Mengukur (Mengestimasi) Tinggi Badan dengan Tinggi Duduk (Sitting Height)

Mengukur (Mengestimasi) Tinggi Badan dengan Tinggi Duduk (Sitting Height)

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
Mengukur (Mengestimasi) Tinggi Badan dengan Tinggi Duduk (Sitting Height)

gambar cara mengukur tinggi duduk - Salah satu pengukuran alternative lain untuk mengetahui tinggi badan adalah dengan mengukur tinggi duduk (sitting height). Prosedur pengukuran tinggi duduk adalah sebagai berikut :

1. Subjek duduk tegak menghadap ke depan, bahu dan lengan bagian atas santai, dan lengan bawah  dan kedua tangan dijulurkan ke depan secara horizontal dengan telapak tangan saling berhadapan. Kedua paha sejajar, dan lutut ditekuk 90 ° dengan kaki segaris dengan paha.

2. Ukur jarak vertikal antara permukaan tempat duduk dan bagian atas kepala dengan sebuah anthropometer. Bahu dan bagian atas ekstremitas harus rileks. Ukur pada titik maksimum saat respirasi tenang.

Catatan : Pengukuran harus dilakukan setidaknya dua kali. Jika ada variasi yang besar antara dua pengukuran, cek kembali posisi tubuh dan ulangi pengukuran.

Menurut Fatma, et al. 2008 bahwa untuk mengestimasi tinggi badan berdasarkan tinggi duduk dapat menggunakan rumus sebagai berikut :

Laki-laki

Prediksi tinggi badan          = 58,047 + 1,210 tinggi duduk

Perempuan

Prediksi tinggi badan          = 46,551 + 1,309 tinggi duduk

Contoh kasus :

Seorang pasien berjenis kelamin laki-laki yang berusia 60 tahun dilakukan pengukuran dengan hasil tinggi duduk adalah sebesar  90 cm. Tentukan tinggi badan estimasi pasien tersebut ?

Penyelesaian :

Prediksi tinggi badan = 58,047 + 1,210 tinggi duduk

Prediksi tinggi badan = 58,047 + 1,210.90

Prediksi tinggi badan = 58,047 + 108,9

= 166,95 cm

Jadi estimasi tinggi badan berdasarkan tinggi duduk adalah 166,95 cm.

referensi:

Fatmah, Hardinsyah, Boedhihartono dan TBW Rahardjo. 2008. Model Prediksi Tinggi Badan Lansia Etnis Jawa Berdasarkan Tinggi Lutut, Panjang Depa, dan Tinggi Duduk. Majalah Kedokteran Indonesia, Vol. 58, No. 12, Des 2008

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gambar cara mengukur tinggi duduk

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Membuat Desain Hiasan untuk Busana (pola serak, pola pinggi

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://adingpintar.wordpress.com/2012/09/21/f-mengukur-mengestimasi-tinggi-badan-dengan-tinggi-duduk-sitting-height/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.