, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Belajar Otodidak Biaya Ringan Jadi Fashion Desainer Profesional

Belajar Otodidak Biaya Ringan Jadi Fashion Desainer Profesional

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Belajar Otodidak Biaya Ringan Jadi Fashion Desainer Profesional

biaya sekolah di susan budihardjo - Pengertian Fashion Design

Fashion Desain adalah seni penerapan desain dan estetika untuk pakaian dan aksesoris yang dipengaruhi oleh sikap budaya dan sosial.

Jenis – jenis Fashion Design

    Fashion Tinggi (Haute couture)
    Siap Pakai (Ready to wear)
    Pasar Massal (Mass market )

Fashion Tinggi (Haute couture)

Istilah haute couture mulai dikenal tahun 1950 an di Paris, Perancis yang berarti jahitan tinggi (high sewing) atau fashion tinggi (high fashion).

Haute couture, yaitu mode pakaian yang dirancang dan diproduksi utk memenuhi pesanan pelanggan kalangan tingkat atas (jet set), yang didesign khusus untuk pelanggan individu, terbuat dari bahan berkualitas tinggi, kain mahal,dijahit dgn detil dan ketelitian yang ekstra hati-hati, dikerjakan dalam waktu lama serta banyak detil yang dikerjakan dengan jahitan tangan.

Walaupun harga sebuah pakaian couture sangat mahal namun sangat disukai kalangan atas karena dapat mengangkat prestise serta sebagai publisitas mereka, demikian juga bagi desainernya.

Siap-Pakai (ready to wear)

Pakaian siap pakai (ready to wear) dalam bahasa Perancis disebut Pret-a-Porter adalah kombinasi antara haute couture dan pasar masal. Jenis pakaian ini dibuat dalam jumlah sedikit agar terjamin eklusivitasnya sehingga harganya agak mahal.

Koleksi ready – to – wear biasanya disajikan di butik – butik atau toko pakaian menengah atas.

Pasar Masal (Mass market)

Pasar Masal (Mass Market) adalah jenis pakaian yang didesign dan diproduksi secara masal untuk melayani berbagai segmen pelanggan.Kebanyakan menggunakan kain murah dan teknik produksi sederhana yg dilakukan oleh mesin secara masal,hingga harganya relatif murah.

Fashion Desainer

Fashion Desainer adalah seseorang yang mempunyai keahlian merancang busana yang meliuputi menggambar desain , membuat pola , kemampuan memotong bahan dan menjahit serta menguasai pengetahuan tentang tekstil dan tentang mode yang up to date.

Profesi Fashion Desainer terlihat begitu glamour, mewah, dan prestisiusdilihat dari kacamata orang awam. Mereka terlihat begitu menginspirasi banyak orang dengan karya – karyanya, selalu hadir dalam acara - acara bergengsi , berteman dengan banyak public figure termasuk artis - artis ternama.

Seseorang yang berprofesi sebagai FashionDesainer bisa menjadi Fashion Desainer freelance yang bekerja untuk diri mereka sendiri, menjual desain ke pelanggan individu, rumah mode, toko - toko pakaian atau produsen pakaian.

Beberapa Fashion Desainer membuat brand name mereka sendiri dengan memasang label nama nya dibaju yang mereka desain dan pasarkan.

Disamping bekerja sendiri secara profesional,Fashion Desainer dapat bekerja di perusahaan - perusahaan sebagai ‘designer in – house’. Mereka bisa bekerja sendiri atau menjadi bagian dari sebuah tim.

Tugas dan tanggung jawab Fashion Designer

Fashion Desainer dapat bekerja untuk sendiri atau bekerja di Perusahaan namun pada umumnya tugas dan tanggung jawab Fashion Desainer meliputi :

    Menciptakan /memvisualisasikan ide dan memproduksi desain dengan tangan atau menggunakan program pembantu desain (computer-aided design – CAD).
    Menjaga agar selalu up to date dengan tren fashion yang sedangberkembang berkaitan dengan kain, warna dan corak, serta perencanaan dan pengembangan.
    Bekerja sama dengan orang lain dalam tim desain,seperti bagianpembelian dan perencanaan serta pengembangan produk.
    Berhubungan erat dengan bagian penjualan dan tim produksi secara terus menerus untuk memastikanpakaian yang diproduksi sesuai permintaan pelanggan dan selera pasar.
    Sourcing, memilih dan membeli kain sesuai kebutuhan design.
    Mengadaptasi desain yang ada untuk produksi massal.
    Mengembangkan pola yang dipotong dan dijahit menjadi pakaiansampel untuk tes pasar.
    Mengawasi produksi agar sesuai dengan perencanaan dan design yang telah direncanakan.
    Negosiasi dengan pelanggan dan pemasok.
    Mengelola pemasaran,keuangan,dan kegiatan usaha lainnya, jikabekerja secara mandiri.

Yang Harus Dipenuhi Jika Ingin Menjadi Fashion Desainer

Untuk menjadi seorang perancang busana (fashion designer) profesional bukanlah suatu pekerjaan yang mudah. Pada dasarnya ada 2 hal yang harus dipenuhi untuk menjadi FashionDesigner yang handal yaitu :

    Motivasi dan kerja keras
    Pengetahuan dasar tentang fashion

Motivasi dan kerja keras

Untuk menjadi Fashion Desainer yang professional seseorang harus mempunyai motivasi atau keinginan yang kuat sebagai pendorong (driving force) atau pemicu (trigger) serta harus komit (committed) terhadap tujuan (goal) yang menjadi targetnya.

Dengan memiliki komitmen yang kuat akan membuat seseorang akan terus berusaha seta tetap tekun dan bersemangat dalam belajar dan bekerja keras untuk mencapai tujuannya walaupun berbagai halangan (handicap) harus dihadapinya.

Pengetahuan dasar tentang fashion

Pengetahuan dasar tentang fashion desainer yang meliputi kemampuan mendesain baju, pemilihan tekstil, membuat pola dan memotong bahan, kemampuan menjahit dan pengetahuan perkembangan mode pakaian menjadi hal pokok yang wajib diketahui seorang Fashion Desainer agar rancangan yang dihasilkan berkualitas dan diterima pasar.

Dengan kemampuan dasar yang dimiliki oleh seorang Fashion Desainer membuat rancangannya selalu up to date sesuai dengan perkembangan mode.

Gabriel F Halim salah seorang stafpengajar di Lasalle College Internasional dalam satu wawancaranya dengan wartawan Sahutbaju mengatakan : “Tanpa pengetahuan dasar, rancangan yang dihasilkan akan sama dengan rancangan yang banyak beredar dipasaran sedangkan untuk menjadi seorang Fashion Desainer yang handal diharuskan untuk mendesain sesuatu yang baru”.

Dimana Belajar Fashion Desain ?

Belajar fashion desain dapat ditempuh dengan berbagai cara yaitu :

    Mengikuti pendidikan formal sekolah di Universitas Negeri atau swasta jurusan Tata Busana atau disekolah design yang diselenggarakan oleh Fashion Design School.
    Belajar secara otodidak (belajar sendiri) melalui buku – buku , internet , tutorial atau referensi tentang fashion.

Mengikuti pendidikan di sekolah formal

Bagi yang punya dana bisa mengikuti pendidikan di sekolah Tata Busana atau Fashion Desain School,   disekolah / Universitas yang diselenggarakan oleh Pemerintah maupun lembaga pendidikan swastabaik di luar negeri maupun di Indonesia.

Pendidikan Fashion Desain di Luar Negeri :

Daftar 5 besar sekolah Fashion Desain di luar negeri :

1. Central Saint Martins (London – Inggris)

Central Saint Martins
Central Saint Martins
Central Saint Martins ada di posisi pertama, karena program fashionnya adalah yang terbaik untuk saat ini.Semua programnya ditangani olehstaf pengajar yang legendaris, termasuk Profesor Louise Wilson yang telah mendidik dan melahirkan talent – talent yang luar biasa dari McQueen hingga Giles Deacon. Saat ini,Louise Wilson telah menjadi tokoh mode yang sangat diakui dikancah internasional.

Alumni terkenal:

Stella McCartney, John Galliano dan Alexander McQueen

Program: Fashion, Textile, dan Jewelry Design.

Biaya kuliah: £ 9,500 – £ 12,700 ($ 14.900 – $ 20.000).

2. Parsons, The New School For Design (New York – Amerika Serikat)
Parsons
Parsons

Parsons sebagai salah satu pelopor pendidikan di dunia fashion, telah melahirkannama-nama berbakat, selama satu dasa warsa terakhir.

Banyak alumni - alumni terkenal Parsons telah menjadi bagian dari team managemen fakultas.

Alumni terkenal: Donna Karan, Marc Jacobs, Tom Ford, Narciso Rodriguez, Alexander Wang, dan Jack McCollough.

Biaya kuliah: $ 36.800.

3. Bunka Fashion Scholl (Tokyo – Jepang)
Bunka Fashion
Bunka Fashion
Didirikan pada tahun 1919,Bunka selalu berada di ujung tombak modedan dimulai sejak tahun 1960-an, para alumni – alumni Bunka banyak dikenal dan diakui oleh kalangan mode di Paris.

Program: Fashion Design, Fashion Creation and Technology, Marketing,Accessories and Textiles.

Biaya kuliah: ¥ 1.045.000 – ¥ 1.570.000 ($ 12.677 – $ 19.030).

4. Antwerp Royal Academy of Fine Arts (Antwerp – Belgia)
Antwerp Royal Academy
Antwerp Royal Academy
Sekolah ini sangat disiplin dalam mendidik mahasiswa, banyak mahasiswa yang telah terpaksa di drop out dari sekolah karena mereka tidak mampu mengikuti tuntutan pendidikannya.

Sejak The Antwerp Six mengenyam studi fashion pada awal tahun 1980, Antwerp Royal Academy of Fine Arts terus melahirkan desainer – desainer terkenal, seperti: Ann Demeulemeester,Dries Van Noten, DirkBikkembergs dan Walter Van Beirendonck.

Program: Fashion Design.

Biaya kuliah: € 6.000 ($ 8.000).

5.Fashion Institute of Technology (FIT)   (New York – Amerika Serikat)
Fashion Institute FIT
Fashion Institute FIT
Selain desain fashion, FIT menawarkan pemasaran fashion, bisnis, tekstil, seni visual, dan banyak program lainnya yang terkait dengan fashion.

Kredibilitas sebagai sekolah yang cerdas diberikan oleh Kepala KuratorMuseum FIT, Valerie Steele

Alumni terkenal:

Reem Acra, Francisco Costa, Nina Garcia, Carolina Herrera,Calvin Klein,Michael Kors, Nanette Lepore, Ralph Rucci ΓΌ.

Program: Design, Business, Marketing, Illustration, Styling, dan lain – lain.

Biaya kuliah: $ 6,775 per semester.

Pendidikan Fashion Desain di Indonesia :

1. Lembaga Pengajaran Tata Busana (LPTB) Susan Budihardjo.

Jl.Cikini Raya No.58 FF-GG, Jakarta Pusat

Program D 1 - 1 tahun 

Telp.021-3160586

Biaya pendidikan Rp.45.000.000 - Rp.60.000.000

2. Universitas Negeri Jakarta - Pendidikan Tata Busana

Fakultas Teknik UNJ Kampus A

Jl. Rawamangun Muka, Gedung L, Jakarta Timur

Telp.: 021 - 29266006

Program Studi S1

3. Binus University

Jl. Hang Lekir no.6 (Di Belakang Mall Senayan City), Jakarta Selatan.

Program D3 dan S1

Biaya kuliah :Semester 1 sekitar Rp.80.000.000,-

Semester 2 dan berikutnya kira-kira Rp.50.000.000

4. Akademi Seni Rupa & Design ISWI (Ikatan Sarjana Wanita Indonesia).

Jl. Dahlia Block E No. 6, Taman Modern Cakung, Jakarta Timur 13960

Telp.: (021) 4616103

5. Bunka School of Fashion.

Jl. Pembangunan II no.161 (Harmoni), Jakarta Pusat

Biaya Pendidikan Rp.20.000.000 - Rp.27.000.000

Telp.:021-6335759

6. Esmod Fashion Design & Business School

Jl. Asem II no. 3 – 5 Cipete, Jakarta Selatan 12410

Phone : 62-21-7659181

7. La Salle College International Jakarta

Sahid Office Boutique (Unit D – F), Jl. Jend. Sudirman Kav 86, Jakarta 10220

Phone 62-21-57851819

8. Phalie Studio Kelapa Gading

Jl.Gading Indah Raya Blok C-24, Kelapa Gading, Jakarta 14240

Telp. : 021 9298 3700

Biaya Pendidikan Rp.15.0000.000 per program 3 bulan

Informasi tentang Pendidikan Fashion Desain di Indonesia diatas diperoleh dari idblognetwork tanggal 22 Pebruari 2013 serta dari sumber internet lainnya. Bagi yang ingin mengetahui program pendidikan serta biaya pendidikan / biaya kuliah saat ini bisa menghubungi langsung Lembaga Pendidikan / Universitas diatas.

Belajar secara otodidak (belajar sendiri)

Bagi yang tidak mempunyai budget untuk belajar menjadi seorang Fashion Desainer Profesional di sekolah formal yang bisa menghabiskan biaya hingga mencapai puluhan juta rupiah untuk belajar di sekolah desain dalam negeri atau bahkan mencapai ratusan juta rupiah untuk biaya sekolah fashion desain di luar negeri, atau bagi mereka yang tidak punya waktu khusus karena kesibukannya atau karena mengurus rumah tangga atau anaknya yang tidak bisa ditinggal, tidak perlu kuatir.

Anda dapat belajar sendiri secara otodidak yang dapat dilakukan melalui buku - buku, internet, video tutorial atau referensi tentang fashion.

Banyak dari mereka yang bisa berhasil menjadi Fashion Desainer terkenal karena mereka mempunyai 2 syarat yang disebutkan tadi diatas yaitu :mempunyai motivasi yang kuat serta mempunyai atau mengerti pengetahuan dasar tentang fashion.

Seperti yang kami quote dari perbincangan wartawan Detik Wolipop dengan Priyo Oktaviano Fashion Desainer terkenal Indonesia (Jakarta 30 September 2012) yang mengatakan bahwa seseorang tidak harus sekolah di sekolah mode untuk bisa menjadi fashion desainer.

Hal penting yang harus ia miliki adalah skil dan hobi fashion. Yang dimaksud dengan skil yaitu mempunyai dasar bagaimana membuat desain , bisa memilih kain , warna dan membuat pola. Dia tidak perlu membuatnya   sendiri namun tahu dasar - dasar nya . Belajar secara otodidak maupun kursus tanpa harus sekolah di sekolah fashion yang mahal juga bisa.

Fashion Desainer yang juga anggota Ikat Indonesia Didiet Maulana, juga mengalami hal yang serupa. Meskipun Didit tidak pernah belajar di sekolah mode, sekarang ia justru sukses menjadi fashion desainer profesional dan karya - karyanya banyak diminati sosialita.

Didit belajar dasar - dasar merancang waktu kuliah di Fakultas Arsitektur Universitas Parahyangan, Bandung. Sehingga latar belakang yang dia miliki banyak mempengaruhi konsep karir nya sekarang sebagai Fashion Desainer . Yang terpenting adalah tekun serta terbiasa dengan bentuk referensi fashion. Asal punya kemauan pasti akan ada jalan. Demikian dia mengatakan kepada Wolipop melalui e-mail, Sabtu, 1 Sepetember 2012.

Bagaimana menjadi Fashion Desainer & memiliki nama merk sendiri ?




How To Become FD
How To Become FD

Annette Corrie seorang Fashion Industri Expert berbicara kepada anda : Saya telah mempunyai pengalaman sebagai Fashion Desainer Profesional selama 10 tahun dan telah melakukan perjalanan kerja ke beberapa belahan dunia seperti Los Angeles, London, Paris dan Tokyo.Saya mau sharing dengan anda mengenai Rahasia Fashionsaya serta memberikan beberapa tips sukses agar anda dapat menjadi Fashion Desainer yang sukses juga seperti saya.

Selanjutnya Annette yang juga sebagai owner dan pimpinan Annette Corrie Fashion Designer Course mengatakan:

Apakah Anda bermimpi menjadi seorang fashion designer, tetapi tidak punya ide dari mana memulainya? Kami siap akan membantu Anda mempelajari profesi yang Anda inginkan dalam waktusingkat dengan mengajarkan anda antara lain bagaimana cara - cara menggambar, seperti seorang fashiondesainer profesional.

Bisakah desain Anda dipentaskan di catwalk ?
Catwalk
Catwalk

Dengan kami, hal itu tidak hanya bisa, tetapi pasti akan bisa! Kami menawarkan tidak satu modul ,juga bukan menawarkan dua modul, tapi 5 e-book yang berbeda terkait tentang topik fashion,termasuk busana blogging tips, tips tentang memulai bisnis fashion Anda, dan banyak lagi!

Yes! You Could Be The Next Successful Fashion Designer!

Tidak masalah berapapun usia anda sekarang : baru 14 atau sudah 40 tahun – tidak pernah ada istilah terlalu muda atau terlambat untuk memulai meniti karir menjadi seorang fashion desainer.

Sangatlah disayangkan apabila   anda tidak mengambil profesi yang bagus ini ketika anda sebenarnya sudah mempunyai bakat yang kuat hanya karena masalah budget atau waktu.

Hanya saja anda perlu tahu bagaimana cara memulainya.

Dengan belajar dari Annette Corrie Fashion Design Course anda akan memiliki semua yang anda butuhkan , tepat diujung jari anda untuk menjadi fashion desainer yang sukses.

Dengan mengikuti Fashion Design Course, Annette Corrie akan memandu anda menemukan cara menggambar desain seperti pro, cara mendapatkan pekerjaan impian yang anda inginkan, cara memulai fashion line sendiri dan banyak lagi!

Selain mendapatkan kursus komprehensif anda juga akan menerima akses ke ebook bonus seperti, “Bagaimana Memulai Sendiri Bisnis Fashion Anda”, Fashion Ilustrasi Template” dan beberapa panduan berharga lainnya.

Isi dari Ebook ini sangat komplit dan komprehensif, yang mencakup kegiatan belajar menggambar design, membuat pola, memilih kain, memotong bahan, menjahit, dan lain – lain, sepertihalnya yang diberikan dalam sekolah design.Hal ini bisa dilakukan dirumah anda dengan tidak perlu mengeluarkan uang ribuan dolar serta menghabiskan waktu anda mengikuti kegiatan di Sekolah Mode. Anda dapat mempelajari segala sesuatu untuk memulai di sini sekarang.

Dan yang lebih penting lagi anda sangat welcome untuk mengajukan pertanyaan atau penjelasan apa saja tentang materi kursus.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang biaya sekolah di susan budihardjo

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Belajar Menjahit Sebagai Hobby

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://singerhomeindonesia.com/index.php/48-blog-post/75-belajar-otodidak-biaya-ringan-jadi-profesional-fashion-desainer

0 komentar:

Post a Comment