, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kesimpulan Kerajinan bahan lunak

 Kesimpulan Kerajinan bahan lunak

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus,   kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Kesimpulan Kerajinan bahan lunak

pengertian kerajinan bahan lunak - KERAJINAN BAHAN LUNAK

“SANDAL”


1.   Pengertian Kerajinan dari Bahan Lunak
Kerajinan dari bahan lunak merupakan produk kerajinan yang menggunakan bahan dasar yang bersifat lunak, beberapa bahan lunak yang digunakan dalam pembuatan produk kerajinan, yaitu seperti berikut:
·         Bahan Lunak Alami
Bahan lunak alami adalah bahan lunak yang diperolah dari alam sekitar dan cara pengolahannya juga secara alami tidak dicampur maupun dikombinasi dengan bahan buatan. Contoh bahan lunak alami yang kita kenal adalah tanah liat, serat alam,dan kulit.
·         Bahan Lunak Buatan
Bahan lunak buatan adalah bahan untuk karya kerajinan yangdiolah menjadi lunak. Beragam karya kerajinan dari bahanlunak buatan dapat dibuat berdasarkan bahan yang digunakan. Bahan-bahan yang digunakan bisa berupa bubur kertas, gips, fiberglas, lilin, sabun, spons, dan sebagainya


2.   Aneka Produk Kerajinan dari Bahan Lunak
Produk kerajinan dari bahan lunak sangat beragam, mulai dari karya kerajinan yang digunakan untuk kebutuhan fungsi pakai dan karya kerajinan untuk hiasan. Berikut ini contoh produk kerajinan dari bahan lunak:

    Kerajinan Tanah Liat


Kerajinan keramik adalah karya kerajinan yang menggunakan bahan baku dari tanah liat yang melalui proses sedemikian rupa (dipijit, butsir, pilin, pembakaran dan glasir) sehingga menghasilkan barang atau benda pakai dan benda hias yang indah. Contohnya: gerabah, vas bunga, guci, piring. Berikut contoh kerajinan gerabah dan keramik.

     Kerajinan Serat Alam


Bahan-bahan serat alam dapat menghasilkan kerajinan tangan yang beraneka ragam, misalnya tas, dompet, topi, alas meja, tempat lampu. Teknik pembuatan kerajinan dari serat alam ini sebagian besar dibuat dengan cara menganyam. Berikut merupakan contoh karya kerajinan dari serat alam.

    Kerajinan Kulit


Kerajinan ini menggunakan bahan baku dari kulit yang sudah di samak, kulit mentah atau kulit sintetis. Contohnya: tas, sepatu, wayang, dompet, jaket. Kulit yang dihasilkan dari hewan seperti: sapi, kambing, kerbau, dan buaya dapat dijadikan sebagai bahan dasar kerajinan.

    Kerajinan Gips


Gips merupakan bahan mineral yang tidak larut dengan air dalam waktu yang lama jika sudah menjadi padat. Kandungan gips terdiri atas jenis zat hidrat kalsium sulfat dan beberapa mineral seperti: karbonat, borat, nitrat, dan sulfat yang dapat terlepas sehingga gips dalam proses pengerasan akan terasa panas. Prosesnya harus dicairkan dahulu jika ingin bentuk seperti yang diinginkan, harus dibuat cetakan.  Jika akan diproduksi dalam jumlah banyak, harus dibuat model terlebih dahulu. Secara umum, untuk semua produk gips diperlukan cetakan. Bahan utama pembuatan cetakan adalah silicone rubber, tetapi yang paling gampang dan mudah dicari adalah plastisin atau tanah liat.

    Kerajinan Lilin


Pembuatan kerajinan bahan dasar lilin cukup sederhana dan mudah, dapat dilakukan oleh semua orang. Jika kita akan mengubah bentuknya menjadi benda kerajinan yang unik, tentunya perlu dicairkan dengan proses pemanasan di atas api/kompor. Berikut contoh kerajinan dari bahan lilin.

Proses Produksi Sandal Jepit
Proses pembuatan/ produksi sandal jepit dibuat dengan bahan dasar spon eva. Ada beberapa cara atau teknik dalam membuat sandal agar menghasilkan sandal yang bagus dan berkualitas, seperti teknik  press, garuk, cutting, seset, dll. Teknik ini membutuhkan keterampilan agar sandal yang dihasilkan lebih bagus dan berkualitas

Berikut ini cara pembuatan sandal jepit :
     1.            Siapkan alat dan bahan sebagai berikut:
o   Spon eva ukuran 10mm
o   Tali jepit ppc/plocking tali jepit
o   Cetakan
o   Gerinda untuk menghaluskan spon
    2.            Proses pembuatan
o   Potong spon eva menggunakan cetakan sandal sesuai dengan ukuran kaki
o   Cetakan sandal tadi kita lubangi dengan menggunakan paku besar untuk tali jepit
o   Lalu kita beri lem kuning ke spon eva yang sudah di cetak
o   Kemudian beri primer(perekat) ke alas sandal
o   Tunggu hingga kering
o   Sandal yang sudah kering akan diletakkan pada mesin press untuk dirapikan
o   Masukkan tali jepit ke lubang
o   Lalu dimasukkan di mesin press lagi
o   Selanjutnya bagian tepi sandal dihaluskan dengan menggunakan gerinda
o   Terakhir sandal dikemas dengan rapi

3.   PENGEMASAN
Kami menggunakan bahan karton untuk pembungkus utama agar sandal jepit tetap terlindungi dan tidak mudah kotor, dan selain karton kami menambahkan pembungkus plastik agar sandal jika dikirim ke pembeli tidak mudah rusak dan akan kedap air. Kami juga akan mebeli label agar pembeli tertarik kepada produk kami ini.
4.   CARA MERAWAT SANDAL JEPIT
·         Bersihkan dengan Air Mengalir – Langkah ini sangat dianjurkan karena dapat membersihkan langsung kotoran, debu atau lumpur yang melekat, khusunya pada bagian bawah/ telapak. Bisa dilakukan dibawah kran air, sambil menyikat bagian bawah/telapak dengan sikat pakaian yang halus atau sikat gigi bekas yang masih baik. Cara ini mampu membersihkan sebagian besar kotoran yang ada.
·         Bersihkan dengan sabun – Jika masih ada noda yang menempel setelah dibasuh dengan cara air mengalir di atas, bersihkan dengan menggunakan kain pembersih dengan diberi sedikit sabun yang lembut (non deterjen), gosokkan pada bagian yang masih ada noda/kotorannya. Kemudian bilas kembali dengan air yang mengalir.
·         PENGERINGAN – Setelah dibersihkan, jangan lupa keringkan sandal jepit anda HANYA dengan kain yang mampu menyerap air atau diangin-anginkan saja, JANGAN menjemur dan terkena sinar matahari secara langsung.
·         PENYIMPANAN – langkah selanjutnya adalah, produk sandal jepit anda yang telah bersih simpanlah di tempat khusus seperti laci khusus sandal atau sepatu, jangan lupa diberikan koran atau bahan lain yang dapat menjaga bentuk agar tidak berubah, dan beri Silica Gel atau kapur barus untuk menjaga kelembaban dan menghindari serangga.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian kerajinan bahan lunak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Fungsi Produk Kerajinan dari Bahan Lunak

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://ksrmasaro.blogspot.co.id/p/kerajinan-bahan-lunak-sandal-1.html

0 komentar:

Post a Comment