi dengan dijahit tusuk feston.
•    Masukkan drakon sedikit demi sedikit
•    Jahit lagi sampai selesai
 

Gantungan Kunci Alfabet Selesai
Kamu bisa membuat namamu sendiri atau pesan di kulkas dengan menggunakan alfabet flanel ini. Selain itu Alfabet magnet ini juga bagus loh buat mengenalkan huruf-huruf alfabet kepada anak-anak TK, karena bentuknya yang lucu dan berwarna warni.





Selamat Mencoba

2. Kerajinan Tangan ke dua
 Aksesoris berbentuk bunga ini sangat mudah untuk dibuat, selain itu dapat diaplikasikan ke berbagai macam aksesoris lainnya. Pokoknya kalo bentuk bunganya sudah jadi bisa dibuat menjadi bros, jepit rambut, bando, kalung, dan lain lain (tergantung kreativitas dan kebutuhan kamu).
berikut cara membuatnya :

Siapkan alat dan bahannya yaitu lem serbaguna, kain flanel ukuran 2 x6cm 5 ungu 1 pink (warna boleh sesuai selera), jarum jahit dan benangnya sesuai warna, peniti bros atau tali beludru, atau jepit rambut.

 

Lipat 2 kain flanel secara vertikal, rekatkan dengan lem serbaguna.


 Kalo sudah dilipat, gulung flanel kedalam (lihat gambar), beri sedikit lem di bagian dalam gulungan flanel supaya rekat dan tidak kembali ke bentuk semula.

 



Hasilnya seperti ini. Ulangi langkah 1 sampai 3 untuk flanel warna ungu lainnya.

 

Beri lem pada sekeliling bagian luar flanel yang hanya mempunyai 1 warna (warna pink). Tempelkan satu persatu flanel warna ungu. Ujung dari flanel ungu menghadap ke bawah. Tempelkan semua flanel ungu mengelilingi flanel pink (ingat, ujungnya flanel ungu menghadap ke dalam. biar keliatan rapi dan seragam). supaya kuat, beri lem juga pada flanel ungu, yang nantinya flanel warna ungu saling menempel, jadi antara flanel ungu dengan flanel ungu lainnya tidak lubang.



Sekarang tinggal menjadikan flanel sesuai aksesoris yang kamu mau. misalnya mau dijadikan jepit rambut langsung beri lem saja di bagian belakang flanel. kalo mau dijadikan bros jahit dengan peniti bros. kalo mau dijadikan kalung beri lem di bagian belakang flanel, lalu rekatkan dengan tali beludru atau pita.

 

 
 Jadi deh, aksesoris bunga siap dipakai...

3. Kerajinan tangan ke - 3
 

Yumm Yumm Yumm ... Enaknya kue yang ada diatas.
Eitsss, itu bukan kue loh !! Itu cuma kotak tissu yang dihias dengan kain flanel sehingga berbentuk seperti kue.
Daripada cuma ngeliatin aja malah tambah ngilerr, mending coba bikin sendiri yukk. Jadi tiap hari bisa diliatin teruuus, selain itu kuenya gak bakal habis dimakan ama anak-anak. Hhhehe

Ini dia tutorial menghias kotak tissu dengan kain flanel :

1.    Siapkan bahan (Lihat gambar)
2.    Ukur panjang lebar dan tinggi kotak tissu
3.    Kalo ga tahu gimana cara buat kain flanel bagian no. 1 , ini caranya : Letakan tutup tissu diatas kain flanel, jiplak dengan bantuan penggaris sehingga menghasilkan kain flanel no. 1. Lakukan hal serupa pada bagian depan dan samping kotak tissu, sehingga menghasilkan flanel no. 2 & 3.
4.    Jahit dengan tusuk feston bagian no 2 & 3 berselang seling (no. 2 , 3 , 2 , 3 )
5.    Hasil setelah dijahit feston



6. Sambung bagian yang sudah dijahit tadi dengan bagian no. 1. Menggunakan tusuk feston yah disambungnya
7. Tampak dari atas kalo sudah disambung
8. Lepas kotak tissu dari penutupnya, lalu beri lingkaran dengan menggunakan pensil untuk tempat keluar tissunya
9. Gunting lingkaran yang dibuat tadi
10. Tempelkan flanel putih berbentuk garis-garis dengan lem tembak (bisa diganti dengan lem serbaguna)
11. Tempelkan juga flanel warna cokelat agar terkesan ada cokelat yang meleleh
12. Dan yang terakhir tempelkan aplikasi buah-buahan dari flanel seperti stroberi, krim, astor, kiwi (bisa ditambah sesuai selera)
13. Jadi deh, kotak tissu felt cake
 

Supaya menambah ide dalam menghias kotak tissu, saya tampilkan beberapa contoh kotak tisu felt cake lainnya :




^Selamat Mencoba^


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kerajinan tangan dari bahan flanel

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 7 Jenis Kain Untuk Membuat Celana 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://zhahab.blogspot.co.id/2013/12/cara-membuat-kerajinan-tangan-dari-kain.html

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.