“MACAM-MACAM TEKNIK MEMBORDIR”

“MACAM-MACAM TEKNIK MEMBORDIR”

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
“MACAM-MACAM TEKNIK MEMBORDIR”

contoh pembuatan teknik bordir beserta gambarnya - Pada dasarnya hanya 2 macam stik di dalam membordir mesin,yaitu stik mesin biasa dan loncat.Sedangkan untuk stik yang lainnya adalah hasil dari cara memvariasi antara kedua stik tersebut.
STIK DASAR MESIN
Stik ini merupakan langkah pertama untuk membuat hiasan dengan bordir mesin.Pengerjaanya sangat mudah/sederhana sekali yaitu sama seperti menjahit biasa,hanya besar kecilnya setikan tergantung kelincahan tangan dalam menjalankan pemidangan.Tusuk ini dibuat hanya mengikuti garis motif.
VARIASI STIK DASAR MESIN
1.    Stik Lurus
Stik ini dibuat dengan cara membuat motif lurus pada bahan yang kemudin bahan diberi pemidangan.Stik bahan sesuai dengan motif
2.    Stik Gelombang Jauh
Stik ini dibuat dengan cara membuat motif bergelombang dengan jarak yang berjauhan pada bahan,kemudian bahan diberi pemidangan.Stik bahan sesuai dengan motif
3.    Stik Gelombang Dekat
Stik ini dibuat dengan cara membuat motif bergelombang dengan jarak yang dekat pada bahan.Kemudian bahan diberi pemidangan.Stik bahan sesuai dengan motif.
4.    Stik Zig-Zag Bergerigi
Stik ini dibuat dengan cara membuat motif zig-zag yang berjauhan pada bahan.Kemudian bahan diberi pemidangan.Stik bahan sesuai dengan motif.
5.    Stik Lurus Tidak Putus
Stik ini dibuat dengan cara membuat motif lurus tidak putus pada bahan,kemudian bahan diberi pemidangan.Stik bahan sesuai dengan motif.
6.    Stik Gerigi Bergelombang
stik ini dibuat dengan cara membuat motif gerigi bergelombang pada bahan,kemudian bahan diberi pemidangan .Stik bahan sesauai dengan motif.
7.    Stik Spiral
Stik ini dibuat dengan cara membuat motif spiral pada bahan,kemudian diberi pemidangan.Stik bahan sesuai dengan motif.






I.    Bordir Stik berhimpit
    Bordir ini dibuat dengan cara memenuhi motif dengan stik esek atau stik loncat dengan menggunakan 2 atau lebih warna benang yang hasil stikannya dibuat secara  berhimpitan.
II.    Bordir Stik Panjang pendek
    Bordir ini dibuat dengan cara memenuhi motif dengan stik esek dengan menggunakan 2 atau lebih warna bengan yang hasilnya dibuat secara sembur atau panjang pendek
III.    Bordir Tali
    Bordir ini dibuat dengan cara merentangkan benang yang kemudian stik loncat.hasil dari stik ini sama dengan sulaman Perancis.
IV.    Bordir Stik resiliu
    Bordir ini dibuat dengan cara jahit lurus sekeliling motif.Kemudian potong/gunting tengah motif yang kemudian jahit dengan menggunakan stik loncat secara penuh.Pada pertengahan motif buat rentangan benang yang kemudian di stik loncat.
V.    Bordir Aplikasi
    Bordir ini dibuat dengan cara melekatkan secamping kain pada bahan kemudian pada bagian pinggirnya di stik loncat.
VI.    Bordir Inkrustasi
    Bordir ini dibuat dengan cara menempelkan bahan transparan pada bahan pokok kemudian jahit keliling sesuai motif. Potong bahan pokok sesuai motif dan jahit tepi motif dengan stik loncat.
VII.    Bordir Inggris
    Bordir ini memiliki ciri motif bundar, lonjong kecil, tetesan air, lurus dan lengkungan pada tepinya. Bordir ini diselesaikan dengan stik loncat ada yang dijahit sekeliling motif dan dilubangi pada tengahnya yang kemudian ditusuk loncat, dan ada yang menggunakan tusuk loncat penuh sesuai dengan motif.
VIII.    Bordir Stik Jarum
    Bordir ini memiliki ciri motif loncat ini dilakukan dengan bantuan jarum yang ditaruh disela-sela setikan.
IX.    Bordir Stik Benang Wool
    `Bordir ini menggunakan benang wool yang ditata sedemikian rupa kemudian dijahit secara melingkar atau sesuai dengan motif.
X.    Bordir Tumpuk
    Bordir ini dibuat dengan cara membuat motif yang besar dan motif yang kecil yang diselesaikan dengan stik esek. Kemudian bordiran yang kecil atau lebih kecil letakkan bordiran pada pertengahan bordiran yang lebih besar dan satukan atau jahit pada pertengahan dengan cara di stik esek (stik sedikit asal lekat).

 


STIK DASAR BORDIR
Stik ini merupakan langkah lanjutan dari stik dasar mesin
1.    Stik Dasar Esek
Stik ini dibuat dengan cara memenuhi motif dengan stik rapat tanpa yang putus. Stik ini dibuat dengan setikan mesin biasa atau stik lurus.
Contoh gambar :








2.     Stik Dasar Pasir
Stik ini dibuat dengan cara memenuhi motif dengan stikan spiral dengan rapat tanpa ada yang putus.
Contoh Gambar :   








3.    Stik Dasar Loncat
Stik ini dibuat dengan cara memenuhi motif dengan stikkan secara loncat dan rapat stik ini hasilnya sama seperti stik balut.
Contoh Gambar :   





4.    Stik dasar Terawang
Stik ini dibuat dengan cara menjahit sekeliling motif dengan stik jahit biasa, kemudian potong tengah motif. Stik pinggir motif yang telah dipotong tadi dengan stik loncat. Kemudian pada pertengahan buat rentangan benang yang kemudian rentangan tadi dengan stik loncat. Hasil stik ini sama seperti tusuk riseliu.
Contoh Gambar :   







5.    Stik Terancang
Stik ini caranya sama dengan stik terawang namun bedanya pada rentangan benang terdapat rentangan yang bersebrangan dan pada pusat rentangan / pertemuan rentangan benang dibuat jahitan melingkar. Atau pada rentangan benang yng satu dengan rentangan benang yang bersebrangan dijahit dijadikan satu. Sehingga mengahasilkan stikkan terawang yang memiliki motif.
Contoh Gambar :

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  contoh pembuatan teknik bordir beserta gambarnya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Standar Ukuran Kaos XS, S, M, L, XL, XXL, XXXL

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : https://www.academia.edu/9653593/_MACAM-MACAM_TEKNIK_MEMBORDIR_STIK_DASAR_MESIN

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.