Cara membuat peci koko

 Cara membuat peci koko

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Cara membuat peci koko


cara membuat pola dasar baju koko anak - Saat ini perkembangan dunia fashion telah cukup pesat. Salah satunya adalah busana muslim yang tidak hanya diminati oleh kaum hawa, busana muslim juga cukup di gandrungi oleh kaum adam salah satunya adalah busana muslim yang berupa baju koko. Berbagai model, bentuk, desain yang apik turut mewarnai keberagaman busana yang satu ini. Saat ini baju koko tidak hanya di gunakan oleh pria dewasa, anak- anak pun telah banyak yang menggunakannya.

Baju koko untuk anak-anak hendaknya di buat dengan tetap menampilkan kesan anak yaitu dengan warna yang ceria, model yang menarik dan penampilan yang apik serta tidak mengganggu aktivas keseharian anak. Dasar katun salah satu bahan yang cocok untuk pembuatanya.
Baju koko biasanya terdiri dari
1. Kemeja koko
2. Celana panjang
3. Topi atau kopiah atau peci
4. syal
untuk syal hanyalah bersifat assesories, atau hanya sekedar tambahan saja

kali ini saya akan membahas mengenai cara pembuatan peci koko untuk anak, sebenarnya saya juga masih belajar, pola ini saya buat dari hasil coba-coba, jadi kalau ada di antara temen-temen yang lebih mahir, boleh.....tu... untuk sharing ilmunya.....

Cara membuat peci koko
ukuran yang diperlukan
- Lingkar kepala
aneh..ya..tapi ukur-ukur aza deh...dari dahi kembali ke dahi
contoh ukuran
-Lingkar kepala : 50 cm

Pola peci
1. buat pola A yaitu berupa lingkaran lingkar kepala









2. Buat pola B yaitu berupa persegi panjang
A - B = A' - B' panjang lingkar kepala 50 cm
A - C = C' - A'lebar peci 6 cm
- - - - - - - - = garis tengah, dasarnya nanti di lipat dua







Cara membuat
- Satukan A dengan A', dan B dengan B '
dengan kata lain di lipat kemudian jahit pertemuannnya
- Satukan A dengan B sehingga menjadi lingkaran
- Jahit pola dengan Pola B
Selamat mencoba.

 
Baju koko anak

CARA MEMBUAT BAJU KOKO
Anak adalah buah hati kita, alangkah senangnya jika kita dapat membuatkan baju untuk anak kita sendiri, kita dapat menentukan sendiri corak, warna serta model baju yang akan kita buat. Untuk baju anak saya sangat suka membuat baju muslim baik itu baju koko atau gamis anak. Kali ini saya akan membahas mengenai pembuatan baju koko anak. Untuk membuat baju koko mesti tau dulu bagaimana membuat pola dasar baju anak laki-laki.

POLA DASAR KEMEJA ANAK LAKI-LAKI
Ukuran yang diperlukan
1. Lingkar badan
2. Panjang punggung
3. Lingkar leher
4. Lebar bahu
5. Lebar dada
6.lebar bahu
Contoh ukuran
1. Lingkar badan = 64 cm
2. Panjang punggung = 23 cm
3. Lebar punggung = 26 cm
4. Lingkar leher = 30 cm
5. Lebar bahu = 9 cm
6. Lebar dada = 25 cm
Dari ukuran yang sudah ada, yang harus dilakukan yaitu membuat pola depan dan pola belakang:


Pola depan
Buatlah garis siku A, B, C, D
A – B = ½ lingkar badan + 2 cm = (64 cm : 2 ) + 2 cm = 34cm
C – D = A - B = 34 cm
A – C = panjang punggung + 1 ½ cm = 23 cm + 1 ½ = 24 ½ cm
B – D = A-C = 24 ½
A – K = 1/6 lingkar leher + ½ cm = (30 cm:6 ) + ½ cm = 5 ½ cm
A – L = (A – K ) + 1 cm = 5 ½ cm + 1 cm = 6 ½ cm
K – L = kerung leher depan
A – I = ½ A-B = 32 cm :2 = 17 cm
C – R = A-I = 17 cm
I – J = turun 2 ½ cm
R - H = ½ R – J = (24 ½ cm – 2 ½ cm ) : 2 = 11 cm
Hubungkan titik K-J
K – P = lebar bahu = 9 cm
C – G = R - H = 11 cm
L – M = ½ L-G = 3 ½ cm
M – S = ½ lebar dada =25 cm : 2 = 12 ½ cm
Hubungkan titik P – S – H menjadi kerung lengan badan depan
C – C ’ = turun 1 cm
Hubungkan titik C’- R

Pola belakang
B – F = turun 1 ½ cm
B – O = A – K = 5 ½ cm
Hubungkan titik O – F menjadi kerung leher belakang
Tariklah garis :
O - Q = lebar bahu 9 cm
D – E =R – H = 11 cm
E – N = ½ E – F = 6 cm
N – T = ½ lebar punggung = 26 cm:2 = 13 cm
Hubungkan titik Q – T – H menjadi kerung lengan badan belakang
Ukuran di atas hanya sekedar contoh, jadi dapat di sesuaikan dengan besar kecilnya badan anak yang akan diukur. Setelah paham mengenai pola dasar di lanjutkan dengan perubahan bentuk pola
Pola dasar baju koko
Sebenarnya ini adalah pola dasar pembuatan kemeja tapi dapat digunakan untuk pola baju koko
Pola depan
Buatlah pola dasar badan depan untuk anak laki-laki dengan perubahannya
P – S = naik ½ cm
A – S = ½ lebar punggung atas = 26 cm : 2 = 13 cm
A – M = panjang kemeja 35 cm
L – L’ = M – M’ = 1 ½ cm
H – H’ = 2 cm
R – R’ = 1 ½ cm
M’ – Z = G – H’ = 20 ½ cm
Titik Z naik 1 cm
K – K = S – S’ = turun 2 ½ cm
Hubungkan titik K’- L’ – M’- Z - R ’ - H’ – S’ – K ’ menjadi pola badan depan
Hubungkan titik K- K’ – S – S’ – K menjadi pola pas bahu yang dapt disatukan dengan pola belakang
Pola belakang
Dari pola dasar belakang untuk anak laki, perubahannya
Q – Q’ = naik ½ cm
F – Q’ = ½ lebar punggung = 26 cm : 2 = 13 cm
H – H ' = 2 cm
R – R’ = 1 ½ cm
F – N = turun 5 cm
F – N – T = sudut siku-siku
Hubungkan titik O – F – N – T – Q’ – O menjadi pola pas bahu belakang
Hubungkan titik N – X – Y- R – H – T – N menjadi pola belakang
Hal yang harus dilakukan selanjutnya yaitu cara membuat pola lengan baju

Pola lengan
Ukuran yang diperlukan:
1. Panjang lengan
2. Lingkar kerung lengan
3. Lingkar lengan


Contoh ukuran
1. panjang lengan : 15 cm
2. Lingkar kerung lengan : 28 cm
3. Lingkar lengan : 24 cm
Pola lengan
A – B = B – C = panjang lengan 15 cm
A – B = D – C = ½ lingkar kerung lengan =28 cm : 2 = 14 cm
B – E = ½ A - B = 14 cm : 2 = 7 cm
D – F = ½ lingkar lengan = 24 cm:2 = 12 cm
Kerung lengan depan :
A – G =E – H = ¼ A-E
Titik G ke kiri 1 cm dan titik H ke kanan 1 cm
Kerung lengan belakang
A - I = 1/3 A- E
Titik I ke kiri 1 ¼ cm
Titik J ke kanan ¼ cm
Pada bagian lengan pada contoh diatas adalah pola lengan pendek karena baju koko itu lengannya panjangnya maka tinggal di panjanganin aja lengannya
Pola kerah
Untuk membuat baju koko diperlukan sebuah kerah yang mirip dengan kerah baju sanghai
Ukuran yang di perlukan adalah lingkar leher
A-B = 3 cm
A-B lebar kerah = untuk anak –anak biasanya 2 cm
B-D= ½ lingkar leher = 30 : 2 = 15 cm
B-E = ½ B-D = 9 cm
C-G= kerung leher (K-G-D)
D-G= B-C= lebar kerah = 2 cm
Selesai nih buat baju ya, selanjutnya buat celana tentu nya
MEMBUAT CELANA PANJANG ANAK
Ukuran yang diperlukan
1. Panjang celana
2. Lingkar pinggang
3. Lingkar pisak
4. ½ lingkar paha
5. ½ lingkar lutut
6. ½ lingkar kaki
7. Panjang lutut

contoh ukuran
1. Panjang celana : 45 cm
2. Lingkar pinggang :52 cm
3. Lingkar pisak : 45 cm
4. ½ lingkar paha : 20 cm
5. ½ lingkar lutut : 16 cm
6. ½ lingkar kaki : 13 cm
7.panjang lutut : 30 cm

POLA DEPAN
1. Buatlah garis siku A,B,C,D, E
A - B = lebar ban pinggang 2 cm
A - C = 1/3 lingkar pisak + 4 cm = (48 cm : 3 ) + 4 cm = 20 cm
A - D = panjang lutut 30 cm
A - E = panjang celana 45 cm
2.Bagian paha
C - F = ½ lingkar paha – 2 cm = 20 – 2 = 18 cm
C - I = ½ C – F = 20 cm - : 2 = 10
C- G = ke kiri 3 cm
F - G = 20 cm – 3 cm = 17 cm
C – H = ½ C – G = 17 : 2 = 8 ½ cm
3.Bagian pinggang
B – J = C – H = 8 ½
B – V = C – I = 10 cm
K – L = ¼ lingkar pinggang = 52 : 4 = 13 cm
J – K = J – L = 13 cm : 2 = 6 ½ cm
K – K’ = L – L’ = lipit kerut 2 ½
Titik L’ tutun ½ cm
Hubungkan K’- L’ dan L’ – G
G – U = C – T = naik 6 cm

Biasanya kalau aku buat celana koko engga’ aku pakai lipit / kerut. Ban pinggangnya langsung pake karet jadi engga’ pake resliting lagi sbb yang aku sering buat itu untuk anak –anak di bawah umur 3 tahun jadi biar engga' susah makenya dan buatnya lebih mudah langsung aja pake karet celana.
4. bagian kaki
E – N = C – I = 10 cm
O – P = ½ lingkar kaki – 1 cm = 13 cm – 1 cm = 12 cm
N – O = N – P = 12 cm: 2 = 6 cm
Hubungkan titk V – I – N melalui Q
5. bagian lutut
R – S = ½ lingkar lutut – 1 ½ cm = 16 – 1 ½ = 14 ½ cm
Q – R = Q – S = 14 ½ cm : 2 = 7 ¼
Hubungkan titk K’- T – C – R – O - P – S – F – U – L’ – K’ menjadi pola bagian depan
6. letak kantong sisi
K’ – n = turun 2 cm
N – m = lebar kantong 9 cm
Kalau tidak mau pake kantong sisi juga bisa.
7.letak kupnat
V – V’ = lebar kupnat 2 ½ cm
Panjang kupnat 1 ½ cm atau 2 cm

Pola belakang
Buatlah pola bagian depan terlebih dahulu, perubahannya
1. Bagian pinggang
L – X = 2 cm
Hubungkan titik G – X terus keatas
X – X’ = naik 2 cm
X’ – Y = ¼ lingkar pinggang + 1 cm ( 52 cm : 4 ) + 1 = 14
Y – Y’ = X’ – Z = tambahan untuk kerut 2 ½
Catt. Kalau tidak mau pake kerut tidak usah dibuat
2.Bagian paha
C – C’ = F– F’ = 2 cm
3. Bagian lutut
R – R’ = S – S’ = 1 ½ cm
Bagian kaki
O - O' = P - P' = 1 cm
Dikutip dari: buku penuntun membuat pola busana tingkat dasar oleh : Soekarno

Pada gambar pola kan ada gambar kantong, untuk kantong terserah kita juga mau pake apa engga', kalu aku biasanya suka buat kantong di sisi celana.
Setelah tau cara buat baju koko, tinggal terserah kita mau bagaimana perpaduan warnanya, pake kantong atau tidak bajunya.
Ini anakku yang pertama ....namanya M. Zaki Abdillah. Cakepkan pake baju koko. Baju koko ini kubuat dari dasar batik, kebetulan aku ada dasar batik sisa, terus cari dasar sisa yang kira-kira senada dengan warna batik, jadi deh. Kok dasar sisa mulu nih....he...he...kan baju anak-anak jadi kita engga perlu banyak make dasar.
Kalau yang ini buatnya pake dasar katun biar adem pakenya, dibuatnya sih udah lama lebaran
idul fitri kemarin waktu anakku baru umur 1 tahun, sengaja waktu dia umur 1 tahun aku buatin agak besar supaya masih bisa kepake sampe umur 2,5 tahun. foto ini semuanya diambil saat zaki umur 2 tahun.
Ini kubuat pada saat aku lagi hamil anak kedua, saat kandungan ku umurnya 8 bulan, pada saat itu aku suka jahit baju anak perempuan, zakinya ngambek pengen di buatin juga baju. ya jadilah baju ini....
Sekarang zaki sudah punya adek perempuan namanya Azka Hazima...hem... jadi pengen bikin gamis nih putriku.

Kalau temen - temen males bikin sendiri baju kokonya dan minta dibuatin boleh kok..tapi ada biayanya .......dan sementara ini hanya untuk daerah palembang dan sekitarnya....biayanya engga' mahal kok. Kalau pake dasar sendiri biayanya cuma Rp. 20.000 tapi kalau dari aku ...tergantung dasarnya. harganya berkisar Rp.30.000- Rp. 50.000. 

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  cara membuat pola dasar baju koko anak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang CARA MENGGAMBAR POLA DASAR PAKAIAN PRIA DEWASA 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://kreasiummizaky.blogspot.co.id/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.